header cah kesesi ayu tea

Rekomendasi 5 Diecast Terbaik Tahun 2023



 


Diecast adalah sejenis mainan atau model/replika yang terbuat dari bahan logam dan diproduksi menggunakan teknik diecasting. Bukan sekedar hobi, mengoleksi diecast saat ini juga dipandang sebagai salah satu bentuk investasi. Dengan pinjaman uang di bank, Anda bisa memperoleh modal untuk membeli koleksi diecast berharga fantastis.

Pasalnya, mainan dan replika langka berbahan diecast dapat dibanderol dengan harga tinggi tergantung pada kelangkaan itemnya. Dengan nilai ekonomisnya yang tinggi, Anda bisa menjadikan hobi mengoleksi item diecast sebagai bisnis dan investasi.

Rekomendasi Koleksi 5 Diecast Terbaik dan Spesifikasinya

Di antara jenis koleksi diecast lainnya, diecast berbentuk replika mobil dikenal sebagai koleksi yang paling banyak diburu dan memiliki harga tinggi, terutama koleksi diecast lama dari Hot Wheels. Jika tertarik mengoleksi, berikut beberapa koleksi diecast langka beserta spesifikasinya:

  • The Collector Number 271

Model diecast ini dirilis pada 1995, dan memiliki desain mobil berwarna biru yang saat ini hanya ada 12 buah di dunia. Jika tidak disertai kemasan, artinya koleksi tersebut palsu. Jika membeli versi asli, diperkirakan harga minimalnya adalah sekitar Rp53 juta atau lebih.

  • Purple Olds 442

Diproduksi pada tahun 1971, koleksi Hot Wheels satu ini memiliki desain yang terinspirasi dari mobil Oldsmobile 442 sungguhan. Sebenarnya, koleksi Olds 442 biasa tidak begitu mahal. Namun khusus koleksi warna ungu yang langka, harganya bisa menyentuh angka $5000 atau setara dengan Rp75,7 juta.

  • Blue Roger Dodger

Sama seperti Purple Olds 442, koleksi ini juga diproduksi pada pertengahan 1970-an. Hingga saat ini, hanya ada 7 koleksi Blue Roger Rodger original di seluruh dunia. Dengan harga terkini sekitar Rp115 juta, Anda bisa memperolehnya dengan pinjaman dana bank.

  • Cheetah Python

Sebelum namanya diganti, hanya ada sedikit Hot Wheels bermodel Cheetah Python yang diproduksi. Karena jumlahnya yang terbatas dan super langka, model pertama Cheetah Python yang diproduksi pada tahun 1968 kini dihargai hingga Rp145 juta.

  • Hot Pink Beatnik Bandit

Model Beatnik Bandit adalah salah satu model paling laris, dan diproduksi pada tahun 1968. Di antara berbagai warna, Hot Pink adalah koleksi yang paling langka karena hanya diproduksi dengan jumlah terbatas. Jika tertarik mengoleksi, Anda perlu budget minimal sekitar Rp217 juta.


Tips Mengoleksi Diecast sebagai Investasi



Dengan pinjaman uang di bank, Anda bisa mengoleksi diecast berharga fantastis sebagai aset investasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para kolektor agar koleksinya awet dan tahan lama.

Selain itu, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar bisa melengkapi koleksi khusus yang sedang diincar. Jika tertarik mengoleksi, berikut 4 tips yang bisa Anda terapkan:

  • Koleksi Model yang Disukai

Untuk mengoleksi diecast, Anda bisa memulai dari koleksi seri model yang digemari. Misalnya koleksi diecast mobil dari Hot Wheels, atau diecast action figure tokoh favorit seperti koleksi Marvel, Anime, dan lain sebagainya.

Biasanya, setiap koleksi memiliki seri khusus yang dirilis berdasarkan tema tertentu. Contohnya seperti koleksi Marvel edisi Marvel Legends, atau Hot Wheels seri Flying Colors

  • Bergabung di Forum Kolektor

Selanjutnya, Anda bisa bergabung bersama forum kolektor diecast sesuai tipe koleksi yang disukai. Misalnya, Anda bisa bergabung bersama forum atau kelompok pencinta Hot Wheels di media sosial.

Dengan bergabung bersama forum khusus, Anda akan memperoleh berbagai informasi terkini terkait berbagai koleksi favorit. Bahkan, Anda juga bisa saling bertukar koleksi bersama sesama anggota forum.

  • Simpan Seri Rare dan Special

Jika beruntung menemukan item rare atau special series, sebaiknya simpan dan rawat dengan baik koleksi tersebut. Sebab koleksi dari seri rare dan special bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi seiring berjalannya waktu.

Selain itu, seri yang kamu simpan juga bisa dibarter dengan koleksi dari seri langka lainnya. Jika tertarik memperoleh koleksi langka, salah satu caranya adalah bergabung bersama komunitas diecast dari luar negeri.

  • Lakukan Perawatan Khusus

Agar diecast lebih awet dan tahan lama, Anda harus merawatnya dengan baik. Anda bisa memperoleh alat-alat perawatan khusus seperti kuas pembersih dan detailing kit agar warna dan kualitas koleksi tetap terjaga.

Bahkan, ada beberapa produsen yang mengeluarkan produk khusus perawatan diecast, misalnya Hot Wheels yang mengeluarkan produk pembersih. Selain itu, meskipun terbuat dari bahan metal yang tahan benturan, sebaiknya jangan membanting koleksi Anda dengan sengaja.

Lengkapi Koleksi Diecast dengan DBS KTA!

Mengoleksi mainan atau replika diecast memang butuh budget yang cukup tinggi. Apalagi, beberapa jenis diecast kategori langka diketahui memiliki harga fantastis hingga ratusan juta rupiah.

Sebagai solusi, Anda bisa mengajukan pinjaman dana bank tanpa jaminan di di DBS KTA. Ini adalah produk pinjaman tanpa agunan dari bank DBS Indonesia yang menawarkan berbagai keunggulan bagi peminjam, antara lain seperti:

  • Limit dana pinjaman besar, dapat cair hingga Rp300 juta tanpa jaminan
  • Bunga flat mulai dari 0,88% per bulan
  • Bebas atur tenor (waktu cicilan) hingga 36 bulan
  • Waktu approval singkat, hanya butuh 3-5 hari kerja
  • Persyaratan mudah anti ribet, tidak memerlukan dokumen fisik
  • Untuk syarat pengajuan, Anda hanya butuh menyiapkan e-KTP, NPWP, penghasilan minimum Rp5 juta per bulan, memiliki limit kredit bank lain minimum Rp10 juta, dan berdomisili di area Jabodetabek

Untuk memperoleh koleksi diecast sebagai item investasi, DBS KTA bisa jadi solusinya. Info lebih detail bisa Anda baca di  https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Yuk, dapatkan pinjaman uang di bank dan lengkapi koleksi diecast Anda sekarang!

 

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment