Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 

Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet PIN dan nominal uang yang hendak aku ambil, ada peringatan muncul di layar mesin ATM itu, kurang lebih seperti ini:



Tercengang, deg-degan plus khawatir, takut duitku yang ada di tabungan lenyap. Nggak pikir lama yang tadinya mau belanja banyak, akhirnya cuma ambil Minyak Goreng 2L dan merica bubuk, jadi cuma bayar Rp26.500, karena memang duit cash yang dibawa juga pas-pasan. Hehe..*tutupmuka

Niat banget mau mengurusnya ke Bank, tapi aku pulang dulu ke kontrakan, ngambil KTP dan KK, mungkin nantinya dua kartu itu akan dibutuhkan di sana. Setelah sudah siap dan membawa beberapa kartu dan uang seadanya kami berangkat.

Bank tempat aku bikin rekening tidak jauh dari kontrakan, nggak ada 5 menit sudah sampai ke TKP. Aku langsung ambil nomor antrian untuk bertemu dengan CS (customer servise). Setelah menunggu dua orang antrian sebelum aku, akhirnya aku dipanggil dan duduk di kursi yang sudah disediakan untuk nasabah.

Langsung pada masalah yang aku alami,  aku bertanya tentang kartu ATM yang kadaluarsa, si Mbak CS membenarkan kalau kartu ATM juga bisa expired, namun nomor rekening masih aktif. Kartu ATM biasanya berlaku selama 4 tahun. Ketika Mbak CS menjelaskan, aku teringat kalau aku bikin ATM tahun 2008, dan di kartu ATMku tertera "02/12" yang berarti kalau kartu ATMku berlaku sampai bulan Februari 2012, dan karena sampai kurun waktu maksimal 2 tahun (02/2014) tidak diperbarui, maka secara otomatis kartu akan berstatus kadaluarsa.

Owalaahh.. tak kira ATM nggak bisa kadaluarsa, ternyata bisa juga toh, seperti SIM yang juga harus diperpanjang setelah 5 tahun, STNK yang harus diperpanjang setahun sekali, dan KTP yang harus diperpanjang 5 tahun sekali. Hahaha... *toyorkepala
Apabila kartu ATM kamu kadaluarsa, nggak usah bingung, yah! karena sangat mudah untuk memperbaruinya, kamu datang saja langsung ke Bank tempat kamu membuat rekening. syarat untuk memperbarui ATM yang sudah kadaluarsa adalah membawa KTP asli, buku tabungan dan ATM. Kalau buku tabungan untuk melihat nomor rekening, KTP sebagai identitas diri, dan ATM yang lama akan digunting dan diganti dengan ATM yang baru. Mudah, kan? Oiya ada biaya administrasi ganti ATM yang sudah kadaluarsa, sebesar Rp15.000 dan bisa dipotong dari saldo tabungan.

Kartu ATM BRI ku masih sampai September 2018, itu artinya aku masih punya waktu lebih dari setahun untuk memperbarui ATM BRIku.

Pengalaman hari itu sangat berharga bagiku, Karena sudah mengalami sendiri, aku bisa tahu kalau ATM juga punya masa berlaku, selain itu ada pelajaran yang aku petik, yaitu untuk tidak menyepelekan hal kecil, karena kalau aku menyepelekan, akan menjadi masalah besar. hehhee.. Apakah sahabat pernah punya pengalaman yang sama denganku? Apakah kartu ATM sahabat sudah mendekati expired?

47 comments:

  1. Wah baru tau saya kalo kartu atm juga bisa kadaluarsa. Informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buku tabungan gk ada gmn ya?????ada solusi gk gan

      Delete
    2. klo buku tabungan gk ada gmn ya???bs di proses gk ya??

      Delete
    3. Insya Allah bisa kak, tinggal bawa atm ke bank asal sambil membawa surat kehilangan.

      Delete
  2. Ya ka saya juga baru tadi sore waktu ambil uang sudah gak bisa karna masalah tersebut
    Sy ucapkan trimakaaih ka ya informasinya

    ReplyDelete
  3. Brusan alami ATMku kadaluarsa... Terima kasih penjelasanya

    ReplyDelete
  4. Maaf sebelumnya saya ingin bertanya, jadi kalo kita ingin perbaharui atm nya apa harus atas nama pemiliknya?
    Jika atm orang tua saya kadaluarsa tapi orang tua saya meminta saya yg pergi memperbaharuinya, apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, atas nama pemilik rekening tersebut kak

      Delete
  5. SAYA hari ini tuh kaget banget pas mau lihat saldo di bank tulisanya bikin jantungan saya sempet kalut ini tabungan aku hilang gak ya,,dan setelah baca artikel ini saya cukup lega dan besok dsay mau perpanjang untuk kartu tersebut,terimaksih infonya

    ReplyDelete
  6. terima kasih. kebetulan ATM saya juga kadaluarsa, dan baru tahu kemarin

    ReplyDelete
  7. bayarnya berapa untuk memperbarui ?

    ReplyDelete
  8. Ternyata, dari sekaian lama saya menjadi penguna ATM baru tahu ini kalau kartu ATM bisa kadaluarsa .. sebelumnya terimakasih banyak atas informasinya, Bermanfaat banget khususnya buat saya.. :-)

    ReplyDelete
  9. Bulan aku mengalami juga, Mbak. Tapi ATM Bue sih. Hihi. Bue panik banget. Padahal pas ke CS ya santai saja. Bayar 15 ribu mbak. Kalau belum bulan exp minta ganti malah gak bayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. alhamdulillah sudah gak panik ya. hehe

      kalau dulu aku potong saldo langsung mbak

      Delete
    2. terus saldo di atm lama gimana tu mba? apa pindah juga ke atm baru? apa hangus?

      Delete
  10. langsung cek-in satu2 ATM dan dari semua ATM cuman BCA yang ga ada tulisan valid until mba makasi loh mba aku jadi siap2 krn ATM BSM sampe taun depan yang lainnya sampe 2023 n 2019 hahaha masih aaaamaaaannn :p

    ReplyDelete
  11. Aku pernah begini dan bikin deg-dengan soalnya lagi butuh danan cash

    ReplyDelete
  12. 3 minggunan lalu pak suami juga mengalami Mbak. ATM udah 5 tahunan sih pantes aja kadaluarsa. Disini biayanya 10ribu aja :)

    ReplyDelete
  13. padahal tiap bulan udah bayar admin

    ReplyDelete
  14. baru tau mbak, ada pengecualian isi saldo minimal atau semua bkal kadaluarsa?

    ReplyDelete
  15. aduuh, baru tau lo klo ATM bisa kadaluarsa....Makasih banyak infonya ya mbak

    ReplyDelete
  16. Pernah juga nih kejadian sama kakak ku, kebingungan 7 keliling deh pokoknya, akhirnya terpaksa ke banknya langsung dan di ganti yang baru deh atmnya.

    ReplyDelete
  17. Walah udah beberapa tahun pake kartu ATM ternyata baru tau kalo ATM itu bisa kadaluarsa, informasi yang sangat bermanfaat mba :) terimakasih atas informasinya mba :)

    ReplyDelete
  18. Wahh baru tahu nih, harus langsung cek kartu ATM nih, biar nggak kejadian kayak gitu, thanks infonya :)

    ReplyDelete
  19. wah saya baru tau info ini, bahaya juga ya kalau nyampe kadaluarsa dan lagi di luar kota. Saya pernah tuh waktu itu ngurus ATM tapi beda domisili sama di KTP, jadi engga bisa.
    Semua orang yang pake ATM harus tau info ini mba untuk jaga-jaga.

    ReplyDelete
  20. kalo BCA sih kadaluarsanya kalo nggak ada saldonya ya mbak sampe berapa lama gitu

    ReplyDelete
  21. Kira kira sampai kpan ya batas waktu perpanjang nya??
    Mohon info nya, karena saya diluar kota dan gak bw berkas yg dibutuhkan

    ReplyDelete
  22. Kira kira sampai kpan ya batas waktu perpanjang nya??
    Mohon info nya, karena saya diluar kota dan gak bw berkas yg dibutuhkan

    ReplyDelete
  23. walah sempat ngalamin yang kayak gini nih.. saya kira sebelumnya kalo nggak di perbaharui kartunya uang tabungannya bakal ilang, udah panik bener untungnya saudara ngatain kalo itu kartunya kadaluarsa dan harus di perbaharui uangnya gak bakal ilang kok gtu katanya.., lega deh..

    ReplyDelete
  24. gegara ini saya langsung cek kartu atm saya, dan valid thru nya 05/17, bulan depan udah ga bisa dipake lagi, wahhh padahal saya sering pakai atm,

    makasih ya mbak infonya, jadi saya tahu lebih dini nih untuk memperpanjang usia atm,

    ReplyDelete
  25. iya betul mbaa...ada masa berlakunya juga ya. AKu harus cek dong nih hehehe

    ReplyDelete
  26. Aku baru kadaluarsa sekarang.. Aku bingung.. Sama seperti kebanyakan,, klw bingung cek di embah google dan hasilnya ketemu sama artikel si emba.. Makasi infinya😃

    ReplyDelete
  27. Bila tidak langsung di perbaharui apa bisa keblokir,soalnya buku rekening saya di rumah,posisi saya di ratauan

    ReplyDelete
  28. Kalau nggak di tempat bank pembuatan rekening bisa nggk kak?

    ReplyDelete
  29. kalau memperpanjang masa aktifnya di wakilkan orang lain gimana??

    ReplyDelete
  30. Apakah ada cvv/ccv?? Soalnya kok di kartu gak ada

    ReplyDelete
  31. Mba kalo ATM BRI Syariah ku ga ada tulisan valid nya ya? Harusnya kan di bawah nomor kartu.. tapi yang ini tulisannya malah since

    ReplyDelete
  32. Mba kalo ATM BRI Syariah ku ga ada tulisan valid nya ya? Harusnya kan di bawah nomor kartu.. tapi yang ini tulisannya malah since

    ReplyDelete
  33. Kok sama, beberapa tahun yang lalu ngalamin hal yang sama. Di kartu ada tulisan 'valid thru' yang sama artinya dengan tanggal kadaluarsa :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)