5 Keuntungan Blog Niche dan Tema Blog yang Saya Sukai - Cah Kesesi AyuTea

5 Keuntungan Blog Niche dan Tema Blog yang Saya Sukai

#BPN30dayChallenge2018 #Day2



Assalamu’alaikum,



Masih semangat dong ya untuk ikut #BPN30dayChallenge2018? Baru hari kedua jangan sampai kendor semangatnya, ya. saya sendiri juga sedang berusaha memanage waktu untuk tetap bisa ngisi blogpost terbaru setiap hari. hehe

Tema hari kedua #BPN30dayChallenge2018 dari #BloggerPerempuan adalah Tema Blog yang disukai. Dan kali ini saya akan membahas tema atau niche blog. Kita semua sudah tahu dong ya kalau tema atau niche blog itu buanyak sekali. Diantaranya ada travel, kuliner, beauty, parenting, pendidikan, techno, review, financial, kesehatan, lifestyle, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak niche blog, ternyata yang paling banyak diminati adalah lifestyle atau gaya hidup. Tema blog ini biasanya lebih ke personal atau bisa juga dibilang gado-gado alias campur-campur.

Hmmm, adakah yang belum tahu apa itu Niche? Niche adalah istilah lain untuk mengartikan "topik" yang dibahas di sebuah blog. Topik atau pembahasan dalam suatu blog memegang peran penting dalam hal SEO serta kenyamanan pengunjung yang ingin mencoba mengikuti blog kamu.

Bagaimana Niche Bekerja dalam SEO?

Sebenarnya saya tidak akan membahas teknis banget perihal SEO ini, ya. Tapi, sedikit saya tahu ketika sebuah blog memiliki sebuah topik pembahasan yang terpusat, dengan kata lain hanya memiliki 1 niche saja, maka konten yang akan dimuat dalam artikel tersebut akan menjadi lebih lengkap dalam 1 hal yaitu niche itu sendiri.

Berbeda dengan blog yang memiliki niche gado-gado, blog yang hanya memiliki 1 topik pembahasan akan lebih mudah mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari google dan/atau yahoo. 

Menurut saya, niche blog juga bisa untuk membranding seseorang itu sendiri. misal nih ya, Niche blog mbak Diah Didi adalah Food Blogger dan lebih fokus pada kuliner dan resep masakan rumahan. So, ketika kita mendengar nama mbak Diah Didi, kita langsung inget tentang resep-resep di blognya.


Lain contoh, Blog Mak Irits yang membahas tentang financial keluarga. Ada sosok di balik mak Irits, yaitu mbak Rahmi Aziza, ketika kita bertemu dengan mbak Rahmi Aziza, branding Mak Irits langsung melekat di benak kita. 

Blog bertema khusus (niche blog) saat ini memang berkembang pesat seiring dengan fenomena monetisasi blog. Maka tidak heran jika kini kita bisa menemukan blog-blog yang khusus membahas tema-tema tertentu seperti niche food, niche kesehatan, niche teknologi, niche travelling, niche parenting, niche sepak bola atau niche-niche lain yang mungkin saja bisa lebih spesifik.

Keuntungan Blog Berniche 

Lalu kenapa blog niche khusus ini bisa begitu menjadi perhatian karena dinilai lebih menguntungkan? Saya akan coba ulas, ya. 
  • Memikat pembaca blog
Dengan adanya blog berniche khusus, blog tersebut akan berpeluang mendapatkan pembaca blog yang setia. Secara tidak langsung apabila kamu konsisten memposting tulisan dengan satu tema, maka pembaca secara otomatis akan menyadari bahwa kamu bertema tertentu. 

Maka jika suatu saat mereka membutuhkan informasi yang sama, mereka akan mengingat blog kamu dan akan mengakses blog kamu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. 
  • Membangun Komunitas
Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan, kesukaan dan hobi. Nah, dengan kamu membangun blog berniche khusus, maka secara tidak langsung kamu sedang mengupayakan membuat tempat atau media berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kesukaan yang sama.

Dengan adanya komunitas tersebut, akan berkembang menjadi networking. Kalau yang sudah-sudah sih, setelah terjalin networking seperti ini, jalinan hubungannya akan makin kuat dan akan saling support satu sama lain.
  • Menjadi Ahli atau Spesialis
Jika kamu terus-menerus dengan konsisten memposting tulisan dengan tema yang sama, maka ilmu kamu tentang topik atau tema tersebut akan terus semakin bertambah. Nah, apabila hal ini telah melekat dan menjadi personal branding kamu dan mendapat pengakuan dari publik, maka itu artinya kamu telah menjadi seorang yang ahli atau spesialis pada tema atau niche blog yang kamu kembangkan.

Saya beri contoh ya, kamu kenal dong mak Grace Melia maminya Ubii? Berawal dari sharing-sharingnya dia tentang Rubella, sekarang mak Gessi sudah sering jadi pembicara tentang Rubella ini dengan didampingi dokter atau seorang profesional lainnya. bahkan dia membangun komunitas juga dari sini. Kiprahnya di dunia blog juga sangat bagus. Banyak hal yang bisa kita ketahui dari apa yang ditulis oleh mak Gessi. 
  • Menarik Para Pengiklan
Bila kamu sudah memonetise blog kamu. Blog niche akan memiliki peluang lebih besar untuk menarik para pengiklan daripada blog personal. Hal ini dikarenakan niche blog lebih menarik para pengiklan untuk mempromosikan produk atau jasanya karena kesamaan ide.


Para pengiklan berasumsi bahwa iklan yang ditampilkan pada blog niche akan banyak menarik calon konsumen yang memang datang kesana karena satu ketertarikan yang sama. Selain iklan mandiri (iklan yang ditulis atau dikenal sponsor post), iklan dari Google atau Google Adsense juga sangat menyukai blog-blog yang memiliki tema khusus ini.
  • SEO Friendly

Seperti yang sudah saya singgung di atas, blog niche memang akan membuat blog kamu menjadi SEO friendly. So, jangan heran semisal blog kamu personal kemudian posting tentang makanan tertentu. Ketika kamu googling nama makanan itu, belum tentu blog kamu berada pada posisi strategis atau di page one, karena biasanya blog berniche kulinerlah yang akan menduduki posisi teratas.

Tema Blog yang Saya Sukai

Setelah sedikit membahas tentang beberapa keuntungan blog berniche khusus. Saya akan sebutkan tema blog yang saya sukai. But, sebelumnya saya mau curhat dulu, hehhee. 

Blog saya ini blog lifestyle atau campuran, lebih ke personal. Sebenarnya saya lebih banyak bahas review dan seringnya saya hubung-hubungkan dengan nama tempat tinggal saya, yaitu Kesesi. Bahkan sudah banyak yang menjadikan Kesesi sebagai identitas saya. kalau dibilang suka apa enggak dengan niche lifestyle ini, sebenarnya ya fifty-fifty gitu. Kurang sukanya karena saya seperti belum menemukan jati diri, hahaha. tapi sukanya saya jadi bebas gitu mau nulis apa saja di blog saya ini. Karena memang sejak awal bikin blog murni buat diary online sih, hehe.


Nah, tema yang saya sukai pertama adalah BLOG KESEHATAN. Kenapa? Backrgound saya yang sering sakit bikin saya sering cari tahu dulu, ya kali ada sharing dari blogger tentang apa yang saya rasakan. Blog saya ini juga ada label Kesehatan loh, dan trafiknya paling tinggi diantara postingan lainnya.


Yang kedua, Tema PARENTING atau pengasuhan anak. Kalau ini jelas banget karena saya sudah punya anak, maka artikel-artikel parenting saya sering cari. Parenting ini mencakup buanyak sekali sih, dari mulai masalah ASI sampai ngatasin anak GTM dan tantrum juga saya sering googling. Hehe

Yang ketiga, saya suka blog dengan tema Traveling dan Kuliner. Sepertinya kedua tema tersebut memang tidak bisa dipisahkan, ya. karena ketika kita berkunjung ke suatu tempat, kita akan secara otomatis mencari makan di tempat tersebut, dan biasanya akan lebih tertarik untuk mencoba makanan khas dari tempat yang kita kunjungi. 

Yang terakhir, saya suka blog niche tekno. Jadi selain tiga tema di atas, saya juga sering cari-cari artikel tentang tekno. Berawal dari menyadari saya gaptek, maka saya harus berusaha mencari solusi ketika mendapati sebuah masalah. Contohnya, ketika tiba-tiba HP saya ngelag, saya googling dong ya cara mengatasi HP yang tiba-tiba lag. Atau, ketika saya nggak sengaja file penting saya terhapus, dan saya benar-benar ingin file tersebut kembali, maka saya akan cari artikel yang membahas tentang hal tersebut.

Menyukai ke empat niche blog di atas bukan berarti saya tidak menyukai blog berniche lain loh, ya. semua suka, hanya saja saya seringnya mencari artikel tentang empat hal tersebut. Nah, kalo kamu. Tema blog apa yang kamu sukai?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)