Berbagai Karir Yang Cocok Untuk Alumni Ilmu Komunikasi, Ada Incaranmu?! - Cah Kesesi AyuTea

Berbagai Karir Yang Cocok Untuk Alumni Ilmu Komunikasi, Ada Incaranmu?!

Sumber gambar: pixabay
Halo, Assalamu'alaikum,

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu bidang ilmu yang saat ini banyak dipelajari di berbagai pendidikan formal maupun nonformal, ada banyak universitas yang menyediakan kuliah jurusan Komunikasi untuk calon mahasiswanya. 

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentunya akan sangat berguna untuk meningkatkan karir di masa depan, bidang ilmu yang satu ini menjadi salah satu bidang ilmu yang memiliki prospek kerja luas dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut ini ada beberapa bidang karir yang bisa digeluti oleh dari jurusan ilmu komunikasi, diantaranya:

Business Analyst

Business Analyst juga menjadi salah satu bidang karir yang bisa dirintis oleh alumni Ilmu Komunikasi, bertugas untuk melakukan analisa pasar, memonitor metric, serta mengukur efektivitas produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kegiatan analisis ini nantinya akan sangat membantu perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan keuntungan serta kepuasan konsumen dari produk yang dihasilkan, dengan begitu perusahaan juga akan mendapatkan peningkatan penghasilan.

Sesuai dengan peranannya, karir yang satu ini memerlukan kemampuan dalam komunikasi data atau metrics, kemampuan teknologi, kemampuan budgeting, hingga memahami segi finansial.

Marketing

Prospek kerja Ilmu Komunikasi lainnya ada dalam bidang marketing, salah satu bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan utamanya yang menyediakan berbagai produk atau jasa serta berbagai kebutuhan lainnya untuk konsumen. Bidang marketing memiliki tugas untuk memberikan 'nilai' sebuah perusahaan kepada konsumen yang ditargetkan, sehingga produk atau jasa yang ditawarkan bisa dengan mudah diterima oleh konsumen tersebut.

Layanan Konsumen

Menjadi perwakilan untuk layanan konsumen suatu produk tentunya menjadi salah satu karir yang bisa dirintis oleh alumni Ilmu Komunikasi, sebuah profesi yang membutuhkan tingkat kemampuan komunikasi yang baik untuk melayani konsumen. 

Selain harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki tingkat kesabaran yang tinggi serta sikap positif terhadap berbagai masalah juga wajib dimiliki oleh orang yang ingin berkecimpung di dunia layanan konsumen. Pasalnya, profesi yang satu ini akan selalu berhadapan dengan berbagai komplain yang diajukan oleh konsumen dengan beragam masalah yang dihadapinya.

Dunia Media

Bagi Anda yang kuliah jurusan Komunikasi, dunia media menjadi salah satu bidang kerja terbesar yang bisa dipilih. Memiliki kemampuan dalam bidang komunikasi yang baik serta ijazah dalam bidang ini memungkinkan alumninya masuk ke berbagai jenis pekerjaan yang ada dalam industri media, baik media offline maupun online yang bisa ditentukan sesuai dengan minat. 

Media merupakan salah satu bidang profesi yang membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi sangat baik, sehingga dapat membentuk opini yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Bukan hanya kemampuan komunikasinya saja yang diperlukan, bidang ini juga membutuhkan kemampuan dalam menganalisis dan mengurai informasi yang akan disampaikan sehingga mudah diterima oleh audiens.

Event Organizer

Bagi yang memiliki kemampuan merancang suatu kegiatan, menjadi EO atau Event Organizer juga menjadi salah satu prospek kerja Ilmu Komunikasi yang bisa dijalani. Saat ini banyak perusahaan atau organisasi yang menggunakan jasa EO ketika akan membuat sebuah acara, sehingga tidak heran jika profesi yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat. Alumni Ilmu Komunikasi tentunya akan mudah melakukan relasi dengan banyak orang, sehingga kegiatan perencanaan akan lebih mudah untuk dilakukan. 

Event organizer merupakan profesi yang mengurus semua hal dengan detail, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang akan hadir yang tentunya tidak akan berjalan dengan baik jika tidak memiliki kemampuan ilmu komunikasi yang mumpuni.

Sales

Menjadi sel merupakan salah satu profesi ilmu komunikasi yang sangat cocok untuk dijalani, memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentunya akan sangat berguna ketika berhadapan dengan konsumen nantinya. Ada banyak jenis pekerjaan sales yang bisa dipilih, seperti salah satunya salesperson atau juga disebut dengan Account Executive / Sales Agent / Sales Representative. 

Meski sebagian orang menganggap remeh jenis pekerjaan yang satu ini, namun nyatanya profesi sales menjadi bagian penting di banyak perusahaan. Bidang karir satu ini memerlukan kemampuan networking yang kuat, selain itu kemampuan empati juga wajib dimiliki seorang Sales.

Selain berbagai jenis karir di atas, orang yang kuliah jurusan Komunikasi juga memiliki prospek karir di bidang lainnya seperti public relation, periklanan, jurnalis, penulis, editor, penyiar radio, reporter, Master of ceremony, juru bicara, negosiator, atau bahkan jasa konsultasi untuk berbagai masalah yang berhubungan dengan komunikasi.

Bukan hanya bisa berkarir di berbagai perusahaan atau organisasi, Ilmu Komunikasi juga memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang pengusaha baik di bidang produk maupun jasa (seperti menjadi konsultan untuk memecahkan permasalahan di bidang komunikasi).

15 comments:

  1. Yuhuu, akupun alumnus jurusan Komunikasi
    dan iya banget niih, banyak kok kerjaan yg related dgn jurusan ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Nah ini ilmuku hahahaha...ilmu yang asyik karena ibunya dari semua ilmu nih. Pun setiap orang udah dianugerahi bicara ya tetap pekerjaan pekerjaan diatas sangat membutuhkan kemampuan berkomunikasi.

    ReplyDelete
  3. Ilmu komunikasi lumayan prospek nih, tinggal dicari kesesuaian dg ybs ya, bisa saat kerja enjoy..

    ReplyDelete
  4. berdasarkan pengalaman di dunia kerja menurutku alumni ilmu komunikasi bisa kerja di beragam sektor, termasuks eperti dunia kerjaku sekarang di konsultan sosial

    ReplyDelete
  5. Aku dulu sekampus dan sering sekelas sama anak jurusan komunikasi, iya banyak yang berhubungan ma media dan PR meskipun ya ada juga yang melenceng. Apapun itu emang sebaiknya ada semacam skill lain utk dikuasai ya mbak, selain ijazah kuliahnya :D

    ReplyDelete
  6. ilmu komunikasi kyknya perlu ipakai di mana pun ya. jadi mestinya mudah menjalani profesi

    ReplyDelete
  7. Aku juga alumni komunikasi alhamdulillah udah pernah kerja di media, alhamdulillah juga udah pernah kerja di kantor PR dan alhamdulillah juga pernah pegang bagian Markom di telekomunikasi. Alhamdulillah skg udah resign karena udah lelah kerja hampir 12 tahun hehehe skg fokus ngurus keluarga #jadicurhat hahaha

    ReplyDelete
  8. Oh jadi ini toh ya prospek pekerjaan untuk alumni komunikasi..

    Hehehe aku sih bukan alumni komunikasi. Jadi kadang nggak kebayang gitu.

    Btw alumni komunikasi jg bisa jadi staff ahli Presiden yg seperti aku pernah tonton di drama korea

    ReplyDelete
  9. Jadi lulusan ilmu Komunikasi bisa memilih profesi yang diinginkan sesuai minatnya ya

    ReplyDelete
  10. Ternyata bervariasi juga ya, mulai dari sales hingga business analyst, tapi sepertinya yang marketing juga menantang sih,

    ReplyDelete
  11. Dulu sempet bngt nih kuliah mau ambil jurusan komunikasinya biar lbih pinter bicara depan orang bnyakbtapi akhirnya ambil ekonomišŸ¤¦

    ReplyDelete
  12. Kak..kalo blogger dan influencer bisa juga ya..hehe...Ilmu Komunikasi sekarang emang termasuk yang favorit ya...

    ReplyDelete
  13. Aku dulu pingin banget kuliah komunikasi biar bisa jadi wartawan dan jalan2 gratis. Apa daya malah masuk Pariwisata. Untung aja diajarkan komunikasi jadi tetap berguna utk pekerjaan apa aja.

    ReplyDelete
  14. Aku jadi penasaran nih sama yang media. Beberapa temanku yang lulusan komunikasi UGM itu malah bekerja di beberapa media besar di Indonesia. Mupeng

    ReplyDelete
  15. Jadi artis mba. Hihi. Kan biasanya pada jago ngomong. Btw, kalo teknik elektro jadi apa aja nih mba peluang kerjanya? Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)