Skip to main content

Tips dalam Menggelar Pernikahan Saat New Normal

Assalamu' alaikum.. 

Saat ini, kita tengah memasuki masa transisi new normal. Tahu nggak siiihh... Ini adalah masa di mana kita kembali melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang berbeda pada new normal ini.

Kini dalam melakukan aktivitas luar rumah, ada berbagai protokol kesehatan yang wajib kita patuhi dan laksanakan. Salah satu aktivitas yang dipengaruhi oleh new normal ini adalah pernikahan. Jika anda ingin melaksanakan atau menggelar pernikahan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Berikut ini adalah tips dalam pernikahan yang bisa digelar secara aman dan nyaman saat new normal. 

1. Pernikahan digelar secara online 

Jangan salah paham dengan pernikahan yang digelar secara online. Maksudnya bukan berarti bahwa anda melakukan akad di tempat yang berbeda. Tetapi yang dimaksudkan disini adalah anda melakukan kegiatan akad perkawinan di dalam bangunan tertentu. Dan jumlah peserta yang hadir di dalamnya dibatasi. 


Meskipun tidak banyak yang menghadiri acara akad pernikahan anda, tetapi momen bahagia bisa anda bagikan melalui media sosial. Jadi itulah yang dimaksud dengan pergelaran pernikahan online. Sehingga bisa disimpulkan bahwa online wedding itu memiliki maksud bahwa setiap pengantin akan menyiarkan proses pernikahannya melalui aplikasi live streaming seperti zoom, Google hangout, Instagram dan lain sebagainya agar bisa disaksikan oleh teman dan kerabat dekat. 

2. Pilih konsep acara yang simpel namun berkesan 

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika kita akan menggelar proses akad nikah di masa transisi new normal ini. Karena kita dibatasi oleh protokol covid-19, maka kita perlu mempertimbangkan konsep acara yang lebih aman dan nyaman meskipun terbatas. 


Salah satu caranya adalah anda bisa memilih konsep acara pernikahan yang simpel namun tetap berkesan. Jadi hindarilah mengadakan resepsi yang mengundang tamu dalam jumlah banyak. 

3. Pilih outdoor 

Untuk menambah kesan yang lebih baik di proses akad nikah new normal ini, anda bisa membangun konsep pernikahan secara outdoor. Jadi cobalah untuk menciptakan yang nyaman meskipun bukan di dalam ruangan tanpa harus terjadinya kerumunan. 

4. Konsep makanan Nasi Box

Konsep makanan prasmanan sepertinya harus kita hilangkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah guna meminimalisir kontak dengan orang lain yang mampu meningkatkan menularnya virus corona. Jadi cobalah langsung membuat konsep makanan dalam wadah seperti nasi box agar lebih ringan, aman dan steril. Sebenarnya cara ini sudah sering kita jumpai di acara hajatan-hajatan seperti kondangan atau syukuran berkat. 

5. Dekorasi menyesuaikan protokol kesehatan 

Ingat, pada new normal ini kita harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Maka dalam sebuah pernikahan saat ini, anda bisa membuat dekorasi yang telah disesuaikan dengan protokol kesehatan tersebut. Dan pada tempat acara terdapat area cuci tangan yang mudah dijangkau oleh para tamu. Area penerima tamu pun sebaiknya dibuat jarak atau batas. 

6. Pilihlah baju pengantin model klasik 


Pandemi covid 19 telah mengubah beberapa kebiasaan kita. Saat ini muncul trend baru di new normal pada saat pernikahan. Fashion kali ini lebih klasik dan sederhana. Model pakaian pengantin yang digunakan saat ini pun juga merupakan model pengantin klasik. Warna pakaian yang dikenakan lebih tenang dan teduh. 

Dan itulah beberapa tips dalam pernikahan yang bisa anda terapkan saat new normal. Meskipun kebiasaan kita sedikit berubah daripada biasanya tetapi tidak merubah kesan yang buruk. Justru kesan yang ditimbulkan saat ini menjadi trending topic. 

Gimana? Sudah punya rencana untuk menikah di era new normal ini? saya doakan semoga anda bisa menjalani pernikahan dengan lancar dan menjadi keluarga sakinah mawadah wa rohmah, aamiin..

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum,
Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu (impacted teeth) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. 
Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe.
Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu. 
Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,..
Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut?
Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewasa. Ada banyak tipikal gigi bungsu…