header cah kesesi ayu tea

Mengenal Istilah Margin Trading dalam Investasi Saham, Apa Itu?


Investasi saham adalah cara terbaik mengembangkan aset atau kekayaan demi mencapai kebebasan finansial di masa depan. Saat ini banyak orang berlomba-lomba terjun ke dunia saham. Dalam prakteknya, investasi saham memerlukan pengetahuan serta pengalaman yang memadai. Investasi saham tidak dapat dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang. Apalagi akan banyak istilah-istilah yang akan ditemui saat investasi saham. Salah satu istilah saham yang kerap diperbincangkan saat ini adalah istilah margin trading. Dimana ketika Anda ingin menyelam di dunia saham juga wajib tahu akan istilah tersebut. Tak perlu khawatir, jika istilah tersebut masih terdengar asing maka artikel ini akan membahas tuntas mengenai istilah margin trading dalam investasi saham.

Apa itu Margin Trading?

Margin trading merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh pihak broker berupa pinjaman kepada para nasabahnya agar bisa membeli saham dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah saham yang bisa mereka beli dengan uang pribadinya. 

Hal ini juga menjadi salah satu metode mendapatkan modal yang untuk membeli sebuah saham agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar. Tentunya sama seperti sistem  pinjaman pada umumnya.

Margin trading dalam dunia saham juga memiliki sistem pelunasan yang akan dilakukan oleh para nasabah. Ketika para nasabah tidak bisa membayar pinjaman yang mereka terima. Maka secara otomatis, saham yang mereka beli dari pinjaman tersebut akan berpindah kepemilikannya.

Ingin Siapkan Biaya Nikah? Mudah! Yuk Alokasikan Uang Anda dengan Mulai Investasi Reksadana , Cek https://www.most.co.id/reksa-dana



Keuntungan Menggunakan Margin Trading

Saat ini beberapa orang memutuskan untuk menggunakan margin  trading atau pinjaman dari broker bukan tanpa alasan. Banyak banget keuntungan yang didapatkan lho. Lantas apa saja keuntungan dari margin trading dalam investasi saham?

Keuntungan yang diperoleh seorang investor pertama adalah mendapatkan bantuan modal. Ketika Anda ingin membeli saham dalam jumlah besar namun terkendala dalam permasalahan dana. Maka Anda bisa menggunakan sistem pinjam modal dari pihak broker. Tentunya hal ini akan memberikan kemudahan Anda untuk membeli saham dalam jumlah yang diinginkan. Keuntungan yang kedua adalah dari segi laba yang didapatkan. Memang benar sistem pinjam dana dari broker akan memberikan beban bunga kepada nasabah. Namun coba pikirkan kembali apakah bunga yang ditetapkan oleh pihak broker akan lebih tinggi dari jumlah laba yang didapatkan. Mungkin saja tidak lebih besar dari laba yang Anda dapatkan dari saham tersebut.Nah dengan beberapa keuntungan tersebutlah yang membuat banyak nasabah yang mulai menggunakan sistem trading margin dalam dunia saham. 

Jadi, itulang ulasan mengenai istilah margin trading dalam dunia investasi. Yuk wujudkan masa depan yang indah dengan rutin investasi saham melalui https://www.most.co.id/saham. Selamat mencoba!

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment