header cah kesesi ayu tea

Kelas Pintar, Solusi Belajar Online untuk Anak Era Digital

Bismillah,

Halo, assalamu’alaikum, temen-temen.. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat ya, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya hari ini ya.

Senin, 21 Juni 2021 yang lalu, saya menerima raport anak saya secara drive thru di halaman sekolahan. Sesampai di rumah saya baru membuka raport itu, dan ternyata ada beberapa nilai yang turun, ada juga yang naik. Tapi saya memaklumi hal itu, karena kondisi pembelajaran di era covid ini memang memiliki banyak dampak pada anak, salah satunya adalah nilai beberapa mata pelajaran banyak yang menurun.

Hampir dua tahun pemerintah pusat dan sejumlah pemerintah daerah telah membuat berbagai kebijakan dan melakukan beberapa langkah antisipatif guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah. Beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ), program belajar dari rumah (BDR) atau belajar secara daring.

Belajar daring atau belajar online ini ada plus minusnya, terlebih yang dirasakan para orangtua. Tidak hanya soal kuota internet yang jadi boros, orang tua juga harus pandai-pandai membagi waktu antara bekerja sekaligus harus mendampingi anak-anak untuk belajar online. Makanya tak jarang saya membawa kakak Noofa ke kantor agar saya bisa bekerja sekaligus bisa mendampingi dia saat pembelajaran online.

Namun dari sekian hal yang menjadi kekurangan dari pembelajaran secara daring adalah pemahaman anak akan materi pelajaran menjadi menurun. Jika biasanya di dalam kelas anak-anak langsung bisa bertanya kepada guru jika tidak paham materi yang sedang diajarkan, maka dalam pembelajaran daring anak-anak harus mengandalkan materi yang dijelaskan secara singkat oleh guru melalui zoom meeting, google meet dll. Cara lainnya yaitu belajar secara mandiri materi yang dikirimkan guru melalui group whatsapp atau bertanya kepada orang tua yang mendampingi saat belajar online.

Namun, yang menjadi kendala adalah sistem pembelajaran daring sangat singkat, tidak semua anak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran daring (karena kuota terbatas, sinyal jelek, dll), serta tidak semua orang tua dapat standby terus mendampingi anak-anaknya serta orang tua terkadang tidak paham materi pelajaran anaknya sehingga ketika anak tidak memahami materi orang tua tidak bisa membantu menjelaskan. Dari pengamatan saya beberapa faktor itulah yang akhirnya membuat nilai pelajaran anak-anak menjadi menurun.

Melihat pengalaman di atas itulah, Saya memiliki keinginan untuk tahun ajaran baru nanti kakak Noofa saya ikutkan Bimbingan Belajar dengan harapan dia akan lebih fokus mendalami materi pelajaran kelas 3 ?

Jika melihat kondisi akhir-akhir ini, dimana pandemi Covid 19 belum juga mereda, tampaknya pemerintah tetap akan mengambil kebijakan dimana pembelajaran sekolah akan tetap dilakukan secara online seperti tahun sebelumnya. Jika saya amati kakak Noofa belum begitu nyaman dalam mengikuti pembelajaran secara online. Selain tidak bisa bertemu langsung dengan para ustadz dan ustadzahnya yang mengajar, tidak bisa bertemu dengan teman-temannya kayaknya menjadi sebab kurang nyamannya dia dalam belajar secara daring.

Kira-kira apa ada yaa Solusi Belajar Online yang bisa bikin anak saya nyaman?. Karena rasa nyaman itu yang menjadikan anak saya jadi mau belajar. Sepertinya kenyamanan dari seorang guru juga lah yang bikin anak didik bisa belajar dengan gembira. Apalagi ditambah dapat berkumpul dengan teman-teman akan menjadikan proses pembelajaran menjadi semakin menarik. Namun, dalam pembelajaran online hal tersebut tentu saja tidak bisa ditemukan.

Di sisi lain, sebagai orang tua pengennya sih dapat mendampingi anak ketika pembelajaran daring, atau ketika anak bertanya materi pelajaran apapun itu bisa menjawab. Tapi banyak kendala yang harus saya hadapi, misalnya tiap hari saya kerja dari pagi-sore, suami saya juga bekerja di luar kota yang mana membuat waktu tidak bisa 24 jam bersama anak. Hal itulah yang kadang membuat saya menjadi sedih karena tidak bisa mendampingi belajar anak secara langsung.

Saat sedang galau memikirkan solusi belajar anak di tahun ajaran baru nanti, Alhamdulillah teman saya ini ngasih tahu ada aplikasi yang bisa jadi solusi dari masalah yang saya hadapi tersebut. Aplikasi Belajar Online yang terintegrasi dengan apa yang menjadi kebutuhan anak, namanya Kelas Pintar.





Solusi Belajar Online

Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Untuk meringankan beban orang tua dan mempermudah siswa saat belajar dari rumah, Kelas Pintar sebagai penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi meluncurkan Paket Belajar, salah satu yang menarik perhatian saya adalah “Paket Extra Pintar”.


Paket Extra Pintar

Paket Extra Pintar di Kelas Pintar ini merupakan Paket terbaik yang ditawarkan oleh Kelas Pintar, dengan detail Paket Detil paket; 18 bulan akses Kelas Pintar Regular, 50 Koin Kelas Pintar setiap bulan selama 18 bulan, dan 18 bulan akses TANYA Plus.

Yang membuat saya tertarik lagi karena harganya terjangkau. Hanya 990k untuk 18 bulan dan untuk semua mata pelajaran. Wow!. Itu sangat terjangkau, artinya sebulan hanya 50ribuan aja. Hmm.. Murah dan bikin extra pintar dan Paket ini tersedia untuk jenjang SD, SMP dan SMA.

Setelah mempelajari aplikasi ini, saya coba memberi tahu dan menawarkan kepada kakak Noofa apakah mau menggunakan aplikasi ini untuk belajar online. Dan Alhamdulilah Noofa sangat tertarik, bahkan adiknya yang masih kelas TK juga ingin mencoba belajar dengan menggunakan aplikasi belajar Kelas Pintar. Saya berharap sih, bahwa dengan aplikasi ini dapat membuat semangat belajar kakak Noofa meningkat.

Meskipun nanti setelah pandemi Covid 19 berakhir, dan pembelajaran akan dilaksanakan secara tatap muka seperti biasa, semoga aplikasi Kelas Pintar dapat menjadi sarana belajar kakak Noofa secara online demi meningkatkan hasil belajarnya. Amiin.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment