5 Keuntungan Blog Niche dan Tema Blog yang Saya Sukai - Cah Kesesi AyuTea

5 Keuntungan Blog Niche dan Tema Blog yang Saya Sukai

#BPN30dayChallenge2018 #Day2



Assalamu’alaikum,



Masih semangat dong ya untuk ikut #BPN30dayChallenge2018? Baru hari kedua jangan sampai kendor semangatnya, ya. saya sendiri juga sedang berusaha memanage waktu untuk tetap bisa ngisi blogpost terbaru setiap hari. hehe

Tema hari kedua #BPN30dayChallenge2018 dari #BloggerPerempuan adalah Tema Blog yang disukai. Dan kali ini saya akan membahas tema atau niche blog. Kita semua sudah tahu dong ya kalau tema atau niche blog itu buanyak sekali. Diantaranya ada travel, kuliner, beauty, parenting, pendidikan, techno, review, financial, kesehatan, lifestyle, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak niche blog, ternyata yang paling banyak diminati adalah lifestyle atau gaya hidup. Tema blog ini biasanya lebih ke personal atau bisa juga dibilang gado-gado alias campur-campur.

Hmmm, adakah yang belum tahu apa itu Niche? Niche adalah istilah lain untuk mengartikan "topik" yang dibahas di sebuah blog. Topik atau pembahasan dalam suatu blog memegang peran penting dalam hal SEO serta kenyamanan pengunjung yang ingin mencoba mengikuti blog kamu.

Bagaimana Niche Bekerja dalam SEO?

Sebenarnya saya tidak akan membahas teknis banget perihal SEO ini, ya. Tapi, sedikit saya tahu ketika sebuah blog memiliki sebuah topik pembahasan yang terpusat, dengan kata lain hanya memiliki 1 niche saja, maka konten yang akan dimuat dalam artikel tersebut akan menjadi lebih lengkap dalam 1 hal yaitu niche itu sendiri.

Berbeda dengan blog yang memiliki niche gado-gado, blog yang hanya memiliki 1 topik pembahasan akan lebih mudah mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari google dan/atau yahoo. 

Menurut saya, niche blog juga bisa untuk membranding seseorang itu sendiri. misal nih ya, Niche blog mbak Diah Didi adalah Food Blogger dan lebih fokus pada kuliner dan resep masakan rumahan. So, ketika kita mendengar nama mbak Diah Didi, kita langsung inget tentang resep-resep di blognya.


Lain contoh, Blog Mak Irits yang membahas tentang financial keluarga. Ada sosok di balik mak Irits, yaitu mbak Rahmi Aziza, ketika kita bertemu dengan mbak Rahmi Aziza, branding Mak Irits langsung melekat di benak kita. 

Blog bertema khusus (niche blog) saat ini memang berkembang pesat seiring dengan fenomena monetisasi blog. Maka tidak heran jika kini kita bisa menemukan blog-blog yang khusus membahas tema-tema tertentu seperti niche food, niche kesehatan, niche teknologi, niche travelling, niche parenting, niche sepak bola atau niche-niche lain yang mungkin saja bisa lebih spesifik.

Keuntungan Blog Berniche 

Lalu kenapa blog niche khusus ini bisa begitu menjadi perhatian karena dinilai lebih menguntungkan? Saya akan coba ulas, ya. 
  • Memikat pembaca blog
Dengan adanya blog berniche khusus, blog tersebut akan berpeluang mendapatkan pembaca blog yang setia. Secara tidak langsung apabila kamu konsisten memposting tulisan dengan satu tema, maka pembaca secara otomatis akan menyadari bahwa kamu bertema tertentu. 

Maka jika suatu saat mereka membutuhkan informasi yang sama, mereka akan mengingat blog kamu dan akan mengakses blog kamu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. 
  • Membangun Komunitas
Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan, kesukaan dan hobi. Nah, dengan kamu membangun blog berniche khusus, maka secara tidak langsung kamu sedang mengupayakan membuat tempat atau media berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kesukaan yang sama.

Dengan adanya komunitas tersebut, akan berkembang menjadi networking. Kalau yang sudah-sudah sih, setelah terjalin networking seperti ini, jalinan hubungannya akan makin kuat dan akan saling support satu sama lain.
  • Menjadi Ahli atau Spesialis
Jika kamu terus-menerus dengan konsisten memposting tulisan dengan tema yang sama, maka ilmu kamu tentang topik atau tema tersebut akan terus semakin bertambah. Nah, apabila hal ini telah melekat dan menjadi personal branding kamu dan mendapat pengakuan dari publik, maka itu artinya kamu telah menjadi seorang yang ahli atau spesialis pada tema atau niche blog yang kamu kembangkan.

Saya beri contoh ya, kamu kenal dong mak Grace Melia maminya Ubii? Berawal dari sharing-sharingnya dia tentang Rubella, sekarang mak Gessi sudah sering jadi pembicara tentang Rubella ini dengan didampingi dokter atau seorang profesional lainnya. bahkan dia membangun komunitas juga dari sini. Kiprahnya di dunia blog juga sangat bagus. Banyak hal yang bisa kita ketahui dari apa yang ditulis oleh mak Gessi. 
  • Menarik Para Pengiklan
Bila kamu sudah memonetise blog kamu. Blog niche akan memiliki peluang lebih besar untuk menarik para pengiklan daripada blog personal. Hal ini dikarenakan niche blog lebih menarik para pengiklan untuk mempromosikan produk atau jasanya karena kesamaan ide.


Para pengiklan berasumsi bahwa iklan yang ditampilkan pada blog niche akan banyak menarik calon konsumen yang memang datang kesana karena satu ketertarikan yang sama. Selain iklan mandiri (iklan yang ditulis atau dikenal sponsor post), iklan dari Google atau Google Adsense juga sangat menyukai blog-blog yang memiliki tema khusus ini.
  • SEO Friendly

Seperti yang sudah saya singgung di atas, blog niche memang akan membuat blog kamu menjadi SEO friendly. So, jangan heran semisal blog kamu personal kemudian posting tentang makanan tertentu. Ketika kamu googling nama makanan itu, belum tentu blog kamu berada pada posisi strategis atau di page one, karena biasanya blog berniche kulinerlah yang akan menduduki posisi teratas.

Tema Blog yang Saya Sukai

Setelah sedikit membahas tentang beberapa keuntungan blog berniche khusus. Saya akan sebutkan tema blog yang saya sukai. But, sebelumnya saya mau curhat dulu, hehhee. 

Blog saya ini blog lifestyle atau campuran, lebih ke personal. Sebenarnya saya lebih banyak bahas review dan seringnya saya hubung-hubungkan dengan nama tempat tinggal saya, yaitu Kesesi. Bahkan sudah banyak yang menjadikan Kesesi sebagai identitas saya. kalau dibilang suka apa enggak dengan niche lifestyle ini, sebenarnya ya fifty-fifty gitu. Kurang sukanya karena saya seperti belum menemukan jati diri, hahaha. tapi sukanya saya jadi bebas gitu mau nulis apa saja di blog saya ini. Karena memang sejak awal bikin blog murni buat diary online sih, hehe.


Nah, tema yang saya sukai pertama adalah BLOG KESEHATAN. Kenapa? Backrgound saya yang sering sakit bikin saya sering cari tahu dulu, ya kali ada sharing dari blogger tentang apa yang saya rasakan. Blog saya ini juga ada label Kesehatan loh, dan trafiknya paling tinggi diantara postingan lainnya.


Yang kedua, Tema PARENTING atau pengasuhan anak. Kalau ini jelas banget karena saya sudah punya anak, maka artikel-artikel parenting saya sering cari. Parenting ini mencakup buanyak sekali sih, dari mulai masalah ASI sampai ngatasin anak GTM dan tantrum juga saya sering googling. Hehe

Yang ketiga, saya suka blog dengan tema Traveling dan Kuliner. Sepertinya kedua tema tersebut memang tidak bisa dipisahkan, ya. karena ketika kita berkunjung ke suatu tempat, kita akan secara otomatis mencari makan di tempat tersebut, dan biasanya akan lebih tertarik untuk mencoba makanan khas dari tempat yang kita kunjungi. 

Yang terakhir, saya suka blog niche tekno. Jadi selain tiga tema di atas, saya juga sering cari-cari artikel tentang tekno. Berawal dari menyadari saya gaptek, maka saya harus berusaha mencari solusi ketika mendapati sebuah masalah. Contohnya, ketika tiba-tiba HP saya ngelag, saya googling dong ya cara mengatasi HP yang tiba-tiba lag. Atau, ketika saya nggak sengaja file penting saya terhapus, dan saya benar-benar ingin file tersebut kembali, maka saya akan cari artikel yang membahas tentang hal tersebut.

Menyukai ke empat niche blog di atas bukan berarti saya tidak menyukai blog berniche lain loh, ya. semua suka, hanya saja saya seringnya mencari artikel tentang empat hal tersebut. Nah, kalo kamu. Tema blog apa yang kamu sukai?

51 comments:

  1. Bingung...sakjane yg lifestyle, kesehatan, parenting, travel or tekno?

    Ahh mgkn sy lelah, tak pamit sek mbakdos

    ReplyDelete
  2. Sama mbak aku juga sukanya bahas lifestyle karena akan ada banyak hal yang bis akita tulis dan lagi nggak monoton biar nggak bosen gitu :)

    ReplyDelete
  3. Wah, tulisan mbak Noorma ini nambah wawasan banget. Milih niche blog emang nggak asal-asalan dan ada alasan di baliknya ya.
    Thank you mbak.

    ReplyDelete
  4. Aku suka campur-campur wkwwkk jadilah blogku masuk ke lifestyle, tapi sampe saat ini brandingku masih kuat di penulis Kak. Pengenya punya blog niche yang lain kak, misalnya bisnis online jualan gitu yang dekat dengan keseharian. Atau ngecraft yang suami kuasai, nah aku bagian yang nulis hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku suka blog lebih dari gaya bahasa nya...asal enak, renyah menyampaikannya...aku betah banget ngubek-ngubek blognya.
    Hihhii~

    ReplyDelete
  6. sama mbak, blogku juga lifestyle. Soale aku cenderung moody dan bosenan sih, kalau nichenya lifestyle kan mau nulis apa aja bisa...

    ReplyDelete
  7. betul yah mba, dengan punya niche blog yang khusus branding diri kita sudah terjawab di blog kita.. apalah saya yang gado-gado ini heheheh

    ReplyDelete
  8. Niche ku gadho2 ik..hehe.. Kalo Noorma suka niche2 tsb,masing2 bikin 1 blog bisa kumplit tuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sebenarnya paling suka tema traveling..apa bikin blog 1 lagi ya? Hehe

      Delete
  9. Jadi kalo denger Kesesi langsung inget mbak Noorma ya. Hehe

    ReplyDelete
  10. lifestyle emang paling gampang. pembahasannya juga bisa kehidupan sehari2.

    nah, blog kesehatan emang dibutuhkan banyak orang ya mba.

    ReplyDelete
  11. Wah minatnya macam-macam ya kalau aku suka baca blog fashion, make up sama curcolan hihi

    ReplyDelete
  12. Hooh, Mbak, dirimu ki brandingnya sebagai bloger Kesesi memang sudah moncer.

    ReplyDelete
  13. Aku dulu ingin fokus ke parenting untuk blog yang 1, tapi ko lebih nyaman yang lifestyle. Hihi. Yaweslah penting hepi.. 😂

    ReplyDelete
  14. Blog aku dua-duanya berniche lifestyle mbak.. cuma arahnya yang satu lebih ke edukasi (meski isinya sering nggak nyambung) yang satunya lagi lebih ke parenting hahaha.

    ReplyDelete
  15. Ajib, habis baca tulisan mbak Norma, aku jadi nyadar kalau salah tangkap tema tulisan yang ke-2.

    Gegara ingetnya Tema = Theme, alias template blog .. :))

    Brb edit post, tapi nggak sekarang.
    Hihihi ..

    Keren ulasannya nih, karena komplit dan detail.

    ReplyDelete
  16. Huhuhu jadi ingat blog sendiri. Mau dibilang blog parenting masih ada galau galaunya. Padahal penting banget buat branding diri ya mba

    ReplyDelete
  17. Kalau aku belum bisa fokus di satu topik gitu. Masih campur aduk isi blogku. Tapi aku sukanya nulis review novel di blog dan kadang kadang nulis untuk ikut lomba blog.

    ReplyDelete
  18. Saya blognya gado-gado hehe karena memang suka menulis apapun. Ada satu lagi sih blog yang Niche family&parenting tapi jarang update

    ReplyDelete
  19. Aku pengen ikutan #BPN30 ini maju mundur huhu soale belakangan ini sibuk banget di dunia nyata. Btw kalau blog aku masih gado-gado, lebih tepatnya lifestyle mungkin ya belum berninche.

    ReplyDelete
  20. Aku suka tema blog traveling dan kuliner mba gara-gara Trinity Traveler. Btw, aku seneng tuh baca blognya ibu diah didi. Resepnya oke semua.

    ReplyDelete
  21. blogku masih lifestyle dengan apa ajaaa ada hahaha... tapi akhir-akhir ini lagi seneng nulis tema-tema motherhood gitu sambil curhat :D

    ReplyDelete
  22. Kalau saya paling menulisnya seputar keluarga, terutama anak-anak. Dulu pernah punya blog personal untuk curhat diri sendiri, ternyata gak jalan :)

    ReplyDelete
  23. Kebanyakan blognya lifestyle ya. Aku juga pake blog lifestyle, biar kalau menulis apapun nggak ada tanggungan dosa. Hahahha.

    ReplyDelete
  24. Aku dlu pgn fokus ke niche diy diy or craft gt mbk, tp entahlah sepertinya makin ke sini blogku jd berniche gado2, campur-campur.

    ReplyDelete
  25. Aku tuh niatnya sih punya niche tapi akhirny ngga tahan untuk gado-gado karena memang aku tertarik dengan berbagai hal dalam hidup!

    ReplyDelete
  26. Baru aja bunda komunikadi sama sama blogger yg blm pernah ketemu tp care banget sama bunda. Bunda tanya kl nichie blog bunda miscellaneous itu kl diganti baiknya apa? Pendapat bikin seneng katanya ganti aja dengan lifestyle. Wah Noorma sama Yulie tek tok nih. Thanks sharingnya, Noorma.

    ReplyDelete
  27. aku masih nyaman dg lifestyle alias gado2, selain belum punya tenaga buat ternak blog, masih sayang duit buat bayar macem2 domain juga hahaa.

    ReplyDelete
  28. Saya juga pengen blog-nya niche tertentu, tapi malah jadi mandeg nulis, yowess-lah jadi blog gado-gado dengan bahasa keren lifestyle blogger

    ReplyDelete
  29. Eh iya juga ya mbk, ada bnyak keuntungan yg diperoleh dr blog yg punya niche tertentu. Duh aku kapan ya konsen ke niche tertentu...

    ReplyDelete
  30. Bener juga ya, Noorma, kalau blog berniche itu bisa juga menjadikan branding diri. Lihat blog Mbak Diah Didi, langsung tahu dech, Mbak Diah yang suka memasak dan menulis resep masakan dan proses mulai masakan itu dibuat, dimakan sampai ada hostory nya sendiri. Jadi berpikir nich, sebenere aku tuh brandingnya apa ya?

    ReplyDelete
  31. Aku suka banget tema travelling dan kuliner. Tapi sebetulnya aku suka nulis apa saja sih :)

    ReplyDelete
  32. Aku mau menentukan niche blog masih bingung.. soalnya nulis keuangan suka, nukis traveling juga suka, nukis kesehatan juga suka.. hihi makanya niche nya lifestyle aja lah :)

    ReplyDelete
  33. Kukira blog mba Noorma berniche juga ternyata blog campuran juga wkwk, ya sama donk kita.

    ReplyDelete
  34. Aku kenal dirimu justru dari penamaan Kesesi ayu thea, hahhaa

    ReplyDelete
  35. Blog aku sudah ber-niche, tapi terkadang bosan ingin bahas topik yang lain diluar niche.

    ReplyDelete
  36. Harus punya nichie yg fokus ya mba biar ada branding dan aku masih belum itu.. dah kadung campur d blog to ada khusus blog kuliner dih

    ReplyDelete
  37. Iya ya mb Norma milih niche itu branding blog kita jadi jangan asal2an aja.

    ReplyDelete
  38. Saya berharap bisa fokus bahas soal kuliner dan parenting yang dipadankan sama fotografi.
    Masih terkendala waktu.

    ReplyDelete
  39. Jadi blog yang memiliki niche itu bisa menarik para pengiklan ya Kak.
    Duh blog aku gado-gado semua, jane pengne yang spesifik gitu tapi kok belum kesampaian gitu nulisnya. Lagi-lagi campur - campur hehhe

    ReplyDelete
  40. nah untuk bikin blog berniche khusus butuh energi juga, sambil ngelola blog utama yg lifestyle ya mbak, hehe, tetep semangat! Yang penting sharing konsisten ya :)

    ReplyDelete
  41. Dulu aku suka tema parenting tapi skr anak-ana udah gede jadi beralih ke tem alain deh, jalan-jalan itu tema fav aku skr

    ReplyDelete
  42. Aku mayan sering nulis techno di blog, walau nichenya bkn techno sii. Mampir ya mba, hehe

    ReplyDelete
  43. Paling enak emang nulis dengan tema lifestyle, bisa berbagai hal yg ditulis, meskipun memang tidak memiliki niche khusus.

    ReplyDelete
  44. Aku salut sama blogger yang masih mempertahankan nichenya. Kalau aku dah gado2 hahha. Trsu aku coba bikin niche travel eh malah skrng blognya berdebu, entah kapan bisa nulis lg hehe

    ReplyDelete
  45. Betul sih Mbak, Niche khusus bisa menjadikan kita sebagai seorang ahli. Kayak Mbak Diah Didi, Mak Irits, atau Mbak Armita yang punya konsultan nama.

    Tapi saya tu bingung, keahlian saya tu apa, haha.. Ahli curhat sih iya.. wkwkwk... Makanya saya jadi personal blogger aja deh..

    ReplyDelete
  46. Saya termasuk blogger gado gado juga mbak. Tapi lebih ke lifestyle karena lifestyle bisa dipadukan ke berbagai tema juga.

    ReplyDelete
  47. Blogger yg disebutkan kece-kece, saya juga suka dengan blog mereka.
    Mbak Diah Didi itu abis masak bareng Rudy Choiruddin lho yaah, pas lihat di tv, ini koq kayak pernah lihat dimana yaa, oalaahh ternyata Bunda Didi :D

    saya juga suka tuh Mbak, parenting, traveling dan juga kuliner *buat referensi yaaa klo lagi jalan kemana *haiyyaa macam sering jalan ajah, hihihihhh

    ReplyDelete
  48. nulis lifestyle itu paling aman ya karena cakupannya yang luas banget

    ReplyDelete
  49. nulis dengan niche tertentu itu prestasi buatku sendiri karena jaga konsistensi itu yang sulit

    ReplyDelete
  50. Mirip-mirip sih Mba, namanya kita emak-emak ya, yang dicari nggak jauh-jauh dari parenting, juga traveling dan kuliner sebagai referensi liburan bareng keluarga. Kalau tekno, biar nggak gaptek-gaptek amat secara kita kan blogger yang urusannya nggak lepas juga dari teknologi *aseek XD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)