Skip to main content

Media Sosial, Lain Dulu, Lain Sekarang


Assalamu’alaikum,

Tema #BPN30DayChallenge2018 hari ke lima adalah Tentang Media Sosial.
“Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.”  Sumber wikipedia.

Dari data yang saya baca di wikipedia, pengguna media sosial hingga Agustus 2017 sudah lebih dari dua milyar pengguna. Dari data tersebut, pengguna terbesar adalah dari facebook. Ternyata ada lebih dari 20 jenis media sosial. Dari sekian banyak tersebut, facebook adalah primadonanya karena menjadi perinkat pertama paling banyak penggunanya.

Saya mempunyai lebih dari 5 akun di media sosial, loh. Dan akun yang hingga saat ini masih aktif ada di facebook, instagram, twitter, blog, line, whats app, telegram, dan linked in.

Dulu, sebelum ada facebook, saya bermedia sosial di friendster. Saya masih ingat betul bagaimana saya hampir tiap hari menggati skin dari pada akun friendster saya. hehe. Dulu dari friendster saya biasanya lanjut saling kenalan di yahoo messenger. Jadi akun chatting yang ada video call-nya adalah yahoo messenger.

Lain Dulu, Lain Sekarang

Saya masih ingat betul pertama kali saya membuat akun facebook pada tahun 2009 setelah selesai KKN. Karena waktu itu saya belum punya leptop sendiri. jadi kalau mau internetan saya ke warnet, jaman dulu masih 5000/jam.

Saat membuat akun facebook, kemudian saya add teman-teman baru di facebook benar-benar secara random. Dari sana, banyak sekali orang dari luar negeri yang ada di friend list saya. haha. Dulu, saya malah justru senang berteman dengan orang luar karena saat komunikasi kami ngobrolnya pakai bahasa Inggris. Jadi, saya bisa sambil belajar sama mereka. Oiya, jadi inget dulu saya punya teman namanya Mathew dari Amerika yang saat itu tinggal di Jogja. Hampir tiap hari kami chattingan dan dia juga sudi menjadi ‘guru’ saya di facebook. Hmm.. apa kabar dia ya sekarang? Karena... sejak pulang ke Amerika, kami jadi susah ngepasin waktu buat ‘ngobrol’ di inbok facebook.

Kalau diulik, rekam jejak digital saya di facebook tahun 2009 lalu itu masih sangat alay sekali. Wkwkwk. Ngetik status juga masih pake huruf kolaborasi angka-angka dan huruf besar kecil. Haha. Tapi, saya dulu punya teman-teman facebook yang setia banget, sampai-sampai minta dibuatkan grup untuk saling belajar. Dulu saya bikin grup ‘Sinau Bareng Noorma’ yang di dalamnya benar-benar untuk tanya-jawab. Mereka bisa tanya apa saja, kalau saya bisa menjawab, saya akan menjawabnya, tapi kalau pertanyaannya saya belum bisa jawab, saya menggandeng teman saya, seorang ustadz yang dulu kolaborasi dengan saya. karena kebanyakan pertanyaan mereka seputar agama Islam dan FIKIH.
Itu dulu. Kalau sekarang, media sosial bagi saya adalah media untuk mencari rezeki. Salah satunya adalah menggunakan media sosial untuk media promosi. Dan kabar baiknya, sekarang juga saya sudah bisa ngerem diri untuk tidak alay. Menulis status juga nggak menggunakan gaya tulisan yang 4L4y lagi.


Media sosial saat ini saya gunakan untuk menuliskan atau menyebarkan konten baik. Saya menghindari menulis status yang berakibat buruk. Saya juga sebisa mungkin tidak menulis status yang menyinggung pihak-pihak tertentu. Pada intinya, lain dulu lain sekarang. Harapannya semoga saya bisa bermanfaat untuk semua orang baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.