Skip to main content

Asuransi Flexi Critical Illness, Mempersiapkan Diri dan Keuangan untuk Segala Kemungkinan Terburuk

Assalamu’alaikum,
Beberapa hari lalu, salah seorang teman berdomisili di Riau mengirimkan foto kondisi terkini di sana.
“Mbak, doain ya semoga kabut asap ini segera berakhir, saya mau ke kantor saja susah. Jarak pandang makin dekat, sesak nafas, kasian anak-anak, mbak..” 




Pesan dari WA masuk darinya bikin trenyuh hati. Musibah Kabut Asap di Riau dan Kalimantan menjadi salah satu musibah yang serius sepanjang tahun 2019 ini. Musim kemarau yang panjang dan belum adanya hujan menambah makin banyaknya lahan yang terbakar, dikutip dari berita di liputan6 lahan yang terbakar sudah 6 ribu hectare lebih. 

Kabut asap salah satu polusi udara yang serius sekali. Jangan sampai makin banyak korban. Kita semua bantu doa supaya musibah yang menimpa saudara kita di sana segera berakhir.


Namanya Polusi Udara seperti itu, ada ancaman berbagai penyakit kritis seperti jantung, paru-paru, stroke, bahkan kanker. #AmitAmit ya Allah,.. namun kalau pun kita sampai terkena penyakit kritis seperti yang saya sebut di atas, mau nggak mau, kita harus siap.

Saya pernah didiagnosa punya gejala penyakit jantung dan diabetes. Kata dokter, beberapa penyakit kronis seperti Diabetes bisa terturun dari genetic. Almarhum bapak saya meninggal karena komplikasi Diabetes, Liver, dan Jantung. #AmitAmit penyakit tersebut hinggap di tubuh saya juga, tapi sekali lagi, kalaupun iya, saya harus siap. 

saya punya anak-anak yang masih kecil, saya mau masa depan mereka cerah, mereka hidup bahagia. Saya punya suami yang baik, saya juga tidak mau ketika saya punya penyakit kritis seperti itu, saya menjadi beban keluarga. 

Mulai Rajin Berolahraga dan Makan Makanan Sehat

Mau sehat mulai dari diri sendiri. Saya menyadari selama 4 tahun terakhir saya kurang olahraga, kesibukan yang membuat saya menjadi kurang ada waktu untuk ikut kelas aerobic atau pun kelas zumba. Tapi setelah bapak saya pergi ke haribaan Ilahi, saya jadi semangat untuk menggerakan badan saya setidaknya 30 menit setiap hari. Ketika memang tidak ada waktu itu kelas di sanggar senam, biasanya saya gunakan untuk jalan-jalan dan naik turun tangga di kampus. 

Gerakan olahraga kardio seperti lompat tali dan renang bagus untuk keseimbangan tubuh dan bisa mengusir racun dalam tubuh.

Selain itu, tidak lupa asupan makanan bagi tubuh juga menjadi salah satu hal terpenting dalam melawan segala penyakit. Tapi, ingat ya.. ada beberapa makanan yang memang menjadi pantangan untuk beberapa penyakit, makanan bisa jadi penangkal, tapi bisa juga justru menjadi pemicu. 

Ada banyak makanan dan buah yang baik untuk kesehatan, seperti buah beri, anggur, bawang putih, dan kacang-kacangan memiliki kandungan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit kritis, baik kanker maupun jantung. 
Cek Kesehatan

Waktu saya merasakan beberapa keluhan, suami saya menyarankan untuk cek kesehatan. Saya pun nurut, saya ke puskesmas untuk cek kesehatan jantung, tapi kata dokter faskes 1 kalau di puskesmas alatnya tidak terlalu lengkap, harus ke spesialis dalam di rumah sakit. Jujur sih ya saya masih agak takut untuk EKG, hehe..

Ada banyak referensi yang saya baca tentang ciri-ciri penyakit jantung, seperti adanya rasa nyeri di punggung atas, siku, bahu, atau peregangan di bagian rahang, leher, dan sekitarnya. Tapi ketika ciri-ciri tersebut saya alami, saya tidak lantas mengklaim diri saya sakit jantung sih waktu itu, tapi saya anggap karena kelelahan. Semoga memang bukan karena penyakit serius, ya. Aamiin.

Saya juga sering merasa was-was ketika merasakan sesak napas atau nyeri di bagian dada. Tapi ternyata karena asam lambung saya yang sedang naik. Memang harus cek kesehatan dan mengenali pola hidup kita ini, olahraga dan perbanyak makan makanan sehat. 

Mempersiapkan Diri dan Keuangan untuk Segala Kemungkinan Terburuk


Berangkat dari pengalaman bapak yang meninggal karena penyakit kritis, dan saat itu kondisi keuangan keluarga juga belum stabil. Saya jadikan itu sebagai pengalaman berharga. Walaupun saya sudah mengatakan #AmitAmit tapi kalaupun saya mengalami penyakit kritis, sudah tentu pasti banyak tanggungan biaya yang perlu dicover. Biaya pengobatan dan biaya lain yang tak terduga membuat saya harus menyiapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Kadang, sakit seperti itu juga datang secara tiba-tiba, uang yang awalnya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari akhirnya untuk biaya medis. 

Alhasil, pengalaman Ibu saya juga pernah meminjam uang kepada keluarga besar untuk membiayai biaya rumah sakit almarhum bapak saya. Jadinya, memang tidak sedikit orang yang terbelit utang karena membiayai pengobatan penyakit kritis seperti kanker, diabetes, liver, dan operasi jantung. Sering juga kita mendengar beberapa orang yang mempunyai sakit kritis malah makin depresi karena merasa menjadi beban keluarga. Dan saya tidak ingin seperti itu, saya punya keluarga dan anak anak dan ingin mereka tetap terus berjalan maju tidak terbebani oleh saya.

Lalu, dengan Cara Apa?


Salah satu yang bisa menjadi solusi adalah menabung untuk jaminan masa depan jika hal tak terduga terjadi, namun menabung uang di bank saja ternyata tidak cukup. Karena inflasi dan nilai tukar uang yang kian menurun. Hal nyata yang saat ini menjadi pilihan solusi adalah mempunyai asuransi penyakit kritis, Flexi Critical Illness. 

Yuk Kenalan Dengan Flexi Critical Illness

Flexi Critical Illness adalah asuransi penyakit kritis dari Astra Life yang memberikan perlindungan atas penyakit kritis utama yang paling banyak terjadi atau dialami penduduk Indonesia yaitu stroke, serangan jantung, dan kanker. Jangan khawatir, karena harga premi dari asuransi ini sangat terjangkau dan besar kecil nilai perlindungannya bisa kamu #Atur Sendiri secara online.

Ada 5 keunggulan dari Asuransi Flexi Critical Illness adalah:
  1. Perlindungan untuk penyakit kritis utama yang sering terjadi di Indonesia, yakni stroke, serangan jantung, dan kanker mulai dari kanker tahap awal.
  2. 50% dari uang pertanggungan akan dibayarkan saat terdiagnosa kanker tahap awal, membantu kamu dan keluarga memiliki dana untuk melakukan pengobatan dan melawan kanker.
  3. Nilai perlindungan hingga Rp 2 Miliar, tanpa perlu repot cek medis dan 100% transaksi dapat dilakukan dengan mudah secara online.
  4. Lebih murah dari harga segelas kopi per hari. Premi efisien karena dihitung berdasarkan risiko setiap tahun saja.
  5. Komitmen tahunan dan otomatis diperpanjang sesuai kebutuhanmu hingga usia 85 tahun. Tidak perlu repot mendaftar ulang setiap tahunnya.

FYI, saya sudah mencoba membeli premi di website ilovelife.co.id. dan masya Allah sangat mudah dan cepat, nggak ada 5 menit malah. Prosesnya mudah dan 100% online, harga premi untuk saya sendiri dengan usia 32 tahun adalah sebesar Rp94.500,00 selama setahun.



Enaknya di Asuransi Flexi Life ini adalah asuransi jiwa murni yang di mana uang pertanggungan dan preminya bisa ditentukan oleh nasabahnya sendiri, jadi bisa dibilang Asuransi ini adalah Asuransi Jiwa Fleksibel.

Beberapa kelebihan dari Asuransi Flexi Life ini adalah:
  • Satu polis untuk sekali seumur hidup
  • Membayar premi sesuai risiko saat ini atau usia saat mendaftar. Saya ambil contoh nih ya, orang usia muda biasanya memiliki risiko yang lebih kecil dibanding dengan orang berusia tua. Sehingga premi untuk orang yang punya usia lebih muda bisa dibayar lebih murah dan disesuaikan dengan risiko hidup setiap tahunnya. Kemudian Polis bisa otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun.
  • Nasabah bisa mengubah premi secara online sesuai kebutuhan dan kemampuan, misalnya bulan ini bayar Rp 500.000/bulan namun karena bulan depan harus bayar biaya masuk anak sekolah, maka bisa menurunkan premi jadi Rp 200.000,-
  • Pembayaran premi dapat dilakukan secara per-bulan, per-3 bulan, per-6 bulan, atau per-tahun. Jika memilih pembayaran per-tahun, maka bisa lebih hemat karena ada potongan 2 bulan. Jadi cukup bayar premi 10 bulan, sudah bisa dapat perlindungan untuk 12 bulan.
  • Untuk teman-teman yang ingin membeli premi ini, bisa melakukan pembelian di website https://ilovelife.co.id/ ya, jangan lupa gunakan kode BLOGNOORMA44 ya..

Semoga kita semua terhindar dari penyakit kritis ya, kalaupun itu sudah menjadi suratan, hadapi saja, selain berdoa kepada Allah, kita bisa menyiapkan diri untuk kehidupan mendatang. Jangan biarkan penyakit kritis meringis dalam diri kita. Ingat, ada anak-anak yang harus tetap tersenyum dan menjalani kehidupan layak di masa depannya.

Comments

  1. Benar emang harus dipersiapkan sejak dini ya untuk jaga2 di ke depannya kita tidak tahu apa yang akan terjadi, btw keuntungannya banyak banget ya

    ReplyDelete
  2. Aku juga menggunakan asuransi ini mba. Bagus juga bisa melindungi banget diri kita dan keluarga kita ya mba. Bentuk perlindungan terbaik :)

    ReplyDelete
  3. Nah ini enak banget flexi, bisa juga diturunkan preminya ya
    jadi sesuai kebutuhan, kadang kan kita nggak tahu mendadak gitu kejadiannya

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang punya asuransi itu emang suatu kewajiban banget ya mbak. Kita gak tau kedepannya gimana dan biaya kesehatan mahal banget.

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya mb noorma saya bahkan baru tau kalo ada asuransi jenis ini, saya jadi kepikiran buat masukkin asuransi ini dalam daftar pilihan pertimbangan saya kedepan... Makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  6. Betul, kesehatan itu sangat penting ya, dengan adanya proteksi juga lebih memudahkan ketika kita butuh,

    ReplyDelete
  7. Hari gini memang asuransi sangat penting. Dengan asuransi lebih nyaman saja ya Mbak kalau ada sesuatu hal, bisa langsung ditangani dengan cepat.

    ReplyDelete
  8. Ayo jaga kesehatan, jangan makan yang menjadi pemicu asam lambung seperti kacang, tepung, dan buah yang mengandung gas kayak durian, nanas, dan nangka.

    Aku penasaran, ini harga preminya gak sampai 100 ribu itu untuk setahun atau per bulannya? Itu kok nulisnya per bulan udah bener kah? Murah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga nih, terkadang tubuh kita tuh melakukan perlawanan karena makanan yang masuk ke tubuh terdeteksi sebagai bahaya. Tubuh kita sudah memberikan alarm, kadang kitanya yang terlalu abai ya.

      Delete
  9. Ternyata ada ya asuransi khusus untuk critical illness.

    Setuju banget kita harus menyiapkan untuk masa depan, sebesar apapun.
    Semoga senantiasa diberi kesehatan ya Mbak..

    ReplyDelete
  10. Semoga kita semua terhindar dari penyakit2 kritis ini. Namun mempunyai asuransi jiwa memang lebih utama ya..

    ReplyDelete
  11. Saya pernah dengar bahwa ikut auransi itu sama dengan 'ngalup' atau sengaja ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun jika dipahami secara realistis dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, maka asuransi itu masuk akal kan ya. Memang takdir di tangan Allah, namun harus ada ikhtiar dulu sekuatnya.

    Dan memilih asuransi juga nggak boleh sembarangan, makin ke sini makin banyak perusahaan dan produk asuransi yang ditawarkan. Kita harus memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita loh :)

    ReplyDelete
  12. Wah, banyak dapat ilmu baru tentang perencanaan keuangan lewat asuransi dan saya baru tahu tentang Asuransi Flexi Life ini. Banyak sekali ya Mbak manfaatnya... TOP dah!

    ReplyDelete
  13. Selain asurqnsi pendidikan,asuransi kesehatan juga penting banget. Diusahakan banget menyisihkan tqbungan untuk 2 pos ini

    ReplyDelete
  14. Sehat2 sll y mb noorma, kita memang perlu punya asuransi ya istilahnya ikhtiar in case kita di masa tua sakit atau apa jd tidak merepotkan anak

    ReplyDelete
  15. Semoga aku segera punya asuransi aamiin
    Flexi ini keren juga ya kak, preminya disesuaikan dengan kebutuhan kita
    apalagi asuransi ini sebagai perlindungan kita.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih mbak Noorma informasinya.Bermanfaat nih. Bru tahu ada kemudahan transaksi asuransi seperti ini. Bagaimana status perusahaannya mbak?

    ReplyDelete
  17. Bersandar satu-satunya memang kepada Allah. Akan tetapi, manusia hanya bisa berikhtiar yo, Mbak, dengan mempunyai asuransi semacam ini. Semoga kita sekeluarga dimampukan oleh Allah.

    ReplyDelete
  18. Aku kepikiran asuransi juga buat suamiku, karena pekerjaannya berat dan beresiko tinggi. Coba ntar aku infoin ke dia, ah

    ReplyDelete
  19. Semua emang harus dipersiapkan ya? Kayaknya peribahasa sedia payung sebelum hujan itu bener banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya nih..selama ini sering banget dengar perumpamaan begini saat bicara ttg asuransi

      Delete
  20. Wah banyak banget ya manfaatnya kalo ikut asuransi ini. Memang penyakit jantung dan kanker, jadi penyakit no 1 di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Aku juga punya genetik diabetes nih, semoga saja dengan pola makan dan gaya hidup sehat bisa terkendali ya dan tidak muncul sakitnya. Maunya kan sehat terus ya sampai tua mendampingi anak-anak. Proteksi perlu juga ya kayak asuransi gini agar tak merasa was-was gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kaya aku mba Uniek keluarga alm. Mama dan Papa ku banyak yang kena diabetes. Semoga kita sehat selalu ya dan jauh2 dari penyakit.

      Delete
  22. Walaupun sedih dan menakutkan, tp perihal ini memang harus dibahas sama suami ya mba. Saya setuju banget untuk mempersiapkan asuransi, biar ketika #amitamit terjadi hal yg paling buruk..kita tuh udah tenang gitu ya. Asuransi flexi emang bisa jadi pilihan nih...

    ReplyDelete
  23. Bayar preminya enak ya bisa diubah-ubah ya sesui dengan budget yang ada.
    Ku percaya penting banget asuransi ini, soalnya ku pernah merassakan manfaatnya.
    Ah, semoga kita selalu diberikan kesehatan yaaa Noormaa.
    Sehat slalu yang disonooo.

