Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2020

Lindungi Kesejahteraan Petani di Tengah Pandemi Melalui Program “Bango Pangan Lestari”

Assalamu'alaikum,
Lebaran Idul Fitri tahun ini saya tidak pulang ke Blora, kampung halaman mertua tercinta. Lantaran alasan covid yang masih menjadi masalah nasional. Kami juga memilih untuk stay at home saja demi kebaikan bersama.
Rasa rindu membuncah dengan Ibu mertua, apalagi Ibu mertua kini tinggal sendiri di rumah, sepi banget pasti yang Ibu rasakan. Sehingga kami berniat untuk pulang saat era adaptasi baru. Suami memutuskan untuk pulang kampung pada saat lebaran haji kemaren. 
Kami naik mobil pribadi bareng dengan kakak ipar dan keluarganya. Singkatnya, sesampai di Blora, saya melihat terbentang sawah keluarga kami yang ditanam jagung dan kacang tanah.
Ada beberapa yang dibiarkan begitu saja tanpa di-apa-apain. Ada yang ditanam sawi dan bayam, ada juga yang ditanam sayuran lain seperti pare.
Mbak Iparku bercerita, bahwa masa pandemi kemaren hasil sayuran tidak ada harganya sama sekali. Misalnya harga Sawi yang tadinya seikat mencapai 1300 rupiah, katanya kemaren waktu pandemi har…

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid(4)

Halo Assalamu'alaikum, Setiap perempuan yang sudah baligh tentunya akan mengalami yang namanya haid. Menstruasi atau haid ini merupakan darah yang keluar dari vagina yang disebabkan oleh sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Yang mana, terjadi peluruhan pada dinding rahim yang dipengaruhi oleh hromon estoteron dan progesteron. Haid ini akan menjadi siklus bulanan yang akan dialami oleh seorang perempuan. Hal ini merupakan sesuatu yang normal saja terjadi karena sel telur yang diproduksi pada organ reproduksi perempuan. Selain itu, haid ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dinding rahim. Selain tidak boleh mengerjakan sholat, berhubungan intim, masuk masjid, dan tawaf saat ibadah haji. Ada hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan saat haid diantaranya :Tidak Boleh Membaca Al QuranDalam hal ini, 4 ulama mahdzab sepakat bahwa wanita muslimah yang sedang haid tidak boleh menyentuh Al Quran yang suci. Hal ini diambil dalam Al Quran surat Al Waqiah:79 yang berbunyi : “Ti…

Pengalaman Perawatan di Dokter Kulit dan Kelamin (Kecantikan)

Assalamu'alaikum,Ada yang pernah punya masalah kulit wajah yang menyebabkan tidak percaya diri bertemu dengan banyak orang? Saya pernah!. Saya termasuk orang yang sering punya masalah kulit wajah karena saya punya kulit wajah yang sangat sensitif. 
Dulu wajah saya benar-benar parah sekali, jerawat yang tumbuh jerawat batu. Entah apa sebabnya tapi katanya sih emang karena hormon dan faktor genetik. Almarhum bapak saya dulu waktu mudanya juga punya wajah yang penuh jerawat batu, sekalinya keluar banyak dan lama kempesnya. Namanya juga jerawat batu, besar, keras, dan sangat sakit. Dari tumbuh hingga sembuh butuh waktu hingga satu bulan lebih.
Bagian wajah yang sering tumbuh jerawat ada di bagian jidad dan pipi, jangan tanya bagaimana rasanya kalo pas tumbuh jerawat di jidad, masya Allah sekali.... apalagi kalo pas sholat dan sujud, nyeerrrr rasanya sampai ke ubun-ubun,. hiks.. Nggak kuat rasanya, dan itu berhari-hari bahkan berminggu-minggu.
Sejak kuliah, saya mulai kenal kosmetik, tapi…

Menjadi Guru Kreatif di Tengah Pandemi

Assalamu'alaikum,


Guru sebutan untuk seseorang yang mengajar di suatu instansi, baik formal maupun informal. Digugu dan ditiru di mana guru menjadi roll model untuk para muridnya. Di masa pandemi seperti ini, atau lebih tepatnya sejak Maret lalu, guru-murid yang biasanya bertatap muka langsung, berubah menjadi sekolah online. Keduanya tak bias bertatap muka, melainkan hanya bisa bersua via dunia maya.

Sejak sekolah online, menjadi PR banget dong bagi seorang guru. Mereka harus memikirkan cara untuk tetap bisa mengajar dan materi yang disampaikan bisa sampai ke murid-muridnya. Nggak hanya guru di sekolah sih, saya juga merasakan jadi dosen ngajar daring sungguh lebih melelahkan daripada ngajar offline.

Dengan kata lain, guru dituntut untuk bisa lebih kreatif dan tidak biasa-biasa saja. Nah untuk menjadi seorang guru kreatif yang tidak biasa dengan kemampuan di atas rata-rata guru lainnya ada yang harus dilakukan untuk mengembangkan diri. dan boleh dibilang ini adalah suatu kewajiban…

Usaha Jual Beli Bibit Ikan Hias dengan Modal Pinjaman Online Tunaiku

Assalamu’alaikum, 
Saat ini seluruh dunia masih disibukkan dengan penanganan pandemic Covid 19, salah satu sektor yang paling terpukul akibat adanya pandemic ini adalah sektor perekonomian. Bahkan saat ini tetangga Indonesia, yaitu Singapura sedang mengalami resesi, lalu bagaimana dengan perekonomian di Negara tercinta Indonesia? 
Secara umum laju perekonomian Indonesia sedang berjalan mundur akibat adanya wabah Covid 19 ini, hal itu tergambar dari banyaknya perusahaan tutup yang mengakibatkan banyak tenaga kerja dirumahkan dan menjadi pengangguran, perdagangan menjadi lesu karena daya beli masyarakat turun drastis akibat mereka tidak bisa bekerja lagi dan menghasilkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Meskipun saat ini pemerintah telah mengupayakan berbagai cara dan solusi untuk menanggulangi dampak Covid 19, akan tetapi saat ini masyarakat banyak mengeluh karena mengalami banyak kerugian karena terbatasnya aktifitas mereka dalam mencari nafkah. 
Lalu bagaimana solusi aga…

Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja

Assalamu'alaikum temen-temen..
Apa kabar semuanya? Semoga senantiasa mendapatkan keberkahan dan selalu sehat yaa.. Jangan lupa bahagia jugaaa...
Tahu nggak guys. Aku hari ini datang ke acara Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja mewakili Komunitas Blogger Pekalongan loh. Awalnya sih yang ditunjuk mba Ayi, tapi mbak Ayi berhalangan hadir, wal hasil mba Ayi meminta aku untuk mewakili menggantikan kehadirannya. 

Aku boleh jujur nggak sih guys, jadi sebenernya masih ada rasa was-was gitu untuk hadir di acara yang melibatkan banyak orang karena adanya virus corona yang nggak kunjung hilang. Bahkan sampai tadi malam sebelum konfirmasi kehadiran aku juga masih galau mau datang apa enggak. Aku mikirnya sih ini kesempatan sangat baik buat aku, sebagai seorang yang kepengen upgrade kemampuan, tentu aku harus menyingkirkan rasa was-was tadi. Bukan apa-apa sih ya. Karena aku yakin acara yang sudah dipersiapkan tentunya akan berjalan sesuai protokol kesehatan. 
Jadi semalam bismillah gitu a…

Pertama Kali Diajak ke Rumah Calon Mertua

Assalamu'alaikum,
Apa kabar temen-temen semua? Duuh, corona udah makin deket dengan kita nih, udah jadi makin sempit ruang gerak kita ini. Aku aja sampai ngalah nggak mudik ke Blora lebaran kemarin, ini semua demi kebaikan bersama aku menjalankan dengan ikhlas. Ammin..
Bicara tentang Blora, aku jadi pengen cerita nih, tentang permata pengalamanku soal kabupaten Blora ini. hihihi..  Sesaat setelah baca judul postingan ini, kamu pasti sudah nganu banget, ya.  Hahaha.. perempuan yang dulu masih menjadi mahasiswi semester dua ini sudah traveling ke Blora yang tujuannya nggak main-main. Mahasiswi semester dua itu adalah aku sendiri. hihihi
Tak pernah terpikir secepat itu aku dikenalin dengan keluarga Abi (suamiku kini). Bahkan main ke rumah laki-laki yang punya hubungan special saja belum pernah sekalipun. Dulu pernah waktu SMP main ke rumah temen cowok, tapi bukan pacar sih. Lagian waktu SMP aku di Pesantren jadi nggak pacar-pacaran. hahaha..
Ceritanya gini...
Kakake Abi menikah bulan Agust…