Sembuhkan Anyang-anyangan dengan Prive Uricran - Cah Kesesi AyuTea

Sembuhkan Anyang-anyangan dengan Prive Uricran



Bismillah, 

Ayang-ayangku… 

Ayang-ayangku… 

Pernah denger lagu itu nggak? Salah satu lagu hits pada masanya. Etapi, saya lagi nggak mau nyanyi atau tebak-tebakan lagu, loh, tapi mau bahas tentang topik yang namanya mirip dengan kata itu. Yaitu satu jenis penyakit yang banyak orang keluhkan, terutama oleh wanita. Apakah itu? Iyak betul, anyang-anyangan. 

Anyang-anyangan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Anyang-anyangan terjadi kerena adanya infeksi saluran kemih. Indikasi orang terkena anyang-anyangan adalah adanya hasrat ingin pipis terus menerus tapi pipisnya yang keluar sedikit. Saya pernah merasakan anyang-anyangan, dulu sering banget ngerasain anyang-anyangan kalau pas habis pulang kuliah di siang hari di mana cuaca sangat panas dan terik sesampai di kosan langsung minum es teh. Nggak sampai setengah jam setelah itu hasrat pengen pipis muncul terus, tapi ya gitu, pipisnya juga dikit-dikit keluarnya. Kalau dalam istilah bahasa Jawanya namanya crit-criten. Rasanya nggak nyaman, karena jadi pengen ke kamar kecil tapi nggak lancer. 

Rasa serupa juga pernah saya rasakan waktu hamil, baru juga pipis eh belum lima menit udah pengen pipis lagi. Berbeda dengan anyang-anyangan, kalau hal ini kata dokter adalah hal yang normal, semua wanita hamil akan mengalami hal tersebut, semakin tambah usia kandungan maka besarnya janin akan mendorong kandung kemih, akibatnya wanita hamil menjadi beser (pipis terus menerus). Namun ada yang bilang ini bukan merupakan penyakit anyang-anyangan melainkan suatu hal yang wajar. 

Hmm, jadi inget teman saya beberapa waktu lalu saat sedang kumpulan parenting alumni. Dalam satu waktu, ia beberapa kali ijin ke belakang, kira-kira setiap lima menit sekali. Katanya hasrat pengen pipis nggak bisa ditahan, padahal dia nggak sedang hamil. Dia juga bilang pipisnya sedikit-sedikit yang keluar dan kalau pipis bagian ‘bawah’nya terasa nyeri dan terasa sakit buang air kecil. Saya memperhatikan ketika dia duduk juga nggak tenang, waktu saya tanya apa yang dirasain, sakit dan pegel gitu katanya. 

Sependek pengetahuan saya langsung saya sarankan untuk minum air putih yang banyak. Paling tidak, dengan banyak minum maka volume air urine yang ingin keluar juga banyak, jadi enggak sakit lagi. Eh, dia malah sibuk nyari karet gelang terus diikatlah karet gelang itu di jari jempol kakinya. 

“Biasanya kalau diiket gini, sembuh anyang-anyangannya” ujarnya sambil mengikat jari jempol kakinya 

Ketika saya tanya adalah alasan khusus kenapa kok mengikat jari jempol kaki dengan karet gelang saat anyang-anyangan, ia tidak bisa menjelaskan secara ilmiyahnya. Tetapi dijawab dengan “Kata simbah saya kalau pipisnya crit-criten disuruh ikat jari jempol, nanti sembuh”. 

Padahal setahu saya itu mitos belaka, kalaupun semisal waktu itu bisa sembuh dari anyang-anyangan, itu karena faktor bejo alias kebetulan. 

Ada lagi sih yang mitos perihal anyang-anyangan ini. Cerita ini dialami oleh adik ipar saya, dia kan seneng banget minum kopi, tetapi dia nggak suka minum air putih. Akhirnya dehidrasi lah dia. Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah kurangnya konsumsi air putih. Ternyata, tak hanya wanita saja yang bisa terkena anyang-anyangan, laki-laki pun bisa loh. 

Ada yang lucu ketika saya dan dia ngobrol masalah cara menyembuhkan anyang-anyangan, dia menjawab kalau anyang-anyangan bisa disembuhkan dengan cara duduk di atas batu yang panas, di mana pantat dan selakangan bisa terkena panasnya batu. Ada juga cara menyembuhkan anyang-anyangan dengan cara menggunakan air panas yang ditaruh di botol kaca kemudian dia tempelkan di bagian bawah perut selama 10 menit. Nyeri di bagian bawah perut bisa berkurang namun tidak terlalu signifikan.


Dengan banyak hal simpang siurnya masalah anyang-anyangan ini, saya jadi ingin banyak belajar dong, biar nggak salah kaprah lagi. Gayungpun bersambut, karena Sabtu lalu, 6 Juli 2019 saya berkesempatan datang ke acara Uricran Women's Community dengan Combiphar di Hotel Noormans Semarang. Tema dari acara tersebut adalah Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih. 

Saya datang pukul 9 pagi, sudah banyak peserta yang registrasi dan coffee break. Peserta yang datang ke acara ini adalah dari berbagai komunitas. Saya sendiri datang dengan teman-teman komunitas Blogger Gandjel Rel Semarang. 

Setelah seluruh peserta hadir memenuhi ball room, acara dibuka oleh Bu Dyah Parikoening, wanita berparas cantik ini adalah Head of Brand Aviation Combiphar. Sambutan beliau yang singkat tersebut memberikan informasi terkait event Uricran Women's Community di mana sedang berlangsung digital content competition yang diadakan oleh Prive Uricran. Ibu Dyah juga sukses membuat para peserta mupeng dengan menampilkan slide hadiah-hadiah dari kompetisi yang diselenggarakan oleh Uricran. Wuwuwuwu.. saya pengen juga! 

Setelah Ibu Dyah, ada Mbak Michelle Talitha, wanita berambut panjang ini merupakan Brand Manager Uricran. Mbak Michelle berbicara mengenai sosok wanita aktif dan percaya diri. Sebagai wanita yang aktif yang aktivitasnya bejibun, sering kali kita sampai lupa akan banyak hal, salah satunya adalah kurangnya konsumsi air putih. Duh, mendengar ‘petuah’ dari mbak Michelle ini saya merasa disentil karena bener banget, kalau bukan karena kemudian saya merasa nggak nyaman di tenggorokan, saya betah seharian nggak minum air putih loh. Parah ya? 

Apalagi kalau lagi banyak kegiatan di kampus, atau full ngajar dari pagi sampe siang, lanjut ke sore, acapkali saya kepengen pipis tapi males naik turun tangga. Jadi nunda-nunda BAK gitu kan ya, yang akhirnya bikin nyeri di kantung kemih saya. Nah, loh. Jangan sampai lah hal tersebut terjadi lagi, karena resikonya kita jadi sakit dan nyeri. Anyang-anyangan bisa terjadi karena kita sering nahan pipis dan juga kurang minum air putih. 

Sharing dari mbak Michelle ini ngena banget dah, karena saya memang jadi tersangka juta nih. Tersangka sering nahan-nahan hasrat BAK dan juga ogah-ogahan minum air putih.


Acara selanjutnya adalah inti, di mana pembicaranya adalah pakar kesehatan, dr. Olivia Franciska Laksmana, SPOG yang saat ini menjadi dokter Obgyn di RS. Columbia Asia dan RS Elizabeth Semarang. Pengetahuan mengenai anyang-anyangan pun makin mendalam ketika sang dokter menjelaskan satu persatu slide yang ditampilkan di layar monitor. 

Beberapa materi sudah saya kompail jadikan satu di dalam video di bawah ini, 



Sebenarnya, anyang-anyangan ini tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Akan tetapi ada beberapa kondisi di mana seseorang mengalami anyang-anyangan, diantaranya: 
  • Hasrat ingin buang air kecil yang datang terus menerus. 
  • Lebih sering buang air kecil tapi dengan volume yang sedikit-sedikit. 
  • Pada wanita biasanya akan merasakan nyeri pada panggul. 
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus 
  • Rasa perih dan nyeri ketika buang air kecil. 
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, ada beberapa kasus sampai keluar darah. 
  • Penderita akan mudah lelah dan kurang sehat. 
  • Timbul demam 
Sebagai tambahan referensi saya juga membaca beberapa artikel tentang anyang-anyangan, dari artikel yang saya baca, ada kurang lebih tiga jenis infeksi sistem kemih pada orang yang mengalami anyang-anyangan. Gejala yang dirasakan pun berbeda-beda, di antaranya seperti: 

  1. Infeksi pada Ginjal (pielonefritis akut): penderita akan merasakan nyeri pada pinggang belakang atas, suhu badan meningkat menjadi demam tinggi, merasakan mual bahkan bisa sampai muntah. 
  2. Infeksi pada Kandung kemih (sistitis). Bila penderita mengalami infeksi pada kandung kemih, ia akan merasakan perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan terus menerus, sakit saat buang air kecil, serta adanya darah pada urine. 
  3. Infeksi Saluran Kencing (urethritis): penderita akan merasakan sakit buang air kecil dan kemaluan terasa perih. Infeksi Saluran Kemih ini disebabkan oleh adanya bakteri E.coli yang keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri E.coli ini bisa masuk karena kebiasaan orang membilas dari belakang ke depan setelah dia buang air besar. Ini lebih sering dialami oleh seorang wanita karena jarak antara anus dan saluran kecing yang berdekatan. 

Faktanya 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan atau ISK. Penyebab anyang-anyangan yang mereka alami salah satunya karena adanya bakteri E-coli yang masuk ke dalam saluran kencing pada wanita. Saya sendiri sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, kalau cebok setelah buang air besar seringnya dari belakang ke depan, karena sudah menjadi kebiasaan akhirnya seperti menjadi hal yang biasa. Tetapi kini saya mulai ubah kebiasaan buruk tersebut tetapi saya mengganti posisi cebok saya sekarang sambil berdiri, hehe. Setelah selesai buang air besar, saya bilas dahulu pakai air kemudian berdiri dan membasuh dari depan ke belakang. Memang agak ribet sedikit, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati, iya, kan? 

Cara Mengatasi Anyang-anyangan 

Saat ini sudah ada produk herbal dari Combiphar yang bisa mengatasi anyang-anyangan. Prive Uricran, namanya. Obat ini terbuat dari ekstrak buah Cranberry. sebagai sedikit informasi, Cranberry adalah tanaman jenis berry yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Buah berwarna merah ini kaya akan vitamin C yang dapat mencegah seriawan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan. 

Selain itu buah ini kaya akan serat makanan, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. 

Buah cranberry juga memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, manfaatnya adalah dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab infeksi salurah kemih. Sifat anti-adhesi dari antioksidan pada buah cranberry ini membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih. Lebih hebatnya lagi kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Sekitar bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan di Prancis (AFSSA), memberikan ijin untuk penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Keseriusannya dibuktikan dengan 4 uji klinis secara acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Ekstrak cranberry kemudian dikemas dalam satu produk yang diberi nama Prive Uri-cran. 


Prive Uri-cran ini terbuat dari ekstrak buah cranberry. Ada dua jenis prive uri-cran, yaitu Prive Uri-cran berupa kapsul @250mg ekstrak cranberry. Satu box berisi 30 kapsul. Produk herbal ini dapat diminum 1-2 kapsul perHari.

beli Prive Uricran dooong buat stok di rumah

Yang ke dua Prive Uri-cran plus. Produk ini dibuat dari 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Prive Uri-cran plus diperuntukkan untuk orang yang nggak bisa minum kapsul karena ini berupa powder sachet. Satu box berisi 15 sachet dapat diminum 1-2 Sachet / Hari. Untuk yang plus rasanya segar sekali, karena di dalamnya terdapat vitamin C nya. Warnanya juga bagus banget ketika diseduh, pink kalem. Hihihi. Oiya, harga Prive Uri-cran di apotik kisaran 90 rb – 120 rb. Sudah banyak kok apotek yang menjual produk yang bisa mengatasi susah buang air kecil ini. Sila kalau kamu mau nyetok di rumah dan minum ini insya Allah aman loh, kamu bisa minum setiap hari.

Bagaimanapun, jangan sepelekan anyang-anyangan, ya. Apalagi bila sudah berhari-hari anyang-anyangan nggak kunjung sembuh. Kita bisa memeriksakan keluhan kita ke dokter specialis. Di sana akan dicek urine di laboratorium supaya bisa mendeteksi lebih jauh mengenai penyebab anyang-anyangan atau penyebab sakit saat buang air kecil tersebut. Insya Allah apa yang sudah menjadi ikhtiyar kita untuk sembuh, kalau kita yakin Allah sembuhkan, pasti Allah sembuhkan. Seyogyanya anyang-anyangan bukan menjadi penghambat aktifitas. 

#Uricran #UricranWomensCommunity #Combiphar #Semarang

Semoga bermanfaat! 

Ref: 

http ://www.alodokter.com/nyeri-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan 
http ://www.rubrikita.com/2014/10/cara-mengatasi-anyang-ayangan.html 
http ://uricran.co.id/cranberry-story/ 
http: //uricran.co.id/ 
http: //uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/

25 comments:

  1. Aku pernah sekali..mudah mudahan nggak lagi. Duh rasane tersiksa banget...pas periksa ke dokter lagi nunggu antrian juga bolak balik ke toilet...jangan lagi lagi ah...ampun deh

    ReplyDelete
  2. sebagai warga kantoran yg diem di meja mulu & males minum air putih, aku sering banget kena anyang2an dan kalau kena, pasti andalanku ya uricran ini :D pokoknya efektif banget pake uricran, ngga perlu bingung2 belinya juga gampang ada dimana2 :D

    ReplyDelete
  3. Kak Noorma :D Aku ngikik ikutan nyanyik di paragraf awal hihihi
    Iya niiih anyang2an emang genggeus buangeettt
    Thanks GOD ada Uricran!
    https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  4. meski udah rajin minum air putih, banyak beraktivitas, tetep aja ya bisa kena anyang-anyangan. Nah prive uricran ini jadi obat yang cukup efektif buat solusi meringankan anyang-anyangan

    ReplyDelete
  5. Rasa Prive uricran ini enak dan seger ya mbak. Apalgi pas musim dingin begini, bawaannya pen ke belakang untuk p2s, cocok konsumsi Uricran ini hhaaaa.
    Mana harganya juga terjangkau pula hehheee

    ReplyDelete
  6. Aku pernah ayang2an.. eh anyang2an, udah lama banget. Andai udah tau uricran.. ampuh ya pakai uricran ini mba, kata yg udah pernah coba

    ReplyDelete
  7. Tetanggaku ada nih yang anyang-anyangan sampai masuk RS soalnya enggak bisa pipis karena sakit, Ternyata dia memang sering menahan pipis karena dia supir ya jadi kalau di tengah jalan kebelet pipis gitu dia tahan. Beruntung banget setelah minum uricran bisa sembuh. Heheh... sharing pengalaman tetangga

    ReplyDelete
  8. Nggak nyaman banget kalau kena anyang-anyangan. Lebih baik mencegah emang daripada mengobati. Jadi sekarang banyak minum air putih. Untungnya sekarang ada Uricran ya, anyang-anyangan bisa di empaskan.

    ReplyDelete
  9. Ini antara sugesti atau embuh ya, Mbak. AKu kalau anyang-anyangan ya emang selalu ngiket jempol pakek karet. Ya kadang sembuh sih. Tapi ya nggak selalu. Amannya memang dengan Prive Uricran. Karena dia punya khasiat antibakteri itu. Hehehe, tapi yang namanya sugesti ya, Mak. Masih aja dicoba meskipun nggak jelas manfaatnya.

    ReplyDelete
  10. Pernah sekali kena anyang-anyangan dan gak nyaman banget. Sekarang saya lagi belajar BAK teratur, maksudnya kalau kebelet ya segera ke toilet. Dulu suka nahan apalagi pas jam kerja, lagi sibuknya. Haduhlaaah...

    ReplyDelete
  11. Memang enggak enak banget ya anyang-anyangan itu, enggak nyaman, enggak mau lagi deh nahan-nahan pipis... Untung ada prive uri cran ya...

    ReplyDelete
  12. kalau pas lagi jalan-jalan terus kena anyang-anyangan udah gak khawatir lagi ya, bawa aja Uri Cran untuk solusinya.

    ReplyDelete
  13. Pas banget nih mba.. tdtanggaku lagi sakit ayang2an ini.. mau coba aku rekomendasiin uricran ini ahh

    ReplyDelete
  14. Wah ini sih udah jadi andalanku dalam ngatasi anyang-anyangan. Dulu yang cuma nunggu waktu untuk bisa sembuh, skrg kalo kena cuma tinggal minum 1-2 kali Price Uricran, bisa langsung sembuh.

    ReplyDelete
  15. Daripada nyari buah cranberry nya sendiri kan repot yaa..
    Untuk dapat manfaatnya, langsung deeh...minum Prive Uri-cran.
    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  16. Mbak, mataku siwer sama syair lagu diawal. Ayang-ayangku Tak baca anyang-anyangku wakakak. Kalau sekarang sih nggak bingung lagi lalau lagi anyang-anyangan. Sudah ada uricran. Jadi tenang deh.

    ReplyDelete
  17. Nah ini aku kudu jaga-jaga dirumah punya Prive Uricran juga nih. Karena anyang-anyang itu paling menyebalkan sekali sungguh.

    ReplyDelete
  18. Aku pernah nih kena ISK saat hamil. Akhirnya ketubanku rembes yg katanya karena bakteri gitu. Sayang banget pengetahuanku minim. Beruntung bayinya sehat 😁

    ReplyDelete
  19. Sewaktu masih SD sering banget anyang-anyangan. Nggak tau penyebabnya apa. Tapi Alhamdulillah banget setelah besar tidak pernah lagi.

    ReplyDelete
  20. Bisa aeeee nyambungin lagunya haha. Kalau anyang2an jelas gak enak yaa. AKu pernah soalnya, ya krn suka nahan piis abisnya suka gak bisa pipis di toilet umum, tapi skrng wes kapok nahan pipis. Pernah minum uricran jg enak rasanya gak kyk obat.

    ReplyDelete
  21. wah cucok banget nih Uricran untuk ISK.. penggunaannya juga praktis.. gak berasa kalo lagi berobat. hehe

    ReplyDelete
  22. KAlau anyang-anyangan aku juga suka banget minum uricran ini, sangat membantu banget.

    ReplyDelete
  23. Uri Cran emang bagus buat mengatasi anyang anyang. Rasanya juga enak. Seger, saya suka.

    ReplyDelete
  24. Crit-criten tapi perih ga enak blas hiks
    Aku pas hamil tibae isk. Pake uricran akhire, dadi aman

    ReplyDelete
  25. Mitos banget ya soal ngiket jempol dengan karet gelang. Ada cara penyembuhan yang praktis padahal ya, beli aja Uricran trus dikasih air dan diminum rutin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)