    ReplyDelete
  24. Semoga asuransi2 seperti ini bisa sangat membantu kala nasabahnya terkena penyakit berat

    ReplyDelete
  25. saya juga ada riwayat diabetes dari kakek nenek saya mbak, amit2 makanya saya bener2 ngejaga asupan gula :)

    ReplyDelete
  26. Penyakit kritis biayanya besar ya bisa-bisa kehabisan boaya. Gak ada satu orangpun yang mau mengalaminya ya tapi untuk berjaga-jaga perlu ya punya perlindungan sejak dini

    ReplyDelete
  27. Flexi Critical Illness membantu kita menjaga orang yang kita kasihi untuk kembali sehat seperti sedia kala dan keluarga tidak perlu keluar uang banyak untuk pengobatan rumah sakit.

    ReplyDelete
  28. hmm aku sebenarnya cemas, karena mamaku juga diabetes, tapi kita berusaha untuk menjaga kesehatan ya mba. memang butuh juga proteksi sepeti asuransi untuk keluarga

    ReplyDelete
  29. Menyenangkannya ini preminya bisa diatur ya mba. Aku kemarin bukan yang preminya murah. Memang asuransi sekarang perlu ya buat aware diri

    ReplyDelete
  30. Kalau ortu punya penyakit yang bisa menurun kaya diabetes tuh kita kudu ningkatin kewaspadaan. Jaga kesehatan, hindari yang jadi penyebab dan jangan lupa asuransi juga biar hati tenang

    ReplyDelete
  31. Keren juga ya asuransi ini, sangat terjangkau dan besar kecil nilai perlindungannya bisa #Atur Sendiri secara online trus banyak lagi manfaatnya, cakep!

    ReplyDelete
  32. asuransi itu emag penting banget yaaaa, ibaratnya investasi nih soalnya yang namanya penyakit nggak pandang bulu dateng di usia berapa dan kapan aja

    ReplyDelete
  33. Memang proteksi itu penting banget yah, karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya. Aku juga sekarang lagi banyakin olahraga nih, udah mulai kerasa faktor U hehe

    Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan yaaah

    ReplyDelete
  34. Asuransi memang seperti payung di kala hujan ya. jadi proteksi jadi melindungi saat dibutuhkan walau kadang bawa2nya suka jadi ribet xixii

    ReplyDelete
  35. Mempersiapkan masa depan untuk yang lebih baik dan hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi adalah bentuk ikhtiar kita ya Mbak. Yang penting tetap berusaha.

    ReplyDelete
  36. Wah asik donk ya di asuransi flexi ini kita bisa naik turunkan premi via online. Jadi bisa kita sesuaikan dengan keuangan kita

    ReplyDelete
  37. Mempersiapkan masa depan itu memang harus jadi perhatian utama ya, Mbak.
    Karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari

    ReplyDelete
  38. Iya dariopada bat ngopi kekinian kalau ada duitnya mending beli asuransi y ambak? Apalagi Flexi CI ini banyak banget manfaatnya dan cara belinya cukup mudah bisa via online aja

    ReplyDelete
  39. Resiko berbeda-beda bayar premi ini akan berdampak pada jumlah uang pertanggungan dan masa si asuransi itu sendiri, gak kak Noorma?
    Aku salut sama kemudahan dan produk yang ditawarkan Astra.
    Bisa menjadi salah satu solusi terkini untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  40. kita memang ngga pernah tau kemungkinan terburuk dalam hidup ini ya..tapi kalau kita siap insya Allah lebih ringan menghadapinyaaa

    ReplyDelete
  41. situasi yang terjadi akhir-akhir ini beneran bikin mataku terbuka deh kak, sekarang sadar banget bahwa punya proteksi dan asuransi itu penting banget. karena emang apa yang terjadi kedepan itu kita ga pernah tahu

    ReplyDelete
  42. Wah ternyata mudah ya pakai Asuransi Flexi Critical, bs menurunkan premi saat kondisi sulit. Sekarang asuransi udah jadi kebutuhan mbak :))

    ReplyDelete
  43. wah asuransi flexy ini mantap ya, kak. mudah banget ternyata dan gak mahal polisnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.