Skip to main content

Cara dan Tips Agar ATM Tidak Mudah Dibobol Penjahat

Assalamu'alaikum, sahabat blogger yang selalu saya kangenin.. *eheum..

Udah lama juga saya nggak update untuk label Curhatan di blog saya ini. Lagi pengen curhat, boleh kaann? boleehh doong.. :) Biar postingannya lumayan seimbang yaa, curhatan iya, review juga iya, parenting iya, yang lain juga iya. hihihi

Saya mau curhat, jadi kemaren hari Rabu, keluarga saya seperti terkena apes. Tabung gas yang baru saja dibelikan isi ulangnya, hilang di garasi motor. Uang di dompet ilang, lhaaa kok ATM BRI ikut-ikutan ilang. Ehhh, nambah sendal di depan rumah juga ilang. Musibah kehilangan tidak begitu saya sesali, malahan menjadi muhasabah diri sendiri, kayaknya emang kudu banyakin sedekah lagi. Hehehe..

Selama dua bulan ini emang kayaknya saya sibuk ngurusin urusan DUNIA saja, ya. Ngurus rumah sampe kurus. Hiks. Tapi, saya beli rumah juga bukan hanya tujuan DUNIA saja kok, justru saya ingin bisa menjadi lebih baik. Dengan membeli rumah saya menjadi semangat dan lebih bisa menghargai hidup. *Udah ah, ngomongin rumah lagi bikin baper* wkwkwk'

Balik lagi ke musibah kehilangan. ATM BRI hilang. Padahal ada uang temen-temen yang kemaren habis ngejob-in salah satu produk di instagram. Untungnya ada 3 kloter dan mereka mau bersabar nunggu fee cair semua. Hihi.. Ceritanya saya lagi belajar jadi koordinator buzzer gitu. Hehe.. Yang jadi buzzernya orang-orang organic sih menurut saya, karena mereka kebanyakan mahasiswa dan temen dosen. hohoho XD

Akibatnya hilangnya ATM, saya harus mengurusnya ke BANK. Awalnya saya kira bisa ambil tunai lewat TELLER, ternyata nggak bisa ambil uang di TELLER jika dibawah 5 juta. Artinya. bila ambilnya hanya sejuta yaa bisa diambil via ATM. Kecuali, si Nasabah tidak punya ATM baru bisa ngambil uang via TELLER.

Untuk mengurus ATM yang hilang, saya ke kantor polisi dulu untuk bikin SURAT KEHILANGAN. Di kantor polisi saya memberi uang administrasi 10.000 rupiah. Hihi. Seikhlasnya sih kata pak polisinya, awalnya mau ngasih 5000 saja, tapi kok nggak tega. :P

Setelah dari kantor polisi saya ke BANK untuk ketemu sama CS, ambil antrean dulu dong. Kebetulan saya dapat nomor antrean yang nggak terlalu lama nunggunya. 

Apa saja yang harus dibawa untuk mengurus ATM yang HILANG???
1. SURAT KEHILANGAN
2. BUKU TABUNGAN NASABAH
3. KTP ASLI

Ngurusnya juga cepet banget, nggak sampai 5 menit. Hanya saja.... ngobrolnya yang lama. hahaha.. Tadi pagi waktu ngurus ATM, saya nanya-nanya sama CS nya, pertama sih nanya masalah dia kerja di BANK itu lulusan apa. Ternyata jawabannya CSnya mengejutkan. Dia jurusan keguruan, hihi. Ada juga yang jurusan keperawatan. Katanya bebas asal lulusan S1. hehehe..

Saya juga nanya-nanya soal beberapa KASUS pembobolan ATM yang baru-baru ini VIRAL dan menjadi kegelisahan NASABAH Bank BRI. Nggak hanya di KEDIRI saja, Ternyata di Pekalongan juga ada ATM yang dipasang alat skimming oleh penjahat. Salah satu ATM di depan kampus IAIN Pekalongan. Ada teman dosen juga yang menjadi korban, 15 Juta raib. Untungnya sih pihak BANK mengganti uang nasabah yang hilang. Pokoknya mah hati-hati banget kalau ambil uang di ATM yang di pinggir-pinggir jalan. 


Mas CS BRI ngasih tahu Beberapa Cara dan TIPS agar ATM tidak mudah dibobol oleh maling biadab. Di antaranya:
1. Pastikan ATM yang digunakan tidak terdapat alat-alat lain, alat berbeda, atau alat tidak biasa yang menempel di sekitar tempat masuk (mulut) kartu
2. Gunakan ATM yang berada di lokasi kantor bank. Berdasarkan data dari kasus-kasus, pelaku memasang alat ATM skimmer pada ATM yang tidak terlalu ketat pengamanannya
3. Perlu juga nasabah rutin mengganti PIN
4. Saat memencet PIN, pastikan ditutup tangan, karena alat skimmer atau cameranya biasanya dipasang di atas tombol angka-angka. Kameranya sangat kecil, seukuran KUKU. Jadi memang kadang tidak terlihat oleh kasap mata. 
Bagaimana pun, kita emang harus waspada. Antisipasi gitu lah ya. Jangan sampe kita menyesal karena kita sendiri yang tidak hati-hati. Jika terpaksanya nggak menemukan ATM yang berada di lokasi kantor BANK, kamu bisa akalin deh tuh. Caranya, saat sudah ambil uang. Pilih transaksi lainnya, Nah saat diminta ketik pin, kamu ketik saja PIN yang salah. satu kali saja. Karena kalau dalam sehari kamu tiga kali salah, maka ATM kamu akan keblokir. 
Oiya, kata mas CSnya, kamu tidak perlu worried lagi. ATM card sekarang kan udah ada CHIPsnya. Insya Allah aman. Karena data yang terekam hanya ada di chips itu. Intinya gini, yang biasanya dibobol adalah ATM yang versi lama. Jadi yang direkam yang ada di pita magnetik. Berbeda dengan CHIPs yang lebih aman tentunya. 
But, the last. Lebih baik mawas diri, waspada. Karena semakin ke sini semakin pintar pula modus maling. Saat ini ada modul ANAK kecil mengemis di sekitaran ATM. anak kecil mencet2 layar monitor ATM. Hmm.. udah liat videonya belum? Be ware yaa guys..

Alhamdulillah ATM saya sudah ada lagi. Jadi, karena cuma ambil uang sejuta, nggak bisa di TELLER. Harus via ATM. Okaylah.. Sekarang saya sudah punya ATM baru lagi. Ada yang mau transferin uang ke rekening saya?

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips