header cah kesesi ayu tea

Tipe Life Jacket, Si Penolong Saat Kondisi Darurat

Selama berada di atas alat transportasi air, anda memang tidak akan pernah tahu kemungkinan risiko apa yang akan terjadi bukan? itulah mengapa kehadiran dari life jacket mempunyai peran sangat krusial. Sebab dengan keberadaannya mampu mencegah seseorang tenggelam didalam air dalam kondisi darurat seperti kapal mengalami tenggelam. 

Tidak hanya itu saja, jaket inipun juga termasuk ke dalam salah satu jenis APD atau alat pelindung diri. Fungsi utamanya adalah buat membantu pemakainya agar tetap mengapung di permukaan air baik itu dalam kondisi sadar ataupun tidak. Alat keselamatan inipun juga wajib dimiliki di sebuah kapal sesuai dengan regulasi SOLAS. 

Jenis Life Jacket Yang Perlu Diketahui 




Di beberapa negara luar, jaket pelampung ini sendiri masuk ke dalam kategori personal floatation device atau PFD. Berdasarkan dengan USCG, jaket inipun dibedakan menjadi 5 jenis diantaranya adalah sebagai berikut 

  1. Offshore 

Tipe pertama inipun sangat cocok digunakan untuk semua jenis perairan. Ketebalannya cukup tinggi sehingga membuat daya apung yang dihasilkan cukup tinggi. Bahkan mempunyai kemampuan buat membalikkan badan sehingga wajah dapat menghadap keatas. Ini tentu sangat cocok digunakan dalam kondisi sangat darurat. 

  1. Near-Off Shore Life Vest 

Jika sebelumnya cocok digunakan buat berbagai macam tipe perairan, maka berbeda untuk jenis ini dimana hanya buat perairan tenang saja. Tujuannya adalah agar memperoleh penyelamatan dengan cepat. Ketebalannya memang cukup bagus tetapi masih tebal offshore diatas. 

  1. Throwable Device 

Jika dilihat, bentuknya memang tidak mempunyai kemiripan dengan jaket sebab hanya berupa bantalan atau ban saja. Namun jangan khawatir karena tipe inipun mampu membuat seseorang terapung dengan baik. Hanya saja, daya apungnya cukup rendah sehingga hanya disarankan digunakan dalam kondisi sadar saja. 

  1. Flotation Aid 

Sama seperti tipe near-off shore, flotation aid inipun hanya diperbolehkan digunakan pada tipe perairan tenang saja. Di samping itu, juga tidak mempunyai kemampuan buat membalikkan wajah menghadap keatas. Karena jaketnya tidak begitu tebal, maka akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya. 

  1. Special Device 

Ini adalah jenis jaket penolong yang hanya boleh digunakan buat kegiatan atau keperluan khusus saja seperti melakukan olahraga air kayak, ski air, rafting dan lainnya. Bahannya juga lebih tipis sehingga daya apungnya jauh lebih rendah. 

Standar Jaket Penolong Sesuai Dengan SOLAS 

Apabila anda hendak membeli life jacket ini, tentu ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan bukan. Di samping itu, konsumen juga wajib mempertimbangkan jaket dimana sesuai dengan standar SOLAS. Adapun standar dan ketentuan tersebut diantaranya adalah 

  1. Jaket harus dilengkapi dengan adanya peluit atau lampu dimana dikencangkan dengan menggunakan tali pengingat 

  2. Selain itu, harus juga dibekali dengan tali pelambung yang dapat dilepas ataupun benda lainnya dimana berguna mengamankan jaket ketika digunakan didalam air. 

  3. Dilengkapi dengan sarana tertentu agar mampu memberikan kemudahan dalam melakukan penyelamatan kedalam kapal. 

  4. Tidak boleh terbakar ataupun leleh ketika terkena api selama 2 detik 

  5. Mempunyai daya apung cukup tidak kurang dari 5% sesudah 24 jam direndam didalam air tawar 

  6. Pada sebuah kapal, diwajibkan mempunyai jaket pelambung untuk masing-masing orang. Selain itu, harus juga ada jaket plus buat anak-anak. 

Jika sudah berurusan dengan dunia perairan, maka kehadiran dari benda inipun mempunyai peran sangat penting. Sebab mampu memberikan pertolongan bagi seseorang dalam kondisi darurat. Jika anda ingin menemukan life jacket terbaik, asmarines.com adalah distributor andalannya. 

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment