header cah kesesi ayu tea

Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Tahu kan ya, kalau salah satu tujuan pernikahan adalah mempunyai keturunan, punya anak itu seneng banget, bersyukur banget. Karena anak adalah anugerah terindah sekaligus amanah dan titipan yang Allah SWT berikan kepada orang tua. Keberadaan anak sangat dinanti-nantikan oleh orang tua sebagai penyempurna kebahagiaan dalam keluarga. Tapi, aku pernah punya pengalaman yang mengsediiiiih sekali saat aku punya bayi Noofa, anak pertamaku.

Karena belum punya pengalaman punya anak sebelumnya, pasti ya gitu ya, harus perlu banyak belajar, tanya sana-sini, tanya ke orang tua, nyari tempat sharing di sosial media atau install aplikasi serupa biar bisa tanya dokter gratis, konsultasi sana sini, nyari tempat konsultasi dokter gratis, dan bahkan aku juga nggak malu untuk tanya-tanya ke temenku yang jadi bidan.

Punya anak pertama aku masih panikan, pernah kan waktu itu, Noofa kena ruam popok sampai yang parah banget, merah-merah di pantat, selakangan, dan di kemaluannya bikin aku super duper galau. Sedikit curhatan tentang ruam popok yang bikin galau juga aku posting di blog aku, bisa baca di sini.

Iyyyaa sih… Bahaya ruam popok pada anak memang tidak sampai mengancam jiwa, tapi bila itu terjadi seperti yang dialami anakku 10 tahun lalu, pasti akan sangat meresahkan dan sangat mengganggu anak dong ya, akibatnya anak akan rewel. Jika ruam tidak diatasi dengan baik, maka bisa terjadi infeksi sekunder, terutama oleh jamur. Bila tidak ditangani lebih awal, ruam yang terinfeksi dapat menyebabkan luka dan ketidaknyamanan pada anak saat buang air besar.

Pengalamanku dulu, Noofa mengalami ruam saat usia di bawah 7 bulan. Dan ternyata menurut dokter anak langganan aku waktu aku memeriksakan Noofa dulu, ruam popok paling sering terjadi pada bayi di bawah usia 15 bulan, katanya karena lapisan terluar kulitnya masih sangat tipis dan rentan terhadap iritasi. Apalagi bila saat anak buang air dan tidak cepat dibersihkan, bisa jadi iritasi akan semakin berkembang saat ruam terkontaminasi dengan feses maupun urine bayi.

Kebayang dong gimana sedihnya aku dulu saat anakku kena ruam popok yang bentuknya itu udah merah seperti sisik ikan, kasar, bentol-bentol besar dan ada yang bernanah juga. Ya Allah itu rasanya kaya dicabik-cabik hatiku. Kulit halus bayiku terganggu dan kasih kasar karena ruam, hiks..

Oiya kulit halus polos bayi juga ternyata bisa terganggu karena pemakaian deterjen yang digunakan untuk mencuci popok kain loh, bisa juga iritasi karena tisu bayi karena adanya alergi, atau juga bisa karena pemakaian popok sekali pakai. Nah, dalam hal ini artinya, siapapun bisa terkena ruam ya?

Lalu, Bagaimana Sih Caranya Agar Ruam Popok pada Bayi Bisa Segera Sembuh?

Yang perlu digaris-bawahi adalah, ruam popok adalah masalah kulit yang umum dialami bayi. Ruam popok biasanya ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan, kulit kering dan melepuh bahkan bernanah. Tak jarang juga yang menjadi luka lecet pada pantat, paha, selangkangan, hingga alat kelamin.

Pengalaman aku dulu saat Noofa terkena ruam popok, yang aku lakukan adalah memastikan kulitnya bersih dan kering. Ini juga aku dapat setelah aku banyak tanya ke bidan yang mana dia teman aku sediri. Aku langsung ganti popok anakku saat sudah basah kena pipis atau saat dia pup. Aku memastikan kalau aku tidak menunda mengganti popok anakku saat dia buang air.

Oiya sebelum mengganti popok anakku, aku juga cuci tangan, setelah selesai juga aku cuci tangan, jadi aku berusaha untuk selalu menjaga kebersihan. Kalau di rumah, saat anak pipis atau pup juga aku cebokin pakai air mengalir dan aku pakaiin sabun khusus bayi, jadi aku dulu kurang sreg kalau anak buang air kecil/besar tapi hanya aku lap pakai tisu basah atau kapas basah. Aku selalu cebokin dia pakai air pancuran dari ember, tujuannya ya biar bener-bener bersih, kan kalau bersih akunya tenang. Kecuali saat bepergian ya, kalau naik kendaraan umum ya aku terpaksa pakai tisu basah dan itupun harus berkali-kali. Hehe.

Oles salep atau krim yang mengandung zinc oxide pada bagian yang mengalami ruam popok. Aku dulu pakai salep dari dokter kulit dan kelamin, tapi bunda bisa kok pakai salep ruam yang dijual di apotek atau toko langganan bunda. Sebelum dipakaiin celana atau popok bayi, tunggu krim atau salep kering sepenuhnya yaa.. biar nggak lengket.

Saat si kecil mengalami ruam popok, bunda bisa juga melakukan perawatan seperti yang dulu aku lalukan, seperti menghindari menggosok kulit si kecil yang sedang lecet atau luka.

Sebaiknya, hentikan penggunaan popok sekali pakai untuk beberapa waktu ya bunda, karena hal ini bisa membantu area yang mengalami ruam popok lebih cepat kering, sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Atau, kalau bunda emang terpaksa banget memakaikan popok sekali pakai ke anak bunda, pastikan bunda memilih popok sekali pakai yang berkualitas bagus. Sangat bisa dipahami sih gimana repotnya kalau bayi kita nggak pakai popok sekali pakai, apalagi kalau pas si kecil ditinggal kerja dan dititipkan di saudara kita, pasti kan pengennya nggak ngerepotin ya? Yang penting yang momong dikasih pengertian saja, misalnya kita bilang ke dia untuk tidak membiarkan si kecil memakai popok terlalu lama. Jadi bisa mengganti setidaknya setiap 3-4 jam sekali, dengan begitu kulit si kecil tetap terjaga dengan baik, tetap kering dan ruam berangsur sembuh.

Yuk Kenali Berbagai Penyebab Ruam Popok

Kayaknya wajar ya bayi yang baru lahir sampai usia 1 tahun itu mengalami ruam popok, tapi nggak semua bayi kena ruam popok loh, makanya kita harus pandai cari tahu penyebab ruam popok itu apa, sedangkan penyebab ruam popok sendiri sangat beragam, di antaranya:

MAKUKU
  • Popok Lembab
Salah satu penyebab ruam popok adalah karena popok yang lembab. Bagaimana sih popok lembab itu? Kondisi popok saat urine bercampur dengan tinja pada popok dan dibiarkan agak lama, maka kondisi ini akan mengakibatkan iritasi dan infeksi bakteri pada kulit bayi.
  • Popok Terlalu Ketat
Aku inget banget dulu itu aku pernah nyetok popok sekali pakai buanyak banget, karena sekalinya beli sekarton sekarton gitu. Sedangkan bayiku cepet gendut, akhirnya karena sayang udah dibeli kan tetep dipakai tuh walau ketat. Alhasil anakku ruam loh bun, jadi iritasi karena gesekan secara terus-menerus. So, mungkin tipsnya jangan pakaikan popok yang udah ketat, mendingan dinaikin ukurannya biar agak longgar gitu.
  • Terinfeksi Jamur dan Bakteri
Penyebab ruam di area pantat, selangkangan, paha, dan alat kelamin yang sering bersentuhan dengan popok memiliki kondisi yang hangat dan lembab. Kondisi ini tentu membuat area tersebut lebih rentan mengalami infeksi jamur atau bakteri. So, tetep jaga kebersihan ya!
  • Kulit yang Sensitif
Sebagai seorang Ibu, kenali jenis kulit bayi kita deh, bisa konsultasi dengan dokter kulit. Karena kalau kasusnya bayi dengan kulit sensitif dan memiliki masalah kulit, seperti dermatitis atopik atau eksim, akan lebih rentan mengalami ruam popok.

Pilih Pokok Sekali Pakai dari MAKUKU!

Pengalaman demi pengalaman menjadi seorang ibu dengan buah hati yang aktif, tentu bisa menjadi pelajaran berharga dong ya, apalagi perihal pengalaman ruam popok karena ternyata ada banyak penyebab yang mana disebabkan dari popok yang digunakan.

MAKUKU DIAPERS


Alhamdulillahnya aku percayakan masalah popok sekali pakai kepada MAKUKU. Mengapa MAKUKU? Karena MAKUKU datang dengan kualitas terbaik dengan teknologi terbaru dan canggih bernama SAP (Super Absorbent Polymer).

Popok ini cocok untuk bunda yang sedang mencari popok sekali pakai untuk si kecil. Nah, mari kita bahas beberapa hal mengapa memilih MAKUKU SAP Diapers Slim sebagai popok andalan untuk si kecil ya bunda. MAKUKU sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP hadir dalam berbagai pilihan loh, ada MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care.




Nah, untuk aku sudah cukup nyaman dengan MAKUKU SAP Diapers Slim ini, karena dengan teknologi tercanggih SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap dengan baik dan maksimal hingga 500ml dan mengunci cairan dan tetap ringan meskipun sudah menampung cairan yang cukup banyak. Kemampuan cepat dan merata membuat air tidak menggumpal sehingga tidak bocor dan diaper yang dipake sikecil tidak gandul-gandul. Hehe.. Jadi meskipun sudah dipipisi berkali-kali diapers tetap tipis karena air kering merata tersebar ke seluruh bagian diapers. Super canggih! Anak bisa tetap bergerak aktif dan bisa tidur nyenyak!

Bebas Iritasi Kulit Bayi

Pemilihan bahan popok yang lembut dan tidak menyebabkan lecet harus diutamakan. MAKUKU SAP Diapers Slim menghadirkan teknologi inti strukstur SAP yang mampu mengurangi risiko ruam popok si kecil karena kulit bayi sangatlah sensitive.

Karet yang elastisnya bagus bikin nyaman, permukaan yang berongga juga memberikan kulit bayi tetap bisa bernafas sehingga tidak panas menyebabkan ruam. Struktur 3D itu loh yang canggih banget karena mengurangi gesekan langsung dengan kulit bayi yang masih sangat sensitif. Jenisnya yang slim bikin terasa ringan serta tipi, pastinya makin membuat nyaman bayi bergerak atau saat tidur. Kulit aman bayi pun tetap kering.

FYI, MAKUKU berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). MAKUKU Diapers juga sudah teruji paling tipis di antara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

MAKUKU DIAPERS



Visi

MAKUKU berharap lebih banyak bayi di Indonesia bisa menggunakan produk popok bayi dengan inti struktur SAP agar efektif mengurangi ruam popok.

Misi

Bersama orang tua memberikan yang terbaik untuk anak dengan kualitas produk terbaik dalam setiap aspek perawatan keluarga. MAKUKU Indonesia memberikan edukasi tentang produk terbaik bukan hanya soal harga, tapi juga kualitas dan kebutuhan.

Harganya?

Ada harga tentu ada kualitas ya bunda . Aku beli MAKUKU SAP Diapers SLIM (Super Absorbent Polymer) di mana ini merupakan upgrade dari AIR diaper Slim di Supermarket Superindo. Harganya juga ada diskon loh. Aku beli dengan harga 105ribuan dapat diskon jadi 91ribu. By the way, seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan bunda, kalian dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

MAKUKU juga telah mengadakan konsultasi ibu dan anak gratis bagi para Ibu di Indonesia sejak Agustus 2022 loh. Hingga saat ini, konsultasi masih terus dilakukan bersama dr. Scorpicanrus Tumpal Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A dan dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG (K) Onk. Keduanya memiliki komitmen yang sama dengan MAKUKU sehingga berkenan mengedukasi perihal kesehatan ibu dan anak melalui MAKUKU Private Consultation. Untuk menjangkau seluruh Ibu di Indonesia, MAKUKU menciptakan langkah baru, yaitu bekerja sama dengan 10 rumah sakit di 10 kota berbeda.

MAKUKU SAP DIAPERS SLIM

MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah mempunyai keunggulan permukaan selembut sutra loh bun, sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. Selain itu MAKUKU SAP Diapers Slim dapat melindung kulit bayi agar tidak lecet karena terbuat dari bahan yang sangat berkualitas, komposisi MAKUKU terbuat dari Non-Wovens 26.2%, PE Breathable Film 3.4%, Absorbent Core 59%, Spandex Yarn 1.5%, Adhesive 9.1%, Disposable Tape 0.8%. Sehingga bayi pun tetap nyaman dan bisa bergerak aktif walaupun memakai diapers. Apalagi dengan struktur 3D-nya, MAKUKU SAP Diapers Slim bisa mengurangi kontak langsung dengan kulit, mengurangi gesekan dan mengurangi iritasi di pantat bayi. Aman dan nyaman pasti si buah hati. Canggihnya MAKUKU SAP Diapers Slim hanya memiliki ketebalan 1.6 mm, tipiiiiisss banget ya!



Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim lainnya adalah memiliki indikator urin yang dijadikan sebagai pengingat untuk mengganti popok. Kalau sudah dipakai, ada tape pembuangan yang mempermudah bunda untuk membuang popok, ramah lingkungan dan nggak bikin bau pesing jadinya karena popok dibuang dalam keadaan tertutup rapi.

Disesuaikan dengan Berat Badan Si Kecil

Di atas sudah aku tulis, bahwa salah satu penyebab ruam adalah karena memakai popok sekali pakai yang terlalu ketat. Tahu nggak sih? Diapers yang sempit membuat bayi tidak nyaman. Bunda harus teliti dan harus paham saat membeli diapers dan sebisa mungkin disesuaikan dengan berat badan bayi. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki banyak pilihan ukuran.
UKURAN MAKUKU
Table ukuran MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah dibuat dengan sejelas-jelasnya ya. Pedoman ukuran ada pada setiap kemasan MAKUKU SAP Diapers Slim, mencantumkan berat badan yang disarankan untuk bayi yang mengenakan popok itu. Saran aku sih, bila berat badan buah hati berada di ujung bawah skala untuk ukuran popok berikutnya, misalnya berat badan si kecil adalah 11 kg, maka gunakanlah MAKUKU ukuran L walaupun ukuran M bisa sampai 11 kg. tujuann ukuran yang lebih besar untuk kenyamanan si kecil.



MAKUKU SAP Diapers Slim ini tersedia di Hero, Transmart di Pulau Jawa dan Bali, dan Diamond Supermarket, Superindo, dan Toko-Toko yang sudah bekerjasama dengan MAKUKU. Ayau lebih suka berbelanja online, bisa banget beli di MAKUKU Indonesia Official di JD.ID, Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. Silakan follow aja akun IG @makuku.indonesia.official atau akun tiktoknya di @makukuindonesia.official ^^
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

66 comments

  1. Ternyata ruam popok itu bener bener bikin anak nggak nyaman ya mba. Anak aku pernah soalnya dan rasanya itu aku sedih banget dan nggak ngeuh kalau ternyata ruam popok juga perlu dikonsultasikan pada ahlinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun pernah mengalami mbak, anak sulung kena ruam popok. Tapi saat itu nggak kepikiran buat konsultasi ke bidan/dokter. Saya hentikan saja sementara pakai popok sekali pakai

      Delete
  2. seneng banget sekarang sudah ada popok bayi MAKUKU yang lembut dan bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  3. Mantap banget ya..kak Noorma...popok MAKUKU SAP Slim.
    Jadi pelajaran banget kalau anak-anak butuh kenyamanan dan kalau sudah ada rekomendasi popok begini, jadi lebih mantap dalam memilih dan semoga ruam tidak menghampiri.

    ReplyDelete
  4. Seneng banget para ibu karena MAKUKU ini mikirin konsep mulai dari desain - ketebalan yang nyaman - kandungan bahan - sampe ke harga! Masya Allah!

    maacih MAKUKU

    ReplyDelete
  5. Memilih popok untuk bayi memang harus benar-benar tepat ya, agar tidak terjadi ruam. Kasihan kalo sampai ruam, pasti rewel bayinya.

    ReplyDelete
  6. Wiih, boleh juga ini popok Makuku...tipis banget, anti ruam, dan nggak ngegumpal ya, aman banget nih buat anak, bakal nyaman seharian

    ReplyDelete
  7. Bener deh kalo bahaya ruam popok ngga sampe mengancam jiwa. Tapi kita harus aware juga dan tahu kapan harus ke dokter ya. Untung sekarang ada MAKUKU Diapers Slim yang bisa cegah ruam popok karena kering dan anti gumpal.

    ReplyDelete
  8. Iya ya, ruam popok itu tidak mengancam jiwa tapi bisa berkepanjangan perihnya jika tak tertangani dengan baik. Alhamdulillah terlewati ya masa2 itu.

    ReplyDelete
  9. Ruam popok menyebabkan bayi rewel, sebisa mungkin anak jangan pakai popok terus menerus. Biarkan kulit bernafas taklupa pakai popok makuku yang lapisannya sangat kering (gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga dulu ngga setiap hari 24 jam juga pake popok. Soalnya nyegah ruam popok ini. Tapi kayanya MAKUKU emang aman banget dan amat recommended deh soalnya slim dan anti gumpal.

      Delete
  10. jadi ibu baru memang banyak tantangannya. kita sebagai ibu kudu banyak belajar. termasuk urusan memilih popok bayi. untung udah ada makuku.

    ReplyDelete
  11. Jangan sepelekan ruam popok ini bisa berbahaya bagi tumbuh kembang anak kalau tidak segera diatasi ya...
    Memilih popok buat anak juga jangan sembarangan ya. Kulit anak tidak semua cocok dengan permukaan popok. Jadi emang harus selektif, pilih yang anti iritasi ya seperti MAKUKU

    ReplyDelete
  12. Tos ya wakatu anak pertama serba panikan karena belum ngerti apa-apa. AKu juga sempat merasakan anak pertama ruam popok. Untung ya sekarang sudah banyak ifnormasi yang bisa dijadikan rekomendasi untukmencegah ruam popok pada bayi. MAKUKU bisa diandalkan banget untuk diapers mencegah ruam popok ya karena kering & daya serap tinggi

    ReplyDelete
  13. Keren makuku ya seperti memenuhi segala keluhan para moms tentang popok.

    ReplyDelete
  14. Duh kalau ruam popoknya sampai lecet apalagi bernanah gitu emang sebaiknya anak di bawa ke dokter dan pemakaian popok sekali pakainya dihentikan dulu ya mbak. Kalau sudah mengering baru deh pakai popok sekali pakai lagi, tapi harus dipastikan popoknya yang berkualitas tinggi dan bikin bayi merasa nyaman, kayak Makuku

    ReplyDelete
  15. Popok yang dibiarkan terlalu lama padahal sudah penuh, bisa jadi tempat menyenangkan bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak, ya. Akhirnya yang jadi korban adalah kulit bayi, jadi ruam-ruam. Makuku the best banget, sih, bisa meminimalisir ruam popok. Aku rekomendasikan ah ke saudaraku yang masih punya baby. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Mencegah ruam popok pada bayi dimulai dari pemilihan popok yang tepat ya mbak
    Jika memilih MAKUKU SAP Diapers Slim ini, maka bisa mencegah ruam popok karena teknologi SAP nya ini

    ReplyDelete
  17. Kulit bayi emang sensitif banget. Ternyata Noofa pernah ruam popok juga.

    Makuku bisa jadi solusi atasi ruam popok, nih. Teknologi SAPnya banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  18. Kesian banget yaa kalau anak mengalami ruam popok. Perih banget loh itu. Saat masih mulai merah aja udah sakit, apalagi jika sampai terjadi luka yang lebih serius huhuu... Dengan memilih popok yang berkualitas bagus, hal ini bisa kita hindari.

    ReplyDelete
  19. Kebetulan anak pertamaku ruam popoknya agak parah sampe tes alergi segala, pas anak kedua jadinya ga mau coba2, pa banget ini Makuku klaim pake lapisan SAP yg penyerapanny bagus jadi mencegah ruam pada si kecilnya yang

    ReplyDelete
  20. ruam popok memang bisa membuat anak jadi nggak nyaman, ya, mbak soalnya kan gatal dan malah bisa perih gitu jadinya. anakku juga pernah kena untungnya bisa diobati secara alami ruamnya

    ReplyDelete
  21. Mantap sekali ya Makuku SAP Diapers ini banyak keunggulannya dibandingkan dengan merk lain. Dengan teknologi modern terkini, mencegah kebocoran dari berbagai sisi. Solusi tepat sekali nih agar si kecil ga terkena ruam popok meupun iritasi dan keluhan lainnya.

    ReplyDelete
  22. Kudu pintar pilih merek popok yang bagus ya, yang bahannya nyaman, menyerap pipis jadi nggak sekadar harga murah dan kemasan bagus saja kenyamanan dan keamanan yang utama

    ReplyDelete
  23. Ruam popok bisa terjadi pada bayi mana pun, ya. Memang nggak mengancam jiwa, tapi cukup bikin stress. Karena bayi pasti akan rewel banget dan ibunya pun jadi kurang istirahat. Untung sekarang ada MAKUKU, ya.

    ReplyDelete
  24. jadi inget nih dulu aku juga picky banget sama diapers waktu punya bayi, dan memang bener, ruam popok ini musuh utama banget para mama, soalnya kalau bayi udah kena ruam popok, duh rewelnya ngga nahan banget yaaa

    ReplyDelete
  25. slim banget popok ini jadi nyaman banget dipake sama anak-anak ya
    terus teknologi anti gumpal dan cepat menyerap jadi membantu menghindari ruam popok. keren MAKUKU

    ReplyDelete
  26. aah, pakai makuku kayaknya bikin anak nyaman banget yaa. udahlah tipis, teknologinya bisa membuat kulit bayi tetap kering. semoga bisa terhindar dari ruam popok dan kulit bayi sehat terus yaa

    ReplyDelete
  27. Ruam popok ini keluhan yang kayak sepele, padahal sangat mengganggu. Bikin anak rewel siang dan malam. Harus banget dicegah. Misalnya dengan pakai diapers yang bagus dan nyaman. Dan yang terpenting, jika ruam popok udah mengganggu, segera hubungi dokter ya. Kasian anaknya.

    ReplyDelete
  28. Popok MAKUKU ini terbilang baru di dunia per-popokan, tapi sudah sangat mencuri perhatian. Karena kualitasnya yang super premium sehingga membuat anak dan Ibu nyaman. Anak juga tetap bisa mengeksplorasi, bermain dan belajar dengan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Meski baru, tapi kualitas memang bagus ya. Makanya banyak yang langsung jatuh hati sama diapers ini

      Delete
  29. no more deh drama ruam popok ya karena MAKUKU ini kualitasnya premium, bikin anak nyaman dan ibu tenang.

    ReplyDelete
  30. Dulu waktu anak2 masih kecil sering kena ruam bahkan sampai lecet karena kurang cocok dengan popoknya, untunglah sekarang ada Makuku yah diaper dengan teknologi canggih yang bisa bikin anak nyaman dan terhindar dari ruam

    ReplyDelete
  31. Lumayan juga diskonnya .makuku bikin happy kantong emak-emak

    ReplyDelete
  32. Hampir semua ibu pernah ngalamin anaknya kena ruam popok, sekarang banyak pilihan popok sekali pakai yg ga bikin ruam kayak Makuku ini

    ReplyDelete
  33. Ulalaaa seneng dehh klo ada solusi jitu cem gini.
    Anak2 makin nyaman kan.
    Ga kena ruam.popok.lagi dah

    ReplyDelete
  34. Makin canggih ya inovasi popok. Sejak anak terakhir lepas popok, aku jd nggak ngikutin lagi perkembangan popok. Baca makuku ini, waah sampai sedetail ini pembahasan teknologi popok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berharap kelak ada popok yang lebih ramah lingkungan. Terpikir kalau full pakai plastik organik gitu pasti harganya mahal bgt yaa... tapi siapa tahu makuku bisa bikin riset popok ramah lingkungan dg harga terjangkau.

      Delete
  35. Keren banget ya Makuku. Seandainya zaman anakku masih bayi sudah ada Makuku pasti dia tidak mengalami ruam popok,top deh Makuku
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  36. ruam popok pada bayi memang membuatnya rewel dan menangis sepanjang hari karena tidak nyaman ya

    ReplyDelete
  37. Iya nih kasian ya kalau bayi kena ruam popok, makanya emang kalau cari popok kudu nyari yang berkualitas dan nyaman.
    Makuku ini karetnya gak ketat dan daya serapnya bagus ya, jd gak bikin kulit lembab sehingga gak iritasi jg. Kalau bayi bebas ruam popok maka istirahatnya juga berkualitas, ngaruh ke tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  38. Dengan pakai produk MAKUKU gak khawatir lagi ya klo terjadi ruam popok krn teknologi SAP nya mampu mengunci cairan jadi gak bocor dn ttp kering

    ReplyDelete
  39. Aduh sedih ya kalo baby sakit kena ruam popok, kebayang gimana rasanya tanpa bisa ngomong ke momy nya. Senangnya sekarang dengan teknologi Makuku Sap Diapers Slim yg punya banyak keunggulan

    ReplyDelete
  40. Jadi pelajaran banget ya Mbak pas Noofa kena ruam popok. Karena sekarang zaman serba mudah, edukasi kaya gini harusnya bisa diketahui. Beruntung juga ada MAKUKU karena diapers ini punya kualitas yang bagus

    ReplyDelete
  41. Waktu anak msh kecil aku kasih salep bokong nya yg kena ruam popok trs diangin-anginkan

    ReplyDelete
  42. Bagus banget teknologi Makuku dengan SAPnya. Bisa cegah ruam popok nih diapersnya. Kalau baby bebas ruam popok biasanya dia bakalan anteng dan nggak rewel

    ReplyDelete
  43. Ruam popok itu perih, anak belum bisa bilang makanya jadi rewel terus.
    Ternyata pilih diapers yang tepat itu penting banget buat cegah anak kena ruam popok. Terutama buat anak yang kulitnya sensitif

    ReplyDelete
  44. Sedihhh banget emang ya kalau anak terkena ruam popok. Apalagi kalau sampai parah, kulit lecet dan sebagainya. Duh ngeri. Anak juga rewel pastinya. Makanya setuju banget nih buat mencegah ruam popok pakai saja MAKUKU SAP Diapers Slim. Anakku juga pakai, nih. Bisa kering gitu popoknya, jadi mencegah ruam :)

    ReplyDelete
  45. Ow, ternyata ini dia solusi anti iritasi dan ruam popok pada si kecil. Pakai Makuku SAP Diapers dengan teknologi terkini dengan berbagai keunggulan dibandingkan dengan yang sebelumnya. Anti bocor dari macam2 sisi nih, pantesan bayi merasa nyaman dan lebih nyenyak juga bobonya.

    ReplyDelete
  46. Aduh ruam popok itu bencana bagi setiap ibu. Kebayang bayi rewel dan nangis terus, eh pas dibuka pantatnya merah-merah gatal gitu. Apalagi bayi kan belum bisa garuk ya, pasti ngebet banget. Bagus ini kalau ada popok yang lembut dan anti ruam popok.

    ReplyDelete
  47. rasanya seneng banget ya kalau bisa menyediakan popok yang insyaAllah nyaman banget gini untuk anak. udah super kering, tipis banget pula, anak jadi gak terganggu dan gak risih saat main. karena super kering itu juga akhirnya bisa mencegah terjadinya ruam popok. udah nyaman, sehat pula :D

    ReplyDelete
  48. Kalau ada diapers yang oke dan nyaman buat anak tuh emang oke banget. apalagi seperti popok Makuku yang nyaman seperti ini. Anti gumpal juga. Dan aku sepakat mba kalau jadi orangtua itu selamanya harus kita belajar ya mba

    ReplyDelete
  49. anakku juga pernah kena ruam popok parah mbak pas umurnya 1 tahun. memang harusnya kalau pakai popok itu nggak boleh lama-lama biar kulit anak nggak iritasi yaa

    ReplyDelete
  50. Banyak banget keunggulan popok Makuku. Para bunda pasti seneng mengandalkan popok ini. Paling penting anti ruam popok itu, biar anak nyaman seharian pakai popok. Sehat ga pake sakit karena iritasi.

    ReplyDelete
  51. Sedihh pastinya emak yang melihat kulit anak terkena ruam popok, rasanya ikut merasakan perihnyaa....

    Nah salah satu tips supaya tidak terkena ruam popok dengan menggunakan popok yang nyaman dan sering menggantinya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  52. Dengan teknologi indikator urin jadi keunggulan Makuku Sap Diapers ya. Terutama Makuku ini anti ruam popok, baby bakal nyaman sih kalo pakai. Kasihan kalo salah pilih, mesti dishare nih info tentang popok yang aman dan bebas ruam popok

    ReplyDelete
  53. MAKUKU diapers memang sebagus itu lho ternyata, karena aku mencobanya sendiri buat keponakanku

    ReplyDelete
  54. Makin canggih yaa teknologi diapers Makuku ini, udah slim, anti ruam, daya serapnya juga besar. Cocok yaa dijadikan kado teman yang baru lahiran.

    ReplyDelete
  55. Bayi memang paling tidak nyaman ya bun kalau ada ruam pada popoknya. Untunglah ada MAKUKU yang the best quality
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  56. Emang sih ruam popok gak sampai menganam jiwa tapi tetep bahaya jg kalau bayinya gak bisa bobo dan mempengaruhi tumbuh kembangnya ya mbak.
    Makanya emang sebaiknya anak2 baby tu pakai popok yang berkualitas kyk Makuku ini ya supaya bebas iritasi dan ruam popok. Jd anak bisa bagus kualitas istirahatnya jg.

    ReplyDelete
  57. Bagus banget, ya, diapernya tipis tapi daya serapnya tinggi dan mengunci cairan sehingga nggak mudah bocor dan merembes. Sudah gitu, nggak jadi menggumpal pula setelah kena cairan urine si baby. Jadi tetap nyaman dipakai.

    ReplyDelete
  58. Dulu anak pertama pernah juga ngalami ruam popok sekali, habis itu belajar deh supaya gak kena lagi. Pakai popok yang gak tepat juga bisa menjadi penyebab ruam popok ya, untung deh sekarang ada Makuku yang punya daya serap lebih besar jadi bayi pun tetap kering

    ReplyDelete
  59. haduuuh perih banget kalau anak kena ruam popok, jadi rewel kan.
    saat kulitnya mulai kemerahan biasanya aku stop pospak dulu. Memang lebih ribet sih yaa tapi supaya kondisi kulitnya membaik.
    btw Makuku ini bagus banget daya serapnya dan bentuknya slim.

    ReplyDelete
  60. Jaman anak anak bayi, aku pemiliiih banget sama popok sekali pakai ini. Harus nyaman di bahan pastinya, dan membuat anak ga ruam!

    Pernah kehabisan pospak dan ga ada yang dimintain tolong beli (belom ada ojek online pastinya) - nah di warung cuman ada yang bungkusnya oren itu, bener aja dua tiga hari pake itu, bang Dio gatel gatel, kena ruam... nyesel karena abis itu mengobatinya lebih malah dibanding harga popoknya selama 2 hari

    ReplyDelete
  61. aku dah nyoba makuku, lumayan ya enak nyerap dan ga bau, belum juga ga tembus walau lama dipakenya. nyamaaan

    ReplyDelete
  62. Aku takjub loh sama Makuku ini, bener bener tipissss banget. Jadi pengen coba buat berenang boleh ga? ahahaha. Anakku juga nyaman banget pakai ini. Anti ruam-ruam club!

    ReplyDelete

Post a Comment