Kartu ATM Bisa Kadaluarsa - Cah Kesesi AyuTea

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 

Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet PIN dan nominal uang yang hendak aku ambil, ada peringatan muncul di layar mesin ATM itu, kurang lebih seperti ini:



Tercengang, deg-degan plus khawatir, takut duitku yang ada di tabungan lenyap. Nggak pikir lama yang tadinya mau belanja banyak, akhirnya cuma ambil Minyak Goreng 2L dan merica bubuk, jadi cuma bayar Rp26.500, karena memang duit cash yang dibawa juga pas-pasan. Hehe..*tutupmuka

Niat banget mau mengurusnya ke Bank, tapi aku pulang dulu ke kontrakan, ngambil KTP dan KK, mungkin nantinya dua kartu itu akan dibutuhkan di sana. Setelah sudah siap dan membawa beberapa kartu dan uang seadanya kami berangkat.

Bank tempat aku bikin rekening tidak jauh dari kontrakan, nggak ada 5 menit sudah sampai ke TKP. Aku langsung ambil nomor antrian untuk bertemu dengan CS (customer servise). Setelah menunggu dua orang antrian sebelum aku, akhirnya aku dipanggil dan duduk di kursi yang sudah disediakan untuk nasabah.

Langsung pada masalah yang aku alami,  aku bertanya tentang kartu ATM yang kadaluarsa, si Mbak CS membenarkan kalau kartu ATM juga bisa expired, namun nomor rekening masih aktif. Kartu ATM biasanya berlaku selama 4 tahun. Ketika Mbak CS menjelaskan, aku teringat kalau aku bikin ATM tahun 2008, dan di kartu ATMku tertera "02/12" yang berarti kalau kartu ATMku berlaku sampai bulan Februari 2012, dan karena sampai kurun waktu maksimal 2 tahun (02/2014) tidak diperbarui, maka secara otomatis kartu akan berstatus kadaluarsa.

Owalaahh.. tak kira ATM nggak bisa kadaluarsa, ternyata bisa juga toh, seperti SIM yang juga harus diperpanjang setelah 5 tahun, STNK yang harus diperpanjang setahun sekali, dan KTP yang harus diperpanjang 5 tahun sekali. Hahaha... *toyorkepala
Apabila kartu ATM kamu kadaluarsa, nggak usah bingung, yah! karena sangat mudah untuk memperbaruinya, kamu datang saja langsung ke Bank tempat kamu membuat rekening. syarat untuk memperbarui ATM yang sudah kadaluarsa adalah membawa KTP asli, buku tabungan dan ATM. Kalau buku tabungan untuk melihat nomor rekening, KTP sebagai identitas diri, dan ATM yang lama akan digunting dan diganti dengan ATM yang baru. Mudah, kan? Oiya ada biaya administrasi ganti ATM yang sudah kadaluarsa, sebesar Rp15.000 dan bisa dipotong dari saldo tabungan.

Kartu ATM BRI ku masih sampai September 2018, itu artinya aku masih punya waktu lebih dari setahun untuk memperbarui ATM BRIku.

Pengalaman hari itu sangat berharga bagiku, Karena sudah mengalami sendiri, aku bisa tahu kalau ATM juga punya masa berlaku, selain itu ada pelajaran yang aku petik, yaitu untuk tidak menyepelekan hal kecil, karena kalau aku menyepelekan, akan menjadi masalah besar. hehhee.. Apakah sahabat pernah punya pengalaman yang sama denganku? Apakah kartu ATM sahabat sudah mendekati expired?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)