ASURANSI SALAM ANUGERAH KELUARGA - Cah Kesesi AyuTea

ASURANSI SALAM ANUGERAH KELUARGA


**** 

"Pit, Pae masuk ICU lagi. Nggak sadar, ini ibu lagi packing-packing mau pindah ke ruang tunggu ICU". Satu pesan singkat terkirim ke handphone-ku. 

Belum juga sempat aku membalas, ibu kembali kirim pesan terjeda sekian detik saja. "Kamu sekarang ke sini sama adikmu!". 

Aku tak berpikir panjang, kusambar handuk kemudian aku mandi super kilat, bergegas ke Rumah Sakit Siaga Medika di Pemalang. 

"Mau ke mana, Pit?" Tanya tetangga yang melihat kami berdua seperti gusar. 

"Pae masuk ICU lagi, pandongane nggih". Lalu ku-starter motor matic-ku. Sholawat dan doa­terus aku ucapkan dalam hati. 

Bismillah, kami berdua berangkat. Air mata nggak berhenti menetes tanpa sadar. Tapi aku seka lagi dan lagi, Kucoba tak membiarkan air mataku memburamkan pandanganku. Bagaimana pun perjalanan naik motor butuh konsentrasi penuh. Hati² dan pelan² konsentrasi ku benar² terpecah belah, aku takut! Aku takut! 

**** 

Tahun lalu, 14 Mei 2019. Aku kehilangan orang yang paling aku sayang, seorang Bapak yang selama ini mendidik aku dengan baik hingga aku bisa berdiri sendiri seperti sekarang ini. 

Kehilangan bapak menyadarkanku bahwa kematian betul-betul ada, bila boleh meminta aku ingin orang-orang tersayangku panjang umur. Kita semua senang melihat keluarga kita sehat dan bahagia. Namun, namanya hidup kan ya, sudah pasti kita juga pernah merasakan sedih berduka. Tawa tangis, susah senang, hitam putih kehidupan sudah wajar kita jalani. 

Saat hidup dan menjalani kehidupan, kita tidak bisa lepas juga dengan yang namanya risiko. Hari ini kita sehat, siapa tahu besok atau lusa kita jatuh sakit. Atau saat orang yang kita sayangi pergi untuk selamanya, menyadarkan kita bahwa usia manusia memiliki batas akhir. Ada pertemuan, ada perpisahan. Ada hidup ada mati. 

Mencintai sesuatu tidak usah berlebihan, karena suatu saat nanti saat tiba perpisahan itu, kita tidak terlalu sedih, atau paling tidak kita sudah menyiapkan sesuatu saat nanti terjadi perpisahan. Itulah risiko hidup. Risiko ini bisa terjadi kepada siapa saja, pun kepada barang yang kita punyai. 

Berbagai risiko yang meliputi hidup baik yang bisa terjadi pada diri kita sendiri maupun pada aset-aset yang kita miliki, seringkali menimbulkan pula dampak finansial atau keuangan. Misalnya, saat diri kita tiba-tiba terjatuh sakit dan membutuhkan biaya berobat ke rumah sakit, mau tidak mau kita harus mengeluarkan sejumlah biaya kesehatan. 

Atau, saat mendadak mobil kita mogok karena mesinnya mengalami masalah, suka tidak suka kita harus merogoh kocek untuk mendapatkan servis dari bengkel langganan. Dan semuanya itu membutuhkan biaya. 

Biaya-biaya yang kita keluarkan tersebut termasuk dalam kategori risiko finansial. Ya, mungkin kita akan merasa ringan-ringan saja bila biaya yang dibutuhkan masih bisa kita tanggung dengan dana darurat yang kita siapkan. Namun, nyatanya, yang sering terjadi biaya-biaya yang timbul jauh lebih besar daripada dana darurat yang sudah kita miliki. 

Aku ingat betul waktu bapakku menjalani perawatan di rumah sakit karena sakit liver yang dideritanya, meskipun ada yang ditanggung asuransi kesehatan, tetap masih tetap mengeluarkan obat-obat yang tidak masuk dalam plafon asuransinya. Wal hasil, ada beberapa asset yang dijual untuk menutup biaya pengobatannya. Lalu, bagaimana bila orang yang sakit tersebut tutup usia? Adakah jaminan yang disiapkan untuk melindungi keluarga? inilah yang disebut risiko finansial. Sebenarnya, risiko-risiko tersebut bisa kita kelola dengan lebih baik melalui produk asuransi. 

Sudah sejak lama perusahaan asuransi familiar di telinga kita. Salah satu perusahaan penyedia jasa layanan keuangan terkemuka yang banyak diminati konsumen adalah Sun Life. 


Tentang Sun Life 

Sun Life merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. 

Perusahaan ini mempunyai komitmen menjadi salah satu perusahaan asuransi dan aset manajemen terbaik di dunia yang dapat membantu para nasabah meraih kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. 

Tentang Sun Life Indonesia 

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life ndonesia) telah menyediakan berbagai produk proteksi dan pengelolaan kekayaan sejak tahun 1995, di mana produk proteksinya antara lain asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan perencanaan hari tua kepada para nasabah. 

Sun Life memiliki tujuan yang jelas, yaitu membantu para nasabah mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. 

Sun Life Indonesia setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang signifikan dan hingga kini terus berupaya untuk meningkatkan produk dan layanan demi memenuhi kebutuhan para nasabahnya. 

Para karyawan dan money planner dari Sun Life Indonesia selalu bekerja keras untuk meraih kepercayaan nasabah, mereka terus bersemangat untuk mengembangkan jalur distribusi keagenan (konvensional dan syariah) dan distribusi kemitraan. Di Indonesia sendiri sudah ada lebih dari 132 kantor pemasaran konvensional dan 49 kantor pemasaran syariah. 

Alhamdulillah, ya, sudah banyak kantor syariahnya. Begitupula dengan produk Asuransi Syariah di Sun Life Indonesia ini, rupanya Sun Life Indonesia menjawab dari permintaan nasabah karena Indonesia salah satu negara muslim terbesar di dunia, warga Indonesia membutuhkan lebih banyak produk syariah untuk mendukung jalan hijrah mereka. 

Alhamdulillah, Sun Life Indonesia meluncurkan produk syariah bernama AsuransiSalam Anugerah Keluarga. Produk terbaru ini bergenre syariah dengan banyak keunggulan yang ditawarkan. 

Mari kita berkenalan dulu apa itu Asuransi Salam Anugerah Keluarga: Selalu Menemani, Selamanya Melindungi. 

Seperti yang aku tulis di atas, bahwasanya hidup ini selalu diwarnai dengan ketidakpastian. Namun, bagaimana pun kenyamanan keluarga adalah hak dan menjadi prioritas utama yang harus dilindungi. 

Keluarga menjadi sumber inspirasi, kebahagiaan, dan semangat hidup. Pentingnya melindungi keluarga merupakan bagian dari langkah mewujudkan masa depan yang cerah. Setidaknya kita yang saat ini masih hidup melihat anak-anak tersenyum saja rasanya bahagia banget. Dan muncul dalam benak, aku ingin bermanfaat untuk masa depannya kelak meskipun raga sudah tidak bersama mereka. 

Aku ingin punya asuransi yang bisa melindungi semua anggota keluarga, Aku butuh asuransi yang satu untuk semua, ada? 

Nah, kabar baiknya, PT Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Asuransi Salam Anugerah Keluarga sebagai solusi perlindungan dan perencanaan keluarga secara menyeluruh. Hadir dengan Santunan Asuransi untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak, Asuransi Salam Anugerah Keluarga hadir menjawab kebutuhan keluarga Indonesia di masa kini dan mendatang. 

Lalu, apa saja sih keunggulan dari produk ini? Hmm, ada banyak. Berikut keunggulan produk dari Asuransi Salam Anugerah Keluarga: 

1. Satu Polis asuransi dasar memberikan perlindungan asuransi untuk 4 Peserta sekaligus; suami, istri, 2 orang anak. 

Nah ini pas banget dengan keluargaku, aku punya dua anak perempuan yang cantik-cantik. 

2. Kontribusi yang terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh. 

Hal ini tentu sudah menjadi keinginan banyak keluarga, kan? 

3. Dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 Peserta 

4. Terdapat 7 asuransi tambahan lainnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan perlindungan 

5. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf 

Jariyah dengan berwakaf? Maksudnya gimana itu? Nah, jadi perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional itu salah satunya di keunggulannya. Selain mendapatkan manfaat perlindungan, Nasabah juga mendapatkan manfaat wakaf di asuransi syariah, hal ini tidak ditemukan di asuransi konvensional. 

Nilai- Nilai Asuransi Syariah 

Secara prinsip nilai asuransi syariah memiliki perbedaan dengan asuransi konvensional. Selain menggunakan konsep syariah dalam pengelolaannya, asuransi syariah juga mengimplementasikan nilai-nilai khusus sebagai dasar syariah. Ada beberapa nilai dasar atau prinsip syar’i yang terkandung dalam asuransi syariah. Diantaranya adalah: 

1. Nilai tauhid, dimana asuransi syariah selalu berlandaskan ketauhidan dalam pengelolaannya. 

2. Nilai keadilan, asuransi syariah senantiasa menjalankan prinsip keadilan baik nasabah maupun perusahaan sesuai dengan hak dan kewajibannya. 

3. Nilai tolong menolong, dimana antara sesama nasabah bisa saling tolong menolong saat salah satu nasabah merugi atau mendapatkan masalah, sedangkan perusahaan hanya berfungsi sebagai pengelola dana saja. 

4. Nilai amanah, dimana baik perusahaan maupun nasabah harus saling menjaga hak dan kewajibannya secara professional. 

5. Nilai ridha, dalam asuransi syariah antara nasabah dan perusahaan harus saling ridha dalam melakukan transaksi agar pengelolaan asuransi berjalan dengan baik dengan metode syariah. 

6. Mengindari riba, munculnya asuransi syariah salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari memakan uang atau dana riba. 


Melihat nilai-nilai yang terkandung dalam asuransi syariah di atas menunjukkan bahwa asuransi syariah memang sangat tepat dijadikan pilihan oleh siapa saja, terutama keluarga yang menginginkan tabungan jangka panjang untuk menyiapkan masa depan. Setidaknya ada berkah keluarga yang akan didapatkan dengan Asuransi Syariah Salam Anugerah Keluarga. 

Perbedaan Antara Asuransi Syariah
Dan Asuransi Konvensional

Pada dasarnya asuransi adalah sebuah langkah pengelolaan keuangan untuk jangka panjang. Selain itu, saat ini asuransi digunakan masyarakat dalam rangka mengantisipasi resiko, dan sebagai salah satu cara untuk mengelola keuangan untuk masa depan. 

Nah, saat ini selain asuransi yang bersifat konvensional hadir pula asuransi yang bersifat syariah. Lalu, bagaimana membedakan keduanya? 

Baik asuransi konvensional maupun asuransi syariah pada dasarnya sama, hanya saja perbedaan utamanya terletak pada sistem pengelolaannya, jika asuransi konvensional pengelolaannya sesuai dengan aturan umum yang ada di Negara ini, sementara asuransi syariah menggunakan sistem operasional berdasarkan syariat Islam. Sistem pengelolaan asuransi berdasarkan syariah bertujuan untuk menghindari adanya riba. 

Selain itu sistem asuransi syariah adalah tolong menolong, beda dengan konvensional yang yang mengggunakan sistem saling menanggung. Asuransi syariah pembukuannya terbuka sedangkan asuransi konvensional pembukuannya tertutup. Selain itu asuransi syariah terdapat dewan pengawas syariah, sedangkan asuransi konvensional tidak memiliki dewan pengawas khusus. Ada lagi dalam asuransi syariah ada kewajiban membayar zakat sedangkan konvensional tidak ada zakat. Itulah sedikit hal yang membedakan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah. 

Rincian Informasi Tentang Asuransi Salam Anugerah Keluarga 

Banyak hal bisa didapatkan ketika kita mengambil Asuransi Salam Anugerah Keluarga dari Sun Life Indonesia. Diantara manfaat yang diberikan oleh Asuransi Salam Anugerah Keluarga adalah: 

1. Manfaat Meninggal Dunia 
  • 100% santunan asuransi akan dibayarkan kepada penerima manfaat apabila peserta pertama meninggal dunia di dalam masa asuransi. 
  • 100% santunan asuransi akan dibayarkan kepada penerima manfaat apabila peserta kedua meninggal dunia di dalam masa asuransi. 
  • Santunan Asuransi sebesar Rp10 juta untuk setiap Peserta Anak (maksimal 2 Peserta Anak) yang meninggal dunia di dalam Masa Asuransi 
2. Manfaat Investasi akan dibayarkan apabila: 
  • Peserta Pertama dan Peserta Kedua telah Meninggal Dunia dan Polis berakhir. 
  • Peserta Pertama dan Peserta Kedua masih hidup hingga tanggal berakhirnya Polis.
3. Manfaat Asuransi Tambahan: 
  • Asuransi Kecelakaan
  • Asuransi Kematian akibat Kecelakaan 
  • Santunan Rawat Inap dan Pembedahan 
  • Penyakit Kritis 
  • Sun Medical Platinum Syariah 
Bagaimana, temen-temen? Berbagai manfaat yang diberikan oleh Asuransi Salam Anugerah Keluarga tampaknya semakin membuktikan bahwa asuransi dengan system pengelolaan syariah ini pantas menjadi pilihan keluarga di Indonesia sebagai sarana untuk menyiapkan masa depan keluarga menjadi lebih terjamin. 

Menyiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang, karena kita tidak akan pernah tahu risiko apa saja yang akan menimpa kita di kemudian hari. Semoga bermanfaat. 

Referensi: https://www.sunlife.co.id/ 

50 comments:

  1. oh jadi salam ini bagian dari sun life? trima kasih infonya. menambah pengetahuan tentang asuransi syariah

    ReplyDelete
  2. Innaalillahi wa innaa ilaihi raaji'uun semoga bapak senantiasa dilapangkan kuburnya y mba
    Kehilangan orang tercinta memang tidak mudah apalagi kita kita punya hubungan batin yg sangat kuat
    Tp hidup memnag harus tetap berjalan y
    Asuransi sebagai salah satu ikhtiarny
    Walau dalam prktikny harus lebih hati2 jg Krn beberapa waktu belakangan ini lumayan ada kauss terkait asuransi

    ReplyDelete
  3. Oh satu polis teryata bisa untuk 4 nama peserta sekaligus ya. Jadi lebih praktis juga ya. Senangnya ada asurasi seprti ini

    ReplyDelete
  4. Asuransi syariah memang fair sih ya ... dan sebaiknya berusaha memilikinya biar tenang.

    ReplyDelete
  5. Asuransi sekarang tuh bukan sekedar butuh ga butuh ya mbak, tapi juga gaya hidup

    ReplyDelete
  6. Lebih tenang deh jadinya kalau sudah ada yang namanya asuransi syariah gini. Huhuhu..ternyata beda yaa sama yang konvensional. Saya baru tahu euy~

    ReplyDelete
  7. Jama sekarang sebenenernya asuransi itu oenting ya bun kalau dipikir pikir lagi. Tapi tetep sih harus cari asuransi yang terpercaya, claimnya gampang, dan pastinya yang sesuai syariat yaa biar makin tenang

    ReplyDelete
  8. Solusi banget ya mba untuk kita yang ingin berasuransi tapi terkendala dengan aturannya, Insya Allah asuransi syariah lebih aman dan transparan.

    ReplyDelete
  9. Bener banget punay asuransi bantu banget kalau ada hal-hal kaya ini ya Noorma, sakit itu biasanya gak sedikit. Pakai asuransi syariah lebih nyaman ya

    ReplyDelete
  10. Asuransi Syariah sudah yang paling benar untuk diterapkan di masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.
    Dari mulai akad dan hal-hal terkecilnya, sudah sesuai syariah sehingga menenangkan hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akadnya beda ya ternyata dengan asuransi konvensional, akdanya tolong menolong aku juga baru ngerti belum lama ini

      Delete
    2. Iya, kak Lia yaa..
      Yang paling penting ga ada unsur ghoror dan riba nya yaa..misal, kalau terlambat setor, kena denda.

      Delete
  11. Insya Allah makin mudah bagi keluarga muslim yang ingin memiliki asuransi yang sesuai dengan muamalat yaa.. Yang non muslim pun bisa banget ikutan asuransi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ada pilihan asuransi konvensional dan syariah saya juga milihnya yang syariah insyaAllah lbh aman dan bikin tenang.

      Delete
  12. Turut berduka ya mbak atas meninggalnya ayahanda.
    BTW belakangan ini juga banyak kabar duka, gak peduli usia, tua muda, rasanya maut makin dekat. Saya jg kepikiran nih kalau meninggal gmn anak2 nantinya. Asuransi jiwa penting ya?
    Owalah Salam ini masuk masuk ke Sun Life Indonesia ya mbak?

    ReplyDelete
  13. kalau asuransi yang syariah memang lebih memberi ketenangan jiwaa ya mba

    ReplyDelete
  14. Masyarakat kita harus byk sadar betapa pentingnya punya asuransi, aplg ad kejadian mendadak yg qt gak sangka2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk saya
      Karena luput makanya jadi kebingungan ketika saat ini diserang pandemi

      Delete
  15. Alhamdulillah adanya AsuransiSalam akan melindungi sekeluarga bukan hanya perorangan pemegang polis

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya informasi soal Asuransi ini. Kemarin saya diinfo teman kalau pakai asuransi ini bareng bapak ibunya

    ReplyDelete
  17. asuransi jamans ekarang itu udah kayak wajib ya mbak :( soalnya kalau punya asuransi tu lebih tenang kayaknya

    ReplyDelete
  18. Senang deh kalau ada produk syariahnya jadi bisa buat pilihan kita untuk menentukan produk asuransi yang akan diambil ini mbak.

    ReplyDelete
  19. aku baru tahu ni mba di sun life ada asuransi syariah tentunya pasti rasanya lebih tenang mengingat di zaman sekarang penting banget punya asuransi

    ReplyDelete
  20. langsung terenyuh dan sedih pas baca part kehilangan ayah, ingat ayahku mba, aku juga kehilangan beliau 2 tahun lalu, lukanya sampai sekarang. ternyata manfaatnya asuransinya banyak sekali ya mba. saya baru tahu bedanya asuransi yang syariah dan konvensional, selama ini saya selalu bertanya-tanya apa bedanya, eh nemu artikel ini jadi tahu deh

    ReplyDelete
  21. Aku juga sempat mempelajari bedanya Asuransi Syariah dengan konvensional mba, bermanfaat sekali ya buat kehidupan kita sebagai seorang muslim

    ReplyDelete
  22. Satu polis bisa buat sekeluarga? Butuh banget ini sih. Nanti kepo2 lanjutan ah.

    ReplyDelete
  23. Asuransi tuh memang sangat penting untuk keluarga. Pilih yang sesuai dan dapat mencover seluruh keluarga. Agar lebih tenang.

    ReplyDelete
  24. Aku teringat moment-moment Bapak Mba Noorma sakit waktu itu, curhat di WAG ya mba. Al-Fatihah untuk Almarhum. Jadi sekarang mba noorma ikuta asuransi as-salam juga?

    ReplyDelete
  25. kalau kita atau keluarga sakit tuh ya ampuuun mba..rasanya ya. Aku sudah pernah mengalaminya sendiri. Alhamdulillah terbantu asuransi memang. Insya Allah kita sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  26. Jadi ingat pas acara sunlife, aku suka program-programnya. Kalo udah punya asuransi rasanya lega yo Kak

    ReplyDelete
  27. Sedih bacanya. Turut berduka cita ya Mba. Memang asuransi itu perlu untuk proteksi keluarga kita.

    ReplyDelete
  28. satu polis boleh digunakan untuk 4 orang ya.. menarik sekali. Asuransi penting untuk proteksi keluarga

    ReplyDelete
  29. sepertinya aku juga harus belajar tentang asuransi nih sebelum nanti berumahtangga.. asuransi udah jadi bagian hidup kita ya mba sepertinya

    ReplyDelete
  30. aku turut berduka ya mba atas cerita diatas, memang kadang diperlukan sih asuransi apalagi di masa pandemi seperti skrg ini

    ReplyDelete
  31. aku baru tau secara detail nilai2 asuransi syariah, selama ini cuma tau nilai gotong royong atau dana iuran gitu mba.

    ReplyDelete
  32. Kalau nanti sudah memutuskan untuk memiliki asuransi sebagai perlindungan keluarga, sepertinya akan pilih asuransi syariah seperti Asuransi Salam Anugerah Keluarga ini deh. Selain lebih nyaman di hati juga manfaatnya banyak banget ya.

    ReplyDelete
  33. Iya hidup itu jarang seperti jalan lurus saja. Banyak tikungannya. Jadi wajar jika kita mempersiapkan proteksi dini (asuransi) untuk menjamin agar keluarga tetap sejahtera jika terjadi apa-apa ya Mbak

    ReplyDelete
  34. Asuransi memang penting banget ya mba. Dulu keluargaku ga tau ttg ini. Jadi kaget banget waktu harus bayar biaya pengobatan papa dan mama. Semuanya luar biasa mahalnya.

    Sekarang jadi pembelajaran sih, jd siapin buat anak2 dan buat sendiri. Just in case besok kenapa2 jd ga ngerepotin

    ReplyDelete
  35. Thanks for your sharing about the different both Islamic insurance and conventional insurance. Nice to know.

    ReplyDelete
  36. Meng-cover keluarga dengan dua anak ya, Noorma. Kalau anaknya ada tiga orang gimana itu, ya. Apakah harus nambah dana atau gimana?

    ReplyDelete
  37. 1 polis asuransi bisa memberi perlindungan pada diri sendiri, pasangan dan 2 orang anak. Kalau mau mengikutkan anak ke tiga apakah bisa?

    ReplyDelete
  38. Wah, enak juga ya 1 polis bisa untuk 4 peserta. Pas banget buat keluargaku karena yg berpenghasilan hanya 1 orang. Ada asuransi tambahan juga, jadi lebih tenang bagi orang swasta.

    ReplyDelete
  39. Menarik banget jenis asuransi salam anegerah ini ya Mbka, satu polis bisa digunakan untuk 4 orang. Jadi cukup bayar 1 premi bisa dimanfaatkan utk sekeluarga ( pasangan dan 2 anak)

    ReplyDelete
  40. Semua asuransi, menurutku penting. Adapun yang berkonsep syariah, memang lebih menenangkan untuk kaum muslim yaa. Apalagi ini konsepnya bisa dimanfaatkan untuk sekeluarga :)

    ReplyDelete
  41. Semoga bapak telah tenang di sisi-Nya ya, Mbak. Aamiin.
    Banyak manfaat nih yang bisa didapat dari asuransi Salam Anugerah. Semoga bisa membantu masa depan keluarga muslim Indonesia, ya :)

    ReplyDelete
  42. Produk asuransi ini menarik banget lho. Tapi, mbak, apa ini hanya untuk yang muslim? Kalau non muslim boleh ikut apply asuransi syariah nggak ya?

    ReplyDelete
  43. baru tau aku mba kalau asuransi juga ada yang syariah, bisa nih dipelajari lebih lanjut. Memang, kehilangan orang orang yng kita sayang tu benar benar berat ya mba jadi harus mempersiapkan segalanya

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah sekarang lebih banyak asuransi syariah ya mbak. Sejak belasan tahun lalu saya juga pilih asuransi syariah

    ReplyDelete
  45. Dulu aku pernah ngerasa kalo asuransi cuma such a waste of money Mak. Kalo misal nggak ada apa2 kan jatuhnya duit kita jadi kebuang sia2. Tapi itu berubah saat udah dapet edukasi soal asuransi yang bener2 krusial dan harus banget dimiliki. Makin bagus lagi kalo asuransi syariah ya Mak

    ReplyDelete
  46. Aku jadi ikutan sedih karena ayahku juga sudah tidak ada. Sekarang semakin banyak produk asuransi syariah ya mbak jadi kita yang muslim jadi lebih tenang dan mendapatkan proteksi juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)