Skip to main content

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mata




Di sekitar rumah saya masih banyak lahan kosong yang saat ini banyak tumbuh berbagai jenis pohon seperti mahoni, bambu. Ada juga berbagai tanaman buah-buahan seperti pisang, sawo, mangga, jambu biji, kelapa. Tak ketinggalan juga tumbuh berbagai tanaman kecil-kecil seperti buah ciplukan, dan ‘tetehan’ (nggak tau deh bahasa Indonesianya apaan, hahahaha), ada juga tanaman yang merambat seperti daun sirih.

Kalau di sebelah barat rumah ada rumput alang-alang, jahe, daun salam, dan beberapa sayuran seperti bayam, ubi rambat, dan daun katuk. Belakang rumah juga ada tanaman sereh, daun bawang, dan beberapa tanaman cabe yang saat ini sudah agak kering dan layu. Hihihiks

Postingan hari ini saya ingin membagi tulisan tentang manfaat salah satu tanaman yang ada di sekitaran rumah saya, yaitu daun sirih utamanya untuk kesehatan mata.


Waktu saya kecil, daun sirih tumbuh sangat subur di sebelah barat rumah simbah (almarhum), bahkan dibuatkan ‘rumah’ dari bambu untuk mereka rambati. Kenapa simbah menanam daun sirih tak lain karena masih banyak tetangga rumah yang sudah berusia senja suka sekali nginang dan salah satu bahan bakunya ya tentu saja daun sirih. Karena mereka tidak memiliki tanaman sirih akhirnya simbah-simbah tetangga biasanya membeli daun sirih di rumah simbah saya. Selain untuk nginang, daun sirih juga sangat bermanfaat untuk urusan kewanitaan dan juga bisa untuk mengobati sakit mata. 

Sakit mata seperti belekan atau mata merah dapat disembuhkan dengan daun sirih lhoo. Sejak saya kecil hingga sekarang punya anak kecil, cara ini masih sering saya gunakan. Di daerah saya yaitu Kesesi mengobati mata dengan air rendaman daun sirih sering disebut dengan istilah ‘NGERAMBANG’. 

Caranya juga tidak sulit. Hanya dengan 3 atau 4 lembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih, lalu direndam dengan air panas sambil sedikit diremas-remas daunnya. Nantinya air rendaman akan agak sedikit berubah warna kekuning-kuningan atau sedikit kecoklat-coklatan, baunya harum khas daun sirih. Jangan langsung gunakan air rendaman panas, loh, ya. Tunggu hingga airnya dingin. Hehehe..
 
daun sirih
sumber : uceng999.com
Setelah airnya dingin, basuh muka terlebih dahulu, supaya mukanya bersih. Barulah kita rendam mata kita dengan cara menenggelamkan wajah kita ke dalam baskom / piring yang berisi air rendaman daun sirih. Cara ini bisa ditelateni sehari dua kali, pagi hari dan malam hari. Jangan lupa disertai dengan doa kepada yang Kuasa agar segera diberi kesembuhan.

Pengobatan dengan herbal tidak ada yang instan, biasanya dua hari dengan 3-4 kali ngerambang mata belekan sudah sembuh. Rasanya memang sedikit perih, itu wajar karena mata memang lagi sakit. Kalau mata sehat, ketika ngerambang tidak akan terasa perih.

Walaupun demikian, kalau mata yang sakit tetap tidak segera kunjung sembuh, segera hubungin dokter, ya. Tapi sejauh ini, saya sembuh. Alhamdulillah.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.