Tips dalam Menggelar Pernikahan Saat New Normal - Cah Kesesi AyuTea

Tips dalam Menggelar Pernikahan Saat New Normal

Assalamu' alaikum.. 

Saat ini, kita tengah memasuki masa transisi new normal. Tahu nggak siiihh... Ini adalah masa di mana kita kembali melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang berbeda pada new normal ini.

Kini dalam melakukan aktivitas luar rumah, ada berbagai protokol kesehatan yang wajib kita patuhi dan laksanakan. Salah satu aktivitas yang dipengaruhi oleh new normal ini adalah pernikahan. Jika anda ingin melaksanakan atau menggelar pernikahan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Berikut ini adalah tips dalam pernikahan yang bisa digelar secara aman dan nyaman saat new normal. 

1. Pernikahan digelar secara online 

Jangan salah paham dengan pernikahan yang digelar secara online. Maksudnya bukan berarti bahwa anda melakukan akad di tempat yang berbeda. Tetapi yang dimaksudkan disini adalah anda melakukan kegiatan akad perkawinan di dalam bangunan tertentu. Dan jumlah peserta yang hadir di dalamnya dibatasi. 


Meskipun tidak banyak yang menghadiri acara akad pernikahan anda, tetapi momen bahagia bisa anda bagikan melalui media sosial. Jadi itulah yang dimaksud dengan pergelaran pernikahan online. Sehingga bisa disimpulkan bahwa online wedding itu memiliki maksud bahwa setiap pengantin akan menyiarkan proses pernikahannya melalui aplikasi live streaming seperti zoom, Google hangout, Instagram dan lain sebagainya agar bisa disaksikan oleh teman dan kerabat dekat. 

2. Pilih konsep acara yang simpel namun berkesan 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika kita akan menggelar proses akad nikah di masa transisi new normal ini. Karena kita dibatasi oleh protokol covid-19, maka kita perlu mempertimbangkan konsep acara yang lebih aman dan nyaman meskipun terbatas. 


Salah satu caranya adalah anda bisa memilih konsep acara pernikahan yang simpel namun tetap berkesan. Jadi hindarilah mengadakan resepsi yang mengundang tamu dalam jumlah banyak. 

3. Pilih outdoor 

Untuk menambah kesan yang lebih baik di proses akad nikah new normal ini, anda bisa membangun konsep pernikahan secara outdoor. Jadi cobalah untuk menciptakan yang nyaman meskipun bukan di dalam ruangan tanpa harus terjadinya kerumunan. 

4. Konsep makanan Nasi Box

Konsep makanan prasmanan sepertinya harus kita hilangkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah guna meminimalisir kontak dengan orang lain yang mampu meningkatkan menularnya virus corona. Jadi cobalah langsung membuat konsep makanan dalam wadah seperti nasi box agar lebih ringan, aman dan steril. Sebenarnya cara ini sudah sering kita jumpai di acara hajatan-hajatan seperti kondangan atau syukuran berkat. 

5. Dekorasi menyesuaikan protokol kesehatan 

Ingat, pada new normal ini kita harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Maka dalam sebuah pernikahan saat ini, anda bisa membuat dekorasi yang telah disesuaikan dengan protokol kesehatan tersebut. Dan pada tempat acara terdapat area cuci tangan yang mudah dijangkau oleh para tamu. Area penerima tamu pun sebaiknya dibuat jarak atau batas. 

6. Pilihlah baju pengantin model klasik 


Pandemi covid 19 telah mengubah beberapa kebiasaan kita. Saat ini muncul trend baru di new normal pada saat pernikahan. Fashion kali ini lebih klasik dan sederhana. Model pakaian pengantin yang digunakan saat ini pun juga merupakan model pengantin klasik. Warna pakaian yang dikenakan lebih tenang dan teduh. 

Dan itulah beberapa tips dalam pernikahan yang bisa anda terapkan saat new normal. Meskipun kebiasaan kita sedikit berubah daripada biasanya tetapi tidak merubah kesan yang buruk. Justru kesan yang ditimbulkan saat ini menjadi trending topic. 

Gimana? Sudah punya rencana untuk menikah di era new normal ini? saya doakan semoga anda bisa menjalani pernikahan dengan lancar dan menjadi keluarga sakinah mawadah wa rohmah, aamiin..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)