header cah kesesi ayu tea

9 Cara Untuk Menjadi Content Creator TikTok

 Hai, gaes.. kalian pasti sudah sangat familiar dengan tiktok kan?



Ya! Tiktok saat ini menjadi salah satu platform yang memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia bahkan di dunia loh, bahkan dewasa ini sudah banyak sekali orang yang mencoba peruntungan mereka untuk bisa mengumpulkan uang dengan cara menjadi seorang konten kreator di tiktok. Saking larisnya, semua orang kayaknya udah berpindah ke TikTok dibanding pakai sosmed lain.  

Pada platform Tiktok ada banyak sekali inovasi fitur di dalamnya, mulai dari Tiktok affiliate, Tiktok Shop, hingga Tiktok Live. Beberapa fitur ini tentu saja memungkinkan para konten kreator untuk bisa menghasilkan uang dengan cara membuat konten. Jadi berjualan di TikTok Live sekarang lebih ramai dibanding di ecommerce lain. Pokoknya trend tiktok luar biasa! 

Lalu, bagaimana caranya agar bisa jadi konten creator di tiktok? Ada 9 cara untuk menjadi konten kreator Tiktok yang akan aku bagikan, apa saja? Simak ya…

9 Cara Untuk Menjadi Content Creator TikTok

Buat Konten Berkualitas

Konten is the king! Pernah baca kalimat itu? Ya! Udah lah ga ada debat lagi, kalo kamu bikin konten yang berkualitas, pasti bagus, karena audience tiktok biasanya sangat menyukai konten dengan kualitas video yang bagus.

Nah, gimana kalo HP aja kentang? bagi kamu yang belum mempunyai peralatan yang memadai kamu tidak perlu khawatir ya, karena ada banyak juga konten kreator Tiktok yang berhasil menjadi influencer dengan peralatan dan juga tempat seadanya.

Inget ya, gaes! kualitas konten bukan diukur dari seberapa besar ukuran dari videonya akan tetapi Apa isi yang dibawa pada video tersebut, video yang bermanfaat juga berkualitas, lakukan sharing kepada penonton.

Tentukan Niche Konten

Sebagai seorang pemula yang ingin menjadi konten kreator Tik tok tentunya kamu harus menentukan niche dari konten yang akan kamu bawa pada platform Tiktok ini, biasanya sebelum kamu memulai untuk membuat konten kamu harus mereset terlebih dahulu niche konten yang disukai oleh audien, contohnya seperti: Kuliner, Daily life, Fashion, Kecantikan, Games, Dance, dan lain-lain.

Biasanya audience itu menyukai konten kreator yang konsisten pada nichenya, ini sebagai branding juga, yang akan membantu kamu agar lebih diingat oleh para penonton. 

Pahami Target Audience

Di sini kamu harus memahami apakah konten yang sudah kamu buat bisa memenuhi kebutuhan mereka atau pun tidak.  

Ikuti Tren

Gaes,.. tren yang ada di tiktok akan selalu berubah-ubah setiap harinya, setiap harinya selalu saja ada sound yang baru dan juga trending oleh karena itu kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa menjangkau audiens baru dengan cara mengikuti tren tersebut.

Pelajari Jam Fyp Tiktok

Mempelajari jam fyp tiktok itu susah-susah gampang gaes, ketika kamu menjadi seorang konten kreator kamu harus bisa menentukan jam mana yang akan membuat video menjadi Fyp, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu jam mana yang memang paling cocok untuk melakukan penguploadan video Tiktok, biasanya sih ya dari jam istirahat makan siang ataupun sore hari ketika para pekerja pulang dari kantor. 

Terapkan Story Telling

Menerapkan story telling pada konten yang kamu buat itu penting loh. Biar bisa tahu alurnya dan tujuan dari video yang kita buat.

Tidak hanya itu kamu juga bisa menceritakan tentang behind the scene dari kehidupan kamu ataupun bisnis serta kegiatan sehari-hari yang kamu lalui melalui video "a day in my life".

Konsisten Upload Konten

Ini nih yang kadang susah ya, konsisten itu susah bestieee… Jika kamu sudah sering upload tapi tiba-tiba berhenti untuk mengupload konten contohnya selama satu bulan maka tentunya kamu harus memulai dari awal lagi karena algoritma Tiktok tentu sudah berubah. Hmmmh..

Jadi Diri Sendiri

Untuk menjadi seorang content creator tentunya membentuk personal branding sesuai yang kamu mau itu penting akan tetapi untuk membentuk hal tersebut tentunya kamu harus memerlukan orisinil dan juga keunikan yang membedakan kamu dengan orang lain maka dari itu menjadi diri sendiri adalah cara yang paling baik ketika ingin menjadi seorang konten kreator.

Pelajari Tiktok Ads

Mempelajari tiktok ads, jika kamu ingin menjangkau audience lebih luas kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di tiktok ini agar nantinya konten kamu bisa dilihat lebih banyak orang.

Ingin menjadi konten creator di TikTok juga harus didukung dengan koneksi internet yang memadai ya. Alhamdulillah kita hidup di jaman sekarang, akses internet melimpah dan mudah. Seperti aku, di rumah aku pakai IndiHome. Kalian tahu kan IndiHome?

Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet provider, dan ada juga layanan televisi interaktif (IndiHome TV, IPTV). Karena penawaran inilah Telkom Indonesia memberi label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom Indonesia Digital Network 2015. Sebuah Internet Provider ini sudah banyak sekali pelanggannya, wabil khusus di Pekalongan. IndiHome menjadi satu-satunya yang punya pelanggan tersebar di seluruh desa dan kota di Pekalongan. Koneksinya yang stabil dan kenceng bikin nyaman dan bikin Bahagia saat berkonten.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

2 comments

  1. seru banget jadi content creator di era digital ini banyak pilihan deh bisa di berbagai sosmed. Jadi asal memanfaatkan internet dengan baik, maka akan sukses ya

    ReplyDelete
  2. Aku dulu menganggap conten creator itu suatu pekerjaan yang gimana ya.. yang melibatkan banyak orang, ide yang creatif, menggunakan media yang bagus dan alat yang mahal. Ternyata semakin ke sini, teknologi semakin canggih, terkait ide sebenarnya setiap orang bisa menciptakan ide apapun yang penting niat dan giat. Nah .. baru aku sadar ternyata yang menghambat seseorang tak bisa menjadi konten creator adalah rasa malas, dan internet yang gak pro dengan keinginan kita. Hehe

    ReplyDelete

Post a Comment