Resolusi Bisnisku di Tahun 2019 - Cah Kesesi AyuTea

Resolusi Bisnisku di Tahun 2019


Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa mencukupi kebutuhan dengan bekerja sendiri, salah satu pekerjaan yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah berdagang sebagaimana yang pernah dijalanlan oleh Rasul Muhammad SAW. Bahkan jika seseorang ingin cepat kaya, maka berdagang atau juga bisa disebut dengan berbisnis merupakan salah satu solusinya.

Di era modern saat ini berdagang secara tradisional memang masih ada, akan tetapi sejalan dengan perkembangan digital yang semakain maju, perdagangan atau berbisnis bisa dilakukan secara digital atau sering disebut sebagai berdagang atau berbisnis online. Bahkan saat ini perkembangan bisnis online telah menjamur dengan berbagai produk yang diperjual belikan.


Saya sendiri juga pernah terjun di dunia bisnis online bekerjasama dengan seorang teman dengan menjual berbagai busana muslim/muslimah baik untuk dewasa maupun anak-anak. Bisnis baju muslim secara online memang gampang-gampang susah. Gampangnya kita bisa jualan kapan pun dan di manapun karena dilakukan dengan mengandalkan HP dan kuota internet. Saat stock barang ada saya dan temen tinggal memfoto dan menguploud baju-baju muslim hasil kulakan ke media sosial baik itu FB, IG, Twitter maupun website yang kami miliki. 

Selain itu, bisnis online memang mengandalkan kepercayaan konsumen karena kita transaksinya juga melalui media online. Oleh sebab itulah, salah satu kekurangan bisnis olne adalah antara penjual dan pembeli tidak bisa bertemu langsung sebagaimana jual-beli konvensional. Selain itu barang yang dijual melalui foto di media sosial terkadang tidak sesuai dengan harapan konsumen, sehingga beberapa kali ada komplain dari pelanggan. Tapi itulah salah satu resiko bisnis secara online. Akan tetapi secara keseluruhan berbisnis secara online memiliki banyak keuntungan baik secara materi maupun waktu kerja yang tidak terbatas yang sepenuhnya dikendalikan oleh penjual.

Meskipun sudah berjalan beberapa tahun bisnis jual baju muslim secara online akhirnya Saya memutuskan untuk berhenti. Alasan saya adalah karena jarak di mana teman bisnis saya berada di Jakarta dan saya berada di Pekalongan. Meskipun dalam dunia bisnis online tidak mengenal jarak, akan tetapi bagi saya hal tersebut kurang begitu nyaman karena Saya tidak bisa secara leluasa berdiskusi langsung dengan teman bisnis untuk mengembangkan usaha ke depan agar lebih besar. 

Meskipun usaha bisnis online yang telah saya jalani selama 2 tahun lebih pada akhirnya kandas, akan tetapi tidak membuat saya putus asa. Justru saya mengambil banyak pelajaran dari bisnis online tersebut. Paling tidak, Saya sedikit banyak telah belajar seluk-beluk berbisnis online meskipun dengan budget yang tidak besar dan keuntungan yang bagi saya sendiri cukup digunakan untuk membantu perekonomian keluarga kecil saya. Yang jelas saya melalui dunia bisnis tersebut banyak pengalaman yang telah saya dapatkan dan memberikan gambaran untuk membuka bisnis lagi secara mandiri.

Bisnis Jajanan Anak

Memasuki tahun 2019 ini keinginan untuk memulai bisnis di tahun 2019 yang kembali mengelayuti pikiran saya. Satu sisi ingin kembali membangun bisnis baju muslimah online lagi, namun di sisi lain saya melihat bahwa bisnis kuliner kayaknya asyik dan gak ada matinya. Karena setiap hari orang-orang selalu berburu kuliner, tak terkecuali bagi anak-anak yang juga mencari jajajan maupun kuliner sesuai dengan keinginan mereka.

Setelah kurang lebih 4 tahun kembali lagi ke kampung halaman di Kesesi Pekalongan, Saya melihat dunia bisnis kuliner utamanya jajanan anak-anak di kampung kelahiran saya berkembang dengan pesat. Salah satu jajajan yang digemari oleh anak-anak baik usia TK-SMA adalah mie lidi dengan berbagai varian rasa.

Bahkan ada salah satu warung di tetangga desa yang menjual khusus jajajan dan camilan anak-anak, salah satunya dalah mie lidi dengan berbagai varian rasa. Ada rasa sapi panggang, BBQ, pedas, jagung bakar, dan lain sebagainya. Bahkan ketika saya survei sendiri di warung tersebut konsumennya sangat banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan antrian panjang terlihat waktu pulang sekolah di mana banyak anak-anak yang pulang dari sekolah mampir untuk membeli mie lidi dan jajanan lain yang dijual di warung tersebut. 


Berawal dari hal tersebut saya ingin mencoba membuka bisnis jajanan anak khususnya mie lidi dengan berbagai varian dengan model baru. Model baru yang saya maksud adalah cara membungkusnya dan metode penjualannya. Jika di warung tetangga desa mie lidi dengan berbagai variannya hanya dibungkus plastik bening dan dijual secara konvensional maka saya memiliki rencana untuk membuat bungkus mie lidi dengan bungkus yang lebih eyecathing dengan bahan yang ramah lingkungan. Bukan hanya itu saja, Saya berkeinginan untuk menjual produk mie lidi tersebut secara offline dan juga online. Bahkan saya berniat untuk menjadi agen bagi orang-orang yang ingin menjadi reseler saya.

Keinginan berbisnis jajanan anak ini memang masih dalam tahap perencanaan, dan pematangan. Karena di samping harus memiliki modal, Saya juga masih mendiskusikan rencana tersebut dengan keluarga, khususnya tentang tempat produksi dan jualan, pegawai yang akan direkrut, dan tak ketinggalan juga tentang desain bungkus mie lidi sebagai produk unggulan bisnis jajanan anak yang akan saya lakukan. 

Saat ini saya sedang membangun optimisme bahwa bisnis yang akan saya jalani di tahun 2019 akan berjalan lancar. Karena saya memiliki keyakinan bahwa bisnis kuliner, khususnya jajanan anak akan tetap diminati bukan hanya oleh anak-anak saja, melainkan juga mereka yang sudah dewasa maupun orang tua. Hal itu terbukti dengan survei yang telah saya lalukan saat menjadi pembeli di warung jajanan anak di tetangga desa.

Semoga bisnis jajanan anak yang akan Saya jalani diberikan kemudahan, kelancaran serta bisa membuka peluang kerja bagi orang lain. Sehingga dalam hal ini keuntungan tidak hanya akan saya dapat, tetapi orang lain juga merasakan keuntungan dengan bisnis yang akan Saya kelola ke depan. Amin.

31 comments:

  1. Saya senang banget kalau ada wanita yg suka bisnis. Semangat untuk bisnis busana Muslim nya mba. Ntar tak promoin ke saudara2 yg Muslim :)

    ReplyDelete
  2. Aaamiin Mbak. Semoga usaha bisnisnya jadi dan laris ya, mie lidi emang masih banyak peminatnya sampai sekarang.

    ReplyDelete
  3. Semoga lancar rencana bisnisnya, Mbak. Bisnis mie lidi terasa unik. Anak-anak dan remaja adalah pangsa pasar yang tiada habisnya, namun butuh dukungan dari orang dewasa sebagai penyedia dana. Jadi sasar mereka sekaligus agar sama tertarik. Selera personal harus diperjatikan. Dan komposisi bahan mienya juga termasuk baik. Bukankah ada alat untuk bikin mie atau pasta jadi itu mudah dilakukan.
    Saya pikir melakukan bisnis tak bisa serampangan, butuh riset secarta bertahap selain permodalan yang cukup. Namun semoga segala tantangan dan hambatan nitu bisa diatasi Mbak. Selamat berbisnis semoga sukses. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat bisnisnya Bunda Lahfy kala itu ya, bahkan dulu juga sering adakan giveaway. Tapi memang begitulah perjalanan bisnis, selalu pasang surut. Semoga resolusi bisnisnya di tahun 2019 sesuai harapan ya mbak Noorma... Aamiin.

    ReplyDelete
  5. wah, semoga lancar mba. aku juga ingin mulai bisnis tapi masih mikir-mikir bisnis apa yang bisa bersaing

    ReplyDelete
  6. bisnis online lagi marah dilakukan ya buat yang mau punya usaha sendiri. Aku masih bingung malah mau usaha sendiri apa.
    Good luck buat bisnis jajanan anaknya ya Noorma, semoga aku menyusul buat punya usaha sendiri juga.

    ReplyDelete
  7. Semoga bisnis jajanan anaknya berjalan lancar yaa, Mba. Dan keuntungannya juga banya, amiiin

    ReplyDelete
  8. rumah Mba Noorma dekat sekolah kah? Bisnis jajanan anak memang sangat menjanjikan yaa, karena anak-anak suka banget jajan :)

    ReplyDelete
  9. Aamiin. Semoga jajanan anak mie lidi nya laris manis dan selalu dirindu pelanggan ya mba. Jadi pengin icip.

    ReplyDelete
  10. MIe lidi ini emang terkenal banget dan jadi makanan legendaris ya. Asyiknya kalau dijadiin bisnis nih mba :)

    ReplyDelete
  11. semoga resolusinya berjalan lancar ya mbak.
    doakan saya juga yang juga ingin meningkatkan bisnis di tahun 2019 inih

    ReplyDelete
  12. Semoga bisnisnya segera jalan ya mba.
    Bisnis kuliner emang gak ada matinya.
    meski bertebaran di mana2.

    kalau saya lebih suka berbisnis yang unik, jadi lebih mudah mengambil perhatian pasar.

    Sayang masih belum berani mulai lagi, dulu udah pernah bikin, ga pakai perencanaan matang.
    learning by doing aja.
    Alhasil cuman bertahan setahun aja, gak kuat kerjain sendiri demi menekan biaya :)

    ReplyDelete
  13. Berbisnis jajanan anak? Boleh juga tuh mbak. Apalagi berbisnis dengan jajanan yang udah ada seperti mie lidi tapi dibuat dengan dengan model baru, lain dari yang lain. Yah, Semoga lancar resolusi bisnisnya ya mbak😊

    ReplyDelete
  14. Ayo segera dieksekusi niat bisnis mie lidi nya. Kayaknya pangsa pasarnya masih luas ya, karena selalu ada anak-anak yang doyan jajan

    ReplyDelete
  15. Semoga lancar bisnisnya ya mba, diberkahi kemudahan dan rejeki. Aku dulu pernah jualan online, tapi karena belum bisa fokus, akhirnya kututup, sekarang pingin mulai lagi sih :)

    ReplyDelete
  16. Sukses ya rencana bisnis jajanan anaknya mba Noorma, dan jajanan anak tuh banyak lho peminatnya, kadang nggak hanya anaknya yang jajan, emaknya juga ikutan jajan hehe

    ReplyDelete
  17. Sukses, ka...bisnisnya.
    Aku suka banget idenya...bisnis kuliner memang ga ada batasnya.
    Nanti makin lama, makin banyak dan lengkap variannya.

    ReplyDelete
  18. Aamiin semoga sukses ya mba. kalau aku malah tutup usaha sementara karena wilayahku dihitung luar negeri hahaha jd ongkir dan pengirimannya dipersulit

    ReplyDelete
  19. Aamiin.. semoga terwujud harapannya ya mba.. bisnis makanan anak itu InshaAllah akan selalu hidup, tinggal kesabaran dan bagaimana mengelolanya saja.. niat dan harapannya sangat mulia mba.. tidak hanya keuntungan pribadi juga bisa membantu orang lain ya.. bismillah

    ReplyDelete
  20. Aamiin semoga sukses y mba,, terus semangat akupun dh bbp Kali gagal mncoba bangkit trs InsyaAllah pasti sukses y

    ReplyDelete
  21. Semoga lancar dan sukses ya kak bisnisnya. Menarik juga ya bisnis jajanan anak-anak, aku suka tuh jajanan lidi-lidian ga cukup sebungkus makan itu hehe.

    ReplyDelete
  22. Setuju kak, bisnis kuliner memang nggak ada matinya, apalagi jajanan anak kecil ini
    banyak yang dudah dewasa pun pengen bernostalgia juga kan hehehe

    ReplyDelete
  23. Semoga rencana bisnisnya dipermudah oleh Allah ya. Senang loh kalau bisa menjalankan bisnis sendiri. Apalagi kalau nantinya juga bisa membuka jalan rejeki untuk orang lain.
    Kalau ntar bikin mie lidi, dibuat ingredientnya yang sehat untuk anak-anak yaaaa...

    ReplyDelete
  24. moga sukses ya mbak rencana bisnisnya. saya juga ada sih keinginan untuk menjual kerudung buatan saya, cuma masih riweuh ini itu, masih mikir panjang kemungkin kuatir terbengkalai. semoga setelah mantep, saya akan mengikuti jejak dirimu juga.

    ReplyDelete
  25. Mantap sekali Mbak punya bisnis plan 2019 ini
    Kalau aku lebih kepada bagaimana mengatur cashflow aja.

    ReplyDelete
  26. Jajanan anak ya mba. Jangankan anak anak. Aku juga suka mba. Nanti aku nyobain yaa

    ReplyDelete
  27. bisnis jajanan anak-anak emang menggiurkan Mbak dan InsyaAllah bakalan laku tuh. secara anak-anak kan emang fitrahnya doyan jajan, heheheh.
    apalagi klo kemasannya lucu gitu, duuh bakalan jadi daya tarik tersendiri deh, bisa laris manis itu :)
    sukses yaaa Mbak untuk bisnisnya nanti :)

    ReplyDelete
  28. keren mba, tetap berdaya dan berkarya meskipun di rumah ya. semoga bisnisnya lancar dan bisa berkembang dengan baik yah mba :D

    ReplyDelete
  29. jajanan anak-anak emang gada matinya sih ini emang selalu hidup

    ReplyDelete
  30. wah semoga lancar ya mbak rencana bisnisnya.. aku kalo inget mie lidi ini inget jajanan zaman sd, ada yang asin, ada yang pedes banget tapi bikin ketagihan, haha..

    ReplyDelete
  31. Bisnis jajanan anak tidak akan ada matinya ya, moga diperlancar,mba. Aku request jajanan anak sehat dengan harga ramah di kantong

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)