header cah kesesi ayu tea

ZenCore: Belajar Asik Sambil Main Game

Assalamu’alaikum, tak terasa sudah hampi 1,5 tahun masyarakat Indonesia hidup di tengah pandemi Covid-19. Harus diakui akibat pandemi Covid 19 semua sektor terkena dampaknya, tak terkecuali sektor pendidikan. Proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah-sekolah, selama pandemi berlangsung proses pembelajaran dilakukan secara daring/online.

Download aplikasi Zenius yang bisa digunakan pada sistem operasi android maupun iOS
Bagi orang tua termasuk saya pribadi, belajar dari rumah yang dilakukan kedua anak saya dengan menggunakan sistem daring memberikan pengaruh besar bagi kehidupan kami. Di satu sisi sebagai orang tua, saya wajib tetap mencari nafkah di tengah keterbatasan akses karena adanya pembatasan dari sana-sini oleh pemerintah yang memang mempunyai tujuan mulia demi menyelamatkan masyarakat dari virus Covid-19.

Namun, disisi lain saya tak bisa serta merta melepas kedua anak saya dalam pembelajaran online saat ini. Karena sistem pembelajaran dengan metode daring baik itu melalui Google Meet, Zoom, Yotube, maupun WA group mengharuskan saya sebagai orang tua harus lebih banyak berada disamping anak. Bukan hanya sebagai pengawas, atau pendamping anak dalam belajar, tetapi lebih dari itu. Orang tua saat pandemi seperti ini, harus mampu bertransformasi menjadi seorang guru dan pendidik yang baik bagi anaknya.

Kondisi yang demikian, bagi sebagian orang tua terutama mereka yang sibuk bekerja dari pagi-sampai malam, orang tua yang berada di wilayah pedesaan dan pedalaman tentu menimbulkan masalah. Bukan hanya soal waktu, yang paling utama tentu saja orang tua terpaksa atau bisa dibilang dipaksa harus belajar lagi berbagai materi pelajaran bersama anaknya dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh guru anak-anaknya.

Bukan hanya harus menguasai berbagai ilmu yang dipelajari oleh anaknya, sebagai orang tua harus menguasai berbagai aplikasi yang dipakai dalam pembelajaran anaknya seperti Google meet, Zoom, Youtube dan lain sebagainya. Berbagai media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran daring saat ini, saya yakin tidak semua orang tua dapat menguasainya. Hal itu tentu saja dapat membuat orang tua menjadi semakin pusing.

Bagi saya sendiri yang merupakan seorang orang tua, di mana bekerja di sektor pendidikan (Suami merupakan guru pendidikan Agama Islam di salah satu sekolah negeri di daerah Semarang, dan saya mengajar di IAIN Pekalongan) merasakan betul bagaimana pembelajaran dengan sistem daring ini membuat banyak orang tua pusing 7 keliling. Terlebih suami dan saya juga seorang pendidik yang harus menyiapkan pembelajaran juga untuk anak didik. Yaa,, mau bagaimana lagi, harus dijalani dengan ikhlas. Hehehe

Sejujurnya, awalnya saya udah hampir putus asa gitu loh guys, saya butuh sesuatu yang bisa membantu saya dalam mendampingi anak saya belajar, karena realitanya, anak saya kadang nggak mood belajar apabila belajar dengan cara konvensional. Yang ada malah berantem mulu dan ujung-ujungnya anak saya nangis. Hahaha..

Oh Tuhan,.. kapan pandemi ini berakhir......??

Download aplikasi Zenius



Pintar dan berprestasi saat pandemi saat ini tentu merupakan idaman setiap orang tua untuk anak-anaknya. Agar pembelajaran daring hasilnya lebih maksimal, biasanya orangtua juga memasukkan anaknya ke Bimbel agar anak-anak dapat belajar dan mendapatkan materi pembelajaran secara maksimal.

Daya ingat makin kuat karena udah latihan di fitur ZenCore yang tersedia di aplikasi Zenius



Era pandemi begini, bimbel online banyak menjadi pilihan. Dan, alhamdulillah saya dipertemukan dengan aplikasi Zenius yang bisa bikin cerdas beneran. Apa pasal? Melalui aplikasi Zenius ini, kamu bisa belajar #mulaidarimanaaja termasuk belajar dari hal yang paling dasar. Dengan adaptive learning di aplikasi Zenius, nggak peduli dari mana aja kamu mulai, kamu tetap bisa nguatin pemahaman materi sampai akarnya. Kamu bisa buka belajar banyak pelajaran dalam genggaman.

Kebetulan saya juga masih mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian CPNS, jadi bisa ngiras-ngirus belajar bareng anak saya dengan Download aplikasi Zenius dan memilih materi yang cocok untuk saya juga untuk anak saya. Jadi, bukan hanya handphone saya yang download aplikasi Zenius. Saya juga mendownloadkan aplikasi Zenius di gawai anak saya biasa untuk belajar daring.

Cerdas Beneran dengan ZenCore

Setelah mendownload aplikasi Zenius, di sana ada menu “Coba ZenCore!” dengan banner dominan warna pink. Bila di-klik, ZenCore ini berisi skills (keterampilan) dan knowledge (pengetahuan) yang harus dikuasai oleh setiap orang. Keterampilan dan pengetahuan tersebut meliputi fundamental skills dan insightful knowledge yang dapat mendukung proses belajar.

Fitur ZenCore bisa bantu kamu untuk push rank


Fundamental skills adalah ketrampilan yang berguna untuk melatih keterampilan dasar yang membuat cara berpikir dan memahami pelajaran semakin cepat dan mudah. Nah, asyeknya di Aplikasi Zenius ini bisa mengasah keterampilan dasar ini melalui bagian CorePractice di ZenCore. Ada tiga soal di CorePractice, yaitu Matematika, Logika dan verbal, dan Bahasa Inggris.
Fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius bisa meningkatkan kemampuan otak


Sedangkan, Insightful knowledge menjadi sarana bagi anak untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dan memperluas wawasan. FYI, untuk insightful knowledge ini bisa ditemukan dalam bagian CoreInsight, yang saat ini masih dalam proses pengembangan.

Saya jadi inget kalimat pepatah ala-ala dari almarhum bapakku, “Alkulina minal biasa” hehehe, dengan membiasakan diri berlatih soal, nantinya kita dapat menerima dan memahami informasi lebih cepat. Manfaat lain juga cara berpikir kita pun akan lebih kritis dan rasional, sehingga proses belajar dapat berjalan lancar. Kelebihan ZenCore juga karena ini menerapkan pembelajaran adaptif dimana proses belajar mengajar akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita sebagai user.

Belajar Asik Sambil Main Game

Guys, yang menarik di ZenCore ini adalah kita belajar sambil main games, untuk anak-anak belajar konvensional akan sangat membosankan, bukan? berbeda dengan belajar melalui ZenCore ini karena nggak akan terasa kalau sebenarnya kita sedang belajar, rasanya kaya masih main game. Selain itu bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, jadi saat kita membaca soal dan menjawab soal itu seperti ada teman yang masih ngobrol dengan kita, sehingga seperti ada chemistry tersendiri gitu loh.


Ada ribuan kuis di ZenCore yang bisa kita jawab untuk menguji beberapa tingkatan berpikir. Di setiap akhir sesi, kita bisa melihat hasil perincian skor dan pembahasan dari kuis. Biar lebih semangat, suami dan anak saya sama sama mencoba menjawab kuis, dan saling kejar-kejaran score. Haha. Lucu deh ketika nilai matematika hasil menjawab soal kuis matematika anak saya lebih besar dari score milik suami. Hehehehe..

ZenCore ini sangat mendukung proses belajar anak-anak dalam melatih keterampilan dasar dan menciptakan cara berpikir yang kritis. Belajar sambil bermain dengan ZenCore sangat menyenangkan, guys. Apalagi bisa #mulaidarimanaaja dan bisa mendapatkan hadiah loh. Jadi ada Misi Agustusan yang mana memperebutkan posisi ZenCore Legend dengan cara mempertahankan dan meraih posisi TOP 10 di ZenCore LeaderBorad selama bulan Agustus.

Ada banya hadiah seperti Apple iMac M1 2021, Apple Watch Serries 6, Iphone 12 Pro Max, Apple Beats Studio Buds, dan masiihh banyaaaaaaaaakk lagi. Yuk ah download aplikasi ini, karena Zenius bikin Cerdas Beneran!

 => Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=net.zenius.mobile
 => App Store : https://apps.apple.com/id/app/zenius-belajar-online-seru/id1502056247

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

33 comments

  1. Enak banget ya bisa belajar sambil nge-game kaya gini

    ReplyDelete
  2. Baru kali ini saya nemu platform belajar online yang serunya kece banget apalagi bisa push rank bareng tmn2

    ReplyDelete
  3. Wahh, kece banget ini ZenCore!
    Beneran bisa bikin anak betah belajar
    ortu juga hepi, karena ada "bala bantuan" yg mengasyikkan selama PJJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bala bantuan yang menyenangkan ya.. Jadi anak-anak gak berasa kalo lagi belajar..

      Delete
  4. aplikasi semacam ini cocok banget utk ortu yg gak sempat ngajarin anak, namanya pandemi mau gimana lagi. untung anak2ku masih SD, jd aku masih bs ngajarin. entahlah besok2. tapi insyaallah pjj gak sampe anak2ku smp kan, haha

    ReplyDelete
  5. Wah, anak2 bisa semangat belajar nih, kalo ada app kece macam Zenius.
    Fitur ZenCore-nya super berfaedah ya

    ReplyDelete
  6. Aku juga udah mulai kewalahan nih ngajarin anak2 sekolah di rumah, paling cuma sanggup sekadar menemani aja sih

    jadi penasaran pengen cobain Zencore juga nih, kayaknya fun dan bikin anak betah belajar deh

    ReplyDelete
  7. oh jadi Zencore ini bisa untuk anak-anak hingga dewasa ya? kukira tadinya hanya untuk remaja-dewasa saja.. thx sharingnya ya..

    ReplyDelete
  8. metode belajar seperti zencore membuat anak bisa gak stress atau males sebelum belajar karena ada seni bermain di dalamnya. Kece sih

    ReplyDelete
  9. Ponakan ku juga install aplikasi Zenius ini, meski belajar dari rumah karena ada Zenius belajar tetap seru :)

    ReplyDelete
  10. Aplikasi zancore sangat membantu anak belajar dgn kreatif.

    ReplyDelete
  11. wah anak2 jadi lebih semangat belajarnya ya, karena lebih menyenangkan dan nggak membosankan hehee

    ReplyDelete
  12. Kasihan juga ya lihat anak-anak ini sudah setahun tidak bertemu guru dan teman-temannya, hanya via online aja.
    ZenCore asyik juga ya, kalau belajar dengan cara yang menyenangkan seperti ini, pasti gak bikin bosen, tambah semangat belajarnya.

    ReplyDelete
  13. Baru tahu nih bermain sambil belajar. Zencore emang bikin anak semangat untuk belajar ya. pastinya belajarnya makin semangat. soalnya anak2 yg belajar daring rata2 pada stress dan jenuh. kasihan kalau mereka jadi hilang semangat belajarnya.

    ReplyDelete
  14. Wah asyik banget ya ada aplikasi yg membuat belajar jd asyik kayak main game... Keren

    ReplyDelete
  15. Jadi asyik nih belajarnya ya Noofa sejak pake Zenius gini. Aku kok ya pengin ikutan mengerjakan soal-soalnya dan dapat nilai deh hehehe... jadi ingat masa sekolah dapet nilai gitu ya.

    ReplyDelete
  16. Kalau sambil main game begini kan biasanya anak-anak tuh lebih paham dan gampang bosen ya kak. keren sih konsepnya ini.

    ReplyDelete
  17. Kak Noorma...
    Salut banget dengan pendidikan yang diterapkan. Kompak sama suami.
    Ini yang paling penting yaa... Sehingga mempercayakan kepada Zencore pun menjadi lebih total.
    Aplikasi yang unik karena menggunakan metode gamifikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada link buat download Zencore nih..pas banget.
      Langsung download dan bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak dalam memahami lebih dalam mengenai mata pelajaran tertentu.

      Delete
  18. Seneng banget ada aplikasi kayak Zenius ini, jujur sangat membantu saya dalam mengajar anak. Apalagi fitur ZenCorenya bermanfaat banget untuk anak-anak

    ReplyDelete
  19. Makin banyak aja nih testimoni Zencore saya jadi makin mantap buat downloadin anak anak ;*

    Mba norma beruntung karena punya pikiran yang sepaham sama suami dalam mendidik anak sementara saya masih dalam tahap penyamaan persepsi sama suami ;*

    ReplyDelete
  20. Metode belajar yg menyenangkan ya mbak. Apalagi untuk anak2 yg bisa belajar serta bermain. Untuk anak2 ini sangat menarik.

    ReplyDelete
  21. Inilah cara kreatif belajar buat anak gen Z ya Kak. Ga bisa kalau mereka dipaksa belajar gaya kita jadul dengan mendengarkan penjelasan. Pakai aplikasi Zenius bisa bikin anak semangat karena bisa belajar sambil bermain. Aku suka terutama ada muatan bahasa Inggris dan logika buat membekali anak agar bisa bersaing nanti dan membuat keputusan sulit demi masa depan.

    ReplyDelete
  22. Jadi kaya punya teman belajar yang tepat untuk anak ya. Bisa diajak main juga kalau anaknya lagi bosan belajar. Terus dekat dan bisa kapan aja siap diajak belajar

    ReplyDelete
  23. Bagus ulasannya mudah dimengerti. Idenya dari Zenius emang patut diacungi jempol. Anak sekarang kan sukanya ke game. Jadi kalau ada kegiatan yang didampingi orang tua diberikan melalui permainan alias game

    ReplyDelete
  24. info menarik nih
    keponakanku selalu menunggu ayahnya pulang kantor untuk belajar
    Padahal bisa banget download aplikasi Zenius, ya?
    Trus coba menu ZenCore
    agar bisa belajar mandiri

    ReplyDelete
  25. sejak ada aplikasi belajar kayak zenius ini sekarang belajar nggak harus ke lembaga khusus lagi ya, mbak. lebih fleksible dan canggih cara belajarnya

    ReplyDelete
  26. Aku senang banget dengat fitur ZenCore ini. Ngelatih ketelitian dan kemampuan logika banget ya. Fitur yang bagus kalau dipakai buat ngegame anak-anak. Eh, aku yang dewasa aja juga suka kok main fitur ini. Hehehe...

    ReplyDelete
  27. Fitur yang paling menyenangkan pastinya yang belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Saya yakin semua anak menyukainya

    ReplyDelete
  28. Benar nih kak, untuk daring melalui Google Meet, Zoom, Yotube, maupun WA group mengharuskan kita sebagai orang tua harus lebih banyak berada disamping anak. Pernah tuh aku sampai sehartian nungguin anak skul sampai selesai kerjain tugas2nya karena banyak break nya. hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak.. maaf ini tadi aku komen dari an. Niken ya. Blm ganti nama udah ke klik submit komen. Hehe.

      Delete
  29. Penting bgt menyiapkan berbagai metode pembelajaran secara online untuk mendukung system pembelajaran agar adik/anak kita bisa tetep semangat dalam belajar.

    ReplyDelete

Post a Comment