Media Sosial, Lain Dulu, Lain Sekarang - Cah Kesesi AyuTea

Media Sosial, Lain Dulu, Lain Sekarang


Assalamu’alaikum,

Tema #BPN30DayChallenge2018 hari ke lima adalah Tentang Media Sosial.
“Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.”  Sumber wikipedia.

Dari data yang saya baca di wikipedia, pengguna media sosial hingga Agustus 2017 sudah lebih dari dua milyar pengguna. Dari data tersebut, pengguna terbesar adalah dari facebook. Ternyata ada lebih dari 20 jenis media sosial. Dari sekian banyak tersebut, facebook adalah primadonanya karena menjadi perinkat pertama paling banyak penggunanya.

Saya mempunyai lebih dari 5 akun di media sosial, loh. Dan akun yang hingga saat ini masih aktif ada di facebook, instagram, twitter, blog, line, whats app, telegram, dan linked in.

Dulu, sebelum ada facebook, saya bermedia sosial di friendster. Saya masih ingat betul bagaimana saya hampir tiap hari menggati skin dari pada akun friendster saya. hehe. Dulu dari friendster saya biasanya lanjut saling kenalan di yahoo messenger. Jadi akun chatting yang ada video call-nya adalah yahoo messenger.

Lain Dulu, Lain Sekarang

Saya masih ingat betul pertama kali saya membuat akun facebook pada tahun 2009 setelah selesai KKN. Karena waktu itu saya belum punya leptop sendiri. jadi kalau mau internetan saya ke warnet, jaman dulu masih 5000/jam.

Saat membuat akun facebook, kemudian saya add teman-teman baru di facebook benar-benar secara random. Dari sana, banyak sekali orang dari luar negeri yang ada di friend list saya. haha. Dulu, saya malah justru senang berteman dengan orang luar karena saat komunikasi kami ngobrolnya pakai bahasa Inggris. Jadi, saya bisa sambil belajar sama mereka. Oiya, jadi inget dulu saya punya teman namanya Mathew dari Amerika yang saat itu tinggal di Jogja. Hampir tiap hari kami chattingan dan dia juga sudi menjadi ‘guru’ saya di facebook. Hmm.. apa kabar dia ya sekarang? Karena... sejak pulang ke Amerika, kami jadi susah ngepasin waktu buat ‘ngobrol’ di inbok facebook.

Kalau diulik, rekam jejak digital saya di facebook tahun 2009 lalu itu masih sangat alay sekali. Wkwkwk. Ngetik status juga masih pake huruf kolaborasi angka-angka dan huruf besar kecil. Haha. Tapi, saya dulu punya teman-teman facebook yang setia banget, sampai-sampai minta dibuatkan grup untuk saling belajar. Dulu saya bikin grup ‘Sinau Bareng Noorma’ yang di dalamnya benar-benar untuk tanya-jawab. Mereka bisa tanya apa saja, kalau saya bisa menjawab, saya akan menjawabnya, tapi kalau pertanyaannya saya belum bisa jawab, saya menggandeng teman saya, seorang ustadz yang dulu kolaborasi dengan saya. karena kebanyakan pertanyaan mereka seputar agama Islam dan FIKIH.
Itu dulu. Kalau sekarang, media sosial bagi saya adalah media untuk mencari rezeki. Salah satunya adalah menggunakan media sosial untuk media promosi. Dan kabar baiknya, sekarang juga saya sudah bisa ngerem diri untuk tidak alay. Menulis status juga nggak menggunakan gaya tulisan yang 4L4y lagi.


Media sosial saat ini saya gunakan untuk menuliskan atau menyebarkan konten baik. Saya menghindari menulis status yang berakibat buruk. Saya juga sebisa mungkin tidak menulis status yang menyinggung pihak-pihak tertentu. Pada intinya, lain dulu lain sekarang. Harapannya semoga saya bisa bermanfaat untuk semua orang baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)