Skip to main content

Kebanggaan Itu adalah Bermanfaat Bagi Orang lain


Mendefinisikan dan mengartikan kata “kebanggaan” ternyata tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya, karena ternyata kata itu memiliki multi tafsir. Karena memiliki multi tafsir sehingga menyebabkan kata “kebanggaan” akan sangat subjektif sekali tergantung dari sudut pandang yang mana kita melihatnya. Namun, yang pasti setiap orang tentu pernah merasakan kebanggaan dalam dirinya.

Secara umum, kata kebanggaan lebih cenderung diartikan sebagai sifat yang positif, karena seseorang telah berhasil melakukan sesuatu yang istimewa. Atau dalam bahasa lain bisa dikatakan rasa senang, suka cita yang melingkupi seseorang karena telah berhasil melakukan sesuatu atau berhasil menggapai tujuan. Rasa itu kemudian diungkapkan kepada orang lain sebagai wujud syukur atas keberhasilan tersebut. 

Misalnya saja, seorang pemain Sepakbola Nasional (Kang Mas Evan Dimas) contohnya memiliki kebanggaan karena telah berhasil membawa timnas U-19 Juara Piala AFF serta masuk final Piala AFC 2014. Kebanggaan yang dimiliki oleh pesepakbola Evan Dimas sangat wajar, karena dia telah berhasil mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah sepakbola tanah air dan juga sepakbola Asia, apalagi Evan Dimas juga sering mencetak gol dalam setiap pertandingan.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apa arti kebanggaan itu sendiri? Sebagaimana telah saya tuliskan di depan tadi, bahwa arti kebanggaan secara sederhana adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang karena  telah berhasil melakukan sesuatu yang istimewa menurut dia dan juga orang lain. Ada pula yang mengatakan bahwa kebanggaan itu sangat identik dengan kesombongan. Hal itu bisa benar juga bisa salah. Kebanggaan akan menjadi sebuah kesombongan bila diekspresikan secara berlebihan oleh seseorang yang bersangkutan, akan tetapi kebanggaan akan tetap menjadi sifat yang positif apabila diekspresikan dengan apa adanya dan secara sederhana. 

Bagi saya pribadi arti kebanggaan adalah saat saya bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain meskipun hal itu pekerjaan yang sangat kecil dan terkesan remeh. Misalnya saja, ketika saya ditanya oleh orang lain tentang suatu masalah, dan saya bisa menjawabnya maka saya merasa bangga karena merasa telah bermanfaat bagi orang lain. Itu merupakan contoh kecil saja tentang makna kebanggaan, masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang bisa menjadikan seseorang merasa bangga.

Namun bagi saya pribadi kebanggaan itu lahir dari lubuk hati, apabila kita melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sekecil apapun namun kita bersyukur karena sudah bisa bermanfaat bagi orang lain maka rasa bangga akan muncul dengan sendiri. Akan tetapi sebesar apapun kita telah berbuat untuk orang lain, namun kita tidak pernah merasa puas maka niscaya kebanggaan itu akan sulit lahir, justru biasanya yang lahir adalah sebuah sifat kesombongan. Inilah yang perlu kita hindari, karena kebanggaan itu sendiri bisa menjadi sebuah kesombongan jika kita mengekspresikannya terlalu berlebihan.

Oleh sebab itulah, kita perlu memaknai kebanggaan itu secara sederhana dan apa adanya supaya bisa terhindar menjadi sebuah kesombongan.

Lalu, bagaimana makna kebanggaan di dalam video Book Trailer CineUS karya Mbak Evi Sri Rezeki? Silakan klik video dibawah ini.



Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Artikel CineUs Book Trailer Bersama Smartfren dan Noura Books.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Mencetak Kemasan Makanan di Uprint untuk Usaha Snack

Halo, Assalamu’alaikum.. Apa kabar, Februari udah berjalan satu pekan, nih, dan di beberapa mini market udah mulai banyak bertebaran promosi coklat dan segala macam yang berhubungan dengan valentine. Saya sendiri sih enggak pernah merayakan hari Valentine secara khusus, ya. karena menurut saya semua hari sama saja, saya selalu memberikan rasa sayang dan cinta kepada pasangan... pun dengan sesama, eaaa... Kamu pernah ngeh nggak kalau kemasan masakan untuk coklat, kue, permen menjelang Valentine itu lucu-lucu. Saya sih selalu ngeh, bahkan beberapa kali pernah kepincut dan membeli coklat karena suka dengan kemasannya. Kalau Valentine begini mah kebanyakan kemasan warna pink gitu, ya. Tapi ada juga beberapa coklat yang kemasannya selain warna pink. Ngomongin masalah kemasan. Saya jadi ingat teman saya yang buka usaha kuliner snack/jajanan. Tapi dia bingung soal design kemasannya. Namanya usaha kuliner begitu kan hal yang pertama dipikirkan tentu soal personal bran