Skip to main content

Kenapa PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Menjadi Game Paling Favorit?

Assalamu'alaikum, Apa kabar temen-temen semua? Semoga selalu sehat wal 'afiyat ya. Bumi saat ini sedang mendapatkan cobaan, kita semua berdoa semoga pandemik segera berakhir dan kita semua bisa kembali menjalani hidup dengan normal. Aamiin...

Terhitung sejak pertengahan bulan Maret saya sudah menjalani kerja dari rumah atau Work from Home (WFH). Jujur, saya punya rasa jenuh juga saat harus berdiam diri di rumah. Saya juga mencari solusi bagaimana untuk betah dan produktif, meskipun di rumah saja. Salah satu yang biasa saya lakukan adalah bermain games. 

Pernah juga janjian sama mahasiswa untuk mabar, wkwkwk. Sampai dijulukin dosen gahul karena mabar sama mahasiswa. hihihi

Oiya, games yang biasa saya mainkan adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Games ini baru sekitar 3 tahun usianya, namun peminatnya luar biasa banyak loh. Apalagi sejak diluncurkannya PUBG versi mobile pada 19 Maret 2018 lalu. Game ini sukses meraih beberapa penghargaan, seperti penghargaan “Game Terbaik” di Google Play Awards 2018, juga mendapatkan dua penghargaan Google Play Awards 2018 lainnya, yaitu “Game Paling Kompetitif” dan “Game Favorit Penggemar”.

Menurut hemat saya, wajar saja PUBG banyak diminati dan punya banyak penggemar, karena dibanding games sejenis, PUBG ini lebih realistis, maksudnya gerakan-gerakan karakter dalam gamesnya lemes, tidak kaku seperti karakter dalam Free Fire, jadi rasanya kaya orang beneran gitu.

Terus kalau nembak juga tidak auto-aim, maksudnya  tembakannya bisa ke berbagai sasaran, bisa ke mana-mana, jadi pemainnya bisa latihan untuk menembak tepat sasaran.

Main PUBG itu bisa melatih Strategi dan kompetitif. Apalagi bila bisa ikut turamennya, bisa sukses jadi gamers itu membanggakan loh. Jangan salah, saya punya teman yang meniti karir suksesnya berawal dari karena dia suka main games, sekarang dia bisa bekerja di perusahaan gadget besar di Indonesia. uwuwuwu!

Hal positif bermain games kompetitif seperti ini adalah kita bisa belajar sabar, belajar kerjasama, dan melatih fokus kita terhadap apa yang sedang dihadapi. Di PUBG juga bisa iseng loh, misalnya kaya ngeprank lawan. Selain itujuga bisa bikin gamersnya kreatif dan produktif dengan mengedit video-video yang direkam dengan screen recorder dan diupload ke akun sosial media. 

Pernah saya wawancara terselubung gitu saya temen saya di Bali yang main games hanya mau main PUBG, katanya PUBG yang bisa merubah mindsetnya tentang games. Semula dia nggak suka ngegames, katanya buat apa buang-buang waktu dan kadang udang demi sebuah games, tapi ternyata setelah dia nyemplung ke dunia games dan bergabung dalam sebuah komunitas, ternyata yaa dengan main games kompetitif gini ada sesuatu yang bisa didapatkan lebih dari sebuah KEPUASAN!

Winner Winner Chicken Dinner~


Promo PUBG di Google Play (Juni 2020): Cashback hingga 100%

Alhamdulillah sejak bulan Juni ini masih menjadi bulan penuh berkah, Biar makin berkah, gitu.. saya traktir adek saya dengan beli skin terbarunya PUBG.

BOOYAH! Bisa makin keren bila bisa dapetinnya sambil jumpshoot dan pakai skin hero terbaru. Beli skinnya dengan GoPay biar lebih hemat. Nah, nikmati promo PUBG di Google Play dengan cashback 100% untuk pengguna baru GoPay pada periode promo dari tanggal 1-30 Juni 2020(00.00-23.59 WIB SETIAP HARI). dan untuk Promo ini hanya berlalu di android user saja, ya.

Lalu, gimana cara ngedapetin promonya? simak syarat dan ketentuannya di bawah ini, yuk:

  1. Promo berlaku untuk menggunakan GoPay di Google Play saja.
  2. Tanpa minimum transaksi.
  3. Berlaku untuk metode pembayaran menggunakan GoPay saja.
  4. Promo hanya berlaku untuk pengguna Android.
  5. Berlaku untuk semua pengguna Gojek.
  6. Cashback akan diterima maksimal dalam 2x24 jam.
  7. Maksimum cashback yang diterima oleh pengguna adalah sebesar Rp50.000/bulan kalender, atas seluruh transaksi yang menggunakan GoPay di tempat, di merchant online dan pembayaran dalam aplikasi (termasuk Google Play).
  8. Promo cashback tidak dapat digabungkan dengan promo cashback lainnya.
  9. GoPay berhak menghentikan promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  10. GoPay berhak menahan dan/atau membatalkan promo kepada pengguna dan/atau di rekan usaha tertentu sewaktu-waktu termasuk apabila transaksi yang mendasari promo dibatalkan dan/atau pengguna meminta refund atas transaksi yang mendasari promo, ditemukan tindakan penyalahgunaan (abusive), kecurangan (fraudulent), dan/atau aktivitas mencurigakan lainnya.
  11. Pemberian cashback dalam promo ini dapat dibatalkan jika total nilai transaksi yang masuk ke akun GoPay pengguna selama sebulan telah melebihi batas yang ditentukan regulator (Rp20 juta/bulan dalam kalender).

Bagaimana sih caranya untuk menambahkan Gopay di Google Play?

Caranya gampang banget. Pastikan kamu sudah install aplikasi GoJek dulu, ya. Biar mudah untuk sinkronisasi dengan Google Play-nya.

Tutorial Menambahkan GoPay di Google Play:

  1. Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".

  2. Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai metode pembayaran.

  3. Setelah itu klik "lanjut"

  4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.

  5. dan TARAAA.... GoPay kamu sudah terpasang.

Setelah terpasang, kita sudah bisa melakukan pembelian dalam aplikasi dan game.

Caranya gampang, temen-temen tinggal pilih apa saja yang mau Top UP, setelah sudah menentukan mana yang mau di-Top Up, temen-temen langsung klik Pilih GoPay sebagai metode pembayaran dan klik "1-Tap Buy".

Nah, udah deh. segampang itu, Lho. Masih gak percaya pakai GoPay di Google Play semudah itu? Hihihi.. Kalau gitu, temen-temen bisa lihat video di bawah ini, ya. bagaimana Pevita Pearce dengan mudah dan cepat melakukan pembayaran aplikasi/game dan top up game di Google Play cuma sekali klik pakai GoPay di bawah ini. Untuk yang suka main pubg, bisa langsung cek promo dan kemudahan lain di sini.

Makin nyaman kan transaksi pakai GoPay buat beli aplikasi dan main game karena lebih murah dan banyak bonusnya. Yuk langsung cek di sini.

Nah, temen-temen setuju kan kalau PUBG jadi games paling favorit? 

Comments

  1. Aku udah lama gak nge-game. Kangen juga deh. Kapan-kapan mau coba PUBG biar kaya orang-orang, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selama ini sukanya main apa Ji?

      Delete
    2. Pet Party, hahaha. Game simpel sih yang ngasah otak dikit. Cuma jarang ambil yang perang-perangan

      Delete
  2. Suka banget main game, tapi belum pernah nyoba PUBG, malah mainnya aku game laptop sih mba. Next day deh aku coba instal siapa tahu malah jadi game paporit wkwkkw

    ReplyDelete
  3. seruuuu banget ini mahhh
    aku infoin ke para ponakan yg demen PUBG ah
    makasiiiii mba

    ReplyDelete
  4. Ahhh, aku belom pernah maen game.
    Tapi adek dan mamaku suka banget, cob ananti aku rekomenin game PUBG ini.

    ReplyDelete
  5. molly nggak suka game tembak2an tapi adek sukaa maenan pubg. xixi.. nnti kukasihtau deh infonya..

    ReplyDelete
  6. Aku jarang banget main game beginian Mba, paling sebatas zombie dan zumba aja hehehe so old banget ya gamenya

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyobain beli GoPay untuk aplikasi game. Tapi sudah pakai untuk film di Google Play juga. Lumayan banget dapat cashbacknya sampai 100% untuk pembelian pertama.

