Skip to main content

Kenapa Menulis di Blog?



Assalamu’alaikum,


Hari ini hari pertama #BPN30dayChallenge2018 dari #BloggerPerempuan. Tema pertama adalah Kenapa Menulis Blog? Sebelum mulai dengan tema pertama, saya mau bertanya dulu, kamu ikutan #BPN30dayChallenge2018 juga kan? Dengan ikutan challenge ini, kamu akan termotivasi loh buat bikin postingan setiap hari. Apalagi tema-tema setiap harinya sudah ada. Jadi nggak akan ngerasa kalau kita kehabisan ide, yaa kaannn?? Saya ikutan juga karena pengen banget bisa bikin postingan setiap hari, kangen yang dulu waktu belum punya anak, hehe. Ngeblog meski suka-suka tapi bisa one day one post.

Saya mau cerita awal mula saya ngeblog aja ya. hehe. Jadi saya dulu punya blog tahun 2007. Awalnya sih murni bikin blog karena ada tugas salah satu mata kuliah. Dosen tersebut meminta ujian akhirnya membuat blog. Blog saya dulu saya isi cerita alay dan puisi-puisi amatir. Tapi sayang, saya lupa log in. Jadi, nggak bisa akses blog itu lagi.


Salah satu capture postingan terdahulu

Tahun 2009 saya membuat blog baru. Membuat blog baru karena saya kenal dan dekat dengan orang Kendal yang saat itu kerja di Batam saat. Eksak namanya. Dia yang bikin saya termotivasi membuat blog dan blog saya jadikan sebagai media komunikasi dengan dia lewat postingan-postingan. Maksudnya, milsal nih ya, saya lagi kangen sama dia, saya nulis di blog saya tentang curahan hati saya kalau saya lagi kangen, begitupun dengan dia kalau lagi kangen, dia juga nulis di blog dia. Nggak hanya kalau lagi kangen sih, bahkan kalau lagi marahan juga curhatnya ke blog. Jadi blog waktu itu jadi semacam media curhat gitu, hehe

Tapi, itu masa lalu ya. meskipun masa lalu, tapi ya saya nggak akan lupa karena memang karena Eksak saya jadi punya blog ini. Terima kasih, yaa..

Waktu terus berjalan, 2011 saya menikah dengan suami saya. Saya pun ingin memulai kehidupan baru dengan suami saya. Jadi, beberapa postingan yang bikin baper, ada yang saya hapus ada yang saya tarik kembali ke draft. Kenapa kok nggak semuanya dihapus? Hmm, yaa karena saya nggak pengen menghapus postingan tersebut. Hehehe

Mulai Gabung dengan Komunitas Blogger

Sebenarnya berat juga waktu itu. Bingung galau mau lanjut ngeblog apa enggak. Tapi saya akui, tahun 2011 itu tahun yang menyenangkan. Karena saya banyak kenal teman-teman baru dari blog. Dulu, sesama blogger biasanya chatingan di YM (yahoo messenger), karena belum jaman android dan whats app. Kami ngobrolin apa saja yang bikin ketawa. Kadang gossipin orang, ngomongin receh seperti minta tema hp, dll.

Banner grup WB

Waktu itu saya sering YM-an sama Uncle Lozz Akbar dan Una. Dulu ada juga blogger senior, namanya pakdhe Cholik. Oiya, jadi saya dulu kenal banyak blogger karena pakdhe Cholik sering banget ngadain giveaway di blognya. Malah seminggu sekali, loh. Hadiah giveaway jaman dulu masih yang berupa buku, beda sih sama sekarang yang hadiahnya sudah elektronik bahkan otomotif. Tapi, dulu kaya gitu saja bikin rahat dan seneng banget sehingga terjalin silaturahim yang kekeluargaan sesama blogger.

Kenalan di blog dari blogwalking, kemudian kenal juga di facebook. Kemudian uncle Lozz dan mbak Susindra bikin grup di facebook dinamai Warung Blogger. Dan Komunitas pertama yang saya ikuti adalah Warung Blogger. Dari komunitas ini saya juga kenal blogger yang bernama Stupid Monkey. Dia salah satu blogger yang berjasa untuk blog saya, karena dia dulu yang nyettingin domain berbayar saya ke blog saya ini. bahkan domain www.noormafitrianamzain.com ini juga karena arahan dia, meskipun kepanjangan karena memang saya pakai full nama saya untuk domain ini. hehehe

Pertama Dapat Duit dari Blog


Banner KEB

Setelah Warung Blogger, ada lagi Komunitas Emak-emak Blogger. Ini adalah Komunitas Blogger khusus perempuan, tak hanya emak-emak yang sudah berkeluarga dan punya anak loh ya, tetapi semua perempuan. Baik single mau pun married. Dengan bergabungnya saya dengan komunitas blogger, terjalinlah networking. Saya masih ingat  pertama kali saya mendapatkan uang dari blog tahun 2012 akhir. Waktu itu salah satu provider besar sedang gencar-gencarnya promo produk terbarunya. Alhamdulillah saya menjadi salah satu blogger terpilih untuk mempromosikan produk tersebut. Dalam satu waktu, saya mendapatkan dua job, yang pertama memasang banner iklan produk tersebut di blog saya, yang kedua menulis konten yang berisi tips untuk website provider tersebut.

Dulu, masang banner sebulan saya diberi fee 150k, dan untuk konten saya menulis 50-100 kata dibayar 50k. Dan saya menulis 10 konten. Jadi dalam waktu sebulan itu saya mendapatkan uang pertama dari blog sebesar 650k. Angka yang lumayan pada tahun 2012, kan?

Makin Cinta dengan Dunia Blog

Hal yang menyenangkan apabila apa yang kita sukai dan kita lakukan kemudian kita mendapatkan bonus dari sana. Makin cinta dengan dunia blog ketika saya tahu manfaat dari ngeblog ini banyak sekali. Bukan hanya soal dapat uang, tapi saya bisa mengenal banyak teman baru dari masing-masing komunitas.

Apalagi sekarang saya juga gabung dengan komunitas Blogger Perempuan Network. Pertemanan, persaudaraan, dan juga penghasilan dapat kita dapatkan. Dari blog teman-teman saya juga banyak belajar loh, membaca postingan mereka jadi makin banyak ilmu dan pengalaman.



Tidak ada alasan untuk saya berhenti ngeblog. Makin ke sini malah makin cinta. Karena blogger kini sudah menjadi profesi meskipun belum disahkan pemerintah sebagai pekerjaan yang tertera di KTP. Hehe

Nyatanya, banyak teman yang rela resign dari pekerjaan kantorannya dan bertransformasi dari full blogger dan ibu rumah tangga. Yang saya kenal misalnya mak Echa, salah satu blogger insprasi saya. love you, mak Echa. :* beliau ngeblog karena hobi dan ngejalaninnya sepenuh hati. Dan hasil dari ngeblog bisa untuk membantu perekonomian keluarga.

Akan Tetap Ngeblog

Seperti yang sudah saya tulis di atas, karena saya cinta dengan dunia blogging, maka saya akan tetap ngeblog. Nulisnya ya apa saja yang saya alami. kalau sekarang saya datang ke event, misalnya. Kemudian saya tulis di blog. Di situ akan menjadi catatan sejarah untuk masa mendatang. Ketika saya buka kembali dan saya baca, saya jadi ingat bahwa saya pernah ke sana, ke mari, bertemu siapa saja dan ngapain saja.

Namun, karena jejak digital itu tak akan pernah hilang, sebaiknya kita bikin postingan di blog yang baik-baik saja. Tidak nyebarin hoax, apalagi profokasi nulis ujaran kebencian.

Ngeblog dengan sepenuh hati saja. Menulislah apa yang bisa kamu tulis. Mengalir, karena sharing is caring. Hmmm, Kalau kata mak Mira Sahid, “Menulislah, maka kamu akan tahu siapa dirimu”.


So, happy blogging

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips