Tempat Ngabuburit Asyik di Kabupaten Pekalongan - Cah Kesesi AyuTea

Tempat Ngabuburit Asyik di Kabupaten Pekalongan

Assalamu’alaikum, 

Alhamdulillah sekali ya, kita semua masih bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun ini. Itu artinya Allah masih selalu memberi kenikmatan umur panjang dan nikmat sehat untuk kita semua, sehingga Ramadhan kariim yang penuh maghfiroh ini kita bisa temui dan menjadi bulan dengan yang akan terus kita rindukan setiap tahunnya. 

Ramadhan tiba itu artinya akan banyak hal yang menjadi budaya di Indonesia akan kita lakukan. Seperti misalnya, Sahur, Ngabuburit, Buka Puasa Bersama, dan hingga tadarus setiap shalat tarawih dan shalat fardhu. 

Nah, di postingan kali ini saya akan membahas tentang Ngabuburit. Kalian tahu nggak apa artinya ngabuburit? Kalau saya yang mengartikan secara mudahnya, ngabuburit adalah menunggu waktu buka puasa. Biasanya orang-orang ngabuburit selepas shalat asar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunggu buka puasa. Salah satunya jalan-jalan ke beberapa tempat. 

Namun setiap orang punya kebiasaan yang berbeda ya, ada yang suka jalan-jalan sore sambil nunggu bedug maghrib tiba. Ada yang milih mengaji alquran atau tadarus di masjid dan mushola, ada yang menghabiskan waktu setelah asar dengan memasak untuk menu berbuka, ada juga yang hanya menghabiskan waktu dengan ber-quality time dengan keluarga. 

Ada beberapa tempat asyik untuk ngabuburit di Kabupaten Pekalongan versi saya, ya. Karena tempat-tempat ini yang biasa saya kunjungi di bulan Ramadhan. Hehehe. 

1. Jembatan Panjang Kesesi 

Banyak masyarakat Kesesi yang ngabuburit di Jembatan panjang Kesesi. Melihat aliran air dan hijaunya pepohonan sekitar. Melihat sunset dan juga pemandangan gunung Slamet dari kejauhan. Jembatan panjang ini adalah jembatan yang menghubungkan kabupaten Pekalongan dengan kabupaten Pemalang, panjangnya lebuh dari 500 meter. Dibangun sekitar tahun 1998 jaman saya masih SD. 

2. Alun-alun Kajen 

pekalongan

Yang ke dua adalah Alun-Alun Kajen. Bagi warga kabupaten Pekalongan, alun-alun sudah menjadi tempat favorit untuk ngabuburit. Selain bisa duduk-duduk di sekitaran alun-alunnya, bisa juga di sekitaran pendopo Kabupatennya. Atau bisa juga di taman yang ada di samping masjid Alun-alun Kajen. 

3. Masjid Alun-alun Kajen 

masjid unik di Indonesia

Yang terakhir adalah Masjid Alun-Alun Kajen. Nah, biasanya nih ya, orang-orang yang ngabuburit di sekitaran alun-alun Kajen akan datang ke Masjid untuk berbuka puasa. Meskipun ngga semuanya sih, karena banyak juga yang memilih berbuka di tempat makan langganannya masing-masing. 

Di masjid ini, mulai habis asar diisi dengan tadarus alquran, kemudian jam 5 sore diisi dengan tausyiah dari ustadz / kyai setempat. 

taman pekalongan

Suara ceramahnya bisa didengar dari luar masjid sih, seperti dari alun-alunnya atau dari tamannya, sembari ngabuburit di alun-alun Kajen, juga bisa mendapatkan siraman rohani dari ceramah yang disampaikan oleh kyai di masjid. 

Itulah tiga tempat Ngabuburit Asyik di Kabupaten Pekalongan. Setiap orang pasti punya tempat favorit sendiri-sendiri, ya. So, feel free kalau ada yang mau menambahkan bisa nulis di kolom komentar di bawah postingan ini, yaa.... 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)