header cah kesesi ayu tea

5 Dekorasi Rumah Minimalis Yang Menarik

Salah satu pertimbangan utama mengapa orang memilih untuk menyewa rumah daripada membeli yaitu atas dasar ketersediaan budget. Sekalipun saat ini kemudahan membeli rumah dengan sistem angsuran dan uang muka minim semakin menggiurkan, namun tetap saja peminat rumah disewakan masih cukup banyak, karena tentu saja, para penyewa rumah tersebut belum memiliki saving yang cukup untuk sekedar membayar down payment pembelian rumah.

Keuntungan yang didapatkan dengan menyewa rumah antara lain bebas uang muka, bebas biaya perawatan dan pajak bangunan. Bagi para pekerja yang sering berpindah lokasi kerja, memilih rumah disewakan dengan jangka waktu 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dst merupakan solusi terbaik. Atau bagi pasangan suami istri muda yang tengan menunggu tabungannya cukup, menyewa rumah minimalis pun sudah cukup membahagiakan.

Sekalipun perawatan rumah sewa bukan menjadi tanggung jawab penyewa, tetap saja penyewa rumah harus tetap ikut menjaga kondisi kenyamanan rumah, baik dari segi kebersihan, keamanan, maupun keindahan. Keindahan rumah inilah yang akan membuat penyewa rumah semakin betah, serasa rumah sendiri. Berikut ini adalah contoh dekorasi rumah minimalis yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi Anda yang sedang mempercantik rumah sewa Anda:


Dekorasi rumah minimalis dengan keseimbangan, proporsi dan skala yang tepat
 

 
Tujuan utama dari pemenuhan tiga unsur tersebut ke dalam dekorasi rumah adalah untuk menciptakan sebuah harmoni yang tidak melulu harus match antar elemen ruang, namun juga dapat saling melengkapi keberadaannya. Keseimbangan visual yang tercipata akan dapat menyenangkan hati penyewa rumah setiap melihatnya. Rumah yang disewakan dengan dekorasi yang indah akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para calon penyewa rumah.

Dekorasi dengan konsep atau tema warna tertentu

 
Rumah minimalis dengan konsep atau warna tertentu akan membawa nuansa tersendiri ke dalam rumah, seperti black and white, Japanese, monochrome atau colourful. Namun ingat, terlalu banyak warna dapat memberi kesan ramai dan tidak nyaman. Anda dapat menerapkan tema warna natural yang bergradasi, maka rumah minimalis Anda akan semakin terasa “mewah”.

Dekorasi dengan focal point

 
Sekalipun rumah yang Anda tinggali merupakan rumah disewakan, tak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit sentuhan artistik ke dalam dekorasi ruang-ruang favorit Anda dengan menerapkan kosep focal point. Sebagai contoh: cermin yang unik dapat menjadi focal point di area ruang tamu, meja makan antik juga dapat berperan sebagai focal point di ruang makan, atau cukup menerapkan warna kontras yang sangat cerah pada salah satu bagian dinding di ruang mana saja maka dinding tersebut akan mampu menyedot perhatian siapapun.

Tambahkan detail

 
Sekalipun minimalis, sentuhan kecil berupa detail tetap diperlukan untuk dapat memperkaya keindahan dekorasi rumah minimalis. Contohnya: elemen bordir pada setiap bantal di rumah; sudut yang khas pada setiap bingkai foto di dinding; tekstur bulu pada setiap penutup lantai; dan masih banyak lagi.

Dekorasi rumah dengan permainan pencahayaan

Pencahayaan memainkan peran penting dalam desain interior, apalagi untuk area yang sempit, maka pencahayaan akan sangat membantu membuatnya menjadi tampak luas. Anda dapat memanfaatkan pencahayaan alami dengan memilih tipe jendela yang tepat. Jika memilih untuk memanfaatkan pencahayaan buatan, maka akan banyak sekali model pencahayaan yang dapat diperoleh, asalkan tetap mempertimbangkan efisensi energi.

5 Contoh dekorasi rumah minimalis tersebut dapat menjadi inspirasi baik bagi pemilik rumah sewa maupun para pencari rumah disewakan, kesemuanya dengan tujuan untuk mendapatkan kenyamanan hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment