Skip to main content

Innaa lillahi wa inna ilaihi rooji'un

"umi.. Mbah Buyut sudah sembuh, ya.. Itu infusnya sudah dilepas,  ya.."

Kalimat yang diucapkan Noofa ketika melihat mbah buyut tanpa infus.

Setelah simbah sudah tidak bernyawa lagi, infusnya dilepas oleh Om saya, dia bukan perawat atau pun dokter, tapi melepas jarum infus yang menempel di jenazah tentu tidak begitu khawatir salah. Begitu yang diucapkan Om saya.


Foto sudah lama banget, th 2009 

Jam 02.15 dini hari, Selasa 1 Maret 2016. Hari Selasa kliwon, Ibu pulang ketuk-ketuk pintu rumah. Karena jam segitu jam waktunya orang istirahat. Suara ketukan pintu menjadi sangat mengagetkan.

"Fiiitt.. Uuull.. Bukain pintu..." beberapa kali saya mendengar setelah saya kaget terbangun..

Tak lama kemudian, adik saya yang bangun membukaan pintu karena saya harus menggaruki Noofa yang ndilalah malam itu tidurnya tidak nyenyak dan rewel.

"Simbah sudah nggak ada.." singkat ibu saya yang baru saja dibukakan pintu karena ibu dari rumah simbah, beberapa anaknya kumpul menjaga simbah, termasuk ibu saya.

"Innaa lillahi wa inna ilaihi rooji'un" ucap kami berdua, adik dan saya.

"Jam brp bu?"

"Baru saja, jam 02.10"

"Kok nggak bilang dr tadi".. Kalimat terus diucapkan adik saya dengan rasa menyesal karena tidak bisa melihat simbah lagi. Kami semua sangat sedih, kehilangan sekali. Simbah satu-satunya dari keluarga Ibu pun sudah dipanggil sang Kholiq. Setelah hampir 5 tahun lalu simbah kakung dahulu 'pulang' kepada-Nya.

Kemaren, Senin 29 Februari 2016. Kami semua berkumpul, membimbing kalimat thoyyibah di telinga simbah, saya yang baru pulang dari kampus, langsung ke rumah simbah dan duduk di samping simbah, bisa ikut membimbing kalimat "laa ilaaha illa Allah" terus menerus di telinga kanan simbah. Rasanya nggak tega melihat simbah seperti itu.

Simbah, sebelum pergi, sudah mapan, minta kakinya diluruskan, meskipun sulit ngomong, tapi alhamdulillah simbah tetap ingat kepada Allah. Saya juga masih bisa membimbing simbah baca dua kalimat syahadad di telinga simbah, pelaaaan pelaaaann.. Simbah bisa mengucapkan hingga selesai.

"Iki dino opo?" tanya simbah.

"Senin, mbaah.. Tanggal 29 Februari" jawab saya.

Beberapa orang datang menjenguk simbah, bersalaman, dan saling minta maaf, minta ikhlas dimaafkan apabila ada kesalahan.


Simbah... Insya Allah kami semua akan mendoakan simbah. Simbah baik-baik di sana.. Seharian kemaren hujan, simbah pasti kedinginan di pembaringan terakhir. Pipit yakin.. Simbah akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. Insya Allah khusnul khotimah. Bisa kumpul lagi dengan simbah kakung di syurga. Terima kasih ya, Mbah. Sudah sabar sekali dalam membesarkan anak-anak simbah, sehingga saya menjadi beruntung mempunyai Ibu yang sabar berkat didikan simbah. Selamat jalan, simbah. Lihat.. Mbah, kami kumpul di rumah simbah semua. Untuk simbah.. Kami akan jaga selalu wasiat simbah untuk selalu rukun dengan saudara. Insya Allah.

Khusushon ilaa rukhi SITI NURIYAH BINTI SURYADINOMO, alfaatihah..

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fu'anhaa...

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum,
Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu (impacted teeth) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. 
Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe.
Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu. 
Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,..
Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut?
Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewasa. Ada banyak tipikal gigi bungsu…