Skip to main content

Keindahan Panorama Tebing di Jembatan Ondo Langit, Semarang

Assalamu'alaikum,

Sepakat tidak, Wisata alam selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi? Selain untuk menikmati pemandangan, banyak wisata alam yang saat ini menyajikan ketenangan. Disamping itu, wisata alam juga menyediakan aktivitas yang dapat memacu adrenalin, namun hal ini banyak menjadi pilihan wisata karena selain unik, pemandangan di tempat-tempat yang sulit dijangkau justru sangatlah indah.

Seperti halnya berdiri di tepi jurang curam dari ketinggian lebih dari 25 meter, tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak bisa Anda lupakan. Setidaknya sekali seumur hidup, cobalah untuk berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini. Salah satu destinasi wisata Semarang yang menyajikan pengalaman ini adalah Jembatan Ondo Langit yang berlokasi di daerah Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang.

Berjalan-jalan di Tebing Curam

jembatan ombo
Jembatan Ondo Langit , kredit Backpaker Jakarta
Kawasan jembatan Ondo Langit berada di daerah Gunung Telomoyo, tepatnya di kawasan desa wisata Sepakung. Dari desa wisata Sepakung, Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indah yang memperlihatkan panorama Rawa Pening, Gunung Ungaran, serta Gunung Merbabu di kejauhan. Bentang alam yang memesona ini semakin lengkap dengan keberadaan Jembatan Ondo Langit yang berada di bibir bukit.

Berlokasi sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang, objek wisata Jembatan Ondo Langit menawarkan pemandangan sekaligus pengalaman memacu adrenalin yang tidak kalah menarik. Di Bukit curam dengan ketinggian 45 meter terdapat jembatan kecil yang bisa Anda jelajahi untuk menyaksikan panorama bentang alam yang sangat indah. Jembatan ini berada pada ketinggian 25 meter dengan panjang 25 meter. Dinding bukit yang berdiri sebagai pondasi jembatan dikenal sebagai Bukit Arca. Konon menurut cerita masyarakat lokal, Bukit tersebut merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang hendak dipahat sebagai arca besar, namun urung dilakukan dan ditinggalkan begitu saja. 

Lokasi ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran, berfoto sendiri, serta berburu foto pemandangan alam yang luar biasa. Anda tidak perlu khawatir tentang keamananya, sebab setiap pengunjung yang naik ke Jembatan Ondo Langit akan dibekali perlengkapan keamanan seperti harnes dan tali pengaman yang membuat anda akan selalu tertambat pada rangka jembatan. Pada setiap giliran, jumlah pengunjung akan dibatasi dan disesuaikan dengan bobot maksimal yang bisa ditahan oleh jembatan tersebut. 

Wisata adrenalin lainnya


Selain Jembatan Ondo Langit yang saat ini menjadi objek wisata Semarang yang populer, di kawasan desa wisata Sepakung juga terdapat wahana wisata pemacu adrenalin yang tidak kalah menarik. Anda bisa mencoba Sky Bike yang menegangkan atau ayunan langit yang tidak kalah memacu adrenalin. Wisata alam di daerah ini termasuk sangat lengkap karena Desa Wisata Sepakung berkolaborasi dengan 3 desa lain yakni Kemambang, Kebumen, dan Tegaron. Pada kawasan ini anda dapat menikmati berbagai aktivitas alam lain seperti Air Terjun Gua Semar, Pemandangan Sunset dan Sunrise di dusun Pager Gedog, kawasan wisata Cemoro Sewu, serta Bumi Perkemahan Balong. 



Di akhir pekan kawasan ini sangat ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar daerah Semarang. Jika Anda ingin menikmati seluruh atraksi wisata yang tersedia di daerah wisata Semarang ini, akhir pekan adalah waktu terbaik karena hampir seluruh wahana dibuka untuk umum. Namun bersiaplah dengan antrian yang cukup panjang bila Anda datang terlalu siang. Namun bila tujuan Anda hanya untuk berfoto atau berburu foto di 1-2 lokasi, tidak ada salahnya anda datang di tengah pekan. 

Harga Terjangkau dan Asuransi

Untuk memasuki kawasan desa wisata Sepakung, Anda cukup membayar biaya masuk kawasan wisata sekitar Rp. 5.000. Sementara untuk area Jembatan Ondo Langit dikenakan biaya sebesar 25.000 per orang termasuk perlengkapan keamanan dan asuransi kecelakaan. Untuk wahana wisata lain, pengunjung cukup membayar harga sekitar Rp. 10.000 saja. Harga yang sangat terjangkau bukan?

Akses menuju lokasi desa wisata Sepakung dan Jambatan Ondo Langit dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil sekitar 1 jam dari kota Semarang. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung perlu berhati-hati sebab kondisi jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Jangan lupa sebelum berangkat ke lokasi Jembatan Ondo Langit, buka dahulu aplikasi online travel agent Anda seperti Traveloka. Aplikasi Traveloka menawarkan potongan harga yang menarik untuk tiket masuk objek wisata yang satu ini.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.