ASUS VivoBook Ultra A412 untuk Seorang Pendamping Sosial PKH - Cah Kesesi AyuTea

ASUS VivoBook Ultra A412 untuk Seorang Pendamping Sosial PKH

Dua tahun berjalan Vita Ayu Oktaviani, seorang sahabat yang sudah aku anggap saudara menjadi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Tekad Vita ini sudah bulat. Ia ingin hidupnya bisa bermanfaat untuk orang lain. Sejak dia bergabung dengan kementerian sosial menjadi pendamping PKH, dia merasa hidupnya lebih bisa peduli dengan orang lain. Keinginannya tulus untuk membantu masyarakat dan mendampingi mereka supaya lebih semangat menjalani kehidupan untuk menjadi lebih baik lagi.


Saat ini Vita bertugas di desa Mengori Kec Pemalang, kebetulan desa Mengori adalah tanah kelahiran almarhum bapak aku. Di sana memang masih banyak yang perlu dibantu, masih banyak keluarga KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang memerlukan uluran bantuan dari pemerintah. 

Vita mengaku banyak tantangan yang dihadapi ketika awal-awal ia bergabung di PKH ini. Dulu, infrastruktur menuju desa Mengori yang lumayan rusak, akses jalan menjadi salah satu tantangan, namun karena ada perumahan baru di jalan masuk menuju desa Mengori, akses jalan ke sana sudah diperbaiki. Walhasil, Kendala infrastruktur sudah bukan menjadi kendala yang berarti. 

“Kalau untuk di kelurahan Mulyoharjo Pemalang, kendalanya ada di masyarakat yang berpikir kritis, ada beberapa yang protes katanya tetangganya itu orang mampu kok dapat bantuan?” ujar Vita dalam curhatnya kemaren. 

Penerimaan bantuan tersebut sebenarnya sudah ada datanya, jadi KPM yang mendapatkan bantuan adalah KPM yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah, kalau sudah merasa mampu, KPM akan mengajukan graduasi mandiri. 

Graduasi mandiri adalah keluar dari kondisi kemiskinan. Setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat), yang keluar akan mendapatkan sertifikat graduasi mandiri dari Kementerian Sosial dan secara otomatis sudah lepas dan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah lagi.

Vita menceritakan keluarga yang didampingi memang kebanyakan dari kalangan keluarga yang kurang beruntung. Namun ia menyayangkan, kesadaran mereka untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi masih rendah karena masih mengandalkan dan berharap pada bantuan pemerintah.

Meski begitu ia bersyukur dengan adanya program PKH yang telah banyak membantu masyarakat dari beban ekonomi. “Alhamdulillah banyak yang sudah terbantu dengan adanya PKH, sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran mereka,” kata Vita bangga.

Beberapa kendala lain juga dengan minimnya pemanfaatan teknologi. Vita berharap suatu saat ia bisa mengaplikasikan teknologi di setiap FDS (Family Development Session) yaitu Memberi pembelajaran kepada KPM melalui teknologi. Selama ini masih manual, menggunakan buku panduan, latihan membaca, dan menggunakan flip chart untuk media pembelajarannya. 


Meskipun demikian, segala administasi laporan dikirim melalui online ke website E-PKH. Setiap hari setelah keliling, Vita harus input laporan daring ke website e-pkh. 

“Bawaanku banyaaakk!, Setiap kali FDS aku harus membawa banyak barang. Seperti berkas-berkas administrasi, absensi, modul pengasuhan dan pendidikan anak, flip chart yang berbeda-beda setiap sesi, buku pintar yang sampai 30 buku, meja, dan masih banyak lagi. Apalagi kan setiap FDS aku harus bawa leptop dan meja, Mana leptopku berat banget, kadang buat kerja udah susah, sering banget lemot.. aku pengen banget ganti leptop!” 


Nggak naïf juga setiap kali pergi dia bawa barang banyak seperti itu bikin badan capek dan pegal, saat FDS mah enak, seneng, ketemu banyak orang, belajar bareng, nyanyi mars PKH, dan guyonan bareng sama KPM. 

“Kamu tahu leptop yang bagus, apa? Aku pengen ganti, leptopku wis payah, udah susah buat kerja, sering ngehang. hiks” tanya Vita pagi ini sambil makan pindang seruni masakan mbak Yati. (Mbak Yati adalah ART Vita yang juga seorang KPM)


“Kalau leptop bagus itu kan relatif say, kalau kamu tanya leptop apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu, aku tahu jawabannya..” 

Aku langsung saja rekomendasikan dia untuk ganti leptop lamanya dengan leptop Asus. Tepatnya ASUS VivoBook Ultra A412, kebetulan 28 September 2019 lalu aku dan temen-temen blogger Semarang datang ke acara Asus Blogger Gathering Semarang di Hotel Aston Semarang. Di acara tersebut kami semua peserta diberi kesempatan untuk experience dua produk, ASUS VivoBook Ultra A412 dan ASUS VivoBook Ultra K403. 







Ada leptop se-enteng ini sampe angkat pake satu tangan ga kerasa pegel? Iyaa kamu nggak ngimpi, ini beneran enteeeng binggo, malah lebih berat masalah hidup kamu dah!!!. . Cuma Asus sih yang selalu berinovasi dengan produk-produknya. Nyatanya, hari ini aku megang langsung angkat pake satu tangan begini. Seneng banget dong aku bisa ketemu lagi sama PR asus yang kece dan cantik seperti kak @aca.marisa @carolinesida @emmet24son @riandanumu di #asusgatheringSMG #colorfulismylife . Oiya.. Berat leptop ini cuma 1.5kg. UltraBook ini tipe VivoBook Ultra A412 loh. Leptop 14 inch paling tipis di dunia. Boleh deh diadu sama brand lain, yang mana yang paling kecil, VivoBook Ultra A412 jawabannya. . ASUS VivoBook Ultra A412 hadir dalam pilihan warna Peacock Blue yang memberikan kesan mewah. Laptop ini hadir dalam 4 pilihan warna Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush. Nah, kamu suka yang mana? . Detail spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412 : http://bit.ly/VivoBookUltraA412 . Harga ASUS VivoBook Ultra A412 mulai dari Rp 7.599.000 . Detail spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412: - Intel® Core™ i3-8145U / Intel® Core™ i5-8265U / Intel® Core™ i7-8565U Processor - Windows 10 - Intel UHD Graphics 620 / Discrete Graphic MX250 - 14 inch FHD 1920x1080, Anti-Glare - 4GB/8GB - PCIEG3x2 NVME 512G M.2 SSD - Wifi, BT 4.2, HDMI - USB 3.1 Type-C , USB 3.1 Type A, USB 2.0 - HD Web Camera, fingerprint - Transparent silver, slate grey, peacock blue, coral crush - NanoEdge display menjadikannya laptop paling ringkas dikelasnya - 2 Tahun Garansi Global, senilai Rp 1.250.000 #ASUSAja #VivoBookUltraA412 #ColorfuIsMyLife #colorfulwithvivobook #AsusGatheringSMG
A post shared by Noorma Fitriana M. Zain (@noormafmz) on
Inilah beberapa alasan kenapa Vita kudu beli ASUS VivoBook Ultra A412. Oiya kebetulan dia juga hari ini, 6 Oktober 2019 ulang tahun dia yang ke 32 tahun. Tadi malam dia video call-an sama aku katanya lagi ngajuin proposal ke suaminya minta kado leptop. Hihi. Tuh kan paasss banget, tanpa ba-bi-bu-ba lagi, ASUS VivoBook Ultra A412 tepat banget untuk Vita.

ASUS VivoBook Ultra A412, Ultrabook 14 inci Paling Kecil dan Berwarna di Dunia

Alasan pertama aku memberi saran ke Vita untuk membeli ASUS VivoBook Ultra A412 adalah karena leptop ini ringan. Leptop 14 inch yang ringan dan kecil se-dunia hanya ada di asus saat ini. Hal ini tentu cocok untuk sahabatku yang dalam sehari pindah tepat lebih dari dua kali. Dari kantor kecamatan, terus habis itu validasi ke sekolah, pindah lagi validasi kesehatan di posyandu, kemudian sorenya dilanjut FDS di rumah warga. Hmmm dengan mobilitas yang tinggi seperti itu tentu dia butuh barang yang tidak berat dan menjadi beban dominan isi tasnya. Dengan ASUS VivoBook Ultra A412 dia nggak khawatir bakalan pegal. Karena apa? Berat leptop ini hanya 1,5 kg saja. 

“Ini leptop mah enteng banget! Paling enteng sedunia, Cuma 1,5kg doang beratnya, Udah seperti bawa gula pasir, ‘kan?” , begitu kata mas Danu waktu menjelaskan detail ASUS VivoBook Ultra A412 di depan semua peserta gathering. 



Pantas saja VivoBook Ultra A412 menyandang gelar sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia. Lha wong aku sudah tahu rahasianya, jadi dimensi bodi panjangnya 32cm dan lebar 21cm.

Kalau kamu ngeliat sekilas sih, terlihat seperti ultrabook dengan layar 13 inci. Tapi sebenarnya terlihat kecil karena ultrabook ini punya fitur NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Nah, berkat bezel yang tipis ini menjadikan dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil. Screen-to-body ratio hingga 83 persen loh, so, meskipun kecil, ringan, tapi layar tetep lebar 14 inci, itu yang bikin aku juga pengen punya! hahaha

Asus VivoBook Ultra A412 Punya 4 Warna Pilihan dan Fitur Premium yang Kekinian

Leptop lama milik Vita berwarna putih, dulu waktu beli emang dia memilih warna putih. Aku tahu vita punya 2 warna favorit, warna putih dan silver. Nah, kado ulang tahunnya beli leptop ini saja, warna yang silver boleh, atau Slate Grey juga bagus banget. Jadi Asus VivoBook Ultra A412 ini punya 4 pilihan warna; Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush. Kebetulan waktu roadshow di Semarang kemaren, aku megang warna Slate Grey nya. Warnanya kalem banget kaya aku.. hhihi.. 


Ada beberapa fitur premium yang sangat kekinian pada leptop kece ini, selain fitur NanoEdge Display pada tampilan layarnya, leptop ultrabook ini juga punya fitur ErgoLift Design, yaitu mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Dengan fitur ErgoLift Design, posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan.


Oiya, ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Karena bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Nggak usah bawa meja kipas leptop insya Allah aman lah ya hardware-nya. Bisa lebih optimal juga kerjanya kalau sistem pendinginannya baik.

FingerPrint Windows Hello

Tahu nggak sih? Keamanan dan privasi data pada leptop juga sangat penting, ya kan? Nah, Alhamdulillah… VivoBook Ultra A412 juga sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti pembaca sidik jari atau fingerprint. 


fingerprint 

windows hello :)

Hebatnya lagi, fingerprint-nya ini dapat terintegrasi dengan Windows Hello. Kelebihan dari integrasi ini adalah memungkinkan user login ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password. Lebih aman sudah pasti, lebih mudah? Iya dong!

Spesifikasi Lengkap dan Powerfull

Kombinasi hardware terkini yang ada di dalam ultrabook ini menghasilkan performa powerful. Bagaimana tidak, vivobook super kece ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core generasi ke-8, hal ini membuat VivoBook Ultra A412 menjadi leptop mungil yang paling gesit saat ini. Untuk varian tertingginya yang menggunakan Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread.

Untuk yang suka grafis, VivoBook Ultra A412 juga ada yang ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB. Dengan demikian leptop ini lancar untuk menunjang kegiatan sehari-hari, dan lancar juga untuk menikmati konten hiburan seperti game ringan dan nonton film. Selain itu dengan adanya RAM DDR4 dan penyimpanan menggunakan M.2 SSD, leptop ini bisa bekerja dengan cepat wus wus.

Untuk konektivitas, si mungil ini bisa dibilang lengkap loh, ada beberapa port seperti USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Sehingga dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat sesuai kebutuhan.

Nggak afdhol namanya bila belum ada konektivitas nirkabel. Uupps,. Tenang.. VivoBook Ultra A412 juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2x2) membuat ultrabook ini tetap dapat terkoneksi dengan internet. Bisa menerima tehthering dari smart phone atau koneksi wifi dari mana saja. Sedangkan untuk Bluetooth, vivobook sudah dilengkapi dengan bluetooth 4.2 membuat berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara leluasa. Jadi Vita bisa mengirim data dari handphone ke leptop atau dengan perangkat lainnya.

Hmm, gimana? Udah kbayang banget dong saat kirim-kirim laporan bulanan ke website E-PKH si Vita ini sambil senyum-senyum karena nggak lemot lagi. Untuk kerja sehari-hari seperti input-input data KPM, leptop ini sudah sangat mumpuni. 

Oiya hampir saja lupa, pekerjaan Vita ini sering banget dikerjakan dengan cara lemburan di rumah sampai tengah malam. Dia sering minta aku untuk nemenin dia ngetik (kerja). Kalau malam-malam gitu, enaknya di Vivobook ultra A412 ini juga bisa diajak kerja cepat dan tidak akan typo walau berada di ruang gelap dan kurang cahaya, karena di bawah keyboardnya ada lampu untuk menerangi keyboard. Ngetik di gelap-gelapan, nggak akan salah tutul keyboard deehh...

Ajaibnya lagi, baterainya benar-benar awet loh, kata mas Danu waktu di Aston bilang nggak usah khawatir kehabisan baterai karena dalam pemakaian normal leptop ini bisa standby lebih dari 12 jam. Hmmm.. mantul. 

Untuk rangkuman spesifikasi di atas, bisa dilihat kolom di bawah ini, ya. Di kolom ini juga sudah lengkap dengan harganya, cukup terjangkau dengan spesifikasi kece seperti ini. Punya leptop itu nggak perlu harus yang berharga mahal, yang penting disesuaikan dengan kebutuhan. 

Aku berani merekomendasikan Asus Vivobook Ultra A412 ini ke Vita karena aku tahu kebutuhan dan pekerjaan Vita sangat bisa ditungjang dengan leptop mungil ini.

Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU
Intel Core i3-8145U Processor
Intel Core i5-8265U Processor
Intel Core i7-8565U Processor
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 620  
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp7.599.000
Warranty
2 tahun garansi global

Insya Allah, dengan Vivobook ultra A412 kerjaan Vita dari mulai bikin materi ajar, ngetik administrasi, input data KPM ke website E-PKH semuanya berjalan lancar. 

Sekali aku ucapkan, Selamat Ulang Tahun ya sahabatku, semoga panjang umur, selalu semangat membantu dan mendampingi KPM kamu sampai kapanpun, semoga kamu menjadi orang yang bermanfaat untuk oranglain. Aamiin...

26 comments:

  1. Nah ini ... kesadaran mereka untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi masih rendah karena masih mengandalkan dan berharap pada bantuan pemerintah.

    Jadinya pendamping sosial PKH-nya kudu ekstra ya mendampingi yang begini-begini.

    Tapi berhubungan dengan data memang laptopnya harus yang pas, sesuai kebutuhan, seperti jawaban Noorma. Asus Vivobook ini ya jawabannya. Kujuga pengen.

    ReplyDelete
  2. Laptopnya cantiiiikk, secantik orangnyaaaaa
    semangaatt terus kak Vitaaaa! bangsa ini butuh sosok seperti dirimu yg ikhlas dan pekerja keras
    Laptop ASUS sungguh kuat dan tangguh ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Baru lagiii dari ASUS dan warnanya ada yang gonjereng pula, kekinian, ya. :D Semoga makin dimudahkan dan makin simpel kalau nanti dapat laptop ASUS ini ya, Mbak Vita. Selamat ulang tahuun!

    ReplyDelete
  4. akutu suka gotong2 laptop kalo mau ngetik di coworking space. pegel bawanya naik ojol n angkot. mupeng pengen punya asus vivobook ultra yg ringan, desainya manis, dan speknya cakep :)

    ReplyDelete
  5. Selamat ulang tahun mbak Vita. Semoga laptop ASUS Vivobook Ultra A412 bisa jadi milik untuk mendukung pekerjaan mbak Vita.
    Laptop yang enteng memang paling cocok buat orang yang kerjanya pindah-pindah tempat.

    ReplyDelete
  6. Fitur fingerprint nya bisa membuat laptop aman dari pengguna yang tidak berhak ya, cocok buat penggunaan pribadi

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sayang...ini kado terindah yg kumiliki...apalagi kalo laptopnya kebeli makin berbunga2 n spesial ultahku ke 32 ini. Q berharap bisa beli lepi se enteng itu. Q blusukan ke gang2 kecil sempit dan harus jalan kaki dg bawaan yg berat untuk sampe kerumah KPM. Semoga th ini dikobul. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Ya ampun aku udah ngiler laptop ini dari dulu tapi harganya lumayan yah...sebandinglah dengan fitur dan kualitasnya, tapi yang bikin aku mupeng itu, ada lampu pada keyboardnya, jadi ngak perlu lampu terang nih buat nulis soalnya kalau malam aku susah nulis karena harus nyalain lampu takutnya salah ketik atau typo hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop ASUS ViviBook cocok banget buat pengganti laptopnya mbak Vita, dijamin gak bikin berat dan pegal-pegal badan saat membawanya

      Delete
  9. Wah aku ikutan berdoa semoga ASUS VivoBook Ultra A412 segera mendampingi Mbak Vita, sebagai pendamping sosial PKH. Agar tugasnya yang mulia makin lancar jaya

    ReplyDelete
  10. warna coral crush bagus banget kayaknya, ini spesifikasinya bagus dengan harga yang maish affordable dibanding kaka kakanya asus lainnya,,,bisa menunjang kinerja pengolahan data secara cepat kalo gini mba

    ReplyDelete
  11. Yes, VivoBook Ultra A412 ini cocok banget untuk Vita yang super sibuk dan banyak bawaannya saat beraktivitas. Ringan dan mudah dimasukkan ke dalam tas nih.

    ReplyDelete
  12. Cocok banget ini dipakai buat yang kerjanya harus mobile. Ringan banget. Nggak bakal bikin pundak pegel nenteng laptop. Batre-nya awet lama pula. Nggak kuatir kalau diluar rumah seharian.

    ReplyDelete
  13. temannya hebat kak. FDS bawa bekal sebanyak itu, udah pakai ransel masih ada 2 tote bag yg ditenteng. kalau leptop ganti asus pasti lebih enteng, kerja jadi makin bahagia

    ReplyDelete
  14. Aku dari dulu emang udah suka banget sama asus emang kece banget.. Ya laptopnya.. Ya hapenya semua kece

    ReplyDelete
  15. Wahkeren banget ya spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412 ini, jadi mupeng juga nih, secara laptop asusku udah penuh banget isinya.

    ReplyDelete
  16. Wah ringan banget ya mba cuman 1,5 kg aku ya dari dulu ngincer asus belum kesampean aja wkwkwk...semoga next bisa beli nih apalagi fitur fingerprint juga ya jelas bikin aman banget :)

    ReplyDelete
  17. saya pun naksir laptop Asus yang ini mbak, kalau pas lagi bepergian atau travelling dan ada kerjaan bisa ngerjainnya. Laptopnya pun ringan, jadi gak bikin capek dibawa-bawa.

    ReplyDelete
  18. Produk ASUS memang selalu kece ya mba. Suka banget sama produk Asus.

    ReplyDelete
  19. Laptop ini memang kece banget ya sangat menggoda untuk memilikinya apalagi menunjang kinerja kita sebagai blogger

    ReplyDelete
  20. Nah asik nih laptopnya. Yg paling males kalo mitingkan bawa laptop, beraattt. Seberat masalah hidupmu, halah

    ReplyDelete
  21. Semoga laptop baru bisa menemani kerja mbak Vita. Apalagi kalau dapat laptop yang diidam idamkan kayak laptop ini. Wah moga berkah yaa

    ReplyDelete
  22. mulia sekali pekerjaan Mba Vita. Ga mudah ya mengentaskan kemiskinan terutama dengan mengubah pola pikir supaya tidak selalu bergantung pada bantuan. Semangat terus, Mba Vita! Semoga terwujud punya ASUS Vivobook untuk menunjang pekerjaannya.

    ReplyDelete
  23. Laptop idaman bgt ini mbak. Slim. Stylish. Powerfull. Cocok buat kita yg mobilitas tinggi :)

    ReplyDelete
  24. Kalo sering bepergian bawa laptop, memang harus pake laptop yang ringan yaa biar gak berat bawanya.

    ReplyDelete
  25. Kalau beraktivitas bawa laptop memang harus punya laptop yang mudah dibawa ke mana-mana ya. Harus ringan seperti Asus ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)