header cah kesesi ayu tea

Belajar tentang Investasi Reksa Dana Manulife

nonton video ini dulu ya gaes...

Akhir bulan September lalu saya berkesempatan untuk kembali ke kota Lumpia Semarang, bukan untuk jalan-jalan lhoo, melainkan untuk belajar tentang investasi. Yaps, saya tutup bulan September dengan kegiatan berfaedah. Kesempatan yang sangat baik tersebut tentu saja tidak akan saya sia-siakan, karena saya beruntung menjadi salah satu yag terpilih untuk mengikuti acara KopdarInvesatrianMami di kantor Manulife Semarang.

Saya semakin bertambah senang karena ke acara tersebut bareng suami tercinta yang kebetulan sebelumnya saya daftarkan sebagai peserta, meskipun statusnya hanya sebagai peserta pengganti. Yang penting saya pergi ke Semarang tidak sendirian, karena ada yang menemani. hehehe.

manulife
ki-ka : Mbak Archa, Mbak Cheila, Mba Diyanika, Noorma
Hari Minggu 30 September 2018 sekitar jam 07.00 WIB saya dan suami memutuskan berangkat ke Semarang dengan naik sepeda motor, biar irit dan romantis. Lagi pula agar tidak terlalu capek, suami setelah acara di Manulife selesai rencana memang tidak balik mengantarku ke Pekalongan tetapi tetap di Semarang karena hari Senin-nya harus langsung kerja.
pak Legowonya ngebluur :(
Perjalanan Pekalongan-Semarang memakan waktu sekitar 3 jam, dan kami sampai di kantor Manulife sebelum jam 10.00 WIB. Ternyata di tempat acara sudah ada beberapa teman blogger yang datang. Sebelum acara dimulai saya gunakan untuk ngobrol dan berkangen-kangenan ria dengan beberapa teman blogger Semarang yang memang sudah lama tidak bertemu.

Sesuai dengan schedule acara,  jam 10.00 WIB lebih acara baru dimulai. Dipandu oleh host cantik acarapun dibuka, setelah itu acara dilanjut dengan mengisi kuisioner online yang telah disiapkan oleh pihak Manulife. Setelah itu dilanjut sambutan singkat dan ucapan selamat datang dari pihak Manulife Semarang yang diwakili oleh Mas Surya.

Setelah mas Surya selesai memberikan kata sambutan kepada para peserta, acara kemudian dilanjutkan sesi pertama yaitu sharing tentang ngeblog asyik dan menghasilkan. Dalam sesi ini, diisi oleh mbak Nia Nurdiansyah, seorang blogger asal Semarang yang memang sudah sukses dan terbukti telah mendapatkan banyak keuntungan karena menulis di blog. Yang terpenting dalam sesi ini Mbak Nia banyak berbagi resep bagaimana menjadi blogger yang sukses. Tahu nggak? Sehari setelah acara Manulife ini, mbak Nia langsung ke Jakarta loh, lanjut ke Thailand karena menang lomba. Keren!

Selain mbak Nia, sesi sharing tentang ngeblog semakin asyik dan gayeng karena juga diisi dengan sesi berbagi pengalaman oleh para blogger yang hadir di antaranya mas Don, Mas Diko, Mbak Ika Puspita dan juga mbak Dyanika. Mereka adalah blogger-blogger yang telah sukses mengelola blog mereka sehingga menghasilkan keuntungan baik secara pengetahuan dan juga materi. Catatan dari sesi sharing ngeblog ini adalah blogger harus senantiasa rajin menulis dan posting , atau dengan kata lain, KONSISTEN!

Setelah sharing-sharing tentang ngeblog selesai, Sesi selanjutnya adalah sesi utama yaitu sharing tentang investasi. Dalam sesi ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) bapak Legowo Kusumonegoro. Beliau dengan sabar dan telaten menerangkan seluk-beluk dan pentingnya berinvestasi untuk masa depan.

Lebih dari satu jam Pak Legowo membagi ilmunya kepada para blogger peserta sharing, ada beberapa catatan penting yang bisa saya rangkum diantaranya:

Pertama, pada dasarnya mengelola keuangan itu tidak jauh berbeda dengan mengelola nikmat-nikmat lain yang berasal dari Allah SWt. Sehingga kita diharuskan mengelola keuangan kita sebaik mungkin. Dengan pengelolaan yang baik tentu akan mendatangkan keuntungan. Percaya kan ya, REZEKI dan GAJI itu berbeda?


Kedua, Menabung itu sangat penting dan sedini mungkin. Kunci kesuksesan dalam menabung tidak tergantung besar kecilnya uang yang kita miliki, melainkan soal komitmen, kedisiplinan dan konsistensi kita dalam menabung. Sedikit maupun banyak rezeki kita terima harus kita sisihkan untuk ditabung.


Ketiga, jangan menunda untuk menabung serta hindari kesalahan dalam menabung. Orang Indonesia terbiasa ketika memiliki uang yang cukup akan berbelanja segala kebutuhan dan keinginan dan jika ada sisa baru ditabung. Kebiasaan itu harus dirubah dengan cara berapapun uang atau rejeki yang kita dapatkan usahakan menabung terlebih dahulu baru sisanya buat belanja.

Keempat, jangan membiasakan berhutang, karena hutang justru akan menambah beban dan kewajiban kita. Jika terpaksa menghutang, hutanglah yang produktif artinya yang bisa digunakan untuk modal usaha dan bisa menghasilkan keuntungan untuk membayar hutang tersebut sekaligus untuk membesarkan usaha kita.

Kelima, berinvestasi tidak bisa instan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu belajarlah tentang ilmu investasi, jangan tergoda pada sales investasi, jangan mau berinvestasi dengan untung besar resiko kecil karena itu tidak masuk akal.

Keenam, belajar investasi yang mudah bisa bergabung dengan Manulife melalui Reksa Dana Manulife. Karena disitu akan mendapatkan berbagai pengetahuan dasar tentang cara berinvestasi yang baik.

Setelah sharing tentang investasi selesai, acara kemudian dilanjutkan tentang pengetahuan seputar Reksa Dana Manulife Semarang disampaikan langsung oleh Mas Surya.



Acara selesai dan di akhir ditutup dengan foto bareng peserta, Pak Legowo serta tim dari Manulife Semarang. Alhamdulillah, sesi awal kopdar kami selesai hari itu, nah, kami masih punya 3 waktu lagi untuk menyempurnakan kopdar Investarian ini. nantinya, tulisan tentang reksa dana manulife akan continu di blog ini. kita akan belajar bareng tentang investasi jangka panjang dengan reksa dana di manulife. 
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment