Skip to main content

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid(4)

Halo Assalamu'alaikum, 

Setiap perempuan yang sudah baligh tentunya akan mengalami yang namanya haid. Menstruasi atau haid ini merupakan darah yang keluar dari vagina yang disebabkan oleh sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Yang mana, terjadi peluruhan pada dinding rahim yang dipengaruhi oleh hromon estoteron dan progesteron.

Haid ini akan menjadi siklus bulanan yang akan dialami oleh seorang perempuan. Hal ini merupakan sesuatu yang normal saja terjadi karena sel telur yang diproduksi pada organ reproduksi perempuan. Selain itu, haid ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dinding rahim.

Selain tidak boleh mengerjakan sholat, berhubungan intim, masuk masjid, dan tawaf saat ibadah haji. Ada hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan saat haid diantaranya :

Tidak Boleh Membaca Al Quran

Dalam hal ini, 4 ulama mahdzab sepakat bahwa wanita muslimah yang sedang haid tidak boleh menyentuh Al Quran yang suci. Hal ini diambil dalam Al Quran surat Al Waqiah:79 yang berbunyi : “Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Walaupun demikian, ada ummat Islam yang tetap membolehkan wanita yang haid untuk menyentuh dan membaca Al Quran.

Tidak Boleh Berpuasa

Wanita yang sedang haid juga tidak boleh berpuasa. Larangan ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah ra yang berbunyi : “Bahwa seorang wanita bertanya kepadanya: “Apakah salah seorang diantara kami harus mengganti sholat pada masa haid? Aisyah berkata : “Apakah engkau termasuk golongan Haruriyah (salah satu golongan khawarij)” Dahulu, pada masa Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam, diantara kami ada yang haid, tetapi tidak diperintahkan mengganti (sholat). (Shahih Muslim No. 506).

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

Lalu bagimana tata cara mandi wajib setelah menstruasi/haid? Maka dari, kita, mari kita ulasan berikut ini :

Membaca Niat

Tata cara mandi wajib setelah haid yang pertama adalah dengan membaca niat yang bisa dilakukan dalam hati maupun secara lisan. Adapun niat mau mandi wajib setelah haid adalah sebagai berikut :


“Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbar minal haidil fardlon lillahi ta’ala”

Artinya : “Sengaja aku niat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar dari haid fardhu karena Allah Ta’ala”.

Menggunakan Wewangian

Sesudah membaca niat, langkah selanjutnya anda siapkan kapas yang dilumuri wewangian atu parfum yang tidak mengandung alkohol. Lalu, bersihkan kemaluan anda dengan kapas yang sudah diberi parfum. Hal ini sangat sesuai dengan hadits Nabi yang ditanya oleh seorang wanita anshor. “Bagaimana aku mandi dari haid?. Beliau menjawab : “Ambillah sepotong kapas yang dilumuri dengan minyak wangi lalu bersihkan dengan itu. “Membersihkan kedua telapak tangan siram atau basuhlah dengan tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya serta diulangi hingga 3 kali.

Mandi Dengan Air Bersih

Sesudah menggunakan wewangian, selanjutnya adalah mandi dengan menggunakan air bersih. Mandi wajib ini sama dengan mandi seperti biasanya, namun diwajibkan untuk mencuci rambut atau keramas dengan menggunakan shampo agar bersih dan wangi.  

Menyiram dan Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh

Tata cara mandi wajib setelah haid yang terakhir adalah dengan membersihkan seluruh anggota tubuh. Dalam hal ini, pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air serta bersihkan, termasuk pada bagian-bagian yang tersembunyi maupun lipatan seperti dibawah kemaluan, badan bagian belakang, ketiak, dan sela-sela jari kaki. 

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips