Skip to main content

Self Love, Apa itu?


Ngomong-ngomong soal kesehatan, apakah teman-teman memiliki masalah kesehatan? Semoga saja tidak ya, karena jika kesehatan kita bermasalah biasanya menimbulkan dampak yang kurang baik bagi diri kita. Salah satu dampak jika kita kurang sehat adalah bekerja menjadi kurang maksimal, malas-malasan, pinginnya tiduran dan rehat aja di rumah. Jika itu terjadi tentu pekerjaan kita tidak akan selesai, dan masalah akan semakin rumit sehingga bisa membuat kita stress.

Akhir-akhir ini aku merasakan masalah kesehatan pada diriku yang membuatku kurang nyaman, masalah tersebut adalah sakit maag. Jujur aku memang menderita maag, mungkin bisa dikatakan sudah akut, bahkan jika lagi kambuh aku bisa menangis seharian menahan rasa sakit akibat maag tersebut. Jika hal tersebut terjadi biasanya rutinitas pekerjaan yang aku hadapai menjadi terganggu, dan semangat untuk bekerja menjadi turun. Kadang kalau nggak ada suami di rumah jadi bingung sendiri. Karena saat aku sakit, aku butuh yang namanya support system salah satunya dari suami. 

Lalu bagaimana caranya agar sakit maag ku tidak kambuh-kambuh lagi dan pekerjaanku bisa terselesaikan dengan baik?. Sebenarnya dokter sudah menyarankan apabila penyakit maag itu tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa dikendalikan, caranya dengan pola makan teratur dan menghindari makanan penyebab maag, olah raga teratur dan istirahat yang cukup. Dengan hal itu maka maag akan dapat dikendalikan dan tidak akan kambuh-kambuh lagi deh.

Masalah kesehatan sendiri biasanya diakibatkan karena kita kurang menghargai diri kita sendiri, atau dalam bahasa yang lebih keren kita kurang mencintai diri (self love). Sebagaimana dikutip dari Psychology Today, mencintai diri sendiri bukan sebatas mengenakan pakaian terbaik, merawat diri, atau lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Lebih dari itu, self love adalah mencintai diri sendiri dengan melibatkan aspek menyadari diri sendiri, menghargai diri sendiri, percaya diri, dan peduli pada diri sendiri. Jika ada salah satu aspek yang belum terlaksana, maka self love belum sepenuhnya utuh.


Lalu bagaimana caranya kita bisa melakukan self love? Kalau aku sih  lebih kepada melakukan hal-hal yang aku sukai. Semisal jika aku ingin makan enak, ya aku akan mencari makanan yang aku suka dan makan sepuasnya meskipun terkadang makanan tersebut pantangan sih (karena aku punya maag), tapi aku enjoy aja yang penting aku seneng.


Selain soal makanan, cara aku untuk self love adalah menikmati hobi menyayiku. Meskipun suaraku gak sebagus Agness Mo, Soimah atau sederet penyayi top tanah air, namun selama aku pingin nyayi ya tinggal ngevlog dan cover lagu yang aku pinginin. Bahkan terakhir aku cover lagunya Kekeyi lhoo.. (Kekey Bukan Boneka), semua itu karena aku pingin nyenengin diri aku dan ngebahagiaan diri aku dengan caraku sendiri.

Nah itu salah satu caraku nyenengin dan mencintai diri sendiri, kalau kamu bagaimana?

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum,
Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu (impacted teeth) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. 
Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe.
Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu. 
Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,..
Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut?
Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewasa. Ada banyak tipikal gigi bungsu…