Tips Memilih Perumahan Cluster yang Bagus dan Ideal bagi Keluarga - Cah Kesesi AyuTea

Tips Memilih Perumahan Cluster yang Bagus dan Ideal bagi Keluarga

Asslaamu'alaikum,

Tips Memilih Perumahan Cluster yang Bagus dan Ideal bagi Keluarga. Saat ini, tersedia berbagai pilihan jenis rumah hunian. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan. Salah satu jenis hunian tersebut adalah hunian cluster. Mungkin kamu masih merasa asing dengan istilah ini. Cluster adalah sejenis perumahan yang memiliki kualitas premium dari segi fasilitas dan kualitasnya. Peminat hunian ini sangat banyak karena biasanya terletak di lokasi yang strategis. 


Apabila kamu memilih hunian jenis cluster, akan ada banyak kelebihan yang didapatkan. Salah satunya adalah praktis. Sebab, bangunan ini sudah siap huni. Kamu tidak usah lagi berfikir keras untuk mencari tenaga tukang untuk membangun, membeli material, mendesign bentuknya dan lain sebagainya. Namun sebelum memilih perumahan cluster, kamu harus melakukan beberapa hal agar mendapatkan yang terbaik. Hunian yang nyaman dan menyenangkan sangatlah penting untuk keluarga tercinta. 

Tips Memilih Perumahan Cluster Untuk Keluarga

Simaklah beberapa tips berikut ini agar kamumerasa nyaman, tenang dan puas dengan pilihan hunian yang akan dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga setiap harinya. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut ini:

1. Letak bangunan

Dalam perumahan cluster, biasanya dalam satu area terdapat kurang lebih 50 rumah. Dengan jumlah yang cukup banyak ini, akan lebih baik bila kamu memilih posisi hunian yang berada di posisi agak tengah. Alasannya adalah bila kita memilih di area yang depan dan dekat dengan jalan pasti akan sangat bising. Hal ini kurang cocok untuk kamu yang suka dengan ketenangan. Selain itu, bila kamu memilih hunian di bagian tengah, keamanan juga akan lebih terjamin karena kanan kiri pasti masih ada rumah tetangga yang dapat memantau keadaan. 

Sementara itu, apabila kamu memilih area yang belakang, biasanya aksesnya agak sulit terutama untuk jalannya. Kamu harus memastikan dahulu jalan yang akan dilewati bisa digunakan dengan mudah atau tidak. 

2. Keamanan 

Bentuk perumahan cluster ini memang lebih direkomendasikan sebagai pilihan untuk kamu yang mengutamakan keamanan. Karena perumahan cluster ini biasanya hanya terdiri dari satu pintu masuk yang dilengkapi dengan penjagaan di pos oleh security. Sehingga akses keluar masuk terpantau dan meminimalisir adanya tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Sebagai pertimbangannya, pilihlah perumahan cluster yang memiliki double protection yaitu dari CCTV dan juga security. 

3. Jarak rumah ke fasilitas umum

Kamu pasti sangat mendambakan hunian yang dekat dengan fasilitas umum sehingga aksesnya mudah dan cepat. Biasanya di beberapa perumahan cluster menyediakan fasilitas umum seperti taman, kolam renang dan lain sebagainya. Pilihlah rumah yang tidak terlalu dekat namun tidak juga terlalu jauh dari tempat tersebut. Karena apabila kamu memilih yang dekat, kamu akan merasa sangat bising bila sedang banyak orang yang berkunjung ke fasilitas umum tersebut. 

Oleh karena itu akan lebih baik bila kamu memilih hunian yang letaknya sedang, paling tidak berjarak beberapa rumah dan masih dapat diakses dengan berjalan kaki. Hal ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan bila kamu adalah tipe orang yang tidak suka dengan lingkungan yang terdengar berisik dan mengganggu. 

Selain fasilitas umum yang ada didalam cluster, pertimbangkan juga dengan jarak fasilitas umum yang lainnya seperti rumah sakit, sekolah, pasar, kantor dan lain sebagainya. Bila terlampau jauh dengan tempat tersebut kamu harus siap dengan konsekuensinya yaitu butuh waktu tempuh yang lama dan tentu saja ongkos yang lebih banyak. Hal ini harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan serius. 

4. Arah cahaya

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah arah cahaya agar mendapatkan hunian yang nyaman. Usahakan jangan memilih rumah yang menghadap langsung ke arah barat atau timur karena panas matahari akan terasa lebih menyengat. Akan lebih baik bila kamu memilih posisi arah barat dan timur di posisi samping rumah. 


Secara tidak langsung sinar matahari adalah sesuatu yang penting dalam sebuah rumah. Karena tanpa adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan membuat terasa pengap dan gelap. Selain itu bila jarang terkena sinar matahari tentu saja rumah akan menjadi lebih lembab dan jamur dapat dengan mudah tumbuh merusak rumah kita. 

5. Pilihlah rumah yang baru

Rata-rata rumah cluster memang merupakan bangunan yang baru. Namun ada juga yang menawarkan harga miring karena rumahnya adalah bangunan lama yang dijadikan sample produk. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terutama yang berkaitan dengan kualitas rumah, akan lebih baik bila kamu membeli yang baru saja, lihat di antara perumahan cluster ini. Selisih harga tidak menjadi masalah yang penting kualitasnya bagus dan tentu saja akan lebih awet dan aman. 

6. Melakukan survey

Saat akan membeli perumahan cluster, akan lebih baik jika kamu melakukan survey terlebih dahulu. Kumpulkanlah beberapa referensi cluster yang menjadi incaran, bandingkan harga, bahan bangunan, ruangan, letak dan lain sebagainya. Lewat survey tersebut, nantinya diharapkan kamu mendapatkan yang paling sesuai sehingga tidak merasa rugi atau menyesal. 

Karena mengambil keputusan dengan terburu-buru biasanya akan membawa penyesalan. Bila kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya melakukan survey langsung ke lokasi sehingga hati merasa lebih mantap dalam menentukan pilihan. Pikirkan dengan matang beberapa pertimbangan yang penting dan menjadi prioritas. 

7. Memilih posisi hook

Bila kamu sekeluarga memiliki rencana untuk merenovasi rumah dengan sedikit melebarkannya, pilihlah posisi yang memiliki kelebihan tanah. Hal ini akan lebih memudahkan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Misalnya saja bila kamu ingin membuatnya sebagai taman kecil atau tempat bersantai bersama keluarga. Namun kamu juga harus menanggung konsekuensinya yaitu harganya pasti lebih mahal. 

8. Mencari informasi mendetail melalui marketing atau pemasaran

Carilah info mendetail tentang cluster yang akan kamu jadikan sebagai hunian. Kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada marketing cluster. Tanyakanlah semua hal yang ingin diketahui sehingga bisa kamu jadikan sebagai perimbangan dan pembanding dengan pilihan lainnya. Semua informasi tersebut sebaiknya sudah kamu list sehingga tidak ada yang terlupakan. 

9. Menanyakan status rumah

Dalam mendapatkan rumah cluster ada dua cara yaitu membeli yang memang sudah siap huni dan yang kedua adalah dengan cara indent. Bila rumahnya telah jadi, segeralah survey ke lokasinya secara langsung sehingga mempunyai bayangan dan pertimbangan. Namun bila kamu memilih perumahan cluster dengan metode indent, kamu harus lebih detail lagi dalam memilihnya. Karena rumah baru akan jadi dalam kurun waktu 8 hingga 24 bulan dari kesepakatan. Sebelum itu, kamu hanya bisa melihat denahnya dan rancangannya saja. 

10. Menanyakan garansi kerusakan rumah

Menanyakan adanya garansi pada rumah sebelum melakukan pembelian juga merupakan hal penting. Bila rumah tersebut memiliki waktu garansi, tanyakan berapa lamanya masa tersebut. Biasanya waktu yang diberikan oleh developer hanya berkisar 3 hingga 6 bulan saja. Bila kamu mendapatkan fasilitas ini, jangan segan untuk melakukan complaint jika ada suatu hal yang butuh diperbaiki. Misalnya saja saat dinding retak, genteng bocor atau pipa air rusak. Jadi kamu bisa menghemat biaya reparasinya karena masih dalam masa garansi. 

Bila kamu mendapatkan masa garansi, selama masa garansi tersebut jangan melakukan renovasi rumah yang cukup besar. Karena hal tersebut dapat menghanguskan garansi yang diberikan. Pahami dengan benar karena biasanya hal ini telah tertulis di dalam kesepakatan. Jangan sampai kamu sudah keluar uang banyak dan disalahkan pihak developer saat meminta garansi. 

11. Menyelesaikan urusan interior rumah sebelum ditempati

Setelah deal dengan kesepakatan pembelian, kamu harus mengecek terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan di rumah. Hal ini lebih berkaitan dengan perkakas dan peralatan. Misalnya saja bila belum tersedia bak penampungan air, memasang PAM dan lain sebagainya. Pastikan semua permasalahan tersebut sudah teratasi dan saat kamu ingin menempatinya dan pindah ke tempat itu, semua sudah tersedia dan berfungsi normal. 


Mengurus semua keperluan tersebut setelah pindahan akan sangat merepotkan. Jadi, sebisa mungkin urus segala sesuatunya sebelum melakukan pindahan. Jangan lupa juga agar meyakinkan rumah sudah sempurna, lengkap dan bersih sebelum digunakan. Jadi saat perkakas dipindahkan ke rumah baru kamu tinggal memasangnya saja di tempat yang diinginkan. Ini akan lebih efisien dan praktis. 

Memilih rumah memang bukan hal yang mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan. Sebab, rumah adalah tempat kita tinggal yang setiap harinya kita gunakan untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga dan melepas lelah. Kenyamanan adalah hal yang paling utama sehingga berundinglah dengan keluarga untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan keinginan. 

Nah, jadi jangan salah pilih ya. Semoga tips diatas dapat membantumu untuk memilih cluster yang terbaik dan ideal untuk keluarga agar mendapatkan kehidupan yang nyaman dan tentram. Jangan pernah menyerah untuk menggali banyak informasi dan mengumpulkannya. Karena rumah merupakan investasi jangka lama yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan pemilihannya dengan matang. Selamat berburu rumah cluster idamanmu. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)