Pengalaman Berobat di Rumah Sakit RSI Pekajangan Saat Pandemik Virus Corona - Cah Kesesi AyuTea

Pengalaman Berobat di Rumah Sakit RSI Pekajangan Saat Pandemik Virus Corona



Dunia saat ini sedang mengalami pandemik virus corona yang mana virus ini muncul pertama kali di Kota Wuhan China pada bulan Oktober 2019. Penyebaran virus corona ini sangat massive bahkan sampai Negara kita tercinta Indonesia pun ikut terdampak virus yang saya sebut sebagai musibah sekaligus teguran dari Tuhan. 


Di Indonesia sendiri mulai resmi diumumkan ada kasus mulai 1 Maret 2020. Kasus pertama muncul dari salah satu warga Depok, kemudian disusul dengan kasus-kasus berikutnya hingga saat ini angkanya meroket naik. Bahkan sampai tanggal 28 April 2020 sudah ada 9511 kasus terkonfirmasi positif. Sangat sedih ketika setiap hari saya mengikuti update beritanya, namun saya tetap optimis dan selalu berdoa agar pandemic ini segera selesai. Aamiin.. 

Saya tinggal di Pekalongan. Beberapa minggu lalu ada pasien positif corona dan meninggal dunia di Rumah Sakit Kraton, salah satu rumah sakit rujukan di Jawa Tengah. Oiya, ngomong-ngomong soal Rumah Sakit di musim Covid-19 mungkin ada temen-temen yang belum tahu tentang peraturan ketat yang saat ini diberlakukan pemerintah dan harus dipatuhi oleh setiap pasien yang berobat maupun pengunjung di rumah sakit, bukan hanya di RS Rujukan Covid-19 tetapi juga di semua RS di seluruh Indonesia. 

Diantara peraturan ketat yang diberlakukan di rumah sakit adalah; setiap pasien yang berobat jalan harus memakai masker, dicek suhu tubuh, tidak boleh ada kunjungan untuk besuk pasien rawat inap, penunggu pasien rawat inap maksimal 2 orang dan harus sehat, tempat duduk ketika periksa dan antri obat diberi jarak, ketika datang dan pergi dari rumah sakit harus memakai hand sanitizer, dan juga harus melakukan physical distancing

Hal itu pula yang kualami saat mengantar anak periksa di salah satu rumah sakit swasta di Pekalongan, yaitu RSI Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Di mana saat memeriksakan Noofa, saya dan Noofa harus memakai masker, begitu tiba di depan pintu masuk di cek suhu tubuh oleh satpam rumah sakit. Setelah dicek suhu tubuh dan hasilnya normal baru diperbolehkan masuk ke dalam ruang pendaftaran pasien periksa rawat jalan, dan begitu di dalam tempat duduk antrian pasien ternyata sudah ada lakban sebagai pembatas  kursi tunggu di ruang tunggu. 

Hal serupa juga ada di ruang tunggu pasien yang akan periksa di klinik tempat praktik dokter kulit kelamin, di mana saya mengantar Noofa untuk periksa sakit kulit karena gatal, tempat duduknya beberapa juga dilakban kuning sebagai tanda agar tidak diduduki pasien. 

Bahkan ketika akan masuk ruang pemeriksaan diharuskan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan pihak rumah sakit, begitu juga ketika keluar juga harus menggunakan hand sanitizer lagi. Tak ketinggalan pula di ruang pemeriksaan tempat duduk antara dokter dan pasien berjauhan dana tetap menggunakan masker. YANG TIDAK MENGGUNAKAN MASKER, TIDAK AKAN DIPERIKSA OLEH DOKTER. 

Ketika sudah periksa maka saya dan Noofa segera menuju ke farmasi untuk mengantri mendapatkan nomor antrian pengambilan obat. Tempat duduk di ruang tunggu farmasi juga dibatasi sehingga banyak yang berdiri. 

Saya tidak ingin menunggu obat terlalu lama, ALhamdulillahnya di RSI Pekajangan sudah bermintra dengan halodoc. maka saya menggunakan jasa Halodoc untuk mengantarkan obat sampai ke rumah, alasannya tentu  karena lebih simple dan ongkosnya juga murah baik jauh maupun dekat. 

Proses halodoc sangat simple lho, ketika sudah dipanggil petugas farmasi kita hanya bilang mau menggunakan Halodoc, maka akan diberi semacam karcis antrean oleh petugas farmasi untuk kemudian diserahkan kepada petugas Halodoc.  

Setelah itu saya ke counter halodoc dan memberikan nomor antrean tadi ke sana,  kemudian saya hanya diminta mengisi alamat lengkap serta perkiraan rute ke rumah, administrasinya murah, dulu pas awal-awal cuma 10ribu rupiah, tapi terakhir saya periksa seminggu lalu biayanya naik jadi 13.000. 

Tapi ya gapapa sih naik 3000 rupiah, karena jarak rumah saya jauh dari RSI, ada lebih dari 15 kilo meter. Hehe. Dengan adanya halodoc ini sangat membantu saya untuk mempercepat saya pulang dan obatnya tinggal nunggu saja di rumah.

Untuk teman-teman semua jika sedang berobat ke rumah sakait bisa memanfaatkan jasa Halodoc ini, karena lebih mudah. Dengan syarat, rumah sakitnya sudah bermintra dengan halodoc. Temen-temen bisa juga install aplikasinya untuk memantau sampai di mana obatnya dibawa kurir. 

Oiya, di tengah wabah Covid-19 jangan lupa menjaga kesehatan, tetap melakukan physical distancing dan stay at home untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jika merasakan teman-teman merasakan gejala demam tinggi dan tidak kunjung turun, sakit tenggorokan, sesak nafas, segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, utamanya rumah sakit yang telah ditunjuk menjadi rujukan untuk menangani pasien Covid-19. Berikut ini daftar rumah sakit yang ditunjuk menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di wilayah Jawa Tengah:

Daftar Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jawa Tengah

1.    Semarang
  •  RSU Dr. Kariadi Semarang Jl. Dr.Sutomo No. 16, Semarang. Telepon: (024) 8413476
  • RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang Jl. Fatmawati No.1 Semarang 50272. Telepon: (024) 6711500
  • RSUD Tugurejo Semarang Jl. Walisongo No. 137 KM 8.5, Jawa Tengah 50185. Telepon: (024) 7605297
  • RSU Sultan Agung Semarang Jl. Kaligawe Raya No.KM. 4, Terboyo Kulon, Jawa Tengah 50112. Telepon: (024) 6580019
  • RSU St. Elizabeth Semarang Jl. Kawi 1, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50252. Telepon: (024) 8310035
  • RSU Telogorejo Semarang Jl. Kh Ahmad Dahlan, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134. Telepon:(024)86466000
  • RSU Colombia Asia Semarang Jl. Siliwangi No.143, Kalibanteng Kulon, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50145. Telepon: (024) 7629999
  • RSU Bhayangkara Semarang Jl. Majapahit No.140, Gayamsari, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50248. Telepon: (0298) 326045
2.    Kabupaten Semarang
  • RSUD Ambarawa Jalan R.A. Kartini No. 101 Tambakboyo Lodoyong, Semarang, Jawa Tengah 50611. Telepon: (0298) 591020
3.    Kendal
  • RSU Dr. H. Soewondo Jl. Laut 21, Kendal. Telepon: 0294 381433


4.    Surakarta
  • RSU Dr. Moewardi Jl. Kol. Sutarto 132, Surakarta. Telepon: (0271) 637415
  • RSUD Kota Surakarta Kedungupit, Sawahan, Kec. Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57375. Telepon: (0271) 715300
  • RSU PKU Muh. Surakarta Surakarta, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Telepon: (0271) 714578
  • RS Kasih Ibu Surakarta Jl. Slamet Riyadi No.404, Purwosari, Laweyan, Surakarta, Central Java 57142. Telepon: (0271) 714422
  • RS dr. Oen Surakarta Jl. Brigjen Katamso No.55, Tegalharjo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128. Telepon: (0271) 643139
  • RST Slamet Riyadi Surakarta Jl. Slamet Riyadi No No.321Kvi, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148. Telepon: (0271) 714656
5.    Banyumas
·         RSU Banyumas Jl. Rumah Sakit No. 1, Banyumas. Telepon: 0281 796031
  • RST Wijayakusumah Purwokerto Jl. Prof Dr. HR Bunyamin, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53121. Telepon: (0281) 633062
  • RSU Prof. Dr. Margono Soekarjo Jl. Dr. Gumbreg No. 1, Purwokerto. Telepon: 0281 632708
6.    Kudus
  •     RSUD Dr. Loekmonohadi Kudus Jl. Dr. Lukmonohadi No. 19, Kudus. Telepon: (0291) 444001

7.    Slawi Kabupaten Tegal
·         RSU Dr. H. RM Soeselo W Jl. Dr. Sutromo No. 63, Slawi. Telepon: 0283 491016
8.    Kabupaten Pekalongan
·         RSUD Kraton Kab. Pekalongan Jl. Veteran 31, Pekalongan. Telepon: (0285) 423225, 423523
  • RSUD Kajen Kab. Pekalongan Jl. Raya Karanganyar No.36, Mlatensatu, Karangsari, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182. Telepon: (0285) 385231
9.    Kota Magelang
·         RSUD Tidar Kota Jl. Tidar No. 30A, Kota Magelang. Telepon: (0293) 362260 , 362463
  • RSU dr. Soedjono Magelang Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.48, Wates, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56113. Telepon: (0293) 363061
  • RSUD Muntilan Kab. Magelang Kartini No.13, Balemulyo, Muntilan, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56411. Telepon: (0293) 587004
10. Klaten
·         RSU Dr Suraji Tirtonegoro Jl. Dr. Soeradji T. No. 1, Klaten. Telepon: (0272) 321104
  • RSUD Bagas Waras Klaten RT.04/RW.09, Buntalan, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Telepon: (0272) 3359666
  • RSU Islam Klaten Jl. Klaten - Solo No.KM.4, Sidorejo, Belang Wetan, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Telepon: (0272) 322252
11. Salatiga
·         RS Paru Dr. Ario Wirawan Jl. Hasanudin No.806, Salatiga. Telepon: (0298) 326130, (0298) 322703
  • RSUD Salatiga Jl. Osamaliki, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50721. Telepon: (0298) 324074
  • RSU Bhakti Wira Salatiga Jl. DR. Sutomo No.17, Barusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50245 (024) 3555944
  • RSU dr. Asmir Salatiga Jl. DR. Muwardi No.50, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711. Telepon: (0293) 363061
12. Kota Tegal
·         RSUD Kardinah Tegal Jl. AIP KS Tubun No 2, Kota Tegal 52124. Telepon: (0283) 350377, 350477
  • RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal Jl. Ababil No.42, Randugunting, Kec. Tegal Sel., Kota Tegal, Jawa Tengah 52131. Telepon: (0283) 358244
13. Demak
·         RSUD Sunan Kalijaga Demak Jl. Sultan Fatah 669/50, Bintoro, Kecamatan Demak, Bogorame, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511. Telepon: (0291) 685018
14. Grobogan
·         RSUD dr. R. Soedjati Grobogan Jl. D. I. Panjaitan No.36, Ngabean, Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Telepon: 58111 (0292) 421004
15. Pati
·         RSUD RAA Soewondo Pati Jl. Dr. Susanto No.114, Ngipik, Kutoharjo, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59111. Telepon:(0295) 381102
16. Jepara
·         RSUD RA Kartini Jepara Jl. Wahid Hasyim No.175, Rw. V, Bapangan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59413. Telepon: (0291) 591175
17. Rembang
·         RSUD dr. R. Soetrasno Rembang Jl. Pahlawan No.16, Kabongan Kidul, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59218. Telepon: (0295) 691444
18. Blora
·         RSUD dr. R. Soetijono Blora Jl. Dr. Sutomo No.42, Blora, Tempelan, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58219. Telepon: (0296) 531118
19. Kudus
·         RSU Mardi Rahayu Kudus Jl. AKBP Agil Kusumadya No.110, Jatirejo, Jati Wetan, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59346. Telepon: (0291) 438234
20. Kota Pekalongan
·         RSUD Bendan Kota Pekalongan Jl. Sriwijaya No.2, Bendan, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51119. Telepon: (0285) 437222
21. Batang
·         RSUD Batang Jl. Dr.Sutomo No.42, Kauman, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51215. Telepon: (0285) 4493034
22. Pemalang
·         RSUD dr. M Ashari Pemalang Jl. Gatot Subroto No.41, Bojongbata, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52319. Telepon: (0284) 321614
23. Brebes
·         RSUD Brebes Jl. Jenderal Sudirman No.181, Pangembon, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52212. Telepon: (0283) 671431
24. Cilacap
·         RSUD Cilacap Cilacap, Tambaksari, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53212. Telepon: (0282) 533010
25. Banjarnegara
·         RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah. Telepon: (0286) 591464
26. Purbalingga
·         RSUD dr. R. G. Taroenadibrata Purbalingga Purbalingga, Kembaran Kulon, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53319. Telepon: (0281) 891016
27. Wonosobo
·         RSUD Setjonegoro Wonosobo RSUD Jl. Rumah Sakit No. 1, Wonosobo Wonosobo Bar. Kec. Wonosobo, Stasiun, Wonosobo Bar., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311. Telepon: (0286) 321091
28. Kebumen
·         RSUD dr. Soedirman Kab. Kebumen Kenteng, Muktisari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317. Telepon: (0287) 381101
29. Sukoharjo
·         RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo Sukoharjo, Bulusari, Gayam, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57514. Telepon: (0271) 335966
30. Boyolali
·         RSUD Pandan Arang Boyolali Jl. Magelang - Boyolali No.136, Dusun 2, Winong, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57315. Telepon: (0276) 321065
31. Sragen
·         RSUD Soehadi Prijonegoro Sragen Sragen, Ngrandu, Nglorog, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57215. Telepon: (0271) 891068
32. Karanganyar
·         RSUD Karanganyar Karanganyar, Jengglong, Bejen, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57716. Telepon: (0271) 495673
33. Wonogiri
·         RSUD dr. Soediran MS Wonogiri Wonogiri, Joho Lor, Giriwono, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57613. Telepon: (0273) 321008
34. Temanggung
·         RSUD Djoyonegoro Temanggung Jl. Gajah Mada No.1A, Sendang, Walitelon Sel, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah, 56229. Telepon: (0293) 491119
35. Purworejo
·         RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo Doplang, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54114. Telepon: (0275) 321118. []

36 comments:

  1. Harus strict memang ya, dokter gak mau periksa kalo gak pake masker soalnya kalau tidak demikian, akan banyak yang ngeyelan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak orang yang masih belum aware dan tidak mengindahkan perintah dari Pemerintah memang yaa, kak Niar.

      Delete
  2. Aku jg kmrn2 ngalahin anak sakit mba tp aku pribadi gak prefer ke RS sih...
    Jd coba self treatment dulu sambil nanya lewat aplikasi kesehatan jg alhamdulillah anakku udah sehat skrg

    ReplyDelete
  3. makasih infonya mba. Memang prosedurnya jadi lebih detail dan rumit daripada yang dahulu. Semoga kita senantiasa menajag kesehatan ya

    ReplyDelete
  4. Jadi selain berupa aplikasi..layanan halodoc juga tersedia di RS sebagai mitra ya...pasti banyak yang membutuhkan layanan halodoc ini..Biar gak perlu lama-lama antri di RS.. Semoga sehat selalu ya mbak dan keluarga....

    ReplyDelete
  5. asik baget ya jaman sekarang segala sesuatu nya sudah sangat dipermudah, ini membantu banget sih dengan adanya aplikasi ini

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ya Halodoc bisa mempermudah proses berobat di RS yang bermitra dengan Halodoc keren nih aplikasi..

    ReplyDelete
  7. Naik 3 ribu masih terjangkau banget ya MAk. Apalagi dijaman pandemic ini, huhuuu mau ke RS rasanya gimana gitu, khawatir, takut. Kitanya yang harus aware, masker yang utama yaaaa.
    Ah semoga kita semua selalu diberikan kesehatan yaaa.
    Sehat buat keluarga di sana yaaa, salam buat duo krucil.


    ReplyDelete
  8. Awal April aku sempat sakit, gastro aku bermasalah dan biasanya langsung ke rumah sakit seperti biasanya. Karena sedang pandemi gini agak parno dong, jadi kemarin itu nyobain dulu konsultasi dokter di Halodoc.

    ReplyDelete
  9. Di masa pandemi seperti sekarang ini, kalau merasakan gejala kurang sehat pada tubuh memang sebaiknya konsultasi dulu di aplikasi seperti Halodoc daripada harus ngantri ke rumah sakit. Karena juga bisa pesan obat sekalian.
    Petugas kesehatan merupakan garda terdepan, makanya pasien harus mengikuti standar yang benar. Sehat2 terus ya.

    ReplyDelete
  10. aku pernah liat ada halodoc dekat apotek di rs langganan. kalo kapan2 berobat mau coba juga ah. ga perlu antri lama jadinya kan

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ada Halodoc sehingga praktis dan nyaman ya. Eh,aku baru tahu sdh bisa di Pekalongan lho.. Keren euy..

    ReplyDelete
  12. Iya mahal dikit ga masalah lah yaa apalagi kalau obatnya susah. Kayak saya waktu beliin obat buat papa juga pakai halodoc. Biarlah mahal dikit, yang penting kita aman.

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan ketegasannya. Memang gak boleh diperiksa dulu kalau gak pakai masker. Untungnya beli obat bisa di Halodoc, ya

    ReplyDelete
  14. Protokol kesehatan memang sebaiknya ditaati ya mba, karena imbasnya bisa kena banyak orang.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah coba layanan halodoc ini buat ambil obat ternyata memudahkan buat pasien ya, kapan2 mau coba ah layanan ini

    ReplyDelete
  16. Rumah Sakit pada punya protokol sendiri ya mbak buat menekan laju pertumbuhan Corona dan biar pasien nggak terlalu padat ngantri di Rumah Sakit

    ReplyDelete
  17. Selama masa pandemi ini belum bersni berobat ke puskesmas ataupun rumah sakit, tapi baca artikel ini jadi tahu ada peotokol khusud menangani pasien saat pandemi

    ReplyDelete
  18. Kalo ke rumah sakit bener-bener harus full perlindungan ya Mbak. Khawatir ada yang positif corona. Makanya selagi bisa pake fitur Halodoc, mending via Halodoc aja.

    ReplyDelete
  19. Yang miris memang dokter di wilayah atau di klinik kecil yaa, kak Noorma.
    Ga ada perlindungan yang memadai, hanya masker dan sarung tangan.
    Semoga sehat-sehat selalu kak Noorma dan keluarga.

    ReplyDelete
  20. aku juga kalau ke klinik dan ke RS bener - bener perhatikan perlindungan diri mba..dan kalau bisa segera selesai supaya ngga lama - lama di sana

    ReplyDelete
  21. Ternyata Halodoc udah melayani anter obat di Pekalongan ya. Di Semarang malah baru beberapa RS yang kerja sama dengan Halodoc

    ReplyDelete
  22. Aplikasi Halodoc sangat membantu sekali terutama di masa pandemi seperti sekarang ini ya. Kita bisa memesan obat tanpa harus menunggu lama di rumah sakit. Cukup pakai aplikasi Halodoc saja

    ReplyDelete
  23. Aku juga pakai halodoc jadi gampang banget mau apa apa, lebih praktis dan jaringannya sama rumah sakit juga luas

    ReplyDelete
  24. Asik ya, ga usah parno lagi karena harus lama-lama nunggu di rumah sakit. Layanan Halodoc ini keren banget. Aku juga pernah konsultasi malem-malem eh ada dong dokter yang stand by dan langsung respon pertanyaannku

    ReplyDelete
  25. Sekarang ke RS kayak mau ke Medan perang ya, stres duluan, untung ada aplikasi HaloDoc bisa membantu kita konsultasi secara online

    ReplyDelete
  26. lengkap sekali mba list rumah sakitnya. tap iya setuju sekarang mah kalo mau ke rumah sakit tuh persiapannya harus maksimal buat proteksi diri dari virus corona

    ReplyDelete
  27. emang serba salah sekarang nih mau ke rumah sakit, meski berobat sakit yang belum tentu ada hubunganna ama corona. Baiknya memang jaga kesehatan dan asupan gizi ya Mba biar sehat selalu

    ReplyDelete
  28. Di musin pandemi ini kami menghindari ke rumah sakit mbak.Soalnya ngeri ngeri sendiri. Jadi sebisa mungkin jaga kesehatan. Beberapa hari yang lalau anakku sakit mata seperti bisulan di mata. Aduh deg degan mesti ke RS. Akhirnya karena nggak berani tanya resep aja ke saudara yang dokter.Sekalian kirim foto matanya

    ReplyDelete
  29. Memang situasi yang sulit ya mba kalau harus ke rumah sakit pada saat pandemi sekarang, semoga rumah sakit tetap memberiikan yang terbaik dan pelayanan prima... Dulu sebelum pandemi suka melihat desk halodoc ini memang, sekarang sepertinya menjadi sangat membantu ya mba...

    ReplyDelete
  30. Di sini rumah sakit juga sudah ketat tapi beberapa mengurangi pelayanan seperti Poli gigi dan THT. Kejadian ini dipicu setelah ada dokter gigi yang positif kena Covid19.

    ReplyDelete
  31. Aku juga pernah nih manfaatin jasa halodoc buat ngantar obat, tapi waktu itu blom musim pandemi gini sih. Cuma emang karena nggak nyaman aja ngantri lama di RS.

    ReplyDelete
  32. Penting banget rumah sakit menetapkan SOP yang ketat untuk melindungi pasien dan nakes ya mbak. Situasi seperti sekarang ini parno banget mau ke rumah sakit. Klo sakitnya masih bisa ditangani di rumah sebaiknya di rumah aja. Klo memang terpaksa harus ke rumah sakit, ya apa boleh buat. yang penting diingat selalu disiplin dengan protokol kesehatannya.

    ReplyDelete
  33. Aku juga sempat berobat ajak anak-anak dengan ekstra ketat karena tipesnya kambuh. Ngeri banget kalau sampai terpapar Corona hiks... semoga kita sehat semua ya.

    ReplyDelete
  34. Suamiku kerja di RSI Muhamadiyah di Palangkaraya Mba. Selama covid ini pasien menurun karena orang2 takut ke RS. Kasian sih sama yg udah gajinya kecil tambah kecil, padahal resiko mereka besar sekali

    ReplyDelete
  35. baru tahu bisa beli obat via halodoc, membantu banget biar gak antri lama, cepet pulang, apalagi lagi pendemi gini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)