header cah kesesi ayu tea

Tips Berbelanja Online Agar Tidak Boros




Assalamu’alaikum,.. 


Apa kabar temen-temen hari ini? Masih lancar puasanya? Masih betah kan di rumah aja? Oiya, btw, Sudah mempersiapkan apa saja nih untuk lebaran nanti? 

Sejak adanya anjuran pemerintah untuk work from home di tengah pandemi virus korona ini, pun dengan saya yang bekerja di sector pendidikan di kampus juga mendapati anjuran dari rektor untuk bekerja dari rumah. 

Beberapa pekerjaan seperti mengajar secara online, alih media juga secara online, dengan begitu saya menghabiskan banyak waktu “terkurung” di rumah bersama laptop. 

Pernah suatu ketika saya merasa bosan, wal hasil saya yang merasa butuih hiburan ini jadi khilaf karena jadi sering belanja online untuk sekedar mengobati kejenuhan saya ini. Namun, untungnya khilaf saya tidak terlalu kebablasan, karena setelah itu saya tersadar, saat ini bukan waktu terbaik menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu bahkan tidak dibutuhkan. 

Tetapi manusiawi ya, keinginan untuk membuka situs belanja online di tengah kebosanan tidak dapat dihindari. Jadi saya harus bisa mengatur dan menata hati agar iman kuat dan saya bisa belanja online sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar saya butuhkan. Tidak lagi melakukan pemborosan karena itu tidak baik. 


Lalu, apa saja tipsnya yang biasa saya lakukan agar yang dibeli benar-benar target prioritas? 

Tetapkan Waktu Secara Berkala 
Temen-temen harus konsisten nih untuk menentukan kapan waktunya untuk membuka situs belanja online, misalnya, hanya di hari Minggu saja, atau pilih hari lain, jangan setiap hari ya, karena kalau kita tergoda, yaa gimana dong? Hehe… 

Menentukan waktu secara berkala seperti ini tidak hanya membantu membatasi pengeluaran temen-temen yang tidak perlu, tetapi juga akan membuat temen-temen tetap konsentrasi dalam bertugas selama bekerja dari rumah. Coba dibayangkan saja, kalau misalnya lagi kerja (ngajar online), eh sambil buka new tab laman toko online, ngajarnya jadi gak fokus, betul apa betul? 

Tunggu 24 Jam Sebelum Check-Out 
Toko online memudahkan temen-temen untuk memilih barang belanjaan dengan hanya mengklik tombol BELI di layar handphone, tetapi sebelum temen-temen check-out, coba beri waktu 24 jam untuk memikirkan kembali pembelian itu. Jika temen-temen terbiasa berbelanja online tanpa memikirkan kembali apa yang dibeli, maka memberi jeda waktu untuk memastikan kembali merupakan langkah yang baik. 

Saya biasanya begitu, bertanya pada diri sendiri agar dapat membantu menghindari pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti: 

“Apakah yang saya beli ini bisa menambah nilai dalam hidup saya?” 

“Apakah barang ini sebenarnya bagus?” 

“Apakah saya benar-benar membutuhkannya?” 

“Apakah barang ini ori dan Authentic Brand?” 

Pada intinya temen-temen bisa lebih memikirkan dan bertanya dalam hati ketika akan melakukan check-out, ya. Beda kali kalo untuk barang yang mendesak dan untuk keperluan rumah tangga, misalnya. 

Tips lainya adalah, bila perlu, temen-temen mengaktifkan pemblokiran pada situs web belanja online tertentu di tempat biasa mengeluarkan uang lebih banyak. Hahaha.. Itu sih untuk yang benar-benar kebangetan ya, sampai harus diblokir. Hehehe 

Lakukan Riset Perbandingan 
Jika temen-temen ingin membeli sesuatu dengan membuka situs belanja online dan akan berbelanja, bukalah beberapa platform belanja online dan bandingkan harga barang sebelum melakukan pemesanan. 


Saya sering melakukan perbandingan untuk mendapatkan yang terbaik. Menurut saya ini merupakan sesuatu yang harus selalu dilakukan pembeli sebelum melakukan pembelian. Bandingkan harga pada penjual satu dengan lainya dan pastikan temen-temen mendapatkan penawaran terbaik sebelum mengklik tombol belanja. 

Lebih menguntungkan lagi apabila temen-temen dapat promo berupa voucher belanja, tentu tidak ingin menyia-nyiakan dengan membelanjakan barang yang belum kita butuhkan, kan?

Guys... memilih Toko Belanja Online Barang Original juga sangat diharuskan yaa. Agar kita sebagai konsumen tidak akan kecewa kemudian. 

Oiya, bicara soal originalitas, temen-temen tahu Mapemall kan? Mapemall adalah toko online pilihan pertama dengan kategori fashion dan lifestyle yang menyediakan brand original di Indonesia. Di sini menawarkan lebih dari 150 merek internasional yang mencakup berbagai kategori seperti fashion untuk wanita, pria, & anak-anak, kecantikan, olahraga, rumah & tempat tinggal. Ada juga untuk kategori mainan, perjalanan, alat tulis , elektronik &; gadget, di mana mapemall ini bekerja sama dengan berbagai merek internasional. 

mapemall

Mapemall ini resmi diluncurkan kembali pada tahun 2018 oleh PT. Gcommerce Digital Asia, yang menjadi beda dengan ritel online lainnya, Mapemall hadir dengan desain teknologi O2O (online ke offline) di mana hal ini dapat memudahkan konsumen untuk mengakses berbagai merek yang dipilih dengan fitur-fitur canggih dan mudah, seperti fitur "Click and Collect" untuk mengambil barang-barang yang dibeli langsung di tempat yang tersedia di toko offline. 

Ada juga fitur "Milla" yang difungsikan sebagai asisten pribadi yang membantu memberikan rekomendasi tentang ukuran dan produk yang tepat yang sesuai dengan karakteristik pembeli. 


Nah, belanja online fashion di mapemall ini pilihan yang tepat loh temen-temen. Karena produk yang ditawarkan di sini semuanya adalah original brand. Temen-temen bisa membeli baju untuk persiapan lebaran nanti, ada beberapa pilihan di Ramadhan dan Idul Fitri Deals ini karena di Mapemall juga buanyak sekali menyediakan busana muslim yang bagus-bagus banget. 

Seperti toko online pada umumnya, temen-temen bisa mengakses Mapemall selama 24 jam nonstop. Hal ini  tentu sangat menguntungkan karena bisa jadi rujukan toko online yang easy shopping 2020. Temen-temen bisa mendapatkan banyak keuntungan karena ada banyak diskon, apalagi untuk Ramadhan dan Idul Fitri temen-temen bisa mendapatkan diskon hingga 70% ditambah ada cashback hingga 40% sejak 24 April dan akan terus ada hingga 24 Mei mendatang. Enggak cukup itu saja, temen-temen juga bisa mendapatkan SUPER DOUBLE BONUS mapemall gift voucher dengan cara meredeem MAP-CLUB poin yang temen-temen punya. Waktunya masih panjang, kok. Sampai akhir Juni.

Oiya, untuk berbelanja di Mapemall #MapYourStyle, temen-temen bisa buka web version atau bisa juga download aplikasi di iOs atau android sebagai Aplikasi Belanja Online, MAP Online Indonesia juga ada akun instagramnya, temen-temen bisa cek langsung dan kepoin koleksinya di @Mapemall_com dan @Mapemall_shop  dan temukan produk ter-the best temen-temen di sana. Eits,, tapi ingat tips dari saya di atas, yaa... hihihi 
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment