header cah kesesi ayu tea

Hadist Tentang Doa Mau Tidur

Tidur merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT. Tidur adalah nikmat yang perlu disyukuri. Pasalnya, cukup banyak orang yang tidak bisa tidur kecuali minum obat atau harus dengan melakukan beragam aktivitas terlebih dahulu. Karena itu, jika kita merasa mengantuk, dan sebelum tidur hendaklah kita membaca doa sesuai dengan ajaran Rasulullah. Maka dari itu, sebaiknya sebelum memulai semua amal baik, disunahkan untuk mengucapkan basmalah terlebih dahulu. Berikut terdapat doa khusus yang diajarkan Rasulullah SAW saat akan memulai suatu pekerjaan. Termasuk di dalamnya saat akan tidur, kita dianjurkan  untuk berdoa supaya Allah SWT menambahkan kebaikan, bukan menjadikan keburukan saat tidur atau sesudah bangun tidur.

·         Doa Mau Tidur

Dilansir dari NU Online, dalam kitab Al-Adzkar karya Syekh Abu Zakariya Muhyiddin an-Nawawi menuliskan doa mau tidur yang dimaksud di atas, diantaranya adalah sebagai berikut:

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ 

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan”

 Sebagaimana riwayat dari Abi Dzar RA berikut ini :


وَرَوَيْنَا فِي " صَحِيْحِ الْبُخَارِي " رَحِمَهُ اللهُ ، ِمنْ رِوِايَةِ حُذَيْفَةَ ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ : " بِاسْمِكَ اللُّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ ". 

Artinya:

“Kami meriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari RA. dari riwayat Hudzaifah dan Abi Dzar RA bahwasanya Rasulullah SAW apabila beranjak ke tempat tidurnya, berdoa: Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan”

Selain itu, terdapat riwayat lain, Rasulullah SAW mengajarkan doa sebelum tidur dengan cara sebagai berikut :

1.      Membaca takbir (اَللهُ اَكْبَرُ) sebanyak tiga puluh tiga kali.

2.      Membaca tasbih (سُبْحَانَ اللهِ) sebanyak tiga puluh tiga kali.

3.      Membaca tahmid (اَلْحَمْدُ لِلّهِ) sebanyak tiga puluh tiga kali.

Keterangan tersebut bersumber dari sebuah hadits dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim berikut ini:


وَرَوَيْنَا فِي صَحِيْحَي الْبُخَارِيْ َومُسْلِمٌ ، عَنْ عَلِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ قَالَ لَهُ وَلِفَاطِمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : " إِذَا أَوَيْتُمَا إِلَى فِرَاشِكُمَا ، أَوْ إِذَا أَخَذْتُمَا مَضَاجِعَكُمَا ، فَكَبِّرْا ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ ، وَسَبْحًا ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ ، وَحَمْدًا ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ ". وَفِيْ رِوَايَةِ : " اَلتَّسْبِيْح أَرْبَعًا وَثَلَاثِيْنَ ". وَفِي رِوَايَةِ : " اَلتَّكْبِيْرُ أَرْبَعًا وَثَلَاثِيْنَ ". قَالَ عَلِي : فَمَا تَرَكْتُهُ مُنْذُ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ قِيْلَ لَهُ : وَلَا لَيْلَةُ صِفِّيْنِ ؟ قَالَ : وَلَا لَيْلَةَ صِفِّيْنَ

Artinya:

“Diriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dari Sayyidina Ali KW bahwasanya Rasulullah SAW berkata kepadanya dan Fatimah RA: Apabila kalian berdua beranjak ke tenpat tidur atau kalian menuju tempat berbaring, maka bacalah takbir, tasbih dan tahmid masing-masing sebanyak 33 kali. Sayyidina Ali KW. Berkata: Ssemenjak mendengarkan hal itu, saya tidak pernah meninggalkannya. Sayyidina Ali ditanya, begitu pula dengan perang Shiffin? Sayyidina Ali menjawab: Begitu pula dengan perang Shiffin”

Itulah penjelasan singkat tentang segala aktivitas hidup seorang muslim yang tidak lepas dari doa. Bahkan dimulai dari bangun sampai akan tidur lagi. Hal tersebut menunjukkan pentingnya untuk selalu menghadirkan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika bangun tidur pun kita dianjurkan untuk berdoa agar kita diberikan keselamatan, keberkahan dan kebaikan dalam setiap aktivitas serta dijauhkan dari keburukan.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment