Self Love, Apa itu? - Cah Kesesi AyuTea

Self Love, Apa itu?


Ngomong-ngomong soal kesehatan, apakah teman-teman memiliki masalah kesehatan? Semoga saja tidak ya, karena jika kesehatan kita bermasalah biasanya menimbulkan dampak yang kurang baik bagi diri kita. Salah satu dampak jika kita kurang sehat adalah bekerja menjadi kurang maksimal, malas-malasan, pinginnya tiduran dan rehat aja di rumah. Jika itu terjadi tentu pekerjaan kita tidak akan selesai, dan masalah akan semakin rumit sehingga bisa membuat kita stress.

Akhir-akhir ini aku merasakan masalah kesehatan pada diriku yang membuatku kurang nyaman, masalah tersebut adalah sakit maag. Jujur aku memang menderita maag, mungkin bisa dikatakan sudah akut, bahkan jika lagi kambuh aku bisa menangis seharian menahan rasa sakit akibat maag tersebut. Jika hal tersebut terjadi biasanya rutinitas pekerjaan yang aku hadapai menjadi terganggu, dan semangat untuk bekerja menjadi turun. Kadang kalau nggak ada suami di rumah jadi bingung sendiri. Karena saat aku sakit, aku butuh yang namanya support system salah satunya dari suami. 

Lalu bagaimana caranya agar sakit maag ku tidak kambuh-kambuh lagi dan pekerjaanku bisa terselesaikan dengan baik?. Sebenarnya dokter sudah menyarankan apabila penyakit maag itu tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa dikendalikan, caranya dengan pola makan teratur dan menghindari makanan penyebab maag, olah raga teratur dan istirahat yang cukup. Dengan hal itu maka maag akan dapat dikendalikan dan tidak akan kambuh-kambuh lagi deh.

Masalah kesehatan sendiri biasanya diakibatkan karena kita kurang menghargai diri kita sendiri, atau dalam bahasa yang lebih keren kita kurang mencintai diri (self love). Sebagaimana dikutip dari Psychology Today, mencintai diri sendiri bukan sebatas mengenakan pakaian terbaik, merawat diri, atau lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Lebih dari itu, self love adalah mencintai diri sendiri dengan melibatkan aspek menyadari diri sendiri, menghargai diri sendiri, percaya diri, dan peduli pada diri sendiri. Jika ada salah satu aspek yang belum terlaksana, maka self love belum sepenuhnya utuh.


Lalu bagaimana caranya kita bisa melakukan self love? Kalau aku sih  lebih kepada melakukan hal-hal yang aku sukai. Semisal jika aku ingin makan enak, ya aku akan mencari makanan yang aku suka dan makan sepuasnya meskipun terkadang makanan tersebut pantangan sih (karena aku punya maag), tapi aku enjoy aja yang penting aku seneng.


Selain soal makanan, cara aku untuk self love adalah menikmati hobi menyayiku. Meskipun suaraku gak sebagus Agness Mo, Soimah atau sederet penyayi top tanah air, namun selama aku pingin nyayi ya tinggal ngevlog dan cover lagu yang aku pinginin. Bahkan terakhir aku cover lagunya Kekeyi lhoo.. (Kekey Bukan Boneka), semua itu karena aku pingin nyenengin diri aku dan ngebahagiaan diri aku dengan caraku sendiri.

Nah itu salah satu caraku nyenengin dan mencintai diri sendiri, kalau kamu bagaimana?

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)