    ReplyDelete
  8. Anak saya lagi seneng-senengnya main PUBG. Kalau lihat dia main kayaknya memang seru banget

    ReplyDelete
  9. Games yg nghits PUGB sy ga pernah main games krn takut ga bisa berhenti hahah paling main games tebak tebakan aja d brain out sm anak2

    ReplyDelete
  10. wah seru juga ini ya mbak, apalagi sekarang bisa beli game online berbayar dengan menggunakan gopay ya. duh aku pengen main juga jadinya, karena aku paling suka main game.

    ReplyDelete
  11. Kayaknya aku aja nih yang buta soal games ihihi... Jaman kuliah sempat kecanduan mafia wars padahal, sekarang sudah jd mamak2 nggak ngerti blas dunia games, sering denger sih dari keponakan Ada FF dan PUGB ini...

    ReplyDelete
  12. wawww mba nurma suka ngegame kayak gini ya...aku tuh kurang paham mba...
    suka game yg sederhana aja hahaha...waah banyak promo ya dr Gopay

    ReplyDelete
  13. Wah temannya Alde nih say tapi dia mainnya Mobile Legend dan PUBG dia suka beli diamond juga di Gopay

    ReplyDelete
  14. Aku malah belum pernah main PUBG, yang aku tau Pokemon dan seru belinya pakai Gopay udah bisa di playstore.

    ReplyDelete
  15. Woah.. baca reviewnya aja kayknya dah seru Mak, apalagi kalo main sensiri ya, sayangnya memoari hape belum mendukung buat donload game lagi.

    ReplyDelete
  16. hahaha, I just know it Mba, when look and read your blogpost. its good and very complete. Thanks you muaaachh

    ReplyDelete
  17. Review nya keren dan lengkap mbak. Ini nih game favorit sejuta umat. Kalo udah main ini biasanya sampe lupa waktu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Jangaan dicontoh ya yang pada lupa waktu

      Delete
  18. Asiikk~
    Bu Dosen memang harus mengikuti ritme psikologis mahasiswa yaah...agar dicintai dan ilmunya jadi lebih mudah masuk juga.
    Kereeen, Budos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masku yang hobi main games di sela-sela kegiatan kerjanya.
      Katanya, seruuu... Hehhe...aku numpang liat aja, karena kalau uda ketembak, rasanya sakiitt...
      ((mulai lebaaaii...wkwkwk))

      Delete
    2. Istilah-istilah games uda megang banget, bu Doseen...
      Salut.
      Seneng banget punya dosen gaul, pendekatannya pas banget niih..

      Delete
  19. Main game saja butuh kerjasama yang bagus dan kuaad, yaa. Beraaddd, Kaak. :D

    ReplyDelete
  20. Aku ga bisa main game nih mbak. Ngertinya cuma tetris doang sama feeding frenzy. Hahaha

    ReplyDelete
  21. Daku main game paling candy crush, anak-anakku yang senang main PUBG dan Mobile Legend. Kapan hari ini minta beliin game online via gopay.

    ReplyDelete
  22. Game PUBG ini salah satu game favorit anak lanang, salah satu daya tariknya karena bisa dimainkan bareng teman-teman (mabar), jadi meski menjalani "home schooling" tapi tiap hari bisa main bareng PUBG ini

    ReplyDelete
  23. Wkwkwkw ternyata bisa ngeprank di gaming ya? Keren ih temennya bisa punya karir dari hobi. Ini baru namanya hobi yang mengasikan ya

    ReplyDelete
  24. Baru tahu aku gamesnya mba soalna ga permah main games yang suka main games ya pak suami sih hehe jadi ngej sekerang dwh

    ReplyDelete
  25. Aku kok tetap berat melihatanak - anak main games online terus dan bahkan at some point malah jadi kecanduan. Semoga bisa dikelola dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. well...memang ada manfaatnya kalau kita bisa menyeimbangkan permainan ini dengan kewajiban lain di dunia nyata. Yang aku lihat malah sebaliknya soalnya mba..

      Delete
    2. Iya mba Indah. Penting seimbang antara games dengan kewajiban hidup

      Delete
  26. Saya bukan gamer sih Mba. Tapi kalo nama beberapa game populer sih tau. Gimana gak, anak ama ponakan mainnya itu, hihi

    ReplyDelete
  27. waaa aku termasuk orang yang kurang suka game kaya ginii, tapi si hubby kayanya sempet main PUBG juga deh dulu sama temen temennya hihihi, kalo aku masih lebih suka main The Sims hehehe

    ReplyDelete
  28. Aku awam banget ttg game apapun..hehe. Maklum, sama sekali gak hobi sih. Kebalikan dg kedua adikku dan ponakan2..mereka gamer semua! Haha..

    ReplyDelete
  29. Aku sudah lama banget ga main game, hanya ngelihatin anak remaja yg main game. Tapi memang banyak ketrampilan secara tak langsung yg dikuasai utk bisa memainkan game seperti PUBG ini.

    ReplyDelete
  30. Pernah baca di mana gitu, kalau banyak aktor yg suka memainkan game PUBG ini. Ternyata memang keren game-nya. Sepertinya main game ini ga bisa disambi-sambi, harus fokus.

    ReplyDelete
  31. Wah sama nih hobinya dengan anakku, main PUBG, ramai aja tiap hari. Senengnya bisa nambah teman. Dia sering kenalan dengan anak dari daerah lain bahkan dari luar negeri pula. Kadang takut kalau anakku ketagihan mengingat pandemi yang banyak libur kadang suka gak kontrol sama aktivitas anak.... terimakasih rekomendasi nya mbak aku jadi pengen ikut main game tp kok takut ketagihan hahaha.

    ReplyDelete
  32. Iya kata anakku PUBG memang lebih alus visualnya, kayak orang beneran. Tapi hape anakku ga kuat karena butuh memorinya kan lebih tinggi dari Free Fire dan Mobile Legend kalau ndak salah.

    Enak dong beli skin jadi makin mudah ya kalau belinya pake Gopay. Tinggal setting dikit, udah deh beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. PUBG grafiknya lebih detail kek manusia gitu

      Delete
  33. Aku jarang banget main game, Mbak, kalau dipakai buat beli e-book bisa kan ya? Apakah dapat cashback 100% juga?

    Biasanya kan beli kayak gini di minimarket nih, karena bis apakai Gopay jadi nggak perlu keluar-keluar rumah deh ya.

    ReplyDelete
  34. Aku pikir yang main PUBG ini hanya laki-laki, kalau perempuan mau nanya ada rekomedasi games gak...
    Ternyata ini unisex yaa...ehhe...kaya baju jadinya.
    Kompetisi dan bekerjasama, kombinasi yang seru dan unik sekali.

    ReplyDelete
  35. Sering dengar PUBG PUBG tapi belum mencoba sekalipun main. Mainan saya game-game santai gitu kayak Onnect Link, Puzzle Ball. Kalau game tembak-tembakan suka bingung mainnya haha

    ReplyDelete
  36. gamers nih? hahaha..
    aku gak pernah main game apalgi PUBG.. ini mah kesukaan suamiku.. haha..
    ntar ku kasih tau suami ah kalo ada promo pubg di google play

    ReplyDelete
  37. Kalau game PUBG di aceh sudah difatwakan haram oleh ulama di sini. Jadinya aku ga pernah main. Hehehe. Kalau menurutku, selama dalam batas wajar, ga masalah main game dan kalau mau top up tinggal gunakan gopay

    ReplyDelete
  38. Kapan-kapan coba ah, aku nggak ngegame yang berat-berat yang ringan aku masih oke wkkwkw ga hobi ngegame sih. Tapi kalau mas suam seneng

    ReplyDelete
  39. Wkwkwk anakku nih suka banget main PUBG hehe tapi ga juga sih soale mereka main Mobile legend sama Free fire juga.

    ReplyDelete
  40. keponakanku nih yang suka main PUBG, sampe susah di suruh mandi sama mamanya :) disuruh makan aja susah hahahaa kalau udah seru begitu ya mbak

    ReplyDelete
  41. ponakan ku nih suka main PBG, asli aku tuh ngga ngerti dengan apa yang mereka obrolin haha, ngga bisa main game aku mba, tapi liat anak2 seru aja gitu.

    ReplyDelete
  42. aku gak begitu suka dunia pergamean tapi suami hobby banget main ini

    ReplyDelete
  43. Bagus sih ya, jika dimainkan sama orang dewasa karena dia sudah mapan dalam berpikir dan tau mana yang baik dan mana yang buruk. tapi menurutku, ya mbak Norma, jika PUBG dimainkan oleh anak anak tentu gak baik juga yaa.

    Harus ada batasan usia yang strik menurut saya untuk jenis jenis permainan semacam PUBG ini mbak. Karena sedikit banyak akan memengaruhi karakter dan tingkah laku anak juga

    ReplyDelete
  44. Anak anak aku suka banget nih main pubg. Tapi mereka aku jadwalin hanya star dari jam 7 sd jam 9 malam saja mba pegang HP. Kalo ngga begitu, mereka jadi candu nanti. Bahaya...

    ReplyDelete
  45. Ak juga suka main pubg nih tp skrng uda stop main kwkwkw . Baru tau nih skrng purchase nya bisa pake gopay kwk lebih mudah

    ReplyDelete
  46. Enak banget ya sekarang kalau mau main game online yang berbayar gak pusing lagi belinya, karena sudah bisa menggunakan gopay ya mbak.

    ReplyDelete
  47. Kalo games ginian mah suamiku yg lbh paham. Aku emang ga suka games dan msh belum tertarik main games yg byk battlenya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hahaa aku ga gitu suka yang modlenya berantem2 sukanya yang RPG gity kayak the Sims :)

      Delete
  48. I guess everyone who has tried this game has been hooked up in addicted to it

    ReplyDelete
  49. Banyak yang suka game ini ya.
    Aku ga tau cara mainnya ajarin kami ben bisa. Kemarin adalombanta tanding game ini lho

    ReplyDelete
  50. cashback nya gopay emang bikin candu mba :D aku aja tuh habis topup item game eh da[et cashback kan, ya aku beliin buat topup game lagi :D

    ReplyDelete
  51. wah kok mantab kali promonya ini, bakalan ku kasi htahu ama temen yang main pubg

    ReplyDelete
  52. Main sama mahasiswa? waah ini persis kaya iklannya dong ya kalo begini. Seru banget sih punya dosen gaul. Jadi pengen nyoba PUBG tapi takut ketagihan hahaha.

    ReplyDelete
  53. Ini ponakan yang laki-laki pada main PUBG juga kadang suka main bareng juga sama sepupuku.

    ReplyDelete
  54. Iya, katanya sih memang seru PUBG. aku belum pernah pake, sih. Sukanya game yang simpel2 aja.

    ReplyDelete
  55. I don’t really play this particular game but I guess I know exactly why people love this

    ReplyDelete
  56. Nahh kemarin aku liat nih iklannya, menarik banget! Jadi kaya gampang ya kalo main Moba

    ReplyDelete
  57. Aku pernah beliin ini buat adek aku pakai gopay hahaha sesuka itu dia sama pubg, setiap hari main terus

    ReplyDelete
  58. wah aku belum pernah main PUBG nih, suamiku juga gak main. tapi sekarang dengan adanya gopay memudahkan banget ya kalau mau transaksi.

    ReplyDelete
  59. Aku buta sial game2 gini sih. Tp kalo tools gopay emang udah aku pake dan sekarang pakainya buat beli koin webtoon 🤣

    ReplyDelete
  60. Aku nggak main pubg sih, tapi main game lain. Suka aja gitu soalnya bisa bantu ngurangin stress kerjaan hahaha.

    ReplyDelete
  61. Aku udah lama banget nggak main game, tapi kalau adek2ku sih tiap hari main game. Apalagi adik pertamaku, wong dia kerja di perusahaan game online asing. Hihihi. Nanti ku share infonya deh kalau sekarang bisa bayar pake gopay.

    ReplyDelete
  62. Wah makin praktis ya bisa bayar pake gopay apalagi ada cashback makin cuan dong

    ReplyDelete
  63. Seru juga ya nge-game gini. Tapi aku bukan anak gaming gak pernah main game jadi gak ngerti soal game.

    ReplyDelete
  64. Wajib kasih tau adkku nih promo" game. Soalnya aku sendiri tidak main game" gini karena ga bisa mainnya . Thank you informasinya kak

    ReplyDelete
  65. Huaaa bu guru tau bgt sm PUBG ya, 😍 baru tau klp gopay merambah ke dunia game jg

    ReplyDelete
  66. Anak-anak aku juga suka banget main Pubg mobile ini. Sampe yg bungsu juga jago. Tapi tetap sih di rumah mereka cuma bisa mainnya di Sabtu Minggu

    ReplyDelete
  67. Sering banget denger winner winner chicken dinner, ternyata dari PUBG yaa. Hehehe aku ga pernah main game kaya gini soalnya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum,
Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu (impacted teeth) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. 
Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe.
Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu. 
Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,..
Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut?
Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewasa. Ada banyak tipikal gigi bungsu…