Skip to main content

Menggunakan Software HRIS untuk Menghadapi Masalah Payroll

Menggunakan Software HRIS untuk Menghadapi Masalah Payroll


 

Masalah payroll dapat berdampak serius pada moral karyawan, citra perusahaan, dan kepatuhan. Payroll adalah komponen penting dari bisnis untuk setiap perusahaan yang memiliki karyawan, tetapi dapat sangat melelahkan jika sistem hebat tidak tersedia untuk memprosesnya. Apakah anda tahu bahwa software HRIS dapat membuat payroll jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk diproses? Yuk, kita simak beberapa fakta software HRIS menghadapi masalah payroll berikut.

1.       Kesalahan Sistem Manual

Saat menggunakan sistem manual, entri data sederhana menggunakan word atau excel sering terjadi kesalahan. Jika tidak diteliti lebih lanjut, maka dapat merugikan perusahaan secara uang, waktu, dan ketenangan karyawan. Software HRIS dapat melacak waktu dan kehadiran serta mengekspor atau menyalurkan data tersebut ke dalam daftar gaji secara langsung sehingga dapat membantu mencegah kesalahan entri. Selain itu, software HRIS juga secara umum dilengkapi dengan peringatan yang akan memberi tahu Anda jika ada potensi kesalahan payroll seperti tanda merah untuk jumlah jam kerja yang sangat tinggi atau rendah seorang karyawan.

2.       Penutupan Bank

Penutupan bank dapat terjadi karena hari libur dan tanggal merah nasional. Masa-masa ini dapat mengganggu jadwal pembayaran gaji. Jika Anda melakukan penggajian secara manual dan lupa tentang tanggal-tanggal libur, otomatis penundaan penggajian dapat membuat karyawan frustrasi lagi. Software HRIS membantu tim HRD mengingatkan jadwal liburan sepanjang kalender tahunan. Lebih untungnya lagi, software HRIS sering juga melakukan penyesuaian sehingga pembayarannya didistribusikan lebih awal sebelum terjadinya penutupan bank.

3.       Aturan Hukum Penghentian Kerja

Negara Indonesia memiliki undang-undang mengenai penghentian dan pembayaran kerja karyawan. Sebuah software HRIS akan selalu membantu agar tetap up-to-date dan patuh terhadap kebijakan aturan pemerintah Indonesia yang berlaku. Dengan beberapa klik saja, anda dapat memastikan bahwa karyawan akan dibayar sesuai hukum Indonesia jika terjadinya pengunduran diri sendiri dari karyawan kepada perusahaan anda.

4.       Ketidakhadiran Absen atau Cuti

Ketidakhadiran karyawan bekerja bisa jadi membingungkan perusahaan. Software HRIS dapat memberikan informasi tentang absen dan cuti serta pertimbangan lain yang berlaku yang dapat membantu anda membayar karyawan Anda dengan benar setiap saat. Kembali lagi, pekerjaan anda dimudahkan dalam menghitung waktu cuti atau absen dalam sistem payroll karyawan. Sebuah software HRIS dapat secara otomatis melacak catatan untuk pembayaran yang benar selama berminggu-minggu dengan ketidakhadiran yang tidak dibayar berdasarkan aturan yang dimasukkan ke dalam sistem.

5.       Perubahan Kenaikan Gaji

Promosi dan kenaikan gaji adalah impian setiap karyawan. Yang dapat membuat gelisah adalah jika tawaran tersebut tidak diproses dengan cepat. Bekerja dengan vendor payroll pihak ketiga dapat menyebabkan penundaan kenaikan gaji yang akhirnya memaksa untuk menghitung dan mendistribusikan pembayaran gaji. Software HRIS dapat menjadi alat yang handal dalam menerapkan perubahan gaji dengan cepat.

Dengan mengoptimalkan payroll menggunakan software HRIS, anda dapat memastikan bahwa karyawan diberi kompensasi secara adil dan tepat waktu, setiap saat. Tujuan ini dapat membantu mempertahankan kepuasan karyawan, mengurangi perputaran dan meningkatkan citra merek perusahaan. Beralihlah kepada software HRIS LinovHR agar seluruh tujuan-tujuan ini dapat anda capai. Bisnis hebat bersama LinovHR.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a