Cara Mengatasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran



Anyang-anyangan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Anyang-anyangan terjadi kerena adanya infeksi pada saluran kemih. Orang yang mengalami anyang-anyangan biasanya yang dirasakan itu ingin pipis terus menerus tapi pipisnya yang keluar sedikit. Saya pernah ngerasain anyang-anyangan dan betapa nggak nyamannya anyang-anyangan itu, dulu sering banget ngerasain anyang-anyangan kalau pas habis pulang kuliah di siang hari, cuaca panas terik sampai kosan langsung minum es teh. Nggak sampai setengah jam setelah itu hasrat pengen pipis muncul terus, pipisnya juga dikit-dikit keluarnya. Tapi pipis-pipis-nya nggak sampai malam udah normal kembali.

blogger perempuan
gambar pinjem dari anyanganyangan

Pernah juga waktu hamil,  baru juga pipis eh belum lima menit udah pengen pipis lagi. kata dokter itu normal, semua wanita hamil akan mengalami hal tersebut, semakin tambah usia kandungan maka besarnya janin akan mendorong kandung kemih, akibatnya wanita hamil menjadi beser (pipis terus menerus). Namun ada yang bilang ini bukan merupakan penyakit anyang-anyangan melainkan suatu hal yang wajar.

Berbeda dengan teman saya. Beberapa waktu lalu saat kita sedang kumpul-kumpul di acara parenting kelas, Bu Tutik, namaya.  Beberapa kali dia ijin ke belakang, kira-kira setiap lima menit sekali. Katanya hasrat pengen pipis nggak bisa ditahan, padahal dia nggak sedang hamil. Dia juga bilang pipisnya sedikit-sedikit yang keluar dan kalau pipis bagian ‘bawah’nya terasa nyeri dan terasa sakit buang air kecil  bahkan saat dia duduk juga nggak tenang, sakit dan pegel gitu katanya. Saya coba sarankan untuk minum air putih yang banyak. Paling tidak, dengan banyak minum maka volume air urine yang ingin keluar juga banyak, jadi enggak sakit lagi. Eh, dia malah sibuk nyari karet gelang terus diikatlah karet gelang itu di jari jempol kakinya.

“Biasanya kalau diiket gini, sembuh anyang-anyangannya” ujarnya sambil mengikat jari jempol kakinya

Ketika saya tanya adalah alasan khusus kenapa kok mengikat jari jempol kaki dengan karet gelang saat anyang-anyangan, ia tidak bisa menjelaskan secara ilmiyahnya. Tetapi dijawab dengan “Kata simbah saya kalau pipisnya crit-criten disuruh ikat jari jempol, nanti sembuh”. Benarkan demikian? Saya coba tanya ke temen yang kerja di bidang kesehatan, katanya itu hanya mitos, dia juga menambahkan kalau pun sembuh, mungkin itu hanya kebetulan saja. Tapi kata Bu Tutik, cara mengikat jempol kaki dengan karet gelang adalah cara ampuh atasi anyang-anyangan. 

Lain lagi dengan apa yang dialami oleh adik ipar saya, seorang laki-laki juga pernah mengalami anyang-anyangan. Saya kira hanya wanita saja yang bisa terkena anyang-anyangan, ternyata laki-laki pun bisa. Waktu saya tanya penyebab anyang-anyangan dia, ternyata karena dehidrasi. Memang dia lebih suka minum kopi dan teh dibanding minum air putih. Berikut hasil obrolan kami waktu itu, Oiya, adik ipar saya bernama Imam.

Saya : “Kamu pernah anyang-anyangan, nggak, Mam?”

Imam : “Pernah, Aku kalau jarang minum air putih pasti anyang-anyangan, kalau pipis sakit banget, bawah perut sakit, alat kelamin juga sakit, terus pipisnya warnanya gelap”

Saya : “Terus, kalau sudah tahu gitu, kenapa nggak banyak minum air putih?”

Imam : “Nggak suka air putih”

Saya : “Katanya sakit, kalau anyang-anyangan biasanya diapain biar sembuh?”

Imam : “Saya cari batu yang panas, saya taruh di selakangan. Kalau nggak yaa saya cari batu besar yang kena sinar matahari langsung, terus saya dudukin, duduk sampai bagian anus terasa hangat, kalau nggak ada batu, saya nyalain lilin untuk ‘memanaskan’ pantat saya”

Saya : “Lilin? Maksudnya gimana?”

Imam : “Iya, jadi saya garang pantat saya di atas api lilin, soalnya kalau kompor apinya kegedean”


bloggerperempuan
gambar pinjam dari http://global.liputan6.com

Lalu kami tertawa bareng, menertawakan jawaban yang lucu dari dia.

Sepintas lucu dan tidak masuk akal, ya? Jadi intinya Imam mengobati anyang-anyangannya dengan cara menghangatkan bagian pantat dan selakangannya. Katanya emang sembuh setelah sekitar satu sampai dua jam setelah dihangatin, pipisnya normal kembali. Tapi menurut saya ini juga mitos. hihihi 

Dia juga bercerita kalau agaknya susah tidak ada lilin, dia menggunakan air panas yang ditaruh di botol kaca kemudian dia tempelkan di bagian bawah perut selama 10 menit. Nyeri di bagian bawah perut bisa berkurang namun tidak terlalu signifikan.

Nahh kalau menghilangkan nyeri di bagian bawah perut dengan botol kaca berisi air panas, saya juga sering praktekin saat nyeri haidh. Memang benar, sih. Nyerinya berkurang. Kalau haidh hari pertama kan suka ngerasain nyeri banget di bagian bawah perut, biasanya saya tekan dengan cara ambil posisi sujud yang lama dan mengompres dengan botol kaca berisi air panas. Botolnya saya bungkus dulu dengan sapu tangan kemudian saya tempelkan di bagian bawah perut. Nyeri haidh berkurang, loh. 

Itulah beberapa contoh konkrit yang ada di sekitar saya. Namun, penyelesaian masalah anyang-anyangan ini masih bisa dikatakan ‘tak masuk akal’ pasalnya memang masih menggunakan ‘kata orangtua, kata simbah, dan katanya-katanya yang lain’. 

Sebenarnya, anyang-anyangan ini tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Akan tetapi ada beberapa kondisi di mana seseorang mengalami anyang-anyangan, diantaranya:

  • Hasrat ingin buang air kecil yang datang terus menerus.
  • Lebih sering buang air kecil tapi dengan volume yang sedikit-sedikit. 
  • Pada wanita biasanya akan merasakan nyeri pada panggul.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus
  • Rasa perih dan nyeri ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, ada beberapa kasus sampai keluar darah.
  • Penderita akan mudah lelah dan kurang sehat.
  • Timbul demam

Saya membaca beberapa artikel tentang anyang-anyangan ini, dari artikel yang saya baca, ada kurang lebih tiga jenis infeksi sistem kemih pada orang yang mengalami anyang-anyangan. Gejala yang dirasakan pun berbeda-beda, diantaranya seperti:
  1. Infeksi pada Ginjal (pielonefritis akut): penderita akan merasakan nyeri pada pinggang belakang atas, suhu badan meningkat menjadi demam tinggi, merasakan mual bahkan bisa sampai muntah.
  2. Infeksi pada Kandung kemih (sistitis). Bila penderita mengalami infeksi pada kandung kemih, ia akan merasakan perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan terus menerus, sakit saat buang air kecil, serta adanya darah pada urine.
  3. Infeksi Saluran Kencing (urethritis): penderita akan merasakan sakit buang air kecil dan kemaluan terasa perih. Infeksi Saluran Kemih ini disebabkan oleh adanya bakteri E.coli yang keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri E.coli ini bisa masuk karena kebiasaan orang membilas dari belakang ke depan setelah dia buang air besar. Ini lebih sering dialami oleh seorang wanita karena jarak antara anus dan saluran kecing yang berdekatan.

Faktanya 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan yang mereka alami salah satunya karena adanya bakteri E-coli yang masuk ke dalam saluran kencing pada wanita. Saya sendiri sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, kalau cebok setelah buang air besar seringnya dari belakang ke depan, karena sudah menjadi kebiasaan akhirnya seperti menjadi hal yang biasa. Tetapi kini saya mulai ubah kebiasaan buruk tersebut tetapi saya mengganti posisi cebok saya sekarang sambil berdiri, hehe. Setelah selesai buang air besar, saya bilas dahulu pakai air kemudian berdiri dan membasuh dari depan ke belakang. Memang agak ribet sedikit, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati, iya, kan?


Cara Mengatasi Anyang-anyangan


Saat ini sudah ada produk herbal dari Combiphar yang bisa mengatasi anyang-anyangan. Prive Uri-Cran, namanya. Obat ini terbuat dari ekstrak buah Cranberry. sebagai sedikit informasi, Cranberry adalah tanaman jenis berry yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Buah berwarna merah ini kaya akan vitamin C yang dapat mencegah seriawan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan. 

Selain itu buah ini kaya akan serat makanan, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah cranberry juga memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, manfaatnya adalah dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab infeksi salurah kemih. Sifat anti-adhesi dari antioksidan pada buah cranberry ini membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih. Lebih hebatnya lagi kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Sekitar bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan di Prancis (AFSSA), memberikan ijin untuk penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Keseriusannya dibuktikan dengan 4 uji klinis secara acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Ektrak cranberry kemudian dikemas dalam satu produk yang diberi nama Prive Uri-cran.




bloggerperempuan



Prive Uri-cran ini terbuat dari ekstrak buah cranberry. Ada dua jenis prive uri-cran, yaitu Prive Uri-cran berupa kapsul @250mg ekstrak cranberry. Satu box berisi 30 kapsul. Produk herbal ini dapat diminum 1-2 kapsul perHari. 


Yang ke dua Prive Uri-cran plus. Produk ini dibuat dari 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Prive Uri-cran plus diperuntukkan untuk orang yang nggak bisa minum kapsul karena ini berupa powder sachet. Satu box berisi 15 sachet dapat diminum 1-2 Sachet / Hari. Untuk yang plus rasanya segar sekali, karena di dalamnya terdapat vitamin C nya. Warnanya juga bagus banget ketika diseduh, pink kalem. Hihihi. Oiya, harga Prive Uri-cran di apotik kisaran 90 rb – 120 rb. Sudah banyak kok apotek yang menjual produk yang bisa mengatasi susah buang air kecil ini. Sila kalau kamu mau nyetok di rumah.


Bagaimanapun, jangan sepelekan anyang-anyangan, ya. Apalagi bila sudah berhari-hari anyang-anyangan nggak kunjung sembuh. Kita bisa memeriksakan keluhan kita ke dokter specialis. Di sana akan dicek urine di laboratorium supaya bisa mendeteksi lebih jauh mengenai penyebab anyang-anyangan atau penyebab sakit saat buang air kecil tersebut.  Insya Allah apa yang sudah menjadi ikhtiyar kita untuk sembuh, kalau kita yakin Allah sembuhkan, pasti Allah sembuhkan. Seyogyanya anyang-anyangan bukan menjadi penghambat aktifitas.

Semoga bermanfaat!

Ref:

http://www.alodokter.com/nyeri-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan

http://www.rubrikita.com/2014/10/cara-mengatasi-anyang-ayangan.html

http://uricran.co.id/cranberry-story/

http://uricran.co.id/

http://uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/
 

11 comments:

  1. wkwkwk itu mitos kan garang pantat? asli ngakak mba untung yah sekarang inovasi terbaru dari Combiphar ga perlu repot garang pantat apalagi cari batu apalagi iket2an hahaha

    ReplyDelete
  2. Untung ada uricran ya mbak, anyang2an ilang deh ya ☺

    ReplyDelete
  3. Biasanya saat hamil paling rentan terkena anyang-anyangan

    ReplyDelete
  4. Aduk mitosnya macam2 deh, baru tahu. Aah, aku ga mau lagi deh kena ISK.. Sakiiit.. Untung sekarang udah ada Prive Uricran :)

    ReplyDelete
  5. Aku seneng minum tp pernah kena isk krn pake toilet di spbu. Sama kurang minum kl byk kerjaan

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah sakit anyang2an, tapi
    Kata temen yang ngalami sih sakit dan bikin nggak nyaman 😆

    ReplyDelete
  7. Tulisan Mbak Noorma Juaraaaaaakkkkkkkkk !

    ReplyDelete
  8. sumpah anyang2en tuh ga enak banget. dulu aku pernah,...dan smoga ga terulang lagi...

    ReplyDelete
  9. Anyang-anyangan itu menyiksa, cukup melihat mama saya yg kena aja udah bikin aku takut, jangan sampai kena ya

    ReplyDelete
  10. haduu sakit yang satu ini kalo udah kambuh rasanya wow bnget dah, apalgi buat laki-laki sprti saya

    ReplyDelete
  11. saya biasa anyang anyangan kalo minum air panas yang di campur es batu... rasanya luar biasa, harus bolak balik kamar mandi..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)