Cara Mudah Galang Dana Online dan Donasi Online di Situs Peduli Sehat - Cah Kesesi AyuTea

Cara Mudah Galang Dana Online dan Donasi Online di Situs Peduli Sehat


Assalamu’alaikum,


Apa kabar puasa hari ke dua teman-temanku semuanya? Semoga selalu lancar ya, say. Oiya mohon doanya, ya. Barusan dikabari Ibu saya katanya bapak disuruh opname lagi pas lagi kontrol di rumah sakit. Memang kondisi pasca koma 4 hari di ICU beberapa hari lalu membuat bapak saya belum stabil kondisinya. Bapak saya sakit liver dan diabetes. Tapi awal mula kenapa kemarin sampai di ICU itu karena bapak saya diare yang parah banget. Bicara soal sakit, saya jadi inget satu situs tentang Galang Dana Online, yaitu situs pedulisehat.id. Di luar sana masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan dari para donatur yang budiman.


Kalau bapak saya sih Alhamdulillah biaya rumah sakit bisa ditanggung full oleh BPJS, meskipun kemarin sempat di ICU juga Alhamdulillah benar-benar free, asalkan perawatannya sesuai dengan kelas BPJS yang disesuaikan dengan kepangkatan bapak sebagai ASN. Meskipun demikian kami juga Alhamdulillah mendapatkan bantuan dari tetangga, kolega, kerabat yang menjenguk bapak. Galang Dana seikhlasnya sih kalau di desa saya. Hehe.  Tapi, berapapun jumlahnya sangat membantu dan kami berterima kasih. 

Galang Dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan saat ini memang sudah semakin mudah. Nah, di postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan apa itu Galang Dana Online dari Peduli Sehat. 

Galang Dana Online atau biasa disebut dengan Donasi Online adalah suatu bentuk penggalangan dana atau teyan (bahasa Inggris: fundraising) adalah proses pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang atau sumber daya lain dengan meminta sumbangan dari individu, perusahaan, yayasan, atau lembaga pemerintah. 

Tujuan penggalangan dana bermacam-macam, antara lain untuk membantu orang sakit, untuk membiayai kampanye politik, dan bahkan untuk memodali perusahaan. Kegiatan penggalangan dana dapat dilakukan melalui acara penggalangan dana (fundraiser) seperti makan malam formal, atau melalui berbagai kegiatan lain seperti penerbitan buku dan kampanye daring.

Galang Dana di Peduli Sehat



Salah satu situs yang support Galang Dana Online adalah situs peduli sehat.id di mana situs yang berdiri pada tahun 2019 adalah merupakan perusahaan berbasis teknologi dengan tingkat kesadaran tinggi mengenai tanggung jawab sosial. 

Peduli Sehat hadir sebagai wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana kesehatan dan menyebarkan penggalangan dana melalui media sosial. Berfokus pada pasien yang menderita penyakit kronis yang tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat juga bertahan hidup, dikarenakan masih terdapat biaya lainnya seperti biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, serta biaya untuk alat medis sebagai penunjang kesehatan yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). 

Adapun Visi dari pada situs Peduli Sehat adalah memperlengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit. Sedangkan Misinya adalah menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tertinggi perihal tanggung jawab sosial

Bila kamu bertanya tentang ijin berdirinya Peduli Sehat untuk program Galang Dana Online ini, kamu bisa cek di Kemenkumham, karena peduli sehat tercatat di Kemenkumham dengan No AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018 juga Kominfo dengan No 01204/DJAI.PSE/10/2018.


Lalu, bagaimana caranya Galang Dana Online di Peduli Sehat Id?


Untuk melakukan Galang Dana Online di PeduliSehat.id pun sangat mudah. Berikut saya tulisan cara Membuka Galang Dana di situs Peduli Sehat,
 
1. Buka website (www pedulisehat id), kemudian log in, 


Peduli Sehat Galang Dana Online


2. Log in dengan facebook, akun google, atau bisa juga dengan nomor telepon kita, 


Peduli Sehat Galang Dana Online


3. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS ke nomor telepon kita,
4. Setelah masuk di akun peduli sehat, kita pilih Galang Dana Online


Peduli Sehat Galang Dana Online
Peduli Sehat Galang Dana Online

5. Masukkan target nominal donasi kesehatan yang kita kehendaki, tulis judul, lokasi, tulis juga cerita tentang kondisi pasien secara singkat, tambahkan foto, dan semua informasi tentang calon penerima donasi.
6. Tentukan tautan yang dikehendaki, dan juga masukkan kode invitasi (kalau ini opsional)
7. Setelah semua terisi dengan benar, kita bisa langsung klik menu Ajukan di bawah.


Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan? Pastikan galang dana yang kamu ajukan terverifikasi dengan baik ya. 


Setelah mengetahui cara membuat galang dana, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara Donasi Kesehatan di Peduli Sehat. Simak baik-baik, ya.
Peduli Sehat Galang Dana Online

1. Masuk website Peduli Sehat, log in. Lakukan seperti cara di atas, ya. 

2. Setelah berhasil log in, kamu scroll saja di bawah banyak kampanye yang sudah ada di sana. 
Peduli Sehat Galang Dana Online



3. Pilih kampanye galang dana yang kamu kehendaki, sebagai contoh, saya memilih kampanye yang berjudul “Bantu Syanum lawan hemangioma liver” 

4. Kamu bisa membaca dulu cerita tentang Syanum yang ditulis oleh orangtuanya.
5. Setelah yakin, klik menu DONASI di bawah cerita Syanum.
6. Masukkan nominal donasi di galang dana online yang kamu kehendaki, kemudian pilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Peduli Sehat Galang Dana Online

7. Pemberian donasinya bisa dilakukan melalui perbankan (online banking & virtual account), e-Wallet (seperti LinkAja, OVO dan Go-Pay), serta pengiriman dana di Alfamart.

Itu dia cara galang dana online dan cara donasi yang bisa kamu lakukan apabila ingin menggalang dana dan ingin berdonasi di peduli sehat.


Selain dari website, kamu juga bisa dengan mudah download aplikasinya di playstore dan IOS (proses) loh. 
Peduli Sehat Galang Dana Online
Baiklah, kita tahu apa yang akan terjadi dengan kita di kemudian hari. Harapannya tentu kita ingin selalu sehat, atau apalagi diberi rezeki berupa penyakit, kita bisa menyelesaikan biaya administrasi sendiri.

Galang Dana Online



Tapi, namanya takdir, kita tidak akan pernah tahu. Semuanya kita niatkan untuk beribadah, saling membantu. Galang Dana Online memang awalnya dirasa sangat tabu. Tetapi melihat kondisi Indonesia yang merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia, dengan total penduduk hampir mencapai 265 juta jiwa. 80% masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan untuk hidup sehat. Maka masyarakat semuanya mau bahu-membahu dengan sukarela menggalang Galang dana online untuk saling membantu, saling silang yang mampu membantu yang kurang mampu. 

Tak ada salahnya untuk bersedekah, bila punya banyak rezeki, sempatkan untuk membantu orang lain. Bisa sedekah langsung, atau sedekah online di Galang Dana Online Peduli Sehat. 

Untuk temen-temen yang ingin ikut berdonasi di galang dana online bisa ikuti update kondisi terbaru tentang pasien dengan follow akun Instagram Peduli Sehat @pedulisehatindonesia yaa.. Semoga postingan ini bermanfaat, sekali lagi saya mohon doa untuk kesembuhan bapak saya, ya. Allahu Yasyfiy.. Aamiin.

39 comments:

  1. Luar biasa. Teknologi telah mampu membawa perubahan ke arah lebih baik ya. Galang dana ini insyaallah akan banyak yang mendukung secara kalau sistem online, dari mana dan siapapun akan dengan mudah menyalurkan donasinya.

    Oya btw untuk Ayah Mbaknya tercinta semoga lekas sembuh dan berkumpul kembali bersama keluarga ya.

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya kalau bisa galang dana tanpa ribet. Sekarang bisa galang dana dengan online lebih mudah dengan peduli sehat ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena dengan ini kita bisa sedekah dengan yang membutuhkan

      Delete
  3. Dengan adanya galang dana ini,kita bisa saling membantu satu sama lain. Apalagi ada galang dana online, yang jauh bisa ikut berpartisipasi.

    Semoga ayah segera sehat ya mbk

    ReplyDelete
  4. Peduli sehat mengajak kita untuk lebih peka lagi pada penderitaan orang orang lain di sekitar kita dan berbagi kepedulian membantu keluarga

    ReplyDelete
  5. Saling membantu buat yang membutuhkan ya, Galang Dana Online memudahkan dalam mencari dana jadi gak hanya di satu tempat aja ya. Semoga kita sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, penggalangan dana online memungkinkan pengumpulan bantuan dari banyak tempat. Oya, semoga Syanum lekas terbantu ya dan segera sembuh dari sakitnya.

      Delete
  6. Teknologi membantu manusia, ini kalimat benar adanya ya. Karena melalui teknologi galang dana online ini, yang membutuhkan bantuan bisa segera mendapatkan, dan yang sedang berlebih pun mendapatkan wadah untuk bisa berbagi lebih banyak kebaikan. Semoga ya dengan adanya aplikasi seperti ini, semakin banyak orang sakit yang kebetulan tak memiliki biaya, bisa tetap mendapatkan perawatan karena ada banyak tangan yang turut membantu

    ReplyDelete
  7. Kalau di kampung galang dana saat ada tetangga sakit, emang spontanitas ya. Tapi kalo melihat penderitaan orang lain di medsos gini, kadang bikin sedih. Tapi sekarang bisa ya donasi via OVO atau aplikasi lainnya. Semoga banyak yang terbantu dengan aplikasi Galang Dana online ini

    ReplyDelete
  8. Tujuan galang dana adalah memberikan kekuatan kepada keluarga untuk berani menghadapi penyakit. Bener-bener support yang luar biasa bagi orang yang sedang membutuhkan ya mbak.

    ReplyDelete
  9. semoga bapaknya lekas sembuh ya mba, aamiin

    aku salut dengan kemudahan utk berderma seperti penggalanan dana online seperti ini, semoga semakin banyak yg terketuk hatinya utk berdonasi apalagi di bulan ramadhan ini aamiin ya Allah

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ya ada program Galang Dana Online kayak gini apalagj jelas izinnya jadi kita yang ikut berbagi merasa tenang banguan kita tersampaikan ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya yang membutuhkan itu kita yaa...
    Sebagai pembersih harta adalah dengan memperbanyak sedekah.
    Semoga dengan niat yang baik, rejeki makin berkah dan lancar.

    ReplyDelete
  12. Wah ada platform baru untuk galang dana secara online ya.. semoga makin bermanfaat dan tepat sasaran penggunaannya :)

    ReplyDelete
  13. MashaAllah.. lagi cari bagaimana galang dana online dan ketemu tulisan ini.. pada dasarnya carana mudah ya.. tapi memang harus tepat memilih mana yang akan digunakan, situs peduli sehat ini bisa memfasilitasinya.. bismillah ya.. semoga bisa dapat membantu orang lain lebih banyak

    ReplyDelete
  14. Galang dana online peduli sehat memang membantu banget ya..semoga makin banyak org yg sakit terbantu..

    ReplyDelete
  15. asik nambah lagi cara menyalurkan donasi yang bermanfaat buat sesama, makasih mba

    ReplyDelete
  16. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun turut berduka cita atas kepergian bapak mba Noorma di bulan suci ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

    ReplyDelete
  17. Keren ya Peduli Sehat ini. Bisa bikin aplikasi yang kekinian biar milenial bisa berdonasi dengan mudah. Bisa dengan nominal yang kecil pula. Gak perlu nanti-nanti deh membantu sodara-sodara kita yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  18. Kirain tadinya hanya ada di web saja. Ternyata sudah ada aplikasinya di playstore ya Peduli Sehat ini. Makin memudahkan kita untuk membantu biaya pengobatan bagi saudara2 kita yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  19. Semoga bapak Mbak selalu sehat. Dan Mbak sekeluarga juga selalu sehat biar kuat selalu.

    ReplyDelete
  20. Senang dg adanya galang dana online gini. Jadi banyak yg terbantu

    Semoga Bapak diterima di sisi-Nya. Yang sabar

    ReplyDelete
  21. Galang Dana online ini bagus juga ya..insya Allah bisa meringankan biaya berobat bagi yg kurang mampu dan tidak / belum tertopang asuransi kesehatan apapun.. Ah, semoga kita selalu sehat dan dapat juga berbagi utk membantu masy utk kembali sehat..

    ReplyDelete
  22. Sungguh syukur alhamdullilah dengan adanya aplikasi Peduli kesehatan yang bisa galang dana online setidaknya bisa jadi jalan solusi terbaik membantu kegiatan kemanusiaan

    ReplyDelete
  23. Mbak... Turut berduka ya, buat bapaknya. Untuk platform ini semoga semakin banyak yg terbantu untuk mjd sembuh. Amiiin

    ReplyDelete
  24. Membantu sekali ya adanya aplikasi donasi online ini. Setidaknya meringankan beban finansial keluarga yg sedang prihatin.

    ReplyDelete
  25. Keren banget nih mbak, dengan adanya Galang dana online, sedekah pun bisa menjadi tanpa batas.

    ReplyDelete
  26. makasih informasinya ya, sekarang semakin dimudahkan, ya, kalau males buka dari laptop bisa lewat aplikasi di HP

    ReplyDelete
  27. Kalo mau ikutan bantu kudu intall aplikasi Galang Dana nggak sih?

    Turut berduka cita ya. Semoga bapak husnul khotimah, diterima seluruh amal kebaikannya

    ReplyDelete
  28. Teknologi yang dimanfaatkan untuk kepentingan sesama semoga makin bermunculan sehingga makin banyak yang terbantu.

    ReplyDelete
  29. Berbagi bisa menjadi langkah membersihkan harta ya mba...Semoga keluarga selalu sehat

    ReplyDelete
  30. ALhamdulillah ada aplikasi galang dana, bbuat yang mau sumbangsih atau donasi bisa langsung yo kak. MasyaALlah ini sangat membantu yo. Smeoga jadi amal jariyah dan keberkahan kita

    ReplyDelete
  31. Sisi positif dari teknologi yang makin canggih ya, Mbak. Masya Allah banget Peduli Sehat ini. Memudahkan juga buat orang-orang yang mau donasi.

    ReplyDelete
  32. Aaminn, semoga ketika saya mampir disini ini Bapak sudah sembuh ya mba..

    Btw membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    ReplyDelete
  33. Sekarang makin mudah buat kita untuk menyalurkan bantuan ya. Sudah ada wadah yang bisa dipercaya untuk menyalurkan bantuan kita

    ReplyDelete
  34. Semakin terbuka dan beragam ya cara menyalurkan donasi. Bisa dipilih mana yg paling sreg di hati dan sesuai kebutuhan juga

    ReplyDelete
  35. Sekarang bnyak ya galang dana online bgni, smoga mereka benar-benar amanah y mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)