Skip to main content

Menjadi Narasumber Berawal dari Blogger

Assalamu'alaikum,

Terhitung sejak akhir 2011 saya mulai menekuni dunia blogging. Menjadi salah satu blogger yang dulunya nggak ngerti apa-apa, bahkan dulu saya masih belum tahu kalau manfaat ngeblog ternyata bisa mendapatkan penghasilan berupa rupiah dan dollar. Hingga pada tahun 2012 awal mula saya mulai merasakan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog.

Kemudian BOOOMMM profesi seorang blogger booming dan banyak teman yang menekuni dunia blogging, bahkan tidak sedikit lho yang rela resign dari pekerjaan kantornya kemudian bertransformasi menjadi full time blogger.


Tak terasa waktu berjalan begitu cepatnya, karena Mei 2020 tahun ini saya akan perpanjangan domain www.noormafitrianamzain.com yang ke 8 tahun. Alhamdulillah saya masih diberi umur panjang untuk memelihara 'rumah virtual' saya ini adalah satu nikmat dari Allah yang saya selalu syukuri. Apalagi perpanjang domain saya setiap bulan Mei, di mana itu adalah bulan kelahiran saya dan saya khususkan untuk selalu menghadiahi diri saya sendiri dengan renew domain blog saya ini.

Delapan tahun menjadi blogger dan berkembang diri dengan disertai pekerjaan lain sebagai influencer dan buzzer ternyata sangat bermanfaat untuk saya. Kemudian saya memberanikan diri untuk membuat komunitas di Pekalongan yang saya beri nama Komunitas Blogger Pekalongan (KBP) yang  kini usianya sudah tiga tahun lebih. 


View this post on Instagram

A post shared by Noorma Fitriana M. Zain (@noormafmz) on

Tak hanya itu, menjadi seorang blogger yang sebenarnya tidak begitu terkenal di jagat maya ini (hehehe) namun ternyata bisa menjadi perantara saya menjadi narasumber di berbagai kesempatan. Pernah diminta untuk mengisi pelatihan blogging di depan mahasiswa KKN, di depan pelaku bisnis UMKM, di event tahunan kota Pekalongan, hingga yang paling terbaru bulan Maret ini saya diminta untuk mengisi Pelatihan Blogging untuk temen-temen Karangtaruna di desa Bojong.


Saat mengisi pelatihan biasanya saya memberikan materi tentang serba-serbi ngeblog hingga tips ngeblog. Untuk peserta macam-macam juga, ada yang sudah punya bekal kemampuannya di sosial media, ada pula yang bener-bener masih gagap teknologi. Tapi antusiasmenya sama-sama besar. Pernah juga saya terharu saat ngisi di Telkom Pekalongan, ada peserta workshop Optimasi Website dan Blog untuk Bisnis Online berasal dari kabupaten sebelah yang jaraknya lebih dari 50 KM sekali jalan loh. 

Menjadi narasumber di beberapa event adalah prestasi terbesar saya selama saya menjadi blogger. namun, saya belum puas sampai di sini, karena saya masih harus banyak belajar lagi dan lagi. Saya sadar betul kualitas tulisan saya juga masih biasa-biasa saja. Karena saya memang tidak ada basic tulis-menulis, semuanya otodidak belajar sendiri, Hehhee.. Namun harapannya tulisan yang sederhana ini bisa menjadi manfaat untuk temen-temen yang sudi membaca tulisan saya ini, ya.. 

Kalau boleh saya bertanya, temen-temen yang berprofesi sama dengan saya, apa prestasi terbesar kalian saat setelah menjadi blogger?

Comments

  1. Aih pencapaian yang luar biasa, semangat berbagi dan mencerahkan orang lain.
    Sukses KBP nya mba.. mantap

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.