header cah kesesi ayu tea

5 Tips Cari Lowongan Kerja Di Luar Negeri


Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mencari lowongan kerja di luar negeri. Mulai dari persiapan sampai pengetahuan dasar agar bisa mantap mencari kerja di luar negeri.

Bekerja di luar negeri tentu memberikan sisi positif yang bisa didapatkan. Mulai dari gaji yang lebih besar serta kenyamanan saat bekerja (fasilitas atau tunjangan). Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih mencari pekerjaan di luar negeri.

Bagi kamu yang belum punya pengalaman bisa melihat beberapa tips di bawah ini agar lebih siap dalam melamar kerja. Simak baik-baik, ya!

Menentukan Jenis Pekerjaan

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis pekerjaan yang ingin kamu lamar. Kamu bisa mempertimbangkan keahlian yang kamu miliki serta jenis pekerjaan yang relevan.

Jika sudah memiliki gambaran tentang pekerjaan yang sesuai maka akan jauh lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

Turunkan Ekspektasi

Biasanya seseorang yang mencari lowongan kerja di luar negeri pasti berekspektasi jika gajinya nanti akan besar serta posisinya tinggi.

Hal ini akan terbentur pada lowongan kerja yang tersedia. Rata-rata di luar negeri lebih memberikan pekerjaan pada mereka yang ingin mencobanya dahulu dan membuktikan apakah sesuai dengan ekspektasi perusahaan mereka.

Jadi penawaran di lowongan kerja tentu tidak terlalu menggiurkan namun tetap pada batas yang wajar. Posisi dan gaji ini juga akan meningkat seiring kontribusimu pada perusahaan tersebut.

Riset Dengan Cermat

Sebetulnya, ada banyak peluang dibukanya lowongan kerja di luar negeri. Namun hanya segelintir saja yang benar-benar membuka lowongan dan sisanya hanya scam saja.

Scam adalah tindakan untuk membohongi melalui banyak media dan tulisan untuk kepentingan pribadi atau golongan. Jika ternyata lowongan kerja yang kamu dapatkan termasuk scam maka segera hindari.

Kamu perlu riset dan teliti dalam memilih lowongan pekerjaan yang sesuai. Biasanya akan dijabarkan detail pekerjaan serta range gaji yang wajar.

Biasanya link scam dipenuhi dengan iming-iming serta gaji yang besar agar dapat menarik banyak orang terjebak di dalamnya.

Kamu bisa mengunjungi website-website lowongan kerja ternama yang memiliki kredibilitas dalam membuka lowongan kerja.

Jika sudah mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang dimaksud maka tinggal cari informasi di media atau website lainnya sebagai cross check jika perusahaan benar-benar membuka lowongan kerja.

Optimis

Mencari lowongan pekerjaan di luar negeri memang sulit bahkan hanya beberapa saja yang berhasil bekerja di luar negeri sesuai minat mereka. Jadi jangan mudah putus asa atau kurang percaya diri karena bisa mempengaruhi tekad saat mencari pekerjaan.

Kamu tetap harus optimis bahwa di luar sana banyak perusahaan yang menginginkanmu untuk menjadi bagian dari perusahaannya.

Selama kamu optimis dan terus berjuang maka apa yang akan kamu dapatkan sebanding dengan apa yang kamu usahakan.

Gunakan Sosial Media LinkedIn

Media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan di luar negeri adalah LinkedIn. Kamu bisa memanfaatkan media sosial ini dengan mengupdate dengan profil kamu paling terbaru agar lebih menarik.


Jangan lupa untuk mengupdate skill yang kamu miliki juga agar mudah menambah koneksi dengan orang lain.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang lowongan kerja di luar negeri yang dibuka melalui media sosial ini. Bisa juga dengan menambah koneksi dari karyawan di perusahaan yang kamu minati.

Misal kamu ingin melamar di perusahaan X maka tinggal cari koneksi di perusahaan tersebut dan berkenalan serta meminta informasi terkait lowongan kerja di perusahaan X.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan di luar negeri. Terus berusaha dan pantang menyerah, ya!

 

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment