Skip to main content

Tujuh Tips Menjaga Silaturahim Ala Blogger



Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari silaturahim, diantaranya adalah eratnya tali persahabatan atau persaudaraan, dilimpahkan rezeki, dipanjangkan umur, dikenang kebaikannya, membahagiaan orang lain dan masih banyak lagi. Semua manfaat itu bisa kita rasakan dan dapatkan dengan cara memelihara dan menjaga silaturahim dengan sesama. Memang silaturahim yang baik adalah bertemu secara langsung dengan orang tersebut, bisa ngobrol dengan leluasa, ketawa-ketiwi, nge-meal biskuit dan kue bareng, ngeteh atau ngopi, bersalaman langsung, bahkan bisa berpelukan saat datang dan berpamitan. Semua itu bisa kita lakukan kalau teman, sahabat atau saudara kita itu dekat dengan kita sehingga silaturrahim bisa terlaksana secara langsung.




Lalu bagaimana silaturrahim bisa tetap kita lakukan meskipun jarak membentang jauh? Semua itu tetap bisa kita lakukan apalagi saat ini kita hidup di zaman yang serba digital dan modern ini, menjaga silaturahim tetap bisa dilakukan melalui dunia maya. Melalui dunia maya juga komunikasi dengan saudara, teman maupun sahabat akan bisa terjaga dengan baik. Jarak yang terbentang antara kedua belah pihak tak lagi menjadi suatu penghalang untuk tetap menjaga komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi melalui lisan dapat kita lakukan melalui telpon ataupun HP. Sedangkan komunikasi lewat tulisan bisa dengan email, facebook, twitter, blog dan media sosial lainnya.

Begitu pula dengan saya, sebagai seorang blogger menjaga silaturahim itu sangat penting. Apalagi sosial media menjadi media utama mereka berinteraksi. Banyak hal yang bisa dilakukan seorang blogger untuk menjaga tali silaturahim dengan sesama blogger lain.

Pertama, menjaga komunikasi. Komunikasi itu sangat penting, masalah akan sering terjadi bila kita tidak bisa menjaga komunikasi, atau adanya salah paham biasanya diakibatkan adanya missed-comunication.

Kedua, tidak pelit informasi. Semisal, seorang blogger diundang di suatu acara. Kalau kita tahu segala macam informasi yang berhubungan dengan teknis dalam suatu acara tersebut, maka ada baiknya informasi yang didapatkan tersebut jangan disimpen sendiri dalam hati, Share ke teman blogger lain yang membutuhkan hal itu sebagai sarana untuk menjaga tali pertemanan dan persahabatan.  

Ketiga, menjaga ucapan baik lisan maupun tulisan. Pernah dengar kata bijak “Lidah itu lebih tajam daripada pedang”? bersosial media itu juga ada etikanya. Sebisa mungkin kita harus menjaga ucapan kita di sosial media, apalagi kalau misal ada masalah antara personal blogger satu dengan blogger lain. Nggak baik kalau saling “mengadu jempol” di media sosial karena hal tersebut akan semakin membuat keruh suasana.

Keempat, mengikuti giveaway yang diadakan teman blogger. Ini sih kalau bisa, kalau misal ada kesempatan ikut, ada waktu luang, tema lomba blognya mudah, syaratnya gak susah, walaupun hadiahnya sederhana, maka tak ada salahnya jika kita ikut meramaikan giveway tersebut. hitung-hitung hal tersebut sebagai sarana bertukar informasi sekaligus menjaga tali silaturrahmi dengan para blogger lainnya.

Kelima, ikut berpartisipasi dalam kegiatan offline. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi seorang blogger adalah kopdar. Aktifitas blogger bukan hanya di dunia maya saja melainkan di dunia nyata dan sebaiknya harus seimbang. Kopdar ini adalah magnet penting seorang blogger untuk menjaga silaturahim. Seperti yang sudah saya tulis di atas, dengan bertemu langsung dengan blogger lain, kita bisa leluasa ngobrol sana-sini. Asal nggak berujung Ghibah, yaa.. :)

Ke enam, menghindari Ghibah. Wajar yaa kalau hidup bersosial itu ada yang suka dan tidak suka. Sebaik apapun manusia, pasti ada juga yang nggak suka. Namanya warna-warni kehidupan, kita nggak bisa maksa orang lain untuk suka kepada kita. Namun, saat kita tidak satu visi dan misi dengan orang tersebut, maka yang harus kita lakukan adalah menghindari ghibah atau ngomongin kejelekan seseorang dengan orang lain. Insya Allah selain terhindar dari dosa, kita juga akan banyak teman. :)

Ketujuh, blog-walking. Point ke tujuh ini penting banget ya.. kok ditulis di nomor akhir? Hehe.. Iya, karena sudah menjadi hal yang yang mainstream menurut saya bagi seorang blogger. Walaupun nggak tiap hari bertamu ke ‘rumah’ teman blogger lain, paling tidak satu kali dalam seminggu lah ya kita BW ke blog-blog lain. Biar mereka tahu kalau kita berkunjung ke sana, sebaiknya memang jangan silent reader, sematkan komentar di kolom komentar yang sudah disediakan oleh tuan rumah (sohibul blog).

Itulah beberapa tips menjaga silaturahim ala blogger dari saya, semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.