Pentingnya Asuransi untuk Perlindungan Keluarga - Cah Kesesi AyuTea

Pentingnya Asuransi untuk Perlindungan Keluarga

Halo, Assalamu'alaikum,

Pengetahuan mengenai pentingnya asuransi untuk perlindungan keluarga perlu diketahui sedini mungkin oleh para generasi milenial agar bisa mempersiapkan diri akan segala kemungkinan, bahkan sebelum memasuk jenjang pernikahan. 

Banyak di antara kita yang ketika masih berusia produktif bekerja dengan begitu giat hingga lupa akan kesehatan dan keselamatan. Adrenalin terus berpacu mengejar impian dan target-target terbaik mendorong kita bekerja begitu keras. Alasannya ya tentu saja agar ketika memasuki kehidupan berkeluarga maka kehidupan yang terbaiklah yang akan diberikan untuk orang yang dicintai. 

Masalahnya, kita lupa. Kemampuan manusia itu ada batasnya. Hidup pun seperti roda yang berputar. Hari ini berada di atas, besok bisa saja meluncur ke bawah. Ada banyak hal-hal tak terduga yang bisa terjadi. Jika tak punya persiapan dan perlindungan, maka hal-hal tak terduga tersebut bisa saja menghancurkan hidup kita. 

Pentingnya Asuransi untuk Perlindungan Keluarga 

Kenapa kita perlu punya asuransi untuk perlindungan keluarga kita? 

Sudah banyak peristiwa di mana satu keluarga akhirnya terpuruk akibat masalah yang tiba-tiba datang. Keluarga yang tadinya baik-baik saja, tiba-tiba terjungkir balik kehidupannya karena hilangnya tulang punggung keluarga. Sementara sumber keuangan hanya dari tulang punggung tersebut. Kehilangan di sini bisa saja selesai dengan kematian. 

Bagaimana kalau kehilangan tersebut akibat sakit penyakit yang parah atau kecelakaan? Sudah tak punya pemasukan rutin, malah harus membayar biaya pengobatan. Sanggupkah keluarga yang kita cintai menanggung hal-hal tak terduga begini? Untuk mencegah semua kedukaan dan kesedihan akibat hal-hal tak terduga itulah maka kita perlu punya perlindungan tambahan bagi keluarga yang kita cintai. 

Berikut beberapa alasan pentingnya asuransi untuk perlindungan keluarga: 

1. Asuransi Menjadi Perlindungan Tambahan Bagi Keluarga akan Hal-hal Tak Terduga. 

Saat berkomitmen memasuki mahligai pernikahan dan membangun rumah tangga, pastilah kita telah melakukan banyak persiapan. Namun manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan hidup manusia. Jadi, tak mustahil cobaan hidup bisa saja datang tanpa diundang. Inilah salah satu alasan penting punya asuransi untuk perlindungan keluarga. 


Ada banyak produk asuransi yang bisa memberi perlindungan bagi keluarga kita. Tinggal dipilih saja mana yang memberi manfaat dan sesuai dengan kebutuhan. Informasi mengenai produk asuransi bisa pula dibaca di website Lifepal, broker asuransi terpercaya yang siap memenuhi kebutuhan kita. 

2. Membantu Mengelola Keuangan Dengan Lebih Baik 

gambar milik detikcom

Tiap-tiap asuransi memiliki benefitnya sendiri-sendiri yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita untuk mengalokasikan dana serta perlindungan tambahan apa yang kita butuhkan. Dengan cara ini, pengelolaan keuangan juga jadi lebih disiplin karena secara tak langsung kita mau tak mau menyisihkan dana secara rutin (yang jangka waktunya kita tentukan sendiri). Berbeda dengan menabung yang kadang kita lakukan sesuka kita tanpa ada jadwal yang tetap. 

3. Sebagai Cadangan Dana di Masa Depan yang Sesuai Kebutuhan 

Ada satu keluarga yang istrinya mendadak kecelakaan. Bertepatan dengan kejadian itu, sang suami baru saja membayar cicilan rumah yang jumlahnya cukup besar. Tabungan ada, tapi jumlahnya tak banyak. Karena mereka memiliki asuransi kesehatan dan biaya pengobatan hingga perawatan masuk dalam perlindungan asuransi tersebut maka keluarga ini tak perlu lagi menghabiskan seluruh tabungan. Cerita ini merupakan penggambaran bahwa asuransi bisa menjadi cadangan dana di masa depan. 

4. Cara Baru Dalam Berinvestasi 

Untuk lebih jelas mengenai berinvestasi melalui produk asuransi, kita bisa mencari tahu lebih banyak dari berbagai sumber atau bertanya pada agen asuransi terpercaya. Bertanya secara detail bisa membuat kita bisa memahami beberapa skema menguntungkan dengan berinvestasi di asuransi. Alangkah lebih baik lagi selain mempertimbangkan keuntungan, perlu juga mempertimbangkan kemampuan dalam pembayaran premi.

27 comments:

  1. Asuransi emang super duper pentiiingg bgt
    kudu direncanakan dgn seksama
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Memiliki asuransi kesehatan dan jiwa menurutku penting sekali, karena ini merupakan salah satu cara kita memberikan proteksi pada diri. Sama kalau pilih asuransi tuh harus tau dulu sama produknya, jangan gampang tergiur.

    ReplyDelete
  3. Sering galau mak klo urusan asuransi ini. Di satu sisi sepertinya penting, di sisi lain masih ragu dgn hukum syari-nya. Sejauh ini cm ikut bpjs kesehatan aja.

    ReplyDelete
  4. Asuransi proteksi keluarga salah satu yang harus menjadi perhatian, terutama ketika semuanya dalam kondisi sehat ya.

    ReplyDelete
  5. Aku belum sampai investasi, baru perlindungan keluarga dan pendidikan. Skema investasinya aku belum paham.

    ReplyDelete
  6. nah aku setuju dengan poin terakhir, banyak dari para nasabah ikutan asuransi tuh pengen untung tanpa mikirin bisa ngga taat bayar premi.

    ReplyDelete
  7. Asuransi ini bisa dianalogikan sebagai payung ya..penting saat tiba2 hujan atau panas. TFS ya.

    ReplyDelete
  8. Penting banget yah kak memiliki asuransi apalagi kalau sudah berkeluarga, kepengen deh punya asuransi pendidikan anak sebagai bekal di masa depannya

    ReplyDelete
  9. Setuju mba kalau ada hal-hal yang terduga punya asuransi ya bikin tenang ya mba

    ReplyDelete
  10. Di zaman yang serba tak terduga, dan risiko akan jiwa sangat besar, diperlukan jaminan yang bisa mengantisipasi berbagai hal ya. Baik untuk diri sendiri atau pun keluarga. Jadinya, asuransi bisa dijadikan alternatif solusi dan antisipasi itu. Dan kerennya, asuransi zaman sekarang semakin praktis, memudahkan. Bisa dibeli dan dikontrol dari hape saja.

    ReplyDelete
  11. Setuju..
    Bener-bener harus teliti dalam mempercayakan dana untuk asuransi.
    Semoga bertemu dengan asuransi yang amanah dan mudah.

    ReplyDelete
  12. Proteksi buat keluarga penting banget, apalagi jaman sekarnag gak bisa mengandalkan tabungan aja bisa-bisa habis ya

    ReplyDelete
  13. Aku tau penting nya asuransi lbh lebiat jaga jaga sih sepertinya. . to blm mulai jg pke..hehe

    ReplyDelete
  14. Saya tertarik nih di poin terakhir asuransi sbg cara baru berinvestasi, boleh juga nih yg penting premi asuransi yg dibayar tdk memberatkan juga pas dicairkan juga tidak dibuat berbelit-belit

    ReplyDelete
  15. Nah, kemampuan membayar premi itu perlu dipikirkan masak-masak. Karena akan menjadi pengeluaran rutin. Apakah kita sanggup membayarnya? Hehe.

    ReplyDelete
  16. Yup sepakat.ga ada yg pernah tau bagaimana kehidupan kita. Ibarat roda berputar kita harus slalu siap kapan ada di bawah. Asuransi adl penolongnya

    ReplyDelete
  17. Ada banyak hal yang tak terduga muncul dalam hidup kita. Bisa saja berupa kejadian yang berkaitan dengan kesehatan. Oleh karena itu asuransi kesehatan ini amat diperlukan untuk jaminan pembiayaan kesehatan misal terjadi hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  18. Banyak manfaat asuransi kesehatan ini yaa, apalagi bila kita sakit dan di saat itu gak ada uang, asuransi ini nolong banget

    ReplyDelete
  19. Menurutku semua keluarga penting banget yg namanya punya asuransi. yg namanya musibah kan kita gak tau datangnya kapan. Kalau ada asuransi ibaratnya kita sudah sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete
  20. Asuransi yang aku gunakan yaitu Asuransi Pendidikan dan Asuransi Kendaraan mba, selebihnya mengandalkan fasilitas kantor hahahah

    ReplyDelete
  21. Setuju banget mbak, asuransi itu perlu ada. Sebagai perlindungan untuk masa depan, dan kalau bagi saya juga bukti sayang kita ke keluarga.Asuransi yang penting untuk dimiliki menurut saya itu kesehatan dan pendidikan.

    ReplyDelete
  22. Penting banget punya Asuransi, karena seperti BPJS ga bisa mengcover semua misalkan terjadi apa2 pada perlindungan keluarga yahh mbak.
    Milenials perlu tahu, dan harus punya nih sejak dini hehheee
    TFS yahh Mba Noorma

    ReplyDelete
  23. Yap investasi melalui asuransi memang bisa jadi salah satu cara yang bisa aku lakukan juga nih mba :)

    ReplyDelete
  24. Asuransi memang penting banget buat keluarga selain ada perlindungan juga makin nyaman deh kalau ada apa-apa, namanya juga sedia payung sebelum hujan ya

    ReplyDelete
  25. Asuransi menurutku itu merupakan salah satu ikhtiar kak, kadang kita gak tahu apa yang akan terjadi pada keluarga kita kedepannya

    ReplyDelete
  26. Asuransi memang jadi salah satu pilihan untuk protect terutama untuk keluarga kesehatan dan pendidikan ya.. tapi aku masih belum bet sih ikut asuransi.. hehe masih nabung manual aja..

    ReplyDelete
  27. asuransi sangat berguna bagi semua, berguna bagi mereka yg sanggup membayarnya..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)