Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2015

Menimbang Jasa Asuransi dan Proteksi

Seiring berkembangnya perekonomian, muncul biayabiaya yang tidak dapat diprediksi dan harus dipenuhi dalam kehidupan seharihari. Mulai dari biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya kecelakaan, penggantian kerusakan, dan sebagainya. Kemudian bermunculan berbagai jenis asuransi dan proteksi yang ditujukan untuk mengcover biaya-biaya tidak terduga tersebut.

Asuransi dan proteksi pada dasarnya merupakan suatu sistem perlindungan (yang lebih bersifat finansial) terhadap hal-hal yang diasuransikan seperti jiwa, properti, kesehatan, pendidikan, yang mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian tidak terduga seperti kehilangan, sakit, kematian, dan peristiwa tidak terduga lainnya. Dalam jangka waktu tertentu, jaminan perlindungan ini melibatkan pembayaran premi secara teratur sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Mudik ke Blora, Bertemu “Jengklong”

Lebaran memang telah usai, musim mudik tahun 2015 ini nampaknya juga sudah berakhir. Suasana jalan pantura sudah kembali lancar tak ada macet-macetan lagi. Jakarta kini sudah kembali dibanjiri oleh perantau dari berbagai daerah di Indonesia.
Tapi, nggak ada salahnya kan saya bercerita tentang mudik saya ke Blora menjelang lebaran beberapa waktu yang lalu?
H-2 lebaran saya bersama keluarga kecil saya mudik ke Blora menggunakan jasa kereta api. Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan-postingan sebelumnya bahwa setelah menikah saya harus membagi waktu lebaran saya setiap tahun secara bergantian. Tahun ini kami semua lebaran di Blora, kebetulan kakak ipar dan keluarga juga jatahnya lebaran di Blora, rame banget, menyenangkan!

Foto-foto Bareng Abi Sebelum Nyemarang

Iseng banget tadi di stasiun Pekalongan, kita berdua foto-foto dulu sebelum Abi berangkat ke Semarang.  Dan.... Tumben banget, Abi mau diajak foto bareng malah dengan beberapa ekspresi. Hihihi. Terharu saya jadinya :p Untuk kenang-kenangan, saya post di sini saja, wis. Sesaat sebelum kereta Kaligung Mas sekitar jam 12.45 wib di Stasiun Pekalongan. Foto menggunakan kamera jadul VGA. :) Advan vandroid t1j+. Kereta Abi berangkat jam 13.18 tujuan akhir stasiun Poncol. :)

Cerita Nabi-Nabi Ala Imemz Iben

Hari ini (25/7) saya kedatangan tamu special, saya menganggapnya tamu special karena kami bertemu hanya setahun sekali saat lebaran. Dia adalah kak Rully, saya memanggilnya “kak” karena ia adalah kakak kelas saya waktu di Pesantren. Ya! Kami dibesarkan bersama-sama di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal.

Kalau tahun lalu dia main ke rumah bersama Sheila, adik kelas saya. Hari ini dia datang bersama Imam, adik kelas saya juga waktu di Pesantren. Namanya Imam, tetapi di dunia maya dia dikenal dengan nama Imemz Iben. Sebenarnya kami (Iben dan saya) belum pernah bertemu sebelumnya, kami hanya mengenal via facebook. Namun, saya tahu bahwa kita punya passion yang sama, yaitu dunia tulis menulis. Bedanya, saya nulis di blog, sedangkan dia adalah wartawan Republika bagian Rubrik Agama. KEREN BINGGO!

Pertemuan pertama atau kopdar perdana kami cukup berkesan, pasalnya Iben bukan tipikal orang yang pemalu, jadi ketika satu kata pertama mengawali obrolan terucap, kami langsung bisa nyam…

Pecel Saminah, Pecel Enak di Kesesi Pekalongan

Saya yakin di setiap daerah di Indonesia pasti ada kudapan yang bernama pecel. Pecel adalah kudapan yang berisi sayuran seperti kangkung, bayam, daun ketela, semanggi, kecipir, kacang panjang, tauge dan masih banyak lagi. Semua sayuran itu direbus kemudian dicampur dengan sambel pecel yang gurih. Sambel pecel sendiri dibuat dari campuran bahan diantaranya cabai, kacang tanah yang digoreng, garam, terasi, dan gula jawa. Namun, lain daerah, biasanya lain pula sambelnya. 
Ada yang membedakan pecel di satu daerah dengan daerah yang lain, yaitu di sambel pecelnya. Sebagai contoh, sambel pecel di Semarang berbeda dengan sambel pecel di Pekalongan. Kalau di Semarang sambelnya dikasih irisan bawang putih dan sedikit kulit atau daun jeruk. Tetapi kalau sambel pecel di Pekalongan ada asem jawa dan terasi. Di Semarang juga ada pecel sambel petis. petis terbuat dari udang, warnanya hitam, rasanya enak. Selain untuk pecel, petis juga terkenal sebagai isi tahu sehinggga di Semarang dikenal dengan ta…

Syawalan dan Halal Bihalal

Sudah masuk bulan Syawal, nih. Sebelumnya, saya beserta keluarga dengan tulus mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir bathin. Semoga lebaran kali ini bisa menjadikan pribadi kita menjadi lebih baik lagi, dan kita semua bisa diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci ramadhan di tahun berikutnya. Amin.
Mumpung masih dalam nuansa lebaran. Saya mau tanya, kegiatan rutin yang biasanya dilaksanakan di Bulan Syawal apa nih? Kalau di keluarga saya ada syawalan dan Halal Bihalal.
Syawalan kalau di sini biasa disebut lebaran kecil. Maksudnya, berlebaran setelah melaksanakan puasa sunah syawal selama 6 hari setelah Idul Fitri 1 syawal. Di keluarga kami tradisi syawalan menjadi lebaran kedua setelah Idul Fitri, dan kami menyebutnya bodo kupat atau lebaran ketupat. Jadi di hari ke tujuh pada bulan Syawal kami memasak ketupat, sesuai namanya lebaran ketupat, hampir nggak ada dari kami yang memasak lontong, lho. Unik, kan? Ketupatnya selain untuk dimakan sendiri bersama keluarga b…

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Assalamu'alaikum sahabat semua. . . . Selamat hari raya Idul Fitri 1436 H, Taqobbalallahu minnaa wa minkum, taqobbal yaa kariim. . . Minal aidin wal faizin.. Mohon maaf lahir dan batin. . .
Maafin, yaa.. Atas segala hilaf selama ini, baik yang disengaja maupun yang sangat disengaja. ^___^

Mak Grace Melia dan Ubii Si Anak Hebat

Mungkin, saya menjadi orang yang paling kudet sebulan ini. Liburan saya benar-benar “libur” hingga berita yang paling up to date saja saya belum tau. Hiks.
Biasanya, saya selalu mengikuti timeline facebook mak Grace Melia. 
Siapa si, mak Grace itu? 

Packing-Packing Sebelum Mudik

Besok pagi harus sudah sampai di Stasiun Poncol. Kami sekeluarga mudik ke Blora lebaran tahun ini. Setelah sahur tadi, saya ngepackin baju dan segala macam barang yang mau dibawa besok. Untuk baju, masing-masing membawa 5 setel. Semuanya bermuara pada satu travel bag. Saya bawa dua tas. Travel bag dan satu tas punggul. Isinya, baju seperti gamis, kerudung, mukena, bajunya Noofa, dan bajunya abi juga saya bawa boneka untuk mainan Noofa.

Nambah satu penghuni tas punggung, Noofa minta bawa leptop. Duuhh.. Ya udah deh! Gak papa, di Blora memang nggak ada TV, jadi bawa leptop buat hiburan di sana. Hehe..


Sudah siaapp nih.. Nanti ada satu plastik kresek isinya jajanan NoofaNoofa, ada snack dan susu. 
Besok pagi kereta jam 7 pagi kami pulang ke Blora. Doakan kami yaa, semoga selamat sampai tujuan. Saya juga mendoakan semoga sahabat semua yang mudik dapat selamat sampai tujuan, bisa berkumpul dengan keluarga saat hari Raya. Salam ta'dzim saya untuk semua keluarga sahabat, ya..

13 Tips Mudik Menggunakan Jasa Kereta Api

Alhamdulillah, setelah kemaren saya cerita kalau saya kecelik di Stasiun Tawang dan pulang tidak membawa tiket kereta. Akhirnya kini tiket sudah di tangan dan kami siap mudik pertengah bulan ini ke Blora.

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap menjelang perayaan idul fitri, mudik biasanya dilakukan orang-orang yang melakukan perantauan di Luar Kota, luar pulau atau luar negeri. Setelah menikah, tradisi mudik juga saya lakukan karena saya tinggal di Semarang dan kami biasanya membagi waktu lebaran dengan cara bergantian. Tahun ini kami akan berlebaran di Blora, untuk tahun depan di Pekalongan, begitu seterusnya bergantian setiap tahunnya. 
Alhamdulillah kami masih punya orang tua lengkap untuk kami kunjungi. Sehingga kami masih bisa membagi waktu kami dengan baik selama tidak ada halangan. Alhamdulillah sudah empat kali lebaran sejak menikah, saya dan suami bisa dua kali lebaran di Blora dan dua kali lebaran di Pekalongan, ^__^
Namun, dari kesekian kalinya tradisi mudik k…

HARGA DAN JENIS BAJU GAMIS

Indonesia adalah lahan subur dan sangat potensial untuk penjualan baju gamis, selain ditunjangsalah satu faktor mayoritas berpenduduk beragama islam dan kesadaran yang tinggi wanita-wanita muslimah akan berbusana muslim serta banyaknya permintaan dan pesanan pakaian muslim ini maka tidak heran di pasaran tersedia banyak sekali beragam baju muslim dari mulai jenis, bahan dan range harga yang berbeda, harga yang ditawarkan untuk pakaian muslim ini sangat bervariatif dari yang murah hingga yang mahal sekalipun banyak tersedia di tempat-tempat yang menjual baju muslim ini disesuaikan juga dengan kondisi keuangan kita masing-masing. Setiap toko, butik ataupun mall juga menawarkan koleksinya untuk acuan dan referensi anda membeli busana muslim tersebut sehingga anda dan keluarga bisa merayakan moment spesial dengan memakai baju muslimah yang banyak pilihannya.

Kerupuk Bunga Enak dan Gurih

Sudah seminggu ini Noofa minta digorengin kerupuk bunga ini. Saya beri nama kerupuk bunga karena bentuknya seperti bunga. Rasanya gurih, enak, bisa digado, cocok juga untuk lauk.

Noofa bisa makan lebih banyak kalau ada kerupuk bunga ini. Alhamdulillah.

Kerupuk bunga ini saya beli di pasar tradisional, kerupuk bunga yang mentah ini juga ada di swalayan.  Bisa dibeli perkemasan, mulai isi 250 gram perbungkus. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar 4000 per kemasan netto 250 gram.

Saya nggoreng kerupuk ini sedikit demi sedikit, biar bisa langsung habis. Kalau gorengnya langsung banyak nanti cepet mlempem. Kan sayang jadinya. Jadi, kalau goreng paling untuk ukuran toples kecil bekas tempat sosis. Seminggu ini nggak apa apa deh, kalau bikin Noofa jadi doyan makan karena lagi gandrung kan malah seneng. Saya Nunggu bosennya ajah, hahaha

Oiya, temen-temen udah pernah makan kerupuk bunga ini? Gimana rasanya? Enak, kan?

Kecelik di Stasiun Tawang

Kemarin lusa (7/06), dengan hati gembira saya pergi ke Stasiun Tawang untuk memesan tiket mudik ke Blora. Rencana awal dari masjid tempat saya tinggal, saya ke Rumah Sakit Jiwa dulu menemui adik saya yang sedang praktik di sana, kemudian baru ke Stasiun untuk reservasi. Jam 10 pagi saya berangkat ke RSJ dari Ngaliyan. Sekitar 45 menit baru sampai di RSJ karena macet di daerah timur Simpang Lima. Cuaca sangat panas siang itu, sepertinya bila setiap hari keluar di jam-jam terik matahari, kulit bisa terbakar dan menjadi gelap. Hmm.. Bisa-bisa lebaran ada yang pangling dengan perubahan itu. Hehe.. tapi, untungnya nggak tiap hari pergi di siang hari. Jadi nggak khawatir akan hal itu.
Khawatir stasiun Poncol Ramai, kami (suami, Noofa, dan saya) memilih ke stasiun Tawang. Setekah urusan dengan adik di RSJ selesai, kami langsung menuju stasiun Tawang. Sampai di sana jam 11.17 wib. Saya langsung menuju ke tempat pemesanan tiket, melihat jadwal kereta tujuan Semarang – Blora, mengambil nomor ant…

T H R

Assalamu’alaikum, 
Sudah menjadi budaya orang Indonesia apabila menjelang Hari Raya, baik bagi para pegawai swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS) merasa senang karena akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya.
Tunjangan Hari Raya atau THR biasanya diberikan dalam berbagai bentuk, bisa berupa uang saku THR, maupun barang seperti parcel. Barang yang dapat diberikan untuk THR juga bermacam-macam, tergantung dari siapa dan kepada siapa yang memberi.
Pengalaman saya selama ini ketika menjelang hari Raya, saya juga sering mendapatkan THR berupa barang. Lalu, barang apa saja sih yang pernah saya dapatkan sebagai THR?

Kerajinan Tangan Unik dari Kayu

Mengapa Harus Booking Tiket Online di Ezytravel?

Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan cara booking tiket online, mengingat kecanggihan teknologi yang ada saat ini mempermudah anda dalam melakukan segala macam hal, utamanya adalah dalam hal membeli tiket pesawat. Ada cukup banyak web-web yang menjual tiket pesawat untuk berbagai macam maskapai ke berbagai tujuan, baik itu dalam maupun luar negeri, namun tentunya dengan harga yang relatif berbeda.
Bagi anda yang memang sedang mencari tiket pesawat ada satu tempat booking tiket online via ezytravel yang bisa anda jadikan sebagai pilihan, yaitu melalui website Ezytravel, ada banyak alasan yang membuat anda harus membeli disini, yaitu:

Tips Liburan Saat Puasa

Alhamdulillah sudah hampir tiga minggu kita berpuasa. Nggak terasa ya, waktu berjalan begitu cepat. 
Bulan Ramadhan tahun ini seneng banget, karena bertepatan dengan liburan akhir semester atau liburan kenaikan kelas. Semoga semua naik kelas, ya. Dan bagi mahasiswaku semoga mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga bisa mengambil SKS maksimal di semester berikutnya. Amin!
Libur panjang biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat Indonesia untuk rekreasi. Mengisi hari libur biasanya digunakan untuk pergi ke tempat –tempat wisata, seperti pergi ke pantai, ke pegunungan atau tempat wisata indoor.
Tapi, bagaimana dengan liburan saat ini dimana kebetulan bertepatan dengan bulan puasa. Kepengen liburan, tapi takut nggak kuat puasa, lemes, dan capek akhirnya kepengen mbatalin puasa. Hehe. Apalagi cuaca saat ini sudah masuk musim kemarau, cuaca panas banget bikin nggak pengen keluar rumah. 
Sebenarnya, berpuasa tidak menjadi halangan bagi kita untuk berlibur pergi ke suatu tempat. Kita bisa mensias…

Noofa, di Hari Kedua Sekolah di PAUD Insan Robbani

Alhamdulillah, Hari ke-dua Noofa sekolah di PAUD Insan Robbani Kesesi ada sedikit peningkatan. Kalo hari pertama dia nangis terus dan nggak mau dekat dengan teman barunya karena alasan belum kenal, di hari kedua dia sudah mulai ada interaksi dengan teman barunya. Yaa.. walau pun masih sebatas mau deket tapi setidaknya sudah mau bersuara “gantian sama Noofa, ya..” atau “Kakak,main baleng-baleng (bareng-bareng) Noofa, yaa”.

Perasaan saya senang dan sudah merasa sedikit lega dibanding hari pertama di mana dia hanya minta gendong dan nangis terus. Akhirnya membuat saya kesusahan ngambil gambarnya #Ehhhh!, padahal pengen bangetfoto-fotoin Noofa saat dia masuk sekolah. Hehe..

(Foto) Noofa Sekolah di PAUD Insan Robbani Kesesi Pekalongan

Ini foto hari pertama Noofa masuk paud, nggak banyak foto yang bisa diambil, karena hari pertama hampir semua anak didik baru di Paud Insan Robbani menangis, tak terkecuali Noofa. Ia maunya sama Abi dan Uminya. Belum mau main dengan teman-temannya, sesi perkenalan pun Noofa nempel terus dengan Umi. 
Yang lain pinter berbaris, tapi Noofa malah asyik sendiri main prosotan. Hehe.. Noofa memang tipikal anak yang tak begitu suka keramaian. Makanya dia belum mau ikut berbaris bergabung dengan teman lainnya. Insya Allah seiring berjalannya waktu, Noofa nantinya mau bersama dengan teman-temannya.
Insan Robbani adalah Paud yang bagus. Mengajarkan kemandirian anak. Minggu pertama sekolah, Noofa dan teman-teman lainnya masih boleh didampingi orang tuanya. Namun, minggu kedua dan seterusnya orang tua dilarang menunggui anaknya di sekolahan. Mereka hanya diperkenankan mengantar dan menjemput anaknya berangkat dan pulang sekolah. 
Mau tau hari kedua Noofa di Paud Insan Robbani dan beberapa peratur…