Berasuransi dan Berwakaf dengan Pasti, Kini dan Nanti Bersama PT Sun Life Financial Indonesia - Cah Kesesi AyuTea

Berasuransi dan Berwakaf dengan Pasti, Kini dan Nanti Bersama PT Sun Life Financial Indonesia


Saya berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Bapak – ibu saya berprofesi sebagai PNS guru mapel Pendidikan Agama Islam, Simbah kakung saya seorang petani, sedangkan simbah yayi saya seorang penjual jamu. Kedua simbah saya ini sudah meninggal semua. Allahummaghfirlahumaa warhamhumaa wa’aafihimaa wa’fu’anhumaa.

Ada sebuah hadits mengatakan “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang Bermanfaat, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Saya jadi ingat sesaat sebelum pemakaman simbah kakung, ada salah satu kyai Pondok Pesantren datang melayat dan mengikuti sholat jenazah di mushola depan rumah simbah kakung. Beliau berdoa sembari menangis “Ya Allah, Si Sob (sebutan untuk nama simbah saya yang bernama Sobari) adalah orang yang baik. Dulu dia punya banyak bambu untuk membantu pembangunan pondok pesantren yang saya bangun. Tanah dia juga sebagian diwakafkan untuk mushola ini. Ya Allah, jadikan Si Sob khusnul khotimah, masuk ke surga Engkau surga yang paling baik, Amiin”

Seperti kehilangan, beliau juga memeluk erat om saya (anak simbah saya) sambil berkata, yakin, yakin, Si Sob orang baik, saya saksinya.

Postingan ini nggak ada maksud untuk pamer atau niatan buruk lainnya. Saya justru ingin meniru apa yang sudah simbah saya lakukan di masa hidupnya, suka menolong, baik, dan sering membantu orang yang membutuhkan. Sayangnya, sebelum kesampaian pergi haji, simbah saya sudah dipanggil Yang Maha Kuasa. 

Beberapa waktu lalu ada petugas BPN datang untuk mengukur ulang tanah-tanah warga desa yang belum mempunyai sertifikat dan warga yang sudah punya sertifikat tetapi masih sertifikat gabungan. Seperti bulik saya yang mendapatkan hibah berupa tanah dari almarhum simbah kakung. Bulik bikin sertifikat atas nama sendiri. tanah bulik saya berada di sebelah mushola, itu artinya tanahnya bersebelahan dengan tanah wakaf dari simbah saya yang sekarang menjadi kamar mandi mushola.

Karena dulu simbah saya sudah berwasiat, jadi singkat cerita tanah tersebut tidak dimasukkan dalam luasan tanah yang disertifikat. 

Simbah saya dulu menasihati anak cucunya, salah satu bentuk kebaikan melalui harta adalah dengan berwakaf, di mana kita menahan hak milik kita terhadap materi benda dengan tujuan memberikan manfaat atau faedahnya. Tidak ada salahnya bila kita mampu untuk berwakaf dengan harta benda kita, ya berwakaflah.

Apa itu Wakaf, Zakat, Infak, dan Sedekah?


Wakaf ditinjau dari sudut fungsi sosial bisa dijadikan sarana untuk menyejahterakan umat sekaligus menanggulangi kemiskinan, syaratnya wakaf tersebut dikelola dengan baik. Sedangkan dari tinjauan agama, wakaf merupakan salah satu ibadah yang pahalanya akan terus menerus jika harta/benda yang diwakafkan masih terus dimanfaatkan. Sehingga tidak salah jika Nabi Muhammad SAW melalui haditsnya mengatakan bahwa salah satu amal yang tidak akan terputus pahalanya meskipun sudah ditinggal mati adalah sadaqah jariyah dalam hal ini salah satunya adalah wakaf.

Selain wakaf, ada istilah lain yang sering kita dengar yaitu, zakat, infak dan sedekah. Namun, kita harus paham bahwa istilah-istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Zakat misalnya merupakan ibadah yang sifatnya wajib, sehingga melakukannya adalah sebuah keharusan. Oleh sebab itulah zakat termasuk salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan. Zakat juga memiliki syarat tertentu, misalnya besaran jumlah yang harus dikeluarkan dan penerima zakat juga sudah ditentukan (mustahiq zakat), serta waktu mengeluarkan zakat (zakat fitrah misalnya) sudah ditentukan selama ramadahan-sebelum dilaksanakan salat Idul Fitri. Di luar itu tidak bisa disebut zakat fitrah lagi, melainkan disebut sadaqah. 

Ada lagi istilah lain bernama infak. Infak bisa diartikan sebagai aktifitas memberikan sesuatu (uang atau barang) kepada orang lain yang membutuhkan, kepada yayasan, lembaga sosial, atau masjid, dan lain sebagainya agar dimanfaatkan atau digunakan untuk kepentingan yang baik. Hukum berinfak adalah sunah, tidak ada batasan jumlah atau besaran dalam berinfak (semampunya), waktu berinfak juga bebas tidak ada batasan.

Selain wakaf, zakat dan infak ada istilah lain yang sering kita jumpai yaitu sedekah. Sedekah memiliki arti yang lebih luas yaitu melakukan perbuatan baik dengan niat membantu atau menolong kepada pihak lain utamanya yang membutuhkan, baik kepada individu, golongan maupun lembaga baik itu berupa materi maupun non materiil. Sedekah juga tidak memiliki ketentuan khusus baik soal apa yang harus disedekahkan maupun waktu bersedekah. Sedekah ini benar-benar luas maknanya, bahkan kita tersenyum dengan orang yang berada di dekat kita saja sudah bersedekah namanya. Sudah senyum kah kamu hari ini?

Nah, dari ke empat istilah yang telah dijelaskan di atas, jelas memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Namun, satu hal kesamaannya yaitu semuanya merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama.

Berasuransi dan berwakaf dengan pasti, kini dan nanti


Senin lalu, 22 Oktober 2018 saya berkesempatan untuk hadir di acara kopdar bareng Sun Life di Rosti Cafe Semarang. Bareng dengan 20 temen blogger lainnya, saya merasa sangat beruntung bisa hadir di acara yang sarat faedah tersebut, mengapa demikian? Jawabannya tentu karena saya akhirnya tahu dan bertambahlah ilmu lagi dong. 

Pak Norman Nugraha menjadi pemateri dari Sun Life membuka dengan ngomongin soal Asuransi. Menurutnya, penting sekali orang mempunyai polis asuransi, karena hidup kita enggak tahu sampai kapan, dan masa depan keluarga kita nggak tahu bagaimana ke depannya. Dengan asuransi, minimal kita berusaha untuk hidup menjadi lebih bermakna ketika kita bisa bermanfaat bagi sesama. 

Seperti yang sudah saya sebut di atas, bagi umat muslim, berwakaf adalah salah satu cara untuk menjadi lebih bermanfaat bagi sesama melalui berbagi atas harta yang kita miliki. Karena wakaf merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir meski yang melakukannya telah tutup usia. 


Kabar baiknya, PT Sun Life Financial Indonesia mempersembahkan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (syariah) sebagai solusi perencanaan keuangan sekaligus membantu mewujudkan niat ibadah wakaf kamu. Asuransi Brilliance Hasanah Maxima merupakan produk asuransi syariah yang menyatukan antara manfaat asuransi dan fasilitas wakaf untuk memaksimalkan potensi kehidupan kamu dan keluarga, kini dan masa yang akan datang.

Manfaat asuransi & keunggulan produk

· Total manfaat asuransi hingga 200% manfaat kematian

· Menyediakan fasilitas wakaf untuk membantu kamu menunaikan wakaf

· Potensi hasil investasi optimal sejak tahun polis pertama

· Bonus loyalitas & bonus kontribusi hingga usia 100 tahun

· Dapat dilengkapi dengan berbagai asuransi tambahan untuk memaksimalkan proteksi

· Potensi untuk mendapatkan surplus underwriting

Dalam hal ini asuransi tersebut mempunyai ketentuan-ketentuan umum, seperti mata uang yang digunakan adalah rupiah, karena kita tinggal di Indonesia meskipun PT Sunlife pertama kali berdiri di Kanada dua ratusan tahun yang lalu. Nasabah yang bisa masuk di asuransi ini mulai usia 18 – 80 tahun dengan pihak yang diasuransikan mulai 30 hari – 70 tahun, dan masa asuransi hingga pihak yang diasuransikan berusia 100 tahun

Pengelolaan dana investasi

Dalam mengelola dana investasi kamu, Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan manajer investasi terpercaya dan berkelas dunia, seperti Schroders Investment Management dan Fortis Investment. Dan untuk wakaf, Sun Life juga bekerja sama dengan dompet duafa, rumah wakaf, dan pihak-pihak profesional lain yang sangat berkompeten dalam bidangnya.

Lalu, kalau kita tidak masuk mendaftarkan diri di asuransi tersebut tapi kita ingin berwakaf, bisa nggak? Jawabannya TIDAK! Karena PT Sun Life adalah PT yang bergerak di bidang asuransi, hanya saja dia mempunyai inovasi untuk menambahkan wakaf di dalamnya yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing nasabah. Nah, jika kita ingin berwakaf sendiri bisa ke rumah wakaf atau badan amal lain yang bisa menerima wakaf kita, pada intinya jika kita tidak punya produk asuransi ini, kita tidak bisa berwakaf di Sun Life.

Nah, bagaimana? tertarik untuk berasuransi sekaligus mendapatkan nilai ibadah yang tak putus dengan menambah wakaf di dalamnya? Kamu bisa tanya-tanya langsung ke CS PT Sun Life atau langsung ke website resminya di www.SunLife(dot)co(dot)id. 

86 comments:

  1. Alfatihah buat mbah Sobari 🙏

    Aku juga ingin adahal yang bermanfaat setelah tiada nanti dengan wakaf.

    ReplyDelete
  2. Keren ya..bisa berasuransi sekaligus berwakaf. Jadi pengen kenal lebih jauh ttg asuransi ini..

    ReplyDelete
  3. Salut ya sama asuransi Sun Life.. asli Kanada tapi mau mempelajari tg wakaf :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang di Indonesia bisa ini mbak. karena ada Islam nya. syariah sekarang kan paling banyak diminati

      Delete
  4. Semoga Simbah husnul khotimah, aamiin.

    Aku suka nih cara Sun Life ngajak nasabah Berwakaf sambil bisa ikut asuransi dan Investasi.

    ReplyDelete
  5. Menarik nih tapi aku masih mau mempelajari asuransi ini dari hukum syar'i.

    ReplyDelete
  6. Khusnul Khatimah ya Simbah. Aaamiin.
    Asuransi memang pengennya cari yang syari, biar nggak nambah dosa wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. programnya keren ya,kta bisa dpat manfaat asuransi plus bisa berwakaf juga

    ReplyDelete
  8. Mudah-mudahan kita jadi umat yang dimudahkan dalam urusan ini, dengan jalan pilihan yang sesuai keyakinan diri masing-masing, yaa. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Semoga simbah husnul khatimah, lapang kuburnya. Aamiin...

    Programnya keren ya Mba, akhirat dapat dunia juga dapat

    ReplyDelete
  10. keren ya konsepnya, asuransi bisa sambil berwakaf juga <3

    ReplyDelete
  11. Mulia sekali y mb berasuransi dan berwakaf

    ReplyDelete
  12. Bagus sekali asuransinya..apalagi konsepnya islami,kerenn

    ReplyDelete
  13. Doa terbaik buat mbahnya mba Noorma. Semoga khusnul khotimah.

    ReplyDelete
  14. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk berwakaf, udah banyak caranya.

    ReplyDelete
  15. Asuransi dan berwakaf ? Gimna tuh mbk teknisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dengan berausransi di sun lfe, kita bisa milih salah satu polis yang ada menu wakafnya kak

      Delete
  16. Bisa berasuransi sekaligus nerwakaf ya do sunlife :)

    ReplyDelete
  17. Makasih lo sdh dicerahkan...g byk yg mau ngurusin wakaf, apalgi yg mau nulis ttg wakaf.kamu memang gini 👍

    ReplyDelete
  18. Kira2 yang mau tak wakafin apa ya? Pengen kayak Mbah Sobari.

    ReplyDelete
  19. penting loh... Investasi ini, tfs mbk.. semoga finansial kedepannya jauh lebih baik... #jejakbiru

    ReplyDelete
  20. ladang amal yang ga akan putus ya, semoga simbah dapat tempat terbaik di alam sana

    ReplyDelete
  21. Asiik lengkap nih, ada infografis2nya juga.

    ReplyDelete
  22. Aku sama suami lagi planning bikin tabungan khusus wakaf nih mbak. Makasih ya infonya

    ReplyDelete
  23. zakat, infaq, trus wakaf...wah ini ilmu seng kudu dipegang

    ReplyDelete
  24. Aku tertarik nih mba untuk beramal via asuransi, boleh juga idenya sun life. Dan semoga kita semua punya anak anak yang soleh dan soleha Amin.

    ReplyDelete
  25. Iya, wakaf itu jaman dulu terasa berat tapi jaman sekarang bisa dilakukan oleh siapapun ya. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  26. Tadinya saya hanya tau kalau wakaf tuh dalam bentuk benda seperti tanah. Ternyata bisa juga dalam bentuk asuransi

    ReplyDelete
  27. Baru tahu aku, ternyata bisa ya ikut asuransi sekaligus wakaf. Kepoin websitenya ah

    ReplyDelete
  28. Jaman sekarang mau beramal juga dimudahkan yaa, bisa sekaligus asuransi juga. Jadi berwakaf sambil tetap terproteksi. Jadi penasaran pingin kepoin SunLife juga :)

    ReplyDelete
  29. Masya Allah Makin banyak cara beramal shalih.

    Terharu sama kisah simbahnya Noorma. Masya Allah ya beliau, semoga berkah luar biasa bagi anak keturunannya berkat wakaf beliau

    ReplyDelete
  30. Keren bangett bisa wakaf jugaa ya mbak. Baru tauu beneran. Kirain cuma asuransi aja.

    ReplyDelete
  31. Semoga Simbah mendapat tempat terbaik di sisiNya. amin.
    Btw Sun Life emang udah cukup terkenal dari dulu. Programnya ini keren juga ya.

    ReplyDelete
  32. Jadi kalau kita meninggal, uang pertanggungannya diserahkan kepada lembaga dimana kita mau wakaf begitu ya mbak?

    ReplyDelete
  33. seru ya bisa berasuransi sambil berwakaf, jadi double manfaatnya. makasih ya mba udah sharing

    ReplyDelete
  34. Baru dengar ada asuransi dgn program bisa berwskaf juga, semoga as manah ya mba programnya

    ReplyDelete
  35. Wah keren programnya Sunlife. Mau pelajari juga ah asuransi yang satu ini. Thankyou mbak untuk tulisannya, saya jadi makin tahu dan bisa jadi pilihan untuk ambil asuransi mana.

    ReplyDelete
  36. Kalau kita memiliki asuransi di Sun Life apakah nanti pembagian berapa persen yang diwakafkan dan di jadikan dalam bentuk apa serta ke mana akan diinformasikan kepada nasabah?

    Karena kalau tidak, hukumnya akan ghoror.

    ReplyDelete
  37. Baca ini jadi ingat kejadian beberapa bulan yang lalu. Ceritanya Bapakku kalau kerja uangnya ditabung dikit-dikit, niatnya buat beli sawah karena selama ini cuma jadi petani buruh. Nah, di desaku itu mau ada pembangunan masjid yang salah satu pendanaannya dari iuran warga.

    Pas Pak RT datang ke rumah, tanpa pikir panjang Bapakku keluarin itu uang tabungannya buat disedekahkan untuk pembangunan masjid :')
    Pak RT dan bedaharanya sampai kaget banget dan nggak nyangka. Masya Allah, semoga Allah ridho dan mencatatnya sebagai amal jariyah. Amiin.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulilah ya, Mbak. Sekarang sudah ada asuransi yang memudahkan kita semua. Dapat pencerahan seputar infaq, wakaf, zakat dan sedekah setelah baca tulisan di postingan ini.

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah yah ada program asuransi wakaf, inu bakal bagus kalau ditau sama keluarga yang memang punya niat untuk wakaf, thanks infonya mba yah

    ReplyDelete
  40. berasuransi sambil berwakaf, sepertinya menarik ya... coba kepoin webnya deh, makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  41. Coba bunda kenal ketika bunda berusia muda merasa amanlah kl panjang umur sampe 100 tahun. Bisa berwakaf pula.

    ReplyDelete
  42. Ini bukan sekedar asuransi ya mba.. tapi juga menambah amal jariyah kita

    ReplyDelete
  43. Terharu bacanya,menyumbangkan bambu pun Insya Allah menjadi wakaf mbah yang pahalanya tiada putus. Ayo berwakaf..

    ReplyDelete
  44. Bikin inget bahwa selain duniawi kita mmg kudu mikirin beramal jg dgn berwakaf.
    Jadi tahu kalo ada asuransi yang mikirin kaya gini. Keren..euy

    ReplyDelete
  45. Duh, saya pengen juga bisa berwakaf. Dulu keknya sulit banget untuk bisa berwakaf, karena saya pikir harus mengumpulkan uang banyak dulu. Sekarang dengan ABHM semuanya menjadi lebih mudah ya :)

    ReplyDelete
  46. Punya asuransi dengan manfaat dobel ya.

    Terproteksi, bisa berwakaf, juga bisa investasi.

    ReplyDelete
  47. Bagus euy, makin inovatif ya program2 sunlife..

    ReplyDelete
  48. Suka sama program sunlife ini jadi kita bisa asuransi sekaligus berwakaf ya.

    ReplyDelete
  49. Kece amat PT Sun Life Financial Indonesia, bisa bikin produk untuk berwakaf juga! Makin ke sini makin berinovasi ya.

    ReplyDelete
  50. Sekarang semua jadi lebih mudah ya..bisa memiliki asuransi sambil berwakaf. Semoga pihak yang dititipkan bisa amanah.

    ReplyDelete
  51. Iya ini asuransi keren ikut peserta asuransi sekaligus bisa berwakaf lsg pd premi pertama

    ReplyDelete
  52. Masya Allah total manfaat perlindungannya sampai 200%. Dan bisa wakaf pakai uang pula. Keren.

    ReplyDelete
  53. Dengan program dari sunlife ini, kita bisa berwakaf sekaligus mendapatkan proteksi asuransi ya, jadi siapa pun bisa berwakaf tanpa harus nunggu punya tanah hektaran hehehe

    ReplyDelete
  54. Wah, baru tahu ada terobosan dari asuransi ini tentang menambahkan wakaf di dalamnya.. nice sharing mbak

    ReplyDelete
  55. Kenapa ya aku kok masih saja maju mundur cantik kalo mo ikut asuransi? Padahal keren lho, apalagi yg satu ini ya...

    ReplyDelete
  56. Investasi sekaligus wakaf, wah kayaknya cuma ada di SunLife aja nih

    ReplyDelete
  57. Mbak Noorma,mbah Sobari luar biasa...

    ReplyDelete
  58. Menarik sekali ya bisa berwakaf dgn cara seperti ini

    ReplyDelete
  59. Sun Life ini keren ya bisa menambahkan manfaat wakaf pada asuransi. Bisa sekaligus mendapatkan dobel manfaat bagi nasabahnya.

    ReplyDelete
  60. tertarik banget dengan asuransi yang bisa sekaligus berwakaf ini. Sebelomnya aku belom tahu kalo wakaf bisa dilakukan dengan cara ini. Kirain harus dengan benda berwujud semacam tanah, secara langsung.

    ReplyDelete
  61. Pengen jg berwakaf, insyaAllah amalannya akan terus mengalir sampai kit meninggal ya mbak?
    Asuransi ini merupakan cara berwakaf yang menarik dan insyaAllah sesuai tuntutan agama ya...

    ReplyDelete
  62. Memang senang ya bisa wakaf dengan mudah. Ga perlu ada tanah atau bangunan

    ReplyDelete
  63. Manfaat asuransinya kita dapatkan plus pahala juga ya. Ternyata berwakaf gak perlu nunggu punya tanah atau uang banyak

    ReplyDelete
  64. Alhamdulillah ya, wakaf nggak cuma harus punya tanah dan bangunan kemudian di wakafkan tapi asuransi sekaligus wakaf juga udah bisa.

    ReplyDelete
  65. Dulu aku kirain wakaf itu mesti pakai materi yang jumlahnya besar. Ternyata sekarang sambil asuransi pun bisa ya...

    ReplyDelete
  66. bagus yaa ini bisa asuransi sekaligus wakaf, 2 in 1 program yang positif gini harus diketahui oleh lebih banyak orang lagi agar banyak yang tau mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)