header cah kesesi ayu tea

Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia

 Kalian udah tahu belum guys tentang Autonomous Vehicle? Atau malah ada yang baru denger? Adakah yang mengikuti berita tentang summit G20 di Bali lalu? Loh, emang ada hubungannya? Hmmm… Baiklah, satu persatu aku jelasin deh ya.


Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia
Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia 

Jadi guys, Autonomous Vehicle atau yang bisa disingkat dengan AV adalah kendaraan listrik suatu produk inovasi-inovasi digital terkini untuk mengembangkan ekosistem Digital Hub yang sejalan dengan pembangunan sarana dan prasarananya.

Lalu, apa hubungannya dengan G20 Summit? Oke, jadi gini, dalam gelaran G20 Summit yang diselenggarakan di Bali 11 - 16 November lalu, pemerintah juga menyelenggarakan side event yang menunjukkan berbagai moda transportasi berkonsep green mobility yang sudah ada di Indonesia.

Penggunaan Autonomous Vehicle ini menjadi awal konversi penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM), ke kendaraan berbahan bakar listrik secara masif. Dalam hal ini, Sinar Mas Land berpartisipasi dalam pameran di sana dengan membawa Autonomous Vehicle (AV) yang mana AV ini sudah diresmikan saat peresmian uji coba AV di BSD City pada bulan Mei 2022 yang lalu.

FYI, hadirnya AV ini merupakan inisiatif Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation dalam mendukung pemerintah untuk melakukan transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT) loh.

Uji cobanya saja telah dilakukan di dua lokasi di BSD City. Yang pertama di Q-Big yang merupakan pusat perbelanjaan dan gaya hidup yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan, lengkap dengan material eco-friendly dan fitur bangunan hemat energi. Sedangkan yang kedua, AV juga diujicobakan sebagai salah satu green initiatives di BSD Green Office Park (GOP) yang bertujuan guna untuk mengurangi emisi karbon dioksida, oke well, sebut saja Navya Arma.

Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

Diketahui dari teman saya, blogger yang sudah pernah mencoba naik AV ini, konon Navya Arma berjalan dengan sangat stabil, misalnya ada kendaraan lain (terditeksi benda asing) mobil ini akan otomatis berhenti dan jika di depannya ada mobil atau motor yang berhenti tidak akan berjalan Navya Autonom.


FYI nih ya gaes, semua penumpang diwajibkan memakai sabuk pengaman, ya! Navya Arma sering banget mengerem mendadak karena kehadiran rintangan yang datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, petugas meminta agar penumpang menggunakan sabuk pengaman supaya lebih safety.

Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh loh. Batreai dengan kapasitas segitu dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang hingga 15 orang. Untuk formasi tempat duduknya ada 11 duduk dan 4 berdiri. Sensor Arma sudah sudah lumayan lengkap loh, karena ada beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Navya Arma

Uniknya dan kelebihan dari transportasi listrik tanpa awak ini, ia mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom, wuih keren banget!

Oiya guys, yang penasaran pengen nyobain naik Autonomous Vehicle, kalian bisa langsung ke Green Office Park, BSD City. Karena First Autonomous Vehicle berada di Green Office Park, BSD City. Kalau kalian mau coba AV ini, naiknya dari Lobby Utama The Breeze. Caranya hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile. AV ini dapat dicoba sampai tanggal 21 December 2022, karena setelah itu AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Dec 2022 sampai 04 Jan 2023. So, yang penasaran bisa langsung ke sana ya gaes ya!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment