header cah kesesi ayu tea

Pentingnya Pemasangan CCTV di Tempat Wisata Kebun Buah

 


Bukan hanya gedung atau di dalam ruangan saja yang membutuhkan kamera pengintai. Tetapi beberapa tempat di luar ruangan mulai menggunakan smart CCTV untuk mengintai kondisi terkini terutama di area publik. Salah satunya adalah wisata kebun buah. Tujuannya adalah untuk menjaga kenyamanan para wisatawan yang datang serta petugas yang ada di sana.

Kamera pengintai yang ada di luar ruangan tentu berbeda kualitasnya dengan yang ada di dalam ruangan. Sering terkena paparan bermacam cuaca yang dibutuhkan adalah smart CCTV camera yang berkualitas dan khusus untuk outdoor.

Manfaat Pemakaian CCTV di Tempat Wisata Kebun Buah

Memasang kamera pengintai di area tempat wisata kebun buah memiliki beragam manfaat yang tidak hanya akan dirasakan oleh pengelola, tapi yang paling penting adalah para pengunjung akan merasa aman dan nyaman ketika ada kamera pengintai yang ada di sekitar tempat tersebut. Apa saja manfaatnya, cek di bawah ini ya;
  1. Membantu Penjagaan Aset dan Properti yang Tersedia

Adanya smart CCTV dalam area wisata kebun buah akan memberikan keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah dapat menjaga aset dan properti berharga yang dimiliki. 

Seperti halnya pemasangan CCTV di area halaman kantor akan membantu penjagaan aset bisnis yang tersedia. Sehingga bisnis bisa beroperasi sebagaimana mestinya tanpa adanya gangguan apapun dan tidak terjadi kerugian yang berarti.

  1. Barang Bukti Kejahatan yang Akurat

Manfaat selanjutnya dalam memasang smart CCTV camera di area publik semacam wisata kebun buah adalah dapat dijadikan sebagai barang bukti kejahatan yang akurat. Keakuratan dari rekaman CCTV terbukti cukup kuat dan biasanya sulit untuk direkayasa. Sehingga banyak pihak berwajib yang menggunakannya sebagai barang bukti utama.

Bukan itu saja,dengan adanya smart CCTV di sekitar area akan lebih memudahkan bagi petugas untuk menemukan pelaku apabila terjadi hal yang tidak menyenangkan. Misalnya pencurian atau tindak kejahatan lain yang mencurigakan.

  1. Memantau dan Menindaklanjuti Pergerakan yang Mencurigakan

Manfaat dari penggunaan smart CCTV camera di area publik semacam tempat wisata kebun buah adalah untuk memantau dan menindaklanjuti pergerakan yang terlihat mencurigakan. Hal tersebut dapat terjadi karena Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk menganalisa kondisi terkini dan mengambil keputusan terbaik untuk menindaklanjuti.

Semakin cepat pengelola serta petugas dapat mendeteksi pergerakan yang mencurigakan, maka akan semakin banyak pula waktu untuk mengatasinya. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menindaklanjuti adanya pergerakan yang mencurigakan seperti halnya menghubungi pihak keamanan setempat. Semakin cepat menghubungi pihak keamanan terdekat, maka semakin besar juga persentase yang dimiliki untuk mengatasi terjadinya tindak kriminal.

  1. Peningkatan Sistem Keamanan yang Lebih Efektif dan Terjangkau

Manfaat terakhir yang akan terasa dengan adanya smart CCTV adalah dapat melakukan peningkatan sistem keamanan yang lebih efektif dan terjangkau. Saat ini dengan banyaknya tindak kejahatan yang beragam, melibatkan pihak keamanan saja tidak cukup.

Terlebih di area publik yang ramai seperti wisata kebun buah yang ramai dikunjungi orang, pastinya membutuhkan teknologi keamanan yang canggih untuk memantau beberapa tempat sekaligus secara nonstop.

Bahkan penggunaan smart CCTV camera juga tergolong lebih terjangkau. Hal tersebut membuat banyak orang mulai memanfaatkan CCTV sesuai kebutuhan untuk meningkatkan keamanan di area wisata kebun buah.

Kriteria CCTV Outdoor yang Berkualitas

Umumnya jenis kamera CCTV yang digunakan pada lokasi indoor dan outdoor berbeda secara kualitas. Untuk area outdoor biasanya membutuhkan kamera dengan kualitas yang lebih bagus. Apalagi untuk area wisata kebun buah yang sering terkena panas dan hujan, kriteria CCTV nya harus lebih bagus dan baik. Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi sebelum melakukan pemasangan;

  1. Tangguh dan Tahan Lama



Kriteria pertama dan penting saat Anda akan memilih kamera CCTV untuk area wisata kebun buah adalah jenis CCTV yang tangguh dan tahan lama. Hal tersebut perlu dilakukan karena smart CCTV yang akan ditempatkan di area luar ruangan perlu menyesuaikan dengan cuaca dan suhu luar ruangan yang tidak menentu.

  1. Memilih Jenis Kamera yang Optimal dalam Keadaan Minim Pencahayaan

Selanjutnya kriteria yang harus terpenuhi dan diperhatikan dengan baik adalah memilih jenis kamera yang dapat bekerja secara optimal meski dalam kondisi lingkungan yang minim pencahayaan. Fitur Darkfighter dibutuhkan agar CCTV tetap bisa menangkap gambar apapun di sekitarnya walaupun dalam kondisi cahaya yang minim.

  1. Kualitas Gambar Penting Sekali

Kualitas gambar yang dihasilkan dari smart CCTV juga tidak kalah pentingnya.  Semakin tinggi kualitas gambar yang ditawarkan, maka hasil rekaman CCTV akan semakin bagus, jelas dan jernih. Namun begitupun sebaliknya, kualitas gambar kamera CCTV yang rendah akan menghasilkan rekaman yang cukup blur.

  1. Memiliki Fitur yang Lengkap

Kriteria terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah  berkaitan dengan akses virtual kamera CCTV dan fitur yang tersedia.  Hal tersebut membutuhkan perhatian khusus karena berhubungan dengan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kamera CCTV tersebut.

Semakin banyak fitur tambahan yang ditawarkan, maka semakin banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Begitupun dengan akses virtual yang ditawarkan oleh suatu kamera CCTV akan membuat Anda lebih mudah melakukan pengawasan maupun pemantauan di area sekitar CCTV dari jarak jauh sekalipun.

Rekomendasi Smart CCTV untuk Area Tempat Wisata Kebun Buah

Setelah mengetahui kriteria smart CCTV camera yang bagus dan cocok untuk wisata kebun buah, mengetahui rekomendasi CCTV terbaik juga tak kalah penting. Salah satu kamera CCTV outdoor yang banyak direkomendasikan adalah CCTV Hikvision dengan Darkfighter technology.

CCTV dari Hikvision memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah dapat memberikan hasil rekaman yang akurat. Luasnya kebun buah serta lokasinya  outdoor pasti membutuhkan CCTV yang kualitasnya tinggi. Bukan saja soal ketangguhannya, tapi juga kualitas gambar yang dihasilkan. Sebab, hasil rekaman gambar tersebutlah yang dapat dijadikan bukti kuat manakala terjadi kejahatan di dalam wisata kebun buah.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kamera CCTV Hikvision dengan Darkfighter technology tanpa perlu memikirkan sistem konfigurasi maupun penggunaannya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satu rekomendasi smart CCTV Hikvision AcuSense?Cek info lengkapnya di sini.

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment