Skip to main content

Dahsyatnya Ibadah Haji : Indahnya Menunaikan Ibadah Haji

RESENSI BUKU
 Judul Buku :
 Dahsyatnya Ibadah Haji 
(Catatan perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah)
Penulis : Abdul Cholik
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : ix + 233 halaman
ISBN : 978-602-02-4810-3
Cetakan Pertama : 2014
Harga : Rp. 47.800,-
Resensator : Noorma Fitriana M. Zain






"Labbaik allaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbaika, innal hamda wan-ni’mata laka wal-mulka laa syariika laka."

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku dating memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Umat Islam mana sih yang gak kepingin menyempurnakan rukun Islamnya, begitu juga dengan saya ingin rukun Islam yang selama ini saya jalani menjadi sempurna. Kesempurnaan tersebut tak lain adalah dengan menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam terakhir. Lalu bagaimana agar ibadah haji sebagai rukun Islam kelima bisa terlaksana dengan lancar dan penuh dengan keberkahan (?).


Meskipun belum diberikan kesempatan, dan semoga saja segera diberi kesempatan oleh Allah bisa menjalankan rukun Islam ke lima tidak salahnya jika kita (umat Islam Indonesia) belajar terlebih dahulu tentang pelaksanaan ibadah haji. Baik itu pengetahuan dan apa saja yang harus umat Islam persiapkan dan lakukan sebelum berangkat ke tanah suci, ketika pelaksanaan ibadah haji di Makkah dan Madinah maupun setelah ibadah haji selesai ditunaikan.

Lalu dari mana kita bisa belajar tentang ibadah haji? Jawabnya banyak sekali bisa langsung bertanya kepada umat Islam tetangga kita yang sudah berhaji, kepada Kyai atau ustadz guru mengaji, lewat informasi internet, maupun dengan membaca buku-buku yang bertemakan ibadah haji. Khusus untuk buku yang memuat tentang ibadah haji salah satunya yang wajib dibaca adalah buku yang berjudul  “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik seorang blogger kelahiran Jombang Jawa Timur.

Buku tersebut berisikan kisah nyata perjalanan sang penulis bersama istrinya saat melaksanakan Haji Akbar tahun 2006 yang lalu. Karena kisah nyata maka buku tersebut berisi rangkaian dan proses yang dilalui mulai dari pendaftaran calon jamaah haji, manasik haji, pelaksanaan ibadah umrah dan haji baik yang terjadi di Makkah maupun Madinah, rekreasi pasca pelaksanaan ibada haji serta tentang kembalinya para haji ke tanah air. Boleh dibilang buku tersebut berisi tentang indahnya menunaikan ibadah haji.

Secara umum buku tersebut sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam di Indonesia khususnya bagi calon-calon jamaah haji Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. Bahasa yang digunakan bukan bahasa yang menggurui, sangat sederhana sehingga mudah dipahami. Apalagi dalam buku tersebut juga berisikan tips-tips penting seputar pelaksanaan ibadah haji yang dilengkapi dengan foto-foto peristiwa sang penulis ketika berada di tanah Arab.


Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh buku tersebut, disamping bahasa yang digunakan sangat sederhana dan renyah, buku tersebut juga sangat detail dalam penjelasan setiap sub judulnya, tentunya tanpa meninggalkan ciri khas gaya bahasa penulisnya yaitu gaya bahasa yang nyantai tapi penuh dengan muatan pesan moral yang sangat dalam.

Mungkin yang perlu jadi catatan atau dikoreksi dan juga ditambahkan jika buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” akan dicetak ulang adalah ketelitian dalam editing, karena ada beberapa kata yang salah tulis semisal kata:
  1.  “tingkat” ditulis “tinggal”, (hal 17)
  2. kata “mata” hanya tertulis “mat”. (hal 26)
  3. apalagi dalan thawaf, harusnya dalam. (hal 58)
Sedangkan yang bisa ditambahkan dalam buku tersebut adalah tulisan tentang pengaruhnya setelah menjalankan ibadah haji sehingga pembaca bisa meneladani sikap-sikap bagaimana nantinya seseorang yang sudah menunaikan haji ketika hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik bisa dijadikan sebagai buku bacaan sekaligus panduan bagi umat Islam Indonesia secara umum dan calon-calon jamaah haji Indonesia khususnya, karena memiliki banyak manfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips