Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2013

Si Tipis Penyemangat Menulis

Notebook, netbook dan sejenisnya saat ini bukan merupakan barang yang masuk kategori kebutuhan tersier, melainkan menjadi kebutuhan primer. Siapa saja saat ini membutuhkan media menulis yang praktis dan ekonomis. Dari segi praktis, bisa di bawa kemana-mana sehingga kapanpun kita ingin menulis, maka seketika itu pula kita bisa menuliskan apa-apa yang menjadi ide di kepala kita.
Ekonomis, karena harga notebook saat ini relatif terjangkau untuk semua kalangan manapun juga, yang jelas tergantung tipe dan spesifikasinya. Mau yang mahal dengan berbagai fasilitas juga ada, ataupun mau yang sedikit miring harganya dengan fasilitas yang cukup memadai pun tersedia. Semua itu tinggal mengukur budget (dana ) yang kita miliki sekaligus mengukur  tujuan kita dalam memakainya. Jika tujuannya hanya sekedar untuk menulis maka kita tak perlu mahal-mahal dalam membeli notebook. Akan tetapi jika tujuannya adalah digunakan untuk menulis, desain, maupun untuk membuat berbagai laporan kantor yang membutuhkan…

Noofa dan Ceker Ayam

Sebenarnya, dulu aku nggak suka makan ceker ayam dan kepala ayam. Tapi waktu aku hamil, banyak sekali teman yang menyarankan aku untuk makan ceker ayam karena mengandung banyak manfaat. Yang namanya nggak suka, tetep saja nggak suka. Tapi pas usia kandunganku 5 bulan, aku coba beranikan diri dan memantapkan hati untuk makan ceker ayam pas makan di Warung Soto Kimar langgananku. :D
Banyak sekali yang bilang kalau manfaat ceker ayam itu bisa menghaluskan kulit, memperkuat tulang dan gigi, menyembuhkan penyakit seperti reumatik. Tapi aku tetep masih ragu-ragu untuk memakan ceker dengan alasan, inget aja kalau ceker ayam itu jorok, walaupun sudah dicuci bersih dan dimasak matang, tapi kalau inget ayam hidupnya tetep ngeri. hehehe Eits, tapi kalau aku terus ngebayangin 'jorok'nya ayam yo selamanya aku nggak akan doyan makan dunk ya, anehnya aku malah suka makan usus ayam, padahal usus ayam kan lebih dekat dibilang jorok. #uups

Kopdar Blogger di Solo Square

Ceritanya hari Ahad kemaren 27 Oktober 2013, aku ditugasi untuk meliput event di Solo Square, event itu adalah event yang diikuti oleh anak-anak usia 1-6 tahun, Bebestar2 tahun 2013 yang sedang berjalan di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Ngiras-ngirus biar bisa dapet semuanya, ibarat sambil menyelam minum air, aku pun menghubungi mas Qempor, blogger asli Solo. Selain mas Qempor, emak blogger yang ditugasi meliput bareng aku adalah Mak Ety Abdoel. 
Berangkat dari Ngaliyan jam 7 pagi, sarapan dulu terus naik motor ke Ungaran. Aku memilih untuk naik motor sampai Ungaran terus baru naik bus dari Ungaran karena biar di bus nggak kelamaan. Noofa suka bete kalo kelamaan di Bus. Kalau dari Ungaran kan perjalanan di dalam bus sekitar 2 jam, sedangkan kalau dari Semarang (terminal Mangkang) bisa jadi 3-4 jaman. Mengantisipasi saja sih sebenarnya, karena Noofa emang nggak betah kalau naik bus, berbeda kalau naik motor. Dia malah enjoy banget!

Bebestar 2 2013 Mall Performance di Solo Square

Ada yang tau nggak apa itu bebestar? Kalau sering nonton televisi pasti tau dong ya, kan sering diputar iklannya. J Kalau yang belum tau, saya kasih tau deh ya.. Bebestar adalah salah satu program dari PT. Nutricia Indonesia Sejahtera yang bertujuan untuk melatih keberanian anak tampil di depan publik dan juga menyalurkan bakat yang dimiliki anak-anak berusia 1-6 tahun. Di dalam program ini, bebestar2 dibagi menjadi 2 yaitu little bebestar2 di mana pesertanya adalah anak usia 1-3 tahun, dan bebestar2 di mana pesertanya adalah anak usia 4 – 6 tahun. Bakat-bakat yang dicari di program ini adalah menyanyi, menari dan memainkan alat musik. Program ini tentu saja terbuka untuk umum di Indonesia. Teman-teman dapat membaca dengan jelas semuanya criteria dan persyaratannya di website resmi bebestar2013. Bebestar tengah mengadakan #Bebestar2013 Mall Performance. Di mana berlokasi di 9 Mall di 8 kota besar. Kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Palembang, Makassar, Medan, dan Po…

Perjuangan Bapak Melawan Penyakit dan Kekuatan Do'a

Dengan mata berkaca-kaca, aku menulis postingan yang akan aku suguhkan dengan sederhana. Bicara tentang Papa, atau biasa aku panggil Bapak, adalah sesuatu yang sangat menarik. Banyak peristiwa yang aku alami, banyak cerita yang aku punya tentang Bapak, namun tak sedikit juga cerita tentang Ibu, karena kesuksesan Bapak juga adanya campur tangan dan doa dari Ibu.
Tahun 2005 lalu, saat aku duduk di kelas III Madrasah Aliyah Negeri 02 Pekalongan. Saat akan menghadapi Ujian Nasional, keluargaku diuji dengan ujian yang luar biasa. Bapak sakit liver, diagnosa dokter adalah Hepatitis B. Bapak adalah orang yang tak mau diam diri, bapak adalah orang yang aktif, selalu ingin berkegiatan di luar rumah, tak teratur makan dan istirahat, akhirnya karena lelah, dan jatuh sakit. Saat itu, wajahnya, kukunya, matanya, warna kulitnya berubah menjadi kuning dan agak kehitam-hitaman. Penyakit kuning (hati) yang dialami bapak sudah parah, tak hanya itu saja penderitaan bapak, selain liver, ternyata bapak jug…

Saatnya Move-On dengan Acer Aspire E1-432

Menjadi seorang blogger sudah pasti butuh yang namanya komputer, alat ini sudah menjadi kebutuhan paling utama untuk menulis di blog dengan bantuan internet. Bila jaman dulu komputer masih dengan design lama yang tidak praktis dan bisa dibawa kemana-mana, maka jaman sekarang sudah berevolusi menjadi notebook. Notebook saat pertama kali diluncurkan juga masih dengan design tebal dan sangat berat saat dibawa. Walaupun sudah bisa dibilang praktis, namun masih menjadi beban untuk penggunanya. 
Selain menjadi blogger, saya adalah seorang mahasiswa yang masih aktif dengan berbegai tugas kuliah. Untuk menyelesaikan berbagai tugas tersebut, maka kehadiran sebuah notebook sangat penting sekali baik saat di bawa kuliah maaupun saat mengerjaakaan berbagai tugas kuliah di rumah maupun sekedar untuk membuat postingan blog. Notebook yang saya miliki bermerk Acer namun versi lama, yang designnya masih tebal dan berat. Sungguh menjadi hal yang kurang nyaman bila harus membawa notebook ke mana-mana ter…

Psikosomatik

Setiap manusia pasti pernah merasakan sakit. Namun sakit yang dialami tentu saja berbeda-beda gejala dan penyebabnya. Kebiasaan meng-galau dan stres yang berlebihan dan berkepanjangan tanpa disadari juga bisa menyebabkan seseorang benar-benar menjadi jatuh sakit. Misalnya dia stres saat mau ujian, kemudian dia merasakan pusing, tidak doyan makan, lalu penyakit-penyakit lain akan timbul, seperti Maag, migrain, mual, dll. Kondisi mental / emosional yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Hal inilah yang disebut psikosomatik. Psikosomatik bisa juga didefinisikan sebagai gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi medis seseorang.
Kondisi seperti ini sering kali saya alami, saat saya menghadapi masalah yang menurut saya lumayan berat, saya stres kemudian penyakit datang seperti mual, lalu berlanjut ke maag dan types. Dalam Psikosomatik harus ada dua hal, yaitu psikologis dan fisik. Tidak hanya ditemukan gejala psikis, tetapi juga ada gejala (penyakit) fisik (Dr. A…

Kebanggaan Itu adalah Bermanfaat Bagi Orang lain

Mendefinisikan dan mengartikan kata “kebanggaan” ternyata tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya, karena ternyata kata itu memiliki multi tafsir. Karena memiliki multi tafsir sehingga menyebabkan kata “kebanggaan” akan sangat subjektif sekali tergantung dari sudut pandang yang mana kita melihatnya. Namun, yang pasti setiap orang tentu pernah merasakan kebanggaan dalam dirinya.
Secara umum, kata kebanggaan lebih cenderung diartikan sebagai sifat yang positif, karena seseorang telah berhasil melakukan sesuatu yang istimewa. Atau dalam bahasa lain bisa dikatakan rasa senang, suka cita yang melingkupi seseorang karena telah berhasil melakukan sesuatu atau berhasil menggapai tujuan. Rasa itu kemudian diungkapkan kepada orang lain sebagai wujud syukur atas keberhasilan tersebut. 
Misalnya saja, seorang pemain Sepakbola Nasional (Kang Mas Evan Dimas) contohnya memiliki kebanggaan karena telah berhasil membawa timnas U-19 Juara Piala AFF serta masuk final Piala AFC 2014. Kebanggaan yang di…

KEMANJON

Assalamu'alaikum, kanca-kanca.. Pimen kabare? Apik kan? Bada Ied Adha, pada qurban apa? Sapi apa wedhus? Sing wis bisa qurban ya Alhamdulillah, sing durung bisa qurban ya ora apa-apa, mbokan tahun mbesok bisa melu qurban. :D
Oiya, nyong lagi kepingin posting nganggo boso Jowo kie, wis suwe teo ora nulis nganggo boso Jowo. Ben nyong ora kangelan, kaya biasane nyong arep nulis cara logate wong Kesesi.Ngampurane nek misale ana sing ora paham, yak!

Mau awan, kaya wektu-wektu biasane kan Noofa turu. Tapi gara-gara lagi ana tanggane sing rehab umah, ana suara-suara sing gawe Noofa keganggu akhire ora turu-turu. Nek jarene wong tua, Noofa kemanjon. Nyong asli nembe ngerti istilah iki. Kemanjon kui ora bisa-bisa turu, karena wis kelewat wektune turu akhire bocah cilik dadi rewel. Pancen rodho angel lek mastekake artine sing pas. Tapi contone kui misale ana bayi atawa bocah cilik sing biasane turu jam 10 isuk, tapi bocah kui ora bisa turu-turu nganti kelewat wektune, misale nganti jam 11 kok…

Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan Telkomsel Via SMS

Saya rasa memang bukan hal yang baru bila kita berbicara tentang kasus penipuan via SMS atau pun telepon. Saya sendiri mendapati hal ini sejak pertama kali saya punya HP, yaitu ditahun 2004. Banyak sekali dan sangat bervariasi tipu-tipu mereka. Kata-kata yang dikirim mereka para penipu memang sungguh menggiyurkan. Namun, hati-hati, bila kita terlena dengan isi SMS tersebut, bisa-bisa kita buntung, bukan malah dapat untung!
Sengaja saya tulis disini dengan tujuan untuk berbagi dan mengingatkan kepada kawan semua untuk berhati-hati. Hampir setiap hari saya mendapatkan SMS yang berbunyi "Selamat anda mendapatkan hadiah mobil Avanza atau Uang sekian puluh juta dari Telkomsel Poin". Memang beda-beda bunyi sms yang masuk ke HP saya, tapi kurang lebihnya seperti gambar dibawah ini yang saya ambil dari screenshoot dari HP saya: Nah, di sms tersebut biasanya si penipu menyertakan link / alamat blog yang saat diakses seperti benar-benar kita yang menang, dengan menyebutkan PIN di dalam …

Score Akhir Timnas U19 Indonesia Vs Korea Selatan

Yesss yesss yesss.... lalu sujud syukur! Pertandingan sepakbola malam ini memang sungguh membuatku bahagia. Pasalnya walau aral rintangan datang sejak awal pertandingan yaitu dengan turunya hujan deras dan membuat pertandingan sempat terhenti di menit ke 41:35 karena lapangan berubah seperti 'danau' yang penuh genangan air, namun semangat Garuda Muda Garuda Jaya Indonesia tak gentar sekalipun walau dengan badan basah kuyup terguyur hujan dan pandangan kurang jelas terhalang air.Indonesia, malam ini berhasil menciptakan sejarah baru. Dengan memenangkan pertandingan melawan Korea Selatan dan berakhir dengan score 3 (Indonesia) dan 2 (Korea Selatan). Ketiga goal itu pun dicetak oleh satu gelanggan hebat, Mas Evan. Aku sendiri sangaaaaatt menikmati setiap tendangan dan jatuhnya bola, setiap bola menyentuh besi gawang, setiap bola hanya numpang lewat disamping gawang. Sangat menikmatinya!Korea Selatan dapat menguasai gawang Indonesia dengan tendangan pinalti di menit ke 33 dan satu…

Opak Kentang

Sambil menunggu semua alamat pemenang GA Khayalanku dikirim, aku mau memperkenalkan makanan ringan favoritku. Namanya Opak Kentang.  Pernah nggak antum makan opak kentang? Di daerah antum semua ada apa nggak opak yang gurih ini?Namanya saja opak kentang, sudah pasti berbahan dasar dari kentang. Proses pembuatannya sama dengan pembuatan opak-opak lainnya, yang aku tau dari salah satu nara sumber, prosesnya pembuatannya tidak terlalu sulit, yaitu kentang dihaluskan, diberi tepung kanji, dikasih bumbu, dicetak berbentuk bulat lalu dikukus. Aku sendiri belum pernah praktik membuat opak kentang, namun dari pemaparan narasumber, menurutku membuat opak kentang itu lebih mudah daripada membuat krupuk. :DOpak kentang sudah menjadi jajanan favoritku sejak aku SD. Dulu saat di sekolah, bila tiba waktu istirahat aku selalu membeli opak kentang di Kantin Sekolah. Opak kentang biasanya akan lebih enak bila dicampur sambal, opak ini juga menjadi teman makan urab atau rujak. Rasanya lebih gurih, tida…

Perkembangan Anak Usia 12 Bulan

Bismillah, dengan penuh keceriaan, di sini saya akan bercerita sedikit saja tentang tahap perkembangan bayi / anak usia 12 bulan (Satu tahun). Supaya tidak mblarah kemana-mana, maka saya khususkan bercerita tentang ananda tercinta, Noofa Adzkiya Putri Zain. Memang, usia Noofa kini sudah 13 bulan, lebih tepatnya hari ini usianya 13 bulan 9 hari (13m9d). Namun, saya masih ingat betul saat tepat 1 tahun, kepintaran dan perkembangan apa saja yang Noofa raih.
Usia 11 bulan, Noofa sudah bisa berjalan. Otomatis, kemampuan berjalan dia yang sudah terlatih satu bulan lamanya menjadi semakin mahir dan lancar. Diusia 12 bulan, dia sudah lancar berjalan. Sesekali cara berjalan dia pun cepat, hampir seperti mau berlari, namun dia belum bisa berlari. Mengenai kamampuan berjalan ini, saya tes Noofa untuk berjalan kaki sendiri (tidak saya gendong, namun harus saya gandeng) ke rumah Budhenya yang berjarak kira-kira 500 meter dari kontrakan saya. Dia mampu berjalan dengan kondisi jalan yang naik turun…

Selamat Untuk ROMBEL 2

Ucapan selamat saya ucapkan dengan tulus kepada teman-teman PPs UNNES yang hari ini wisuda. Wabil khusus teman-teman jurusan Bahasa Inggris Rombel 2. Hari ini akan menjadi hari yang bersejarah untuk teman-teman dikemudian hari. Hari ini, satu gelar baru tersemat cantik dibelakang nama kalian. Itu tanda berarti kalian akan bertanggungjawab sepenuhnya dengan apa yang kalian dapatkan selama 2 tahun terakhir. Rombel 2! Rombongan Belajar atau yang lebih familiar dengan sebutan kelompok belajar, 2 tahun sudah menjalani perkuliahan bersama-sama, suka dan duka mewarnai hari-hari kita. Kadang tawa, sedih, bahkan air mata turut menjadi saksi. Dulu, saya pernah menciptakan lagu untuk rombel 2, tapi karena waktu terus berjalan, tak heran bila sekarang agak sedikit lupa liriknya.
Namun, lagu itu adalah tanda cinta untuk teman-teman semua, teman-teman satu kelas, ROMBEL DUA MANTEP! Ketua kelas, atau yang biasa disebut KOMTING, adalah seorang dosen Muda yang sangat berprestasi, Suciati namanya. Wa…

Kurus atau Gemuk? yang Penting Sehat!

Sudah lama aku tidak pulang ke kampung halaman, Desa Kesesi. Rasanya kangen banget dan sudah membayangkan bila nanti sesampainya di rumah aku pengen beli urab dan keong di warungnya Mbak Sanah. Benar adanya, kemaren aku pulang bareng Ibuku yang sudah selesai acara PLPG di Semarang. Karena dijemput Omku naik mobil, ya sudah aku ikut aja, toh mumpung gratis. :DSesampainya di rumah menjelang waktu magrib, jadi aku langsung fokus ke Noofa, mandi, makan lalu istirahat. Ibu yang kecapean setelah PLPG selama 10 hari pun memilih untuk langsung tidur setelah selesai sholat isya. Sabtu malam yang sepi, terlebih ada pengumuman orang meninggal di Mushola dukuh sebelah. Takut!Hari minggu pagi udaranya sangat sejuk, tak lama kemudian sinar mentari pagi menghangatkan tubuh kami yang sengaja berjemur di teras rumah. Simbah, adikku, Noofa dan aku. Sembari ngobrol tentang kuliahku di Semarang. Ditengah asyiknya ngobrol sambil berjemur, ada tetanggaku yang mendekat dan bilang kalo aku sekarang langsing,…

2 OKTOBER, HARI BATIK NASIONAL

Negara Indonesia adalah negara yang KAYA akan budaya, maka saya sangat berbangga menjadi salah satu warga negara Indonesia tercinta, dan hari ini, 2 Oktober Indonesia memperingati hari Batik Nasional, di mana tahun ini adalah tahun ke empat diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga karena UNESCO telah mengakui bahwa batik merupakan milik Indonesia. Sehingga Batik di forum dunia kini identik dengan citra Indonesia. Keren, kan?
Selain itu, saya pribadi juga sangat bangga sebagai warga Pekalongan yang berslogan KOTA BATIK. Saat ini pakaian/baju batik bisa dipakai oleh semua usia, dari mulai bayi, remaja, Ibu-bapak hingga kakek-nenek. Nggak percaya? Coba aja lihat orang-orang sekitar Anda, pasti banyak yang mengenakan batik hari ini, d…