Skip to main content

Posts

Showing posts from December, 2015

Manfaat Mengajak Anak Berbelanja

Sejak mempunyai anak, hampir setiap berbelanja saya selalu mengajak anak saya, Noofa.  Usia Noofa kini sudah 3 tahun 3 bulan. Keingintahuannya semakin hari semakin tinggi. Pertanyaannya sudah mulai beragam. Kosakata yang dia tahu juga sudah semakin banyak. Selain karena sering mengobrol, Noofa juga sudah mengerti banyak tentang kata-kata baru hal itu salah satunya disebabkan karena lingkungan dia di PAUD tempat dia sekolah sangat mendukung.

Noofa saat ini sudah mulai kritis terhadap sesuatu, dan itu membuat saya bahagia. Itu tandanya anak saya tumbuh dengan baik. Mengajak Noofa berbelanja ternyata menjadi hal yang membahagiakan juga untuknya. Karena dia bisa melihat banyak barang dagangan yang warna-warni. Baik di pasar tradisional maupun di supermarket, saya mengajak dia untuk berbelanja, bisa jadi adalah hiburan juga untuknya.

Di supermarket, dia banyak bertanya tentang barang yang saya ambil. Hal ini juga menjadi kesempatan bagi saya untuk bertanya balik ke dia. Saya juga bisa member…

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Spesial

Masakan seafood seperti yang telah kita ketahui bersama adalah jenis masakan yang menggunakan bahan dasar dari berbagai jenis hewan laut dari mulai ikan, cumi, lobster dan sebagainya. Namun siapa sangka, ternyata bahan-bahan tersebut sangat cocok juga untuk dicampurkan ke dalam makanan nasi goreng yang biasa kita buat sehari-hari. Cara membuat nasi goreng seafood pun sama halnya dengan cara membuat nasi goreng biasa, cukup mudah dan langsung dapat anda praktekan sendiri di rumah. Berikut akan saya paparkan beberapa cara pembuatannya dan bahan-bahan yang diperlukan:

Arisan Boneka Hafiz-Hafizah

Postingan ini saya tulis sebagai pengingat saja, sehingga saya tulis dengan singkat. Jadi begini, beberapa waktu lalu saya pernah update status di FB tentang rasa syukur saya karena bulan Desember ini saya mendapat arisan boneka hafizah. Bulan Desember ini adalah bulan pertama, saya ikut arisan boneka hafizah selama 5 bulan. Perbulannya Rp220.000. Satu grup arisan terdiri dari lima orang. 

Alhamdulillah di bulan pertama saya ikut arisan, saya menjadi orang pertama yang mendapat boneka tersebut. Kocokan pertama menjadi rezeki Noofa. Yak, karena saya kepengen beli boneka hafizah untuk Noofa ini sudah lama sekali. Alasannya karena saya ingin Noofa punya mainan edukatif, karena harganya tidak murah jadilah saya memilih ikut arisan.


Semarang menjadi salah satu kota cabang PT Tigaraksa, jadi saya mendapatkan fasilitas free ongkir. Inden boneka ini cukup lama, saya menunggu sekitar dua mingguan, dan hari ini saya ambil sendiri di kantor cabang Semarang di Pedurungan Kidul.

Alhamdulillah Noofa s…

Jalan-jalan ke Taman Margasatwa Semarang

Musim liburan sekolah menjadi kesempatan bagi banyak keluarga untuk berkumpul dengan anggota keluarganya masing-masing, tak terkecuali saya. Rasa kangen dengan kota Atlas Semarang membuat saya memutuskan untuk stay di Semarang saat liburan sekolah itung-itung untuk bisa berkumpul selama liburan dengan suami yang memang bekerja di Semarang. Maklum biasanya saya dan anak hanya bisa berkumpul dengan suami saat weekend saja yaitu saat suami pulang ke Pekalongan. 
Liburan sekolah kali ini udah sering turun hujan. Karena kami belum ada mobil, jadilah malas keluar rumah kalau hujan datang. Tapi berdiam diri di rumah saja tentu membuat kami rasa bosan. Kalau sudah musim hujan begini, sebenarnya tempat yang paling pas untuk berwisata keluarga adalah wiasata dalam gedung atau ruangan, seperti museum atau ke area permainan di dalam mall.
Bukan berarti saya pasrah begitu saja dengan musim hujan ini. Alhamdulillah dalam tiga hari ini Semarang diberi nikmat terang bersinar. Pagi sampai sore panas, wa…

Dari Kena Macet Parah Hingga Silaturahim ke Ibu Kos

Kamis kemaren,saya kedatangan tamu dari Bandung. Seorang sahabat yang sudah lima tahun nggak bertemu. Dia merupakan teman sekamar di kosan dulu saat masih menjadi mahasiswa. Hana namanya, alumnus AIS Muhammadiyah Semarang, dia sengaja datang ke Semarang dengan tujuan untuk menghadiri acara reuni Akbar yang diadakan oleh almamaternya, AIS Semarang.  Awalnya saya nggak menyangka akan bertemu kembali, karena setelah saya lulus kuliah di IAIN dulu, saya sempat lost kontak teman-teman kos. Apalagi Hana, setelah lulus dia langsung kembali ke kampung halamannya, di Bandung. Tapi belum lama ini, alhamdulillah kami dipertemukan kembali di dunia maya, Hana nggak ada akun FB, tapi ada BBM. Alhamdulillah nggak hanya di sosmed saja kita bertemu, setelah sekian tahun, Allah mempertemukan kami kembali, seneeeeeeeeng banget!

Menikmati Mie Ayam Level di Lantai 2 Selera Sambal Ngaliyan Semarang

Saat ini banyak sekali konsumen peminat kuliner pedas. Oleh sebab itulah salah satu Rumah Makan semi cafe Selera Sambal di daerah Ngaliyan sengaja menambah ruangan untuk konsumen mereka. Karena Selera Sambal saat ini sudah tidak memiliki lahan untuk dikembangkan menambah ruang, maka salah satu cara yang dilakukan adalah menambah bangunan ke atas alias menjadi dua lantai, ke depannya ada kemungkinan akan dibangun lantai tiganya. 
Tidak hanya menambah ruangan untuk para pelanggan setia. Menu yang ditawarkan juga bertambah banyak. Yang dulunya hanya ada makanan dengan menu paket ayam penyet, tempe, tahu, dan ikan. Yang baru ini ada menu mie ayam level dan ayam korea meskipun tetap dengan embel-embel paket di setiap menunya. Meskipun bisa dipesan secara sendiri-sendiri akan tetapi jika pesan dengan menu paket berarti akan lebih hemat harganya.

Pengalaman Berbelanja di Tokopedia

Pengalaman Berbelanja di Tokopedia. Beberapa hari lalu ada hari yang diberi nama hari belanja online nasional atau disingkat dengan harbolnas. Saya paling nggak bisa mengerem hasrat diri untuk berbelanja online. Di jaman yang serba canggih ini, sambil duduk dan minum kopi, atau bahkan bisa sambil tiduran di atas kasur, hanya klik sana klik sini, pesan, tunggu dan pesanan datang. 
Hasrat dan godaan diskon membuat saya tak kuat tutup mata saat melihat iklan diskon bersliweran di sosial media. Namun, bukan berarti saya kalap dan menghabiskan banyak uang. Karena barang yang saya beli merupakan barang yang memang saya butuhkan. Contohnya di saat musim hujan seperti ini, saya membutuhkan jaket hangat. Jaket yang saya butuhkan bukan jaket yang biasa, bahan kaos atau kain tipis. Tetapi saya butuh jaket yang memang cocok dipakai saat musim hujan dan untuk pengendara motor aktif seperti saya. Hihihi.
Yak, cari-cari jaket di tokopedia. Jaket gunung tepatnya. Kenapa di tokopedia?

Selamat Hari Ibu, Ibu...

Ibu... Belum banyak yang aku berikan untukmu.. Hingga sebesar ini, hingga aku sudah mempunyai anak, aku masih jadi anak bandel yang kadang masih suka bikin Ibu kesal. Maafin aku, Ibu..

Di hari yang special ini, aku hanya bisa mengucapkan via sms. Dan mendoakan ibu, alfaatihah setiap hari. Semoga Ibu selalu dalam lindungan Allah. Bahagia dunia dan akhirat.

Tak banyak yang bisa aku tulis.. Hanya doa dan doa untuk Ibu. Tidak hanya di hari ini., aku terus.. Selalu... Menyayangi Ibu. Dan juga Bapak. Selamat hari Ibu, Ibu.. I love you...

Mitos Makanan Bagi Ibu Hamil

Hidup sebagai orang Jawa biasanya tak bisa jauh dari kata mitos. Apa saja ada mitosnya, dari mulai cara berperilaku hingga sampai ke hal makanan dan minuman. Terlebih yang berkaitan saat seorang perempuan sedang hamil, banyak sekali mitos yang dikait-kaitkan dengan berbagai perilaku ibu hamil, tak terkecuali mitos seputar makanan yang harus dimakan lebih-lebih yang harus dijauhi ibu hamil. Saat hamil, beberapa makanan dilarang dikonsumsi dengan alasan akan berakibat pada kondisi kehamilan hingga proses persalinan. Mitos seputar kehamilan sendiri di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah antara satu daerah dengan daerah lainnya berbeda-beda. Saya akan mengambil dua contoh daerah, Kesesi Kabupaten Pekalongan, di mana saya tinggal dan daerah Ngrayung desa Siodmulyo Banjarejo Blora dimana daerah asal suami saya.

Perawatan Rambut Saat Hamil (?)

Hamil adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh Allah yang hanya diberikan kepada kaum hawa. Rezeki yang tiada tara, kenikmatan yang luar biasa. Setiap wanita yang sudah menikah, sudah pasti ingin mengalami proses kehamilan. Karena salah satu tujuan dari orang menikah adalah meneruskan keturunan. Dan hamil merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh seorang wanita untuk mendapatkan keturunan. Hamil sendiri sesungguhnya merupakan salah satu bentuk kenikmatan yang dirasakan oleh setiap wanita di mana saja, di seluruh dunia.
Dipercaya Allah untuk mengemban amanah berupa titipan di dalam rahim tentu menjadi kebahagiaan yang tak terhitung. Oleh sebab itulah menjadi kewajiban bagi ibu hamil untuk senantiasa menjaga kehamilannya dengan baik dengan penuh kasih sayang.
Menjadi ibu hamil juga tak selamanya harus berdiam diri di rumah saja. Jenuh pastinya yang dirasakan oleh ibu hamil ketika hanya bisa berdiam diri di rumah. Ada baiknya ia menikmati kehamilannya di luar ruma…

Bagaimana Memilih Susu Untuk Anak 1 Tahun?

Dewasa ini banyak sekali merk susu yang diproduksi oleh produsen susu. Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebagai susu pertumbuhan yang mempunyai kandungan nutrisi baik untuk anak. Susu merupakan makanan tambahan bagi anak.  Susu menjadi penyeimbang dari makanan padat yang dikonsumsi anak.

Kerap sekali seorang Ibu muda galau memilih susu yang mana yang baik untuk anaknya. Kebanyakan dari mereka berfikir, susu yang paling baik adalah susu yang mahal harganya. Atau susu yang banyak varian rasanya, atau semakin ke sini semakin banyak dari mereka yang mempunyai penilaian lain tentang susu yang baik menurut versi mereka. Begitupun saya, dulu juga sempat berfikir seperti itu. Tetapi ternyata apa yang saya yakini saat itu salah saat Noofa benar-benar menemukan susu yang cocok untuk dia dan akhirnya menjadi baik menurut saya. ^_^
Lalu, bagaimana memilih susu yang baik untuk anak 1 tahun?

Resep Cumi Goreng Crispy

Siapa yang suka makan cumi crispy? *ngacung*. Saya suka cumi yang digoreng crispy. Nggak hanya cumi-cumi saja sih yang bisa digoreng crispy. Karena kini sudah banyak sekali bahan dasar yang bisa dijadikan makanan goreng crispy. Seperti ayam, jeroan, tempe, tahun, jamur, cumi, sampai singkong pun bisa!.
Jadi ceritanya kemaren saya dan keluarga makan-makan di Rumah Makan Podo Moro Pantai Widuri Pemalang. Makan di sana dalam rangka diundang acara Tasyakuran sahabat Bapak yang baru saja beli mobil baru. Mobilnya dari Toyota, Rush terbaru, warnanya putih. *cleguk* jadi pengen mobil kaya gitu. Hihihi.. *amiiiin* 
Nah, di sana. Hampir semua orang memesan cumi goreng crispy. Rupanya pamor ayam goreng kalah dengan cumi. Hihihi.

Demam lagu “Kun Anta” Humood Al Khudher

Iya, memang saya lagi terserangdemam lagu “Kun Anta” Humood Al Khudher. Sebenarnya lagu Arab bertajuk “Kun Anta” karya Humood AlKhudher ini sudah lumayan lama. Namun, Booming dan ngehitsnya baru beberapa bulan terakhir ini. Sebagai pecinta lagu dangdut dan gambus, saya juga lagi gandrung lagu yang dinyanyikan oleh pemuda ganteng asal Kuwait ini. Sejak akhir bulan lalu, setiap hari saya ndengerin mp3 dari mp3 player atau via HP kalau pas lagi naik motor. Belum sempet beli kaset CDnya, sih. Next, mau cari kaset karaokenya, biar bisa karaokean di rumah sendiri. *dududuilee*

Oiya, betewe… Ada yang belum tahu lirik lagu kun anta? Biar nggak penasaran, saya tuliskan lirik latinnya aja ya.. hehehe..

2 PENYAKIT INI SERING MENDEKATI BAYI DAN BALITA

Bayi atau balita memiliki daya tahan tubuh yang sensitif dimana bayi sangat rentan terhadap berbagai penyakit baik itu diare, flu dan yang lainnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua, anda harus selalu menjaga, merawat dan memperhatikan bayi, supaya terhindar dari berbagai penyebab penyakit diare, flu dan juga penyakit yang lainnya. ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh anda sebagai orang tua agar anak anda terhindar dari penyakit penyakit yang sering menyerang bayi dan balita yakni dengan memperhatikan asupan makanan, kebersihan ruangan, dan hal yang lainnya. akan tetapi, jika anak anda terlanjur terserang penyakit, maka anda harus sigap dalam mengatasi penyakit yang diderita oleh bayi atau balita tanpa harus merasa khawatir.


Berikut ini kami akan memberikan informasi penting mengenai jenis penyakit yang biasa menyerang bayi dan balita yang harus anda ketahui, sehingga anda sudah tahu apa yang harus anda lakukan saat anak anda terserang penyakit. Sebagian dari kita sering berang…

Potong Rambut di Salon, di Kesesi

Inget banget terakhir saya dan Noofa potong rambut bulan Desember tahun lalu, di Semarang. Waktu itu bareng sama Yuli yang baru pulang dari Taiwan setelah dua tahun bekerja. Yuli ngajak saya potong rambut, pikir saya, Noofa juga rambutnya sudah panjang. Jadi saya bujuk dia supaya mau potong rambut. Noofa memang mempunyai rambut yang unik. Warnanya pirang, atas lurus, namun bawah ikal. Udah mirip rambut orang Korea yang punya rambut keriting gantung. Hehe. Bedanya, Noofa asli, tidak dipermak ala-ala salon. Tapi sayang, rambut Noofa ini tipis sekali. Tepatnya, tipis dan lemes.


Bulan ini, Desember. Kemaren tepatnya, setelah Pilkada selesai, mumpung libur kerja. Saya ngajak adik juga Noofa ke salon. Awalnya cuma pengen creambath aja karena saya udah ngerasa pusing. Sambil menyelam minum air gitu sih. Karena pusing dan pengen dipijit. Jadi rambut terawat, badan dipijit. Hihihi. Noofa juga ikut. Awalnya Noofa nggak mau potong rambut, tapi ngelihat buliknya dikeramasin oleh mbak Iin (owner),…

Rumah Dijual di Bandung Selatan TKI 3, Minimalis tapi Pas !!

Rumah minimalis  yang sangat cocok untuk keluarga anda kini sedang dijual, terletak di Taman Kopo Indah 3 yang memang komplek perumahan yang aman dan nyaman untuk bermukim membuat anda akan merasa nyaman, dan kerasan untuk tinggal diperumahan ini.

Lingkungan ini juga bisa dikatakan cukup strategis, karena memang dekat dengan sekolah talenta yang mungkin cocok untuk buah hati anda, juga sebentar lagi akan dibangun jalan tol seroja dan perumahan ini amatlah dekat dengan gerbang tol seroja, juga anda tak usah kuatir untuk masalah kesehatan anda karena memang dekat sekali dengan Rumah Sakit Maranatha.

Menghitung Watt Mesin Cuci Saat Digunakan Untuk Menghemat Listrik

Dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan rumah sehari-hari, sudah pasti memerlukan alat-alat elektronik yang menggunakan tenaga listrik. Misalnya alat untuk merapihkan pakaian, untuk menanak nasi, mesin air, alat untuk mencuci pakaian kotor dan yang lain-lainnya. Dengan semakin banyaknya kebutuhan sehari-hari yang menggunakan tenaga listrik tersebut, bisa anda bayangkan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya. Dan untuk menghindari pembayaran listrik yang membengkak, anda diharuskan untuk pintar-pintar mengatur penggunaan atau pemakaian alat-alat tersebut. Misalnya dengan menghitung watt mesin cuci saat di gunakan atau saat menyala.
Adapun solusi untuk menghindari pembayaran tagihan listrik yang membengkak, anda bisa melakukannya dengan mengatur pemakaian alat-alat yang menggunakan tenaga listrik. Misalnya untuk mencuci pakaian kotor menggunakan mesin cuci. Untuk mencuci pakaian kotor, anda usahakan mencucinya pada waktu yang tepat. Misalnya di…

Lima Kendala Penyusunan Tesis dan Tips Meminimalisir Kendala Tersebut

Salah satu tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa adalah membuat karya ilmiah berupa Skripsi (S1), Tesis (S2) dan Desertasi (S3). Begitu juga yang pernah saya alami sewaktu masih kuliah S1 di IAIN Walisongo Semarang, maupun ketika kuliah S2 di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan tetap konsisten mengambil Pendidikan Bahasa Inggris (Linear).Saat mengerjakan tugas akhir (Tesis) ada berbagai kendala yang sering saya hadapi dan itu sempat membuat saya down dan putus asa.
Diantara kendala yang pernah saya hadapi saat penyusunan Tesis adalah: pertama, waktu. Saat mengerjakan Tesis saya benar-benar harus pandai membagi waktu, karena saat itu kebetulan anak saya Noofa juga masih kecil, usianya baru enam bulan. Disamping harus mengerjakan Tesis saya wajib merawat Noofa dengan baik karena saat itu Noofa sudah mulai aktif gelimbungan kesana-kemari sehingga tidak bisa disambi dengan melakukan pekerjaan yang lain. Bukan hanya itu saja, saya juga harus memasak, membereskan rumah, ser…

Sakit Karena Kangen (?)

Dua hari kemaren (Selasa dan Rabu), Noofa sakit. Padahal Senin sorenya masih ceria banget, lha kok pas malam mendadak suhu badan naik. Panasnya sih, nggak tinggi-tinggi banget, 37 derajat celcius. Tapi, panas segitu udah bikin khawatir juga, ding. Saya sempat mikir Noofa keracunan makanan, karena siangnya makan jajan yang beli di penjual keliling. Tapi, dugaan saya sepertinya salah, karena Noofa nggak (maaf) mencret. Biasanya kan kalau anak keracunan, selain demam, dia juga mencret karena pencernaan terganggu, mual, juga pusing.

Noofa sudah besar, sudah bisa merasakan dan mengutarakan keluhannya. Seperti saat kemaren badannya sudah mulai tergolek lemas, Noofa terus-terusan merengek rewel dan mengeluh kepalanya pusing sambil megangin jidadnya terus. Minta dipijitin. Semalaman saya nggak tidur karena mijitin Noofa dan rewel banget. Setiap dia terbangun, yang dicari Abinya terus. Apa mungkin Sakitnya karena kangen sama Abinya? Hmm.. padahal, Abinya baru saja berangkat ke Semarang Senin pa…

Jual Rumah Jakarta di Bulan Januari

Di bulan januari, warga Jakarta mana yang tidak merasa waswas. Semua warga Jakarta akan ketar ketir di bulan januari karena bukan hanya mempersiapkan rencaca rencana di tahun baru tapi juga mengantisipasi dampak banjir yang dialaminya di akhir tahun sampai bulan januari. Bulan januari merupakan bulan yang biasanya bencana banjir dengan itensitas terparah atau bisa dibilang puncak bencana banjir. Banyak rumah dijual dengan harga murah di bulan ini karena pemiliknya tidak mau ambil pusing untuk mengulangi pengalaman pahit yang sama di tahun depan sehingga pilihan satu satunya adalah dengan menjual rumah tersebut.

Musim Hujan, Harga Jual Rumah Jakarta Turun

Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi di penghujung tahun lalu berlanjut di bulan awal tahun. Musim hujan di penghujung tersebut merupakan anugerah yang luar biasa karena pada umumnya tanah di Indonesia kembali subur dan tumbuhnya pepohonan yang membuat udara menjadi segar. Namun, kejadian sebaliknya yang justru dialami oleh daerah ibukota. Ketika hujan turun dengan derasnya, warga ibukota justru harus waspada akan datangnya hujan karena biasanya dibarengi oleh datangnya banjir pula. Daerah-daerah rawan banjir di Jakarta pun sudah menjadi langganan tiap tahunnya dan hal ini berdampak pada beberapa segi, yang secara khusus adalah pada harga rumah dijual di sekitaran itu. Rumah yang jelas terkena banjir musiman setiap tahunnya di Ibukota sudah pasti tidak laku dijual. Sekalipun laku dijual pasti harganya jauh lebih murah. Hal ini yang menjadi dilemma bagi sebagian besar orang disana karena kalaupun mereka menjual rumahnya, maka hasilnya tidak akan cukup untuk membeli rumah di daerah…