Skip to main content

Perawatan Rambut Saat Hamil (?)



Hamil adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh Allah yang hanya diberikan kepada kaum hawa. Rezeki yang tiada tara, kenikmatan yang luar biasa. Setiap wanita yang sudah menikah, sudah pasti ingin mengalami proses kehamilan. Karena salah satu tujuan dari orang menikah adalah meneruskan keturunan. Dan hamil merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh seorang wanita untuk mendapatkan keturunan. Hamil sendiri sesungguhnya merupakan salah satu bentuk kenikmatan yang dirasakan oleh setiap wanita di mana saja, di seluruh dunia.

Dipercaya Allah untuk mengemban amanah berupa titipan di dalam rahim tentu menjadi kebahagiaan yang tak terhitung. Oleh sebab itulah menjadi kewajiban bagi ibu hamil untuk senantiasa menjaga kehamilannya dengan baik dengan penuh kasih sayang.

Menjadi ibu hamil juga tak selamanya harus berdiam diri di rumah saja. Jenuh pastinya yang dirasakan oleh ibu hamil ketika hanya bisa berdiam diri di rumah. Ada baiknya ia menikmati kehamilannya di luar rumah, jalan-jalan ke mall mungkin, renang, atau perawatan ke Salon.

Ngomong-ngomong Perawatan di salon. Sebenarnya, boleh nggak sih, Ibu hamil melakukan perawatan rambut? Bagi wanita yang sebelum masa kehamilannya kerap melakukan perawatan rambut, kemudian saat hamil dia ragu untuk melakukan perawatan rambut di salon, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk mencari informasi, konsultasi dengan ahli, atau dokter kecantikan.


Saya juga penasaran, Ibu hamil itu boleh nggak sih creambath? Mewarnai rambut? Catok? Dan lain sebagainya. Saya penasaran karena adik saya sering sekali melakukan perawatan rambut di salon. Kalau saya, sih, nggak sering. Palingan creambath saja, karena rambut saya pendek, waktu saya hamil Noofa juga nggak pernah ke salon. Lhaa wong memotong rambut saja nggak boleh sama simbah saya, katanya mitos. Hihihi.

Hasil browsing saya mendarat cantik di website ibu dan balita dot com. Beberapa rasa penasaran saya juga terjawab di postingan yang ditulis dari beberapa referensi, salah satunya dari Bunda Eko Ariyanti.

Berikut pemaparannya yang saya rangkum dari postingan tersebut.

Pewarnaan Rambut

Dulu, sebelum menikah saya pernah mewarnai rambut. Teryata mewarnai rambut saat sedang hamil sebaiknya dihentikan. Hal tersebut dikarenakan zat-zat kimia yang terkandung di dalam bahan pewarna rambut dapat berbahaya yaitu berisiko terserap oleh kulit kepala, kemudian dapat masuk ke aliran darah, dan mungkin akan berakibat kurang baik bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh sebab itulah bagi para wanita yang suka mewarnai rambut hendaknya ketika sedang hamil dihentikan untuk sementara kebiasaan tersebut demi kesehatan janin.

Creambath

Ah, saya juga suka creambath. Perawatan rambut yang satu ini memang selalu sukses mengembalikan suasana hati para wanita. Saat hamil, si ibu hamil tetap boleh melakukan creambath. Namun, yang harus diperhatikan, mintalah produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami kepada petugas salon. Produk bahan alami ini bebas dari zat kimia, produk creambath yang alami juga dapat membantu menjaga rambut dari kerusakan. Saat pemijatan, sang ibu hamil ini bisa meminta kepada sang kapster untuk melakukan pemijatan hanya di bagian pundak dan kepala untuk menghindari risiko yang dapat membahayakan janin.

Perawatan rambut sendiri di Rumah

Untuk perawatan rambut sehari-hari, produk seperti sampo, conditioner, hair spray, ataupun penggunaan curling-iron dan hair-dryer tetap aman bagi Ibu hamil. Namun yang perlu diperhatikan, hindari penggunaan sampo anti ketombe yang biasanya memiliki kandungan zat kimia lebih keras (titanium dioxide dan zinc oxide) dibanding varian sampo lainnya. 

Ibu hamil juga biasanya akan memilih wangi harum sampoo sesuai dengan keinginannya. Karena ada juga harum sampoo yang malah menjadi pemicu mual dan pusing saat hamil meskipun sampoo itu biasa digunakan sebelum ia hamil. 

Bagaimana? Hamil menjadi tetap membahagiakan, bukan? Yang penting kita mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan. Perawatan rambut boleh, tetapi pilih perawatan yang tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Kesehatan wanita hamil sangat amat perlu diperhatikan. Melakukan perawatan rambut di salon juga merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan wanita hamil.